Danau Seran, Destinasi Liburan Favorit di Banjarbaru

Danau Seran Banjarbaru

Danau Seran yang kaya pesona dan menjadi objek wisata alam terbaik di Banjarbaru. Danau nan indah yang menawarkan beragam wahana yang menarik untuk dikunjungi.

Lokasi: Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.
Map: Cek Lokasi

Banjarbaru merupakan kota yang masih menjadi bagian dari Provinsi Kalimantan Selatan. Mempunyai segudang kekayaan alam seperti destinasi wisata membuat kota ini cukup terkenal di mata masyarakat. Salah satunya yang baru-baru ini menggemparkan dunia travelling adalah Danau Seran.

Dengan panorama utama keindahan pemandangan dari sekitaran danau membuat tempat wisata ini langsung melejit di berbagai kalangan. Bahkan, peminat itu dilansir akan terus bertambah seiring berjalannya waktu dan sangat memungkinkan juga jika Danau Seran akan dinobatkan menjadi destinasi paling favorit di Kalimantan.

Oleh karena itulah jika Anda sedang berada di kawasan ini atau berencana datang, jangan lupa untuk berlibur ke tempat tersebut. Dapat dipastikan jika Anda akan betah untuk berlama-lama berada disana. Untuk itu, agar Anda bisa mengetahui lebih tentang wisata ini silahkan simak penjelasan berikut ini.

Sejarah Singkat Danau Seran Banjarbaru

Sejarah Danau Seran

Image Credit: Twitter.com @dauzphb

Meskipun sekarang sudah mempunyai keindahan bak surga yang dapat memikat hati pengunjung, namun siapa sangka bahwa dahulunya tempat ini bukanlah dimanfaatkan sebagai lokasi wisata. Danau Seran sebenarnya merupakan area penambangan dari PT Galuh Cempaka.

Akan tetapi aktivitas ini sudah tidak berjalan lagi untuk sekarang, meskipun hak milik menyebutkan bahwa sampai tahun 2034 mendatang danau ini masih berstatus perusahaan penambang. Perlu diketahui juga bahwa danau ini terbentuk karena bekas dari galian tambang yang sudah tidak difungsikan lagi.

Sehingga saat air hujan terus turun airnya tertampung dalam galian besar itu dan kemudian menjelma menjadi danau yang luas. Setelahnya masyarakat memanfaatkannya menjadi ladang penghasilan dengan mengubahnya menjadi tempat wisata yang cantik dan alami.

Dikarenakan kecantikannya inilah yang membuat wisatawan menyerbu dan ingin menyaksikan sendiri kebenarannya. Banyak dari mereka yang datang dari jauh hanya untuk berlibur ke Danau Seran yang menawarkan panorama keindahan alam sekitarnya dan kejernihan airnya.

Daya Tarik Wisata yang Dimiliki Danau Seran

Daya Tarik Danau Seran

Image Credit: Instagram.com @chonk069

Seperti halnya pada tempat wisata lainnya yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi orang-orang. Danau ini memiliki pemandangan sekitar yang sangat memanjakan mata siapapun yang mengunjunginya. Bisa dipastikan jika wisatawan akan takjub dengan kecantikan yang dimiliki olehnya.

BACA:  Pulau Kembang, Pulau Unik Rumah Para Kera di Sungai Barito

Dengan luas mencapai 10 hektar tak mengherankan jika danau ini juga mempunyai kedalaman hingga 30 meter. Sementara itu untuk udara yang ada di sekitar tempat ini sangat sejuk seperti di pegunungan. Hal itu dikarenakan lingkungan sekelilingnya masih banyak ditumbuhi oleh pepohonan yang rimbun dan hijau.

Bukan hanya itu saja yang akan Anda dapatkan ketika berlibur ke Danau Seran. Kejernihan air akan memperlihatkan kepada Anda dan wisatawan lainnya, terhadap kehidupan biota bawah airnya. Meskipun diperbolehkan untuk berenang namun demi keamanan Anda harus tetap berhati-hati karena kedalamannya sangat curam.

