Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-19.00 WIB, Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh; Map: Cek Lokasi

Provinsi yang berada jauh di ujung Pulau Sumatera ini menampilkan keindahan yang menarik. Kota yang dikenal dengan sebutan serambi makkah menyimpan berbagai tempat untuk ditelusuri. Seperti lautan, pegunungan, perbukitan sampai ke wisata gua yang disebut dengan raja ampatnya Aceh, yaitu Gua Sarang di Kota Sabang.

Gua ini berada di Pulau Sarang, yang menyuguhkan keindahan cantik. Pemandangan sekitar gua sangat sempurna dengan lanskap pegunungan, tebing yang menjulang tinggi, sampai ke lautan yang biru dengan bibir pantai dihiasi hamparan pasir putih khas perairan.

Walaupun harus melalui perjuangan yang sedikit menantang, tetapi setiap harinya banyak pengunjung yang berdatangan menuju ke gua ini. Menyaksikan keindahan alam yang dipadu padankan dengan sempurna. Anda pun dapat menenangkan diri di tempat yang menyenangkan ini karena keberadaannya tersembunyi.

Daya Tarik yang Dimiliki Gua Sarang

Daya Tarik Gua Sarang
Image Credit: Google Maps Bachtiar BECK

1. Panorama Gua yang Cantik

Gua Sarang menyuguhkan panorama yang sangat memanjakan mata. Gua ini berada di bawah kaki pegunungan langsung, terlebih kawasan gua merupakan kawasan hutan lindung di Pulau Weh, oleh karena itu pemandangan yang tersaji tidak perlu diragukan lagi.

Saat memasuki lokasi kawasan gua, terhampar bentangan lautan yang berwarna biru muda. Air laut sangat jernih bahkan pengunjung dapat melihat ke kedalaman dasar air yang memiliki ekosistem cantik. Di pinggir bentangan air laut, tumbuh dengan kokoh beberapa batu karang yang besar.

Beberapa batu karang tersebut kerap kali diterjang oleh deburan ombak dengan keras. Melihat di kedalaman terdapat hamparan pepohonan yang rimbun. Pohon-pohon ini merupakan bagian dari kawasan hutan lindung. Kawasan hutan yang dilindungi tentu menampilkan keindahan yang asri dan alami.

Selain itu terdapat tebing-tebing yang menjulang menghiasi kawasan hijau. Tebing yang menyatu dengan kawasan hijau hutan menghasilkan panorama yang indah. Pengunjung dapat mengabadikan setiap momen di antar tebing-tebing dengan pepohonan yang lebat.

Di dalam kawasan Gua Sarang terdapat sarang burung wallet dan sarang kelelawar yang terbentuk dengan alami. Tak heran, banyak pengunjung yang berdatangan dapat melihat kelelawar yang tidur bergelantungan di atas dinding gua. Terdapat juga ayunan yang berpasang. Ayunan ini menggantung menghadap ke lautan.

Pengunjung juga dapat menyusuri dalam gua namun dengan pemandu yang profesional. Menyusuri dalam gua memang terlalu berbahaya untuk dilakukan tanpa petunjuk. Kawasan dalam gua memiliki pemandangan bebatuan yang berwarna kecoklatan tua dengan beberapa uraian ornamen-ornamen bangunan yang terukir.

2. Wisata yang Menenangkan

Gua Sarang memiliki keberadaan di kawasan alam yang menampilkan panorama yang indah. Tempat wisata ini terletak jauh dari hiruk pikuk keramaian penduduk. Hal ini yang membuat wisata alam menjadi tempat favorit para wisatawan untuk melepas penat sambil menikmati pemandangan.

Lokasi kawasan gua memang sangat luas dengan membentang melebar sehingga membuat para pengunjung bebas untuk menyusuri ke setiap sisi gua. Ketika memasuki kawasan gua, pengunjung akan menikmati suasana sejuk, segar, tenang dan damai terpadu dengan hiasan pemandangan yang memancarkan eksotisnya.

Suasana ini sangat menjanjikan ketenangan jiwa dan kedamaian. Merasakan pemandangan yang mengagumkan ini dapat mententramkan hati, bahkan yang datang bersama rombongan dapat menikmati damainya suasana gua dengan mengabadikan momen-momen indah dengan sensasi yang berbeda.

3. Menikmati Sunset

Gua Sarang Sabang menampilkan pesona sunset yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Ketika memasuki waktu senja dimana warna langit berubah menjadi jingga, disaat inilah keindahan gua menjadi hal yang menakjubkan. Pengunjung dapat menikmati waktu senja di atas perbukitan sambil mendengar deburan ombak.

Suasana senja sore hari menampilkan warna kejinggan langit. Momen yang paling memiliki banyak peminat. Menikmati suasana yang asri di bawah langit jingga. Terlihat juga beberapa kawanan burung menemani sambil bersaut-sautan memanggil di atas pepohonan yang menghijau.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gua Sarang
Image Credit: Google Maps Riski M.F

Destinasi wisata alam Gua Sarang yang eksotis ini terletak di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, lebih tepatnya berada di Desa Iboih, desa yang luas dengan penduduk yang ramah ini merupakan bagian dari Kecamatan Sukakarya. Kawasan gua diapit oleh pantai pasir putih dan Lhoh angen. Letaknya juga berdekatan dengan kaki gunung.

Ada dua alternatif menuju ke lokasi wisata, yaitu dari daratan dengan mendaki dan dari lautan dengan kapal. Untuk rute perjalanan darat, anda dapat menuju ke lokasi wisata dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 45 menit di perjalanan dari titik pusat kota Sabang.

