Harga Tiket: Rp 30.000, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Jatimekar, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang kerap didatangi oleh wisatawan mancanegara dikarenakan mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik. Salah satu destinasi wisata yang harus Anda nikmati di kawasan tersebut adalah Jatiluhur Water World. Hal itu karena tempat wisata ini menyajikan berbagai pesona yang memukau.

Jatiluhur Water World sendiri merupakan salah satu wisata air yang sudah sangat populer di mata masyarakat Indonesia. Dengan konsep berupa wisata air ini, maka wisatawan yang berkunjung ke sana dapat dari semua usia, terutama anak-anak. Tak heran bila dunia air ini selalu padat dan ramai oleh wisatawan.

Wisatawan yang sedang berada di Jawa Barat, tepatnya di Purwakarta, maka harus mampir ke Jatiluhur Water World untuk melepaskan penatnya. Terdapat beberapa kegiatan yang tentunya harus dilakukan di sana karena sangatlah menyenangkan. Anda dapat berlibur ke tempat ini bersama kerabat maupun teman-teman.

Daya Tarik yang Dimiliki Jatiluhur Water World

Daya Tarik Jatiluhur Water World
Image Credit: Google Maps Tambang Raras

1. Suguhan Utama yang Berupa Kolam Renang

Sesuai dengan namanya bahwa Jatiluhur Water World mempunyai konsep wisata air yang suguhan utamanya adalah kolam renang. Pengelola wisata telah menyediakan kolam renang yang bagus dengan jumlah 5 buah. Ada 2 kolam renang untuk wisatawan dewasa serta 3 kolam renang kedalaman dangkal bagi wisatawan anak-anak.

Khusus pada kolam renang anak-anak mempunyai ukuran yang tak terlalu luas, namun bermanfaat sekali untuk sarana refreshing serta main anak-anak. Kolam renangnya memiliki kedalaman yang sudah disesuaikan dengan tinggi badan umum anak-anak. Sedangkan, pada kolam renang wisatawan dewasa sudah berstandar Olympic.

Adanya standar ukuran tersebut, wisatawan dewasa tak hanya dapat main air saja tetapi sekaligus juga olahraga. Sama dengan kolam renang wisatawan anak-anak, pada kolam renang wisatawan dewasa pun menyediakan pancuran air yang dipasang di sekitaran kolam dengan fungsi untuk membasuh badan.

2. Pemandangan Alam yang Elok

Saat tengah meluncur pada papan seluncur di kolam renang, Anda akan menyaksikan panorama alam di sekitar sana berupa bendungan Jatiluhur. Selain itu, Jatiluhur Water World juga menyuguhkan pemandangan alam lainnya seperti pepohonan yang hijau dan asri, perbukitan gunung yang memiliki 3 menara, dan segarnya air di waduk.

Sejumlah pemandangan alam tersebut dapat disaksikan dalam 1 frame, sehingga begitu memukau dan elok. Bahkan, wisatawan dapat melihat waduk Jatiluhur dengan luas 8,300 hektar dengan fungsi sebagai PLTA.

Waduk itu berguna untuk irigasi sawah yang luasnya 240,000 hektar. Air di waduk tersebut juga dimanfaatkan bagi kehidupan warga yang bermukim di sekitarnya. Untuk itu, wisatawan yang main seluncuran kolam renang dapat menikmati panorama waduk serta alam sekitarnya.

3. Wahana Waterboom yang Seru

Menariknya, destinasi wisata Jatiluhur Water World menyediakan water slie atau papan seluncur pada kolam renang anak. Tetapi, ukuran dari water slide kolam renang anak lebih pendek bila dibandingkan ukuran water slide kolam renang dewasa. Pada kolam renang anak pun disediakan playground berupa ember tumpah dan pancuran air.

Selain itu, ada pula waterboom dengan tinggi 11.5 m pada kolam renang dewasa yang dapat digunakan wisatawan bila hendak menantang adrenalin. Sebelum menceburkan diri ke kolam renang, Anda akan meluncur pada waterboom dengan panjang 43 m. Mengenai keamanan telah dijaga oleh pengelola yang ada di sana.

Sehingga, di wisata ini terdapat wahana waterboom sebagai wahana utama. Waterslide yang disediakan ada 2 macam yaitu lintasan lurus dan lintasan berkelok-kelok. Anda dapat merasakan kedua macam waterslide tersebut dengan nyaman.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Jatiluhur Water World
Image Credit: Google Maps Dwi Agus

Lokasi destinasi wisata yang menawarkan wisata air itu terletak di Jawa Barat, lebih tepatnya di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Untuk mengunjungi Jatiluhur Water World yang berada di Desa Jatimekar, wisatawan dapat menaiki kendaraan berupa mobil ataupun motor. Lokasinya yang cukup strategis memudahkan untuk mengaksesnya.