Meskipun keberadaannya terbilang sangat baru, namun nama Danau Seran selalu menjadi tujuan wisatawan untuk refreshing. Keunikan lain yang dimilikinya ialah terletak pada pulau kecil yang berada di tengahnya. Dimana seluruh permukaannya tertutup oleh rindangnya pepohonan liar.

Daya Tarik Wisata Danau Seran

Image Credit: Facebook.com @Wargabanua.Official

Akan tetapi Anda akan menemukan sebuah ayunan kecil yang diikat ke batang pohon yang tumbuh disana. Jika mau Anda pun dapat mengunjunginya sewaktu berada di lokasi destinasi. Dengan begitu Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan danau saja, namun juga pulau kecil yang ada disana.

Daya tarik lainnya yang mungkin membuat Anda tercengang ketika berkunjung adalah tentang keberadaan mitosnya. Dimana pulau kecil tersebut diberi nama Pulau Asmara dan jika Anda datang kesana bersama pasangan maka hubungan itu akan langgeng sampai kakek nenek.

Percaya atau tidak percaya namun banyak juga dari wisatawan yang mengajak kekasihnya untuk berkunjung ke Pulau Asmara. Dengan adanya hal-hal yang masih tabu ini akan menambah kesan unik bagi Danau Seran, sehingga akan memungkinkan juga dapat menaikkan jumlah pengunjungnya.

Lokasi & Rute Menuju Kawasan Danau Seran

Lokasi Danau Seran

Image Credit: Instagram.com @ceritabanjar_

Danau seran terletak di Kecamatan Ulin, Banjar Baru. Bagi Anda yang ingin berlibur tidak perlu khawatir jika nyasar, karena rutenya sangat mudah meskipun baru pertama kali ke tempat ini. Bila dari kota Banjarmasin Anda bisa langsung meneruskan perjalanan ke Banjarbaru.

Kemudian jika Anda telah menemukan persimpangan lampu merah, silahkan belok ke arah kanan. Setelah itu Anda hanya perlu mengikuti jalan lurus yang panjangnya sekitar 6 km. Nantinya akan ada papan yang bertuliskan Danau Seran di pinggir jalan dan Anda sudah sampai.

BACA:  Pesona Waduk Riam Kanan, Danau Buatan Terbesar di Kalimantan Selatan

Jika masih bingung gunakan google maps untuk mempermudah perjalanan Anda. Sementara itu untuk berwisata ke danau ini usahakan untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Hal itu dikarenakan sampai saat ini masih belum ada angkutan umum yang dapat membawa Anda ke titik lokasi.

Harga Masuk Masuk Kawasan Wisata Danau

Harga Masuk Wisata Danau

Image Credit: Tribunnews.com

Sama halnya jika Anda berlibur ke destinasi wisata, pasti akan dikenai biaya masuk atau tiket. Danau Seran terbilang membandrol tiketnya sangat murah, yaitu hanya Rp 5.000 saja untuk setiap orangnya.

Namun untuk biaya parkir juga dikenai harga sendiri yakni kendaraan bermotor Rp 3.000 sementara mobil Rp 5.000. Jangan lupa juga untuk menyiapkan budget tambahan agar Anda bisa menikmati wahana permainan serta menyewa fasilitas-fasilitas yang ada disana.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Danau Seran

Kegiatan di Danau Seran

Image Credit: Facebook.com @banjarpedia kalsel

Seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa Danau Seran mempunyai satu pulau kecil yang juga dapat dikunjungi. Dengan begitu Anda bisa melakukan penyebrangan untuk sekedar menikmati pemandangan sekitar dari atas perahu yang disediakan oleh pihak pengelola.

Bahkan ketika sampai di pulaunya Anda juga bisa mencoba ayunan yang terpasang rapi disana. Kegiatan menyenangkan lain yang bisa Anda lakukan adalah berkeliling menggunakan perahu kelotok ataupun sepeda air. Anda bisa menyewanya dengan tarif yang cukup murah.