Setelah itu arahkan perjalanan menuju ke Jalan Cut Nyak Dien. Saat sampai arahkan lanjut ke Jalan Iboih. Setelah sampai di pintu gerbang, anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menuruni beberapa anak tangga sampai ke tempat sandaran kapal. Lanjutkan perjalanan kaki menyusuri jalanan yang berbatu di tepi pinggir pantai.

Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang menarik seperti hamparan hijau dari perbukitan. Sepanjang perjalanan diberi petunjuk seperti papan yang terpampang untuk mempermudah perjalanan menuju ke lokasi wisata.

Untuk rute jalur laut, pengunjung dapat menaiki kapal dengan menyewa kapal dari titik Kampung Iboih. Anda dapat meminta pemandu untuk menemani perjalanan karena jalur laut memiliki ombak yang tinggi dan besar. Pemandangan di atas kapal sangat indah, dengan perairan yang biru ditambah banyaknya pulau-pulau kecil berjejer.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Gua Sarang
Image Credit: Google Maps Okta Kurniawan

Wisata Gua dengan panorama menarik hanya dibanderol retribusi tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per pengunjung. Adapun untuk biaya parkir kendaraan, untuk kendaraan beroda dua dengan biaya parkir sekitar Rp. 3.000 per motor, sedangkan untuk kendaraan beroda empat dengan biaya parkir sekitar Rp. 5.000 per mobil.

Adapun untuk jadwal operasionalnya, Gua Sarang dibuka dari pukul 08.00 WIB pagi hari sampai dengan pukul 19.00 WIB malam hari, dari Hari Senin sampai dengan Hari Minggu. Bagi yang ingin bermalam di lokasi dapat berkemah dengan membayar sekitar Rp. 300.000 pertenda.

Selain itu kawasan ini juga menyediakan ojek untuk mengelilingi seluruh kawasan. Anda dapat membayar biaya ojek dimulai dari Rp. 10.000 per ojek. Disediakan juga sewa perahu untuk menyaksikan pemandangan kawasan dari bagian bawah laut dengan membayar sekitar Rp. 200.000 per perahu yang siap menampung 11 orang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Gua Sarang

Aktivitas Menarik Gua Sarang
Image Credit: Google Maps L G

1. Menaiki Ayunan

Kegiatan yang banyak dilakukan wisatawan adalah berayun di ayunan yang memiliki ketinggian. Ayunan yang terbuat dari ayu digantung dengan sangat unik di pepohonan yang menghadap ke kawasan hamparan laut. Anda dapat merasakan ayunan ini sambil mengabadikan beberapa momennya.

2. Mencari Spot Foto

Seluruh bagian Gua Sarang Sabang memiliki pemandangan yang eksotis. Anda dapat mengabadikan setiap momennya. Banyak spot foto yang bagus seperti di atas ayunan, di atas perbukitan dengan pemandangan yang menarik. Pengunjung juga dapat berfoto di dalam gua serta di bagian kawasan yang menghijau.

3. Menyusuri Kawasan Gua

Sayang rasanya jika tidak menyusuri seluruh kawasan Gua Sarang. Anda dapat memesan ojek yang tersedia untuk berkeliling di area destinasi. Menikmati pesona dari sudut awal sampai menemui titik sudut di akhir. Destinasi ini menampilkan suasana yang sangat berbeda untuk dilakukan.

4. Bersantai

Kegiatan lainnya adalah menikmati pemandangan yang eksotis dengan bersantai di dekat kawasan gua. Anda dapat beristirahat juga di beberapa tempat kursi maupun meja yang disediakan. Karena gua jauh dari pusat kerumunan, hal ini dapat membuat suasana lebih rileks untuk melepas penat dan lelah.

5. Berkemah

Anda dapat bermalam di Gua Sarang dengan mendirikan tenda di kawasan camping yang telah disediakan. Merasakan sensasi dinginnya malam ala pegunungan ditambah hembusan sepoi-sepoi angin ala perairan laut. Puncak camping terbanyak adalah di akhir pekan dan hari-hari libur lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Gua Sarang
Image Credit: Google Maps Nona RJS

Gua Sarang adalah salah satu destinasi wisata bagi para pecinta alam dengan menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk para wisatawan. Kawasan ini menyediakan fasilitas seperti kendaraan ojek untuk mengantar pengunjung mengelilingi kawasan wisata.

Kawasan juga menyediakan lahan yang luas untuk area parkir di dekat pintu masuk. Sayangnya, kawasan ini belum menyediakan warung-warung makanan, oleh karena itu disarankan membawa bekal sebelum menuju ke lokasi, seperti membeli di kawasan bawah gunung.

Gua ini juga menyediakan fasilitas toilet umum yang bersih untuk para wisatawan. Toilet ini dirawat oleh pihak pengelola. Terdapat juga tempat duduk seperti kursi-kursi ataupun meja yang dibangun khusus bagi yang lelah berjalan. Tersedia juga ayunan dengan spot lautan menjadi tempat favorit untuk berfoto.

Gua Sarang di Sabang merupakan salah satu wisata alam yang menampilkan suasana yang terlindungi dengan pemandangan menghijau. Wisata ini jadi tempat favorit walaupun harus melalui perjalanan yang terjal, sangat cocok bagi pecinta alam yang ingin mengekspos kondisi gua yang disebut sebagai Raja Ampatnya Aceh.