Lokasi: Jl. Raya Sukatani, Cisalada, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta.
MapCek Lokasi

Traveling menjadi pilihan banyak orang ketika hari libur tiba, baik libur panjang seperti tahun baru maupun libur nasional karena hari-hari besar. Jika Anda tengah bersinggah di kabupaten Purwakarta, ada satu tempat yang wajib untuk dikunjungi bersama keluarga yaitu Cikao Park Purwakarta. Cikao Park adalah tempat wisata keluarga yang menawarkan berbagai wahana.

Ada berbagai macam wahana di Cikao Park, antara lain water park, taman satwa dan rumah ilusi. Water Park, Anda bisa bermain air dengan buah hati Anda, di mana di tepi kolam terdapat banyak papan seluncur. Di taman satwa terdapat beberapa jenis hewan, jadi si kecil sekaligus bisa belajar mengenali hewan-hewan. Sedangkan di rumah ilusi disediakan spot-spot unik dengan kesan ilusi.

Bukankah ini adalah tempat yang tepat menjadi destinasi favorit Anda jika Purwakarta menjadi tujuan Anda. Selain tempat berwisata sekaligus menjadi edukasi atau pembelajaran bagi anak-anak Anda. Berikut ulasan tentang apa saja yang ada di Cikao Park Purwakarta.

1. Lokasi Cikao Park Puwakarta

Lokasi Cikao Park Puwakarta
Image Credit: cikaopark.com

Wisata Cikao Park Purwakarta terletak di Desa Cisalada Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta. Akses jalan menuju wisata ini cukup mudah dengan keadaan jalan yang bagus. Lokasi Cikao Park Purwakarta sendiri tidak jauh dari pusat kota Purwakarta, sehingga tidak perlu waktu lama untuk sampai di sini.

2. Jam Operasional & Harga Tiket Masuk

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk
Image Credit: Pariwisataku.com

Cikao Park Purwakarta ternyata buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 6 sore. Dengan durasi yang cukup panjang menjadikan wisatawan lebih puas karena bisa berlama-lama di tempat yang seru ini.

Untuk hari biasa (week day) biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000, tiket water park Rp 40.000, tiket taman  satwa Rp20.000 sedangkan tiket rumah ilusi Rp 30.000.

Untuk akhir pekan (week end) biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000, tiket water park Rp 50.000, tiket taman satwa Rp 30.000 dan tiket rumah ilusi Rp4 0.000.

Untuk wisatawan yang berusia lebih dari 2 tahun dikenakan biaya penuh. Dan untuk catatan, jika Anda ke Cikao Parka Purwakarta di hari libur atau hari libur nasional maka biaya dikenakan seperti week end.

3. Desain Kolam yang Unik

Desain Kolam yang Unik
Image Credit: Ayobandung.com

Selain kolam ini layaknya kolam pada umumnya yakni terdapat papan seluncur di tepi kolam, kolam juga didesain unik, dengan bentuk asimetris dan terdapat bebatuan yang rapi mirip seperti sungai. Dan batu-batu tersebut diwarnai dengan berbagai warna, dan ini menjadi daya tarik untuk anak-anak. Dan kedalaman kolam ini aman untuk anak-anak karena tidak terlalu dalam.

Di Cikao Park Purwakarta ini juga terdapat kolam yang didesain mirip seperti pantai. Desainnya semakin ke tepi maka semakin dangkal, serta terdapat pasir hingga mengesankan sperti pantai yang sebenarnya.

Selain itu ada kolam busa, dimana busa bertaburan dengan semburan air dari air pancur. Seru bukan? Busa ini bertaburan di kolam yang cukup luas.

4. Taman Satwa di Cikao Park Puwakarta

Taman Satwa di Cikao Park Puwakarta
Image Credit: Matakita.id

Di taman satwa ini terdapat beberapa binatang langka dan lucu-lucu antara lain iguana, kangguru, binturong dan monyet kerdil.

Uniknya di tempat wisata ini terdapat rumah hobbit. Di pintu masuk terdapat sebuah rumah dengan pintu bulat seperti di film The Hobbit, isi di area ini yaitu terdapat sejumlah rumah jamur kecil berwarna-warni. Di area ini terdapat banyak kelinci dimana pengunjung diperbolehkan memberi makan pada kelinci-kelinci disini.

