Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 09.00–17.00 WIB, Alamat: Krambil Sawit, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Berbicara soal pantai yang berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta maka pasti akan sangat banyak yang bisa dibahas. Salah satu pantai cantik yang juga berada di kabupaten tersebut adalah Pantai Ngeden yang berlokasi di Desa Krambil Sawit, pantai menawan ini terkenal dengan keindahan alamnya.

Dimana saat menginjakan kaki di tempat wisata alam tersebut anda akan menemukan sebuah pantai nan indah dengan pasir putih super cantik, lautan biru mengkilap, dan bukit menakjubkan yang berada di pinggir pantai. Dengan adanya semua keindahan alam tersebut membuat anda dapat melakukan kegiatan berfoto sepuasnya.

Dari pinggir Pantai Ngeden yang populer ini anda juga bisa melihat indahnya sunset di sore hari. Tempat wisata alam hits ini sendiri sudah dibuka dari tahun 2015 dan kini menjadi salah satu destinasi wisata yang difavoritkan oleh banyak orang. Kali ini kita akan melakukan sedikit review mengenai pantai cantik yang berada di bagian selatan Pulau Jawa tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngeden

Daya Tarik Pantai Ngaden
Image Credit: Google Maps dwi susanti

1. Pantai Pasir Putih

Berbicara soal daya tarik dari Pantai Ngeden maka pantai itu sendiri akan menjadi daya tarik utamanya. Dimana pasir pantai asal Kabupaten Gunung Kidul ini berwarna putih dan bercampur dengan beberapa kulit karang yang membuatnya terlihat begitu indah. Selain itu ada juga batu karang yang bisa anda temui di hamparan pasir putih tersebut.

Perpaduan antara pasir putih dan batu karang ini akan menghasilkan sebuah spot foto yang bagus. Namun dengan adanya batu karang ini membuat anda yang ingin bermain air atau berenang harus berhati-hati agar tidak terluka.

2. Laut

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh tempat wisata alam ini adalah lautan luas yang ada di depannya. Lautan tersebut memiliki ombak yang cukup besar karena masih masuk kedalam Samudera Hindia, maka dari itu selain batu karang ombak laut juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa anda harus berhati-hati jika ingin bermain air laut di pantai hits ini.

Meskipun memiliki ombak yang cukup besar namun Samudera Hindia ini sangat bagus jika digunakan untuk berfoto atau hanya sekedar menikmati alam sekitar. Keindahannya akan semakin terlihat saat ombak laut menghantam batu karang dan menyebabkan air laut menjadi terbelah.

3. Bukit Menawan

Beralih ke daya tarik selanjutnya dari Pantai Ngeden yaitu bukit menakjubkan yang berada di ujung bibir pantai. Bukit tersebut cukup tinggi dan menjulang ketengah laut sehingga jika anda berada di atasnya maka semua area pantai asa Desa Krambil Sawit ini akan terlihat dengan sangat jelas.

Untuk mencapai bukit cantik ini juga tidak terlalu susah karena ada sejumlah anak tangga yang akan membantu anda untuk mencapai puncak tertinggi dari bukit yang dari jauh akan terlihat seperti penyu tersebut. Tempat ini merupakan salah satu spot terbaik untuk berfoto, menikmati pemandangan sekitar, dan menyaksikan sunset di sore hari.

4. Panorama Sunset

Daya tarik terakhir yang dimiliki oleh tempat wisata alam ini adalah sunset. Momen terbenamnya Matahari akan terlihat sangat indah jika disaksikan dari atas bukit yang berada di pesisir pantai populer ini. Maka dari itu jika sudah sampai di lokasi wisata menakjubkan ini patikan menyaksikan sunset adalah salah satu hal yang harus dilakukan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ngaden
Image Credit: Google Maps Rinaldi Herdianto

Lokasi dari Pantai Ngeden sendiri berada di Kabupaten Gunung Kidul, Desa Krambil Sawit, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kecamatan Saptosari. Untuk mencapai lokasi wisata tersebut anda bisa menggunakan Tugu Jogja di Jl. Jenderal Sudirman, Kecamatan Jetis sebagai patokan.

Jadi dari Jl. Jenderal Sudirman silahkan ambil jalur menuju perempatan Jl. Suroto kemudian belok kanan lalu belok kiri di perempatan dekat Manna Bakery Tart dan terus di jalan tersebut sampai tiba di pertigaan Jl. Wardhani. Belok kanan dan ikuti Jl. Wardhani sampai anda tiba di pertigaan Jl. Trimo.

Dari pertigaan Jl. Trimo silahkan belok kiri kemudian terus lurus sampai anda masuk ke Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo dan belok kanan untuk ikuti jalan tersebut lalu teruskan hingga masuk ke Jl. Dokter Sutomo. Setelah tiba di perempatan dekat Kursus Komputer silahkan terus lurus untuk mengikuti Jl. Ki Mangunsarkoro dan tiba di pertigaan Jl. Sultan Agung.

Belok kiri di pertigaan tersebut kemudian langsung belok kanan di pertigaan Jl. Batikan dan tetap di jalur utama sampai memasuki Jl. Veteran. Belok kiri di Jl. Veteran kemudian belok kanan di pertigaan Jl. Menteri Supeno yang berada tidak jauh dari pertigaan sebelumnya.

