Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Sukamulya, Kec. Tegal Waru, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Jika kamu adalah salah satu pecinta wisata alam yang ekstrim, cobalah untuk datang ke tempat wisata alam yang bernama Sasak Panyawangan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tempat ini menawarkan pemandangan 2 gunung yang bisa dinikmati melewati jembatan bambu yang di bangun di sekitar gunung tersebut.

Pembuatan jembatan yang diberi nama jembatan perenungan ini dibangun hanya dengan bahan sederhana seperti bambu, sabut kelapa, dan tali. Dari atas jembatan para pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan 2 gunung batu saja, namun para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan waduk jatiluhur yang menjadi salah satu tempat wisata populer di Purwakarta.

Jembatan perenungan ini memiliki panjang sekitar 2,5 kilometer dengan lebar yang bisa menampung 2 orang dewasa. Sepanjang jalan di atas jembatan para pengunjung bisa menikmati udara segar dari gunung dan hutan di sekitarnya. Setelah capek berjalan para pengunjung bisa mandi di kolam yang ada di sekitaran jembatan.

Daya Tarik yang Dimiliki Sasak Panyawangan

Daya Tarik Sasak Panyawangan
Image credit: Google Maps (Wahyu Tri)

Ada beberapa daya tarik yang menjadikan tempat wisata alam ini menarik minat para pengunjung. Berikut adalah beberapa daya tarik yang perlu Anda ketahui.

1. Jembatan Perenungan

Daya tarik utama wisata Sasak Panyawangan ini adalah jembatan bambu dengan panjang 2.5 kilometernya yang diberi nama jembatan perenungan. Jembatan ini berada disamping 2 gunung batu yang bernama gunung bongkok dan gunung parang. Gunung parang adalah gunung yang biasa dipakai untuk melakukan kegiatan climbing sedangkan gunung bongkok berbentuk seperti mangkuk terbalik.

Dari atas jembatan ini para pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang lembah, gunung, kolam, atau waduk jatiluhur. Untuk jarak dari tempat wisata ini ke waduk jatiluhur lumayan jauh. Namun, dengan lokasi jembatan yang cukup tinggi membuat waduk dapat terlihat jelas di mata para pengunjungnya.

2. Pemandangan Alamnya

Dengan 2 gunung dan lembah yang berada di sekitar tempat wisata alam ini membuat nilai tambah tersendiri di mata para pengunjungnya. Apalagi ketika momen terbenamnya matahari yang bisa disaksikan dari atas jembatan akan membuat keindahan alam di Sasak Panyawangan akan semakin terasa.

Daya Tarik Dimiliki Sasak Panyawangan
Image Credit: Google Maps (Sandalkuilang)

3. Kolam

Terdapat 2 kolam yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk berenang di tempat wisata ini. Kedua kolam tersebut memiliki kedalaman yang berbeda. Dimana kolam yang di bawah memiliki kedalaman yang dangkal. Jadi bisa digunakan oleh anak-anak dan mereka yang tidak bisa berenang. Sedangkan kolam yang di atasnya hanya untuk mereka yang bisa berenang karena kedalamannya.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Alamat dan Harga Tiket Sasak Panyawangan
Image credit: Google Maps (Agapao Putra)

Wisata Sasak Panyawangan berjarak sekitar 25.2 kilometer dari Kota Purwakarta yang dapat ditempuh selama 1 jam 12 menit menggunakan kendaraan bermotor melewati jalur Cikampek. Untuk lokasinya tempat wisata alam ini berada di Tegalwaru, Jawa barat atau lebih tepatnya berada di Desa Sukamulya, Kabupaten Purwakarta.

Untuk rute menuju tempat wisata alam ini bisa dimulai dari Kota Purwakarta di Jl. Veteran menuju Jl. Suradireja lalu ke Jl. Surawinata di pertigaan Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Purwakarta. Setelah itu lurus terus hingga memasuki Jl. Jenderal Ahmad Yani.

Dari Jl. Jenderal Ahmad Yani terus lurus sampai di pertigaan taman parcom lalu belok kanan ke Jl. Basuki Rahmat. Terus lurus hingga masuk ke Jl. Pemuda atau lebih dikenal dengan jalur Cikampek hingga memasuki Jl. Raya Sukatani.

