Kekayaan Nusantara sebagai negara maritim dapat disaksikan di Pulau Samalona, wisata bahari nan eksotis di Makassar. Pulau cantik yang menawarkan pemandangan alam yang menawan.

Lokasi: Lae-Lae, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.
Map: Cek Lokasi

Menikmati keindahan alam yang eksotis sangat ampuh untuk memanjakan mata dan pikiran. Salah satu destinasi wisata alam yang menjanjikan panorama bahari elok paripurna adalah Pulau Samalona. Birunya lautan berpadu pasir putih dengan udara ala pantai yang menyegarkan akan menjadi tempat terbaik menghabiskan waktu bersantai.

Samalona merupakan sebuah pulau kecil yang secara geografis terletak di Selat Makassar, sedikit agak barat daya dari lepas pantai Sulawesi Selatan. Daerah yang paling dekat dari pulau ini adalah Kecamatan Wajo, hanya sekitar dua kilometer saja. Secara administratif, Pulau Samalona masih termasuk dalam wilayah Kota Makassar.

Pulau cantik ini telah lama dikenal dikenal sebagai salah satu surga bahari asli Makassar. Kecantikan alamnya telah mengundang banyak wisatawan domestik maupun mancanegara untuk singgah ke pulau ini. Terbukti setiap musim libur tiba, pulau ini tak absen dari daftar destinasi liburan. Berikut ulasan ringkas seputar Pulau Samalona yang sanggup memukau setiap pengunjung.

Eksotisme Wisata Bahari Pulau Samalona

Eksotisme Pulau Samalona
Image Credit: Pegipegi.com

Pulau Samalona adalah sebuah daratan tak terlalu besar yang berada di tengah