5. Rumah Ilusi & Adventure Park

Rumah Ilusi & Adventure Park
Image Credit: Pasundanekspres.co

Di dalam rumah ini terdapat banyak area untuk Anda mengambil gambar. Dari cat dinding yang berunsur ilusi dan terdapat lorong dimana dinding lorong berilusi juga.

Selain wahana utama di atas, terdapat mini roller coaster untuk anak. Mini roller coaster berupa kereta mini dengan rel yang berkelok-kelok. Untuk menaiki wahana ini dikenakan biaya sebesar Rp 20.000 per orang. Wah, wahana yang satu ini cukup membuat jantung deg-degan. Jangan berhati-hati saat menaikinya.

Wisata adventure park lainnya adalah ATV untuk sewa sebesar Rp5 0.000 per 15 menit, mainan anak Rp 5.000 untuk seluruh permainan dan sepeda air Rp 20.000 per 20 menit.

6. Wahana Menarik Lainnya

Wahana Menarik Lainnya
Image Credit: Explorewisata.com

Di dalam Cikao Park Purwakarta ini disediakan area pasir putih yang cukup luas, yang memang disediakan khusus untuk anak-anak. Jadi anak-anak bisa bermain dengan sepuasnya dengan keadaan yang mirip seperti di pantai.

Terdapat banyak lampion dengan berbagai jenis bentuk dari hewan-hewan, kartun hingga taman bunga. Dan area ini cukup panjang, jadi nikmati perjalanan Anda di area ini. Di malam hari lampion ini akan menyala dengan indah. Ada juga lampion yang berbentuk hati, spot ini rupanya cocok bagi Anda jika ke tempat ini bersama pasangan Anda karena bernuansa romantis.

Bebek air juga disediakan di sini. Bebek air bisa Anda mainkan dengan siapapun atau bahkan sendiri. Di tepi danau buatan ini juga terdapat gazebo dimana Anda bisa beristirahat di gazebo ini.

7. Fasilitas yang Tersedia di Cikao Park Purwakarta

Fasilitas yang Tersedia di Cikao Park Purwakarta
Image Credit: Twitter.Com @CikaoPark

Selain terdapat berbagai wahana, Cikao Park Purwakarta telah menyediakan berbagai fasilitas untuk wisatawan antara lain camping ground, gazebo di atas air, area venue concert, area parkir untuk motor dan mobil yang cukup luas, area extreme game, area floating market, offroad serta bazar kuliner.

Tidak lengkap rasanya jika berwisata tanpa menyantap beberapa makanan. Iya, kuliner sangat cocok dengan traveling. Anda bisa memilih berbagai makanan di bazar ini. Selain di bazar, tersedia tempat makan lainnya yang tersebar di seluruh wahana yang berupa kantin, rumah makan maupun saung makan.

Disediakan toilet di area tertentu. Fasilitas yang satu ini wajib ada di setiap tempat wisata. Terlebih wisata itu tempat bermain air. Pengunjung bisa berganti mandi dan berganti pakaian setelah bermain air.

Tempat ibadah yang unik. Di pintu masuk wisata terdapat masjid dengan penuh warna hal ini agar terkesan menarik bagi pengunjung. Selain itu terdapat beberapa mushola di area lain. Fasilitasnya lengkap bukan?

Banyak alasan mengapa Anda wajib menjadikan tempat ini menjadi destinasi Anda bersama keluarga. Selain fasilitas lengkap, tempat wisata ini sebagai sarana edukasi bagi anak Anda, tersedia berbagai wahana dimana semua usia cocok untuk mengunjungi tempat ini dan bagi Anda yang eksis di sosial media Cikao Park memiliki rumah ilusi.

Itulah ulasan menarik terkait Cikao Park Purwakarta. Meski kita menjadi wisatawan tetap harus menjaga kebersihan, agar tempat ini tetap terlihat rapi dan membuat nyaman pengunjung lainnya. Jika datang bersama anak Anda, jaga mereka dengan baik karena di sisi lain mereka harus belajar bersosialisasi dan di sisi lain anak Anda bertemu dengan banyak orang asing.