Terus di Jl. Raya Sukatani hingga menemukan pertigaan Indomaret Cimuntuk lalu belok kanan. Kemudian di Toko Dodo belok kanan lagi sampai menemukan Pasar Anyar Sukatani lalu belok kiri, ikuti jalur tersebut sampai menemukan pertigaan Martha Cell lalu belok kanan.

Terus lurus sampai memasuki Jl, Pananggahan dan ikuti jalan tersebut sampai menemukan Masjid Al Barokah lalu belok kiri di pertigaan tersebut, terus lurus sampai menemukan pertigaan kedua lalu belok kiri. Terus ikuti jalan tersebut hingga memasuki daerah lokasi wisata alam ini. Ada beberapa jalan yang tidak memiliki nama jadi bertanya kepada warga sekitar jika bingung.

Tempat wisata Sasak Panyawangan yang buka dari pukul 08:00 sampai 18:00 waktu setempat ini memiliki tiket seharga Rp 10.000 per orang untuk sekali masuk. Sedangkan untuk harga parkir kendaraan berbeda-beda. Dari kendaraan roda 2 adalah Rp 2.000 per unit dan kendaraan roda 4 adalah Rp 5.000 per unit.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Sasak Panyawangan

Kegiatan Menarik di Sasak Panyawangan
Image credit: Twitter.com @amazingpwk

Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan para pengunjungnya ketika datang berlibur ke Sasak Panyawangan, mulai dari kegiatan bersantai sampai aktivitas yang memacu adrenalin. Berikut beberapa kegiatan seru tersebut.

1. Berjalan Sepanjang Jembatan Bambu

Jembatan bambu yang dibuat dengan panjang mencapai 2.5 kilometer dengan bahan sederhana seperti bambu, serabut kelapa, dan tali yang membentang sepanjang gunung batu ini merupakan tujuan utama di tempat wisata ini. Berjalan sepanjang jembatan ini adalah suatu pengalaman tersendiri bagi mereka yang suka dengan wisata berbau ekstrim.

Melewati jembatan sederhana di atas bukit bebatuan akan membuat para pengunjungnya sedikit takut. Namun, dengan penawaran pemandangan gunung dan hutan yang luar biasa indah akan membuat mereka semakin penasaran untuk berjalan lebih jauh diatas jembatan bambu ini.

2. Berfoto

Banyak orang selalu mengabadikan momen liburan mereka. Di atas jembatan bambu ini para pengunjung juga bisa berfoto baik dengan background gunung, lembah, hutan, kolam atau bahkan saat matahari terbenam. Jika kamu melewati jembatan ini maka kamu akan sering berhenti karena ada pengunjung lain yang sedang berfoto di tengah jembatan.

3. Bermain Flying Fox

Kegiatan menarik lainnya di Sasak Panyawangan adalah Flying Fox, bagi mereka yang suka memacu adrenalin. Sangat tidak disarankan bagi pengunjung yang takut dengan ketinggian. Karena aktivitas yang satu ini mengharuskan para pengunjungnya berayun dari satu tempat yang tinggi menggunakan tali hingga turun ke tempat yang lebih rendah.

Ketika bermain flying fox tetap ikuti aturan dari para petugasnya. Jangan lupa menggunakan helm dan peralatan keselamatan lainnya agar tetap aman ketika terjun dari ketinggian. Untuk bisa melakukan kegiatan ini para pengunjung harus membayar sekitar Rp 30.000 per orang.

Kegiatan di Sasak Panyawangan
Image credit: Twitter.com @apiaward

4. Menikmati Alam yang Masih Segar

Kegiatan berikutnya adalah menikmati momen bersama orang terdekat di alam yang tenang dan asri ini. Untuk mereka yang stres atau penat bisa menghilangkan kepenatan tersebut dengan bersantai di tempat wisata alam yang berada di Kabupaten Purwakarta ini. Dengan alamnya yang masih hijau dijamin semua stres akan hilang begitu tiba di lokasi wisata.

5. Berenang di Kolam Renang

Dan kegiatan menarik yang terakhir adalah berenang atau berendam di kolam yang terdapat di dalam Kawasan Sasak Panyawangan ini. Terdapat 2 kolam dengan tingkat kedalaman yang berbeda-beda. Jadi berhati-hati jika memasuki kolam tersebut. Gunakan pelampung jika tidak bisa berenang.

Fasilitas yang Tersedia di Sasak Panyawangan

Fasilitas di Sasak Panyawangan
Image credit: Google Maps (Syamsul Arifin)

Tidak hanya alam saja yang menjadikan tempat wisata ini memiliki banyak pengunjung. Namun, terdapat beberapa fasilitas yang dibangun untuk menunjang kebutuhan para pengunjung yang datang untuk berlibur. Berikut beberapa fasilitas yang ada di Sasak Panyawangan.

1. Lahan Parkir Kendaraan

Fasilitas yang pertama adalah area parkir kendaraan. Di lahan kosong ini para pengunjung bisa memarkirkan kendaraan mereka dan akan dijaga selama mereka berlibur di dalam tempat wisata alam keren ini.

Tidak perlu khawatir karena kendaraan tersebut aman, hanya saja untuk barang berharga sebaiknya di bawah masuk untuk lebih aman. Karena kehilangan dalam bentuk apapun bukan tanggung jawab pihak penjaga parkir.

2. Loket Tiket

Tidak jauh dari tempat parkir terdapat loket tiket untuk membeli tiket masuk ke wisata Sasak Panyawangan. Para pengunjung harus membayar sebesar Rp 10.000 per orang sebelum diizinkan masuk ke lokasi wisata. Jaga tiket tersebut karena sebelum masuk kedalam tempat wisata akan diperiksa terlebih dahulu, bagi yang tidak memiliki tiket tidak diizinkan untuk masuk.

3. Jembatan Bambu

Berikutnya ada jembatan bambu yang diberi nama jembatan perenungan. Di jembatan ini biasanya para pengunjung akan mulai mengeluarkan kamera mereka untuk berpose di depannya. Jadi bagi para pengunjung narsis silahkan berfoto sepuasnya sebelum sampai di ujung jembatan. Jembatan ini memiliki panjang 2.5 kilometer jadi para pengunjung bisa bebas mencari spot berfoto yang diinginkan.

4. Tempat Bermain Flying Fox

Berikutnya di sekitaran gunung batu terdapat lokasi bermain flying fox bagi para pengunjungnya. Berayun menggunakan tali dan sling baja sepanjang lembah membuat setiap orang yang melakukan kegiatan ini akan berteriak. Namun ketika sampai di tempat tujuan mereka akan tertawa bahagia karena puas dengan apa yang mereka lihat sepanjang jalur flying fox.

5. Kolam Renang

Fasilitas di Sasak Panyawangan lainnya yaitu 2 kolam renang. Kolam renang ini dibagun di bawah gunung batu dengan posisi bersebelahan. Kolam dengan kedalaman paling dalam ada di atasnya dengan hanya orang-orang yang bisa berenang saja yang diizinkan untuk menggunakan kolam tersebut. Sedangkan kolam dibawahnya adalah kolam dangkal bagi anak-anak dan mereka yang tidak bisa berenang.

Pemandangan dari kedua kolam tersebut juga sangat indah. Dari lembah yang penuh dengan pepohonan hijau di bawahnya dan ada gunung batu di atasnya. Di Sekitar kolam juga terdapat jembatan bambu yang dilewati oleh pengunjung lain.

6. Kamar Mandi dan Toilet Umum

Berikutnya ada kamar mandi bagi mereka yang ingin membersihkan badan setelah puas berenang di dalam kolam. Di Kamar mandi ini juga digunakan untuk mengganti pakaian sebelum dan setelah berenang atau bermain air di kolam. Kamar mandi ini dibagi menjadi kamar mandi pria dan kamar mandi wanita jadi aman.

Ada juga toilet umum untuk pengunjung yang ingin buang air besar dan kecil. Dimana toilet ini juga dibagi menjadi toilet umum pria dan toilet umum wanita.

7. Warung Makan

Terdapat pula warung makan yang menyediakan makanan dan minuman bagi para pengunjungnya. Jadi jangan takut dengan masalah perut jika berlibur ke tempat wisata ini.

Wisata alam Sasak Panyawangan di Purwakarta menawarkan pengalaman berlibur dengan suasana sedikit ekstrim dimana para pengunjung harus berjalan diatas jembatan bambu di pinggir gunung batu. Namun, semakin mereka berjalan maju mereka akan dibuat lebih penasaran dengan pemandangan apa yang akan diperlihatkan selanjutnya.