Apabila melalui Jalan Pramuka, hanya memerlukan waktu kurang lebih 20 menitan saja. Atau dalam kata lain, jaraknya dari Jalan Pramuka menuju wisata ini memiliki jarak kurang lebih 8 km. Sedangkan, wisatawan yang dari luar kota dapat melewati gerbang keluar tol Jatiluhur lalu mengambil kiri.

Kemudian masuklah ke Jalan Ciganea dengan melalui jembatan Citarum. Setelah itu, ambillah kiri menuju Jalan Pramuka. Bila menjumpai pertigaan, lurus saja sampai ke bundaran. Mulai bundaran itu, Anda dapat mengambil kiri dan mengarah ke waduk atau bendungan Jatiluhur. Di sana keberadaan gerbang masuk tempat wisata bisa Anda temukan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Jatilahur Water World
Image Credit: Google Maps Tambang Raras

Mengenai tiket masuk untuk dapat menikmati keindahan yang tersuguh di taman air bernama Jatiluhur Water World dibedakan menjadi beberapa jenis. Harganya berbeda saat weekday, weekend, serta hari libur nasional. Pada weekday, harga tiket masuknya yaitu sebesar 30 ribu per orang.

Lalu ketika weekend, harga tiket masuk ek sana adalah sebesar 45 ribu per orang. Sedangkan, khusus pada hari libur nasional, harga tiket masuk wisata adalah sebesar 65 ribu per orang. Kemudian tarif parkir motor sebesar 5 ribu, mobil 10 ribu, dan bus 15 ribu.

Aktivitas yang Menarik di Jatiluhur Water World

Aktivitas Menarik Jatiluhur Water World
Image Credit: Google Maps Umi Channel

1. Wisata Kuliner

Datang ke Jatiluhur Water World tentunya sayang bila tak mencicipi kuliner di sana. Ada restoran apung di tengah-tengah waduk yang mana wisatawan perlu sewa perahu nelayan untuk dapat mencapai restoran itu. Menu yang ditawarkan kebanyakan dari bahan utama ikan, seperti ikan bandeng, ikan patin, dan ikan nila, dan ikan tawar lain.

2. Mendatangi Tempat Budidaya Ikan

Selain berwisata kuliner, Anda pun dapat secara langsung belajar tentang cara membudidayakan ikan. Di tempat pembudidayaan ikan tersebut Anda dapat belajar mulai dari membibit ikan, merawat, hingga memanen. Area ini berada di tengah-tengah waduh dan wisatawan dapat mengaksesnya dengan sewa perahu nelayan.

3. Berburu Foto

Panorama kawasan wisata ini begitu indah dan menarik hati, sehingga Anda dapat mempersiapkan kamera ataupun smartphone guna mengabadikan setiap momen menyenangkan dengan teman dan keluarga saat berlibur di sana.

Apalagi, pada tiap sudut lokasi wisata tersebut memiliki visual yang tampak begitu instagramable. Spot yang paling disukai oleh wisatawan adalah kolam renang dengan menampakkan wahana waterboom. Aktivitas ini banyak dilakukan oleh wisatawan kalangan muda maupun yang sudah berumur.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Jatilahur Water Word
Image Credit: Google Maps Anastasya Clara Miracle Touwelly

Jatiluhur Water World mempunyai fasilitas yang memadai seperti toilet umum, mushola, dan tempat parkir kendaraan. Dikarenakan suguhan utamanya berupa kolam renang, tentu saja akan disediakan juga fasilitas berupa kamar bilas serta kamar ganti. Beberapa fasilitas tersebut siap untuk membuat Anda nyaman selama berwisata.

Hal yang sangat menarik di kolam renang yang tersedia di sana adalah terdapat wahana waterboom yang berupa waterslide berbentuk lurus serta berkelok-kelok. Dengan adanya wahana tersebut, tentu saja dapat memberikan wisatawan sensasi yang berbeda, tetapi sama-sama menyenangkan.

Selain itu, tersedia pula tempat penyewaan perahu nelayan bagi wisatawan yang hendak berkeliling waduk, mengunjungi tempat budidaya ikan, maupun berwisata kuliner. Restoran yang tersedia di tempat wisata ini pun tergolong unik sekali dikarenakan lokasinya mengapung pada tengah-tengah waduk.

Jatiluhur Water World menjadi lokasi wisata yang sangat recommended bagi wisatawan yang hendak menikmati nuansa alam dengan sajian konsep modern dan kekinian. Anda juga jangan lupa untuk selalu bawa pakaian ganti apabila memang memiliki rencana melakukan aktivitas renang di sana.