Dengan dua kendaraan yang cukup menarik itu Anda sudah bisa mengelilingi danau sambil menikmati keindahan air serta pepohonan yang ada. Suasana yang cukup sejuk akan membuat Anda semakin santai dan tentunya akan ketagihan untuk melakukannya lagi.

Jika ingin mencoba hal lain, Anda bisa berenang di sekitar danau, namun tetap harus waspada dan hati-hati. Anda bisa meminta pemandu untuk menemani untuk berjaga-jaga. Dengan melakukan aktivitas ini Anda akan merasakan sensasi yang berbeda karena bisa berenang di danau yang sangat luas itu.

Aktivitas yang terakhir dan wajib untuk dilakukan adalah berfoto. Dengan adanya background pemandangan yang sangat indah itu bisa dipastikan jika hasil jepretan Anda akan semakin berkelas. Ada juga spot foto menarik yakni tulisan Danau Seran ukuran besar yang ada di tengah-tengah permukaan air.

BACA:  Pesona Keindahan Alam Bukit Telang di Kota Pelaihari yang Menawan

Fasilitas yang Tersedia di Danau Seran

Fasilitas di Danau Seran

Image Credit: Kumparan.com

Danau Seran mempunyai berbagai aktivitas yang cukup lengkap, meskipun terbilang menjadi tempat wisata baru. Diantaranya seperti sepeda air dan perahu kelotok yang dapat dipakai untuk menuju pulau ataupun hanya sekedar jalan-jalan di permukaan air.

Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000/orang untuk menyewa perahu kelotok, sementara Rp 20.000 untuk sepeda air. Tidak hanya itu saja, di kawasan ini juga terdapat beberapa spot penjual makanan yang bisa Anda jadikan tempat untuk mengisi perut.

Tak hanya menyediakan fasilitas itu saja, melainkan Danau Sentaran juga memberikan kebebasan bagi para wisatanya untuk berfoto. Dengan senang hati pihak pengelola membuat berbagai tempat yang menarik seperti bentuk love di pinggir danau, tulisan Dana Seran, jembatan panjang, dsb.

Bahkan Anda pun bisa menyaksikan hiburan live musik dangdut yang dimulai pada pagi sampai siang hari. Sehingga meskipun Anda sedang bersantai tidak melakukan kegiatan apa-apa masih ada hiburan menarik yang bisa mencairkan suasana. Memang Danau Seran merupakan destinasi yang terbaik.

Sementara itu jika Anda berliburnya membawa anak-anak tak perlu khawatir jika mereka akan bosan ketika disana. Karena ada beberapa wahana permainan yang khusus untuk anak-anak agar bisa bermain dengan leluasa ketika berlibur ke Danau Seran.

Disana juga tersedia kolam renang untuk anak-anak yang lokasinya berada di sebelah danau. Jika si kecil sedang menikmati air kolamnya Anda bisa mengabadikan momen itu dan hasilnya nanti anak seolah-olah sedang berada di danau.

Untuk kedepannya ada rencana yang memungkinkan untuk pembangunan kolam pemancingan yang dikhususkan untuk wisatawan yang hobi memancing. Sungguh sangat seru jika benar itu terlaksana dan tentunya Anda harus mencoba.

Sedangkan untuk fasilitas terakhir sendiri mungkin sudah umum ada di beberapa tempat wisata lainnya. Seperti kamar mandi, tempat parkir, tempat beribadah, dll. Dengan kelengkapan itulah yang akan membuat wisatawan menjadi nyaman.

Itulah tadi penjelasan tentang Danau Seran yang kini menjadi spot wisata favorit untuk semua kalangan masyarakat. Tak hanya kaum muda-mudi saja yang terpikat akan pesonanya. Namun, juga orang-orang yang sudah memiliki keluarga. Untuk itulah Anda jangan sampai ketinggalan. Segera tentukan jadwal berlibur ke danau cantik ini.