Ikuti Jl. Menteri Supeno sampai anda menemukan pertigaan Jl. Pramuka, disini silahkan belok kanan untuk mengikuti Jl. Pramuka sampai memasuki Jl. Imogiri Tim kemudian melewati Jembatan Karang Semut dan tiba di simpang tiga Patung Kuda Sultan Agung Imogiri. Silahkan belok kanan di simpang tiga tersebut untuk mengikuti Jl. Imogiri.

Tidak jauh dari simpang tiga sebelumnya anda akan menemukan pertigaan Jl. Imogiri Siluk yang mengharuskan anda untuk belok kiri dan ikut jalan utama sampai melewati Jl. Siluk Panggang lalu memasuki Jl. Raya Panggang Wonosari dan tiba di pertigaan dekat Balai Desa Jetis Saptosari. Silahkan belok kanan di pertigaan tersebut untuk memasuki Jl. Jetis.

Terus ikuti Jl. Jetis sampai memasuki Jl. Krambil Sawit dan menemukan pertigaan Jl. Pantai Ngeden. Silahkan ikuti jalan tersebut sampai anda tiba di lokasi pantai yang berada tepat di ujung jalan. Panjang rute perjalanan ini diperkirakan sekitar 53 km dengan waktu tempuh kurang lebih selama 1 jam 38 menit.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Ngaden
Image Credit: Google Maps Frisyandi Abiedinsyah

Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Ngeden, anda harus membayar tiket masuk kepada pengelola sebesar Rp 10.000 per orang. Selain itu, bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi harus membayar juga retribusi parkir sebesar Rp 3.000 per unit untuk sepeda motor dan Rp 5.000 per unit untuk mobil.

Pantai hits ini buka setiap hari dengan rincian hari Senin sampai Jumat buka mulai pukul 09.00 sampai 16.00 WIB, sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Ngeden

Aktivitas Pantai Ngaden
Image Credit: Google Maps Reni Sudibyo

1. Berfoto di Pantai Ngeden

Kegiatan menarik pertama yang bisa anda lakukan di pantai cantik ini adalah berfoto. Kegiatan ini ditunjang dengan adanya alam yang sangat cantik mulai dari pasir putih pantai, batu karang, lautan biru, dan sebuah bukit cantik yang menjulang ke tengah laut. Maka dari itu pastikan kamera anda sudah siap untuk mengambil gambar sebanyak mungkin.

2. Menikmati Pemandangan Sekitar

Karena alamnya yang sangat menakjubkan membuat banyak orang yang datang ke Pantai Ngeden untuk menyaksikan pemandangan sekitar yang benar-benar masih alami. Selain itu ada juga wisatawan yang memang sengaja datang ke pantai asal Kabupaten Gunung Kidul ini untuk melakukan refreshing pikiran.

Hal tersebut bisa dilakukan karena alam di pantai hits ini masih perawan sehingga hawa udara sekitar juga akan sangat segar. Selain itu suara alam seperti ombak yang menghantam batu karang dan angin yang berhembus di sela dedaunan menjadi salah satu obat penenang tersendiri bagi wisatawan.

3. Menyaksikan Indahnya Sunset

Beralih ke kegiatan menarik selanjutnya yaitu menyaksikan indahnya sunset di sore hari. Indahnya Matahari terbenam memang selalu berhasil membuat siapa saja terpana akan keindahannya, maka dari itu tidak heran jika banyak orang yang selalu menunggu momen indah tersebut untuk dinikmati dari tempat wisata alam ini.

4. Camping

Kegiatan menarik terakhir yang bisa anda lakukan di Pantai Ngeden adalah camping atau bermalam di alam bebas. Kegiatan ini cukup populer di kalangan wisatawan, namun sebelum melakukan kegiatan camping sebaiknya anda meminta izin kepada pihak pengelola terlebih dahulu.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Ngaden
Image Credit: Google Maps Felisitas Brillianti

1. Area Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama yang bisa anda jumpai di Pantai Ngeden nan menakjubkan ini adalah area parkir kendaraan. Fasilitas ini memiliki ukuran yang cukup besar dan dapat menampung beberapa jenis kendaraan mulai dari sepeda motor sampai mobil. Semua kendaraan tersebut juga akan dijaga oleh petugas parkir jadi masalah keamanan sudah terjamin.

2. Warung Makan

Pantai Ngeden juga memiliki warung makan yang dikelola oleh masyarakat setempat. Warung makan ini menjual beberapa jenis makanan mulai dari makanan berat sampai makanan ringan, selain itu ada juga minuman panas dan minuman dingin. Dengan adanya fasilitas ini dapat membantu wisatawan yang datang berlibur tanpa membawa bekal.

3. Toilet Umum

Fasilitas terakhir yang dimiliki pantai populer ini adalah toilet umum yang dibagi menjadi toilet pria dan toilet wanita. Bagi wisatawan yang ingin membuang air besar atau kecil bisa menggunakan fasilitas ini. Perhatikan juga kebersihan toilet umum tersebut untuk menghargai mengguna selanjutnya.

Demikian review singkat mengenai Pantai Ngeden yang menawan, berlokasi di Desa Krambil Sawit, Kabupaten Gunung Kidul. Menjelajah pantai ini tentu mampu memberi kesan tersendiri bagi pengunjung, utamanya ketika liburan bersama orang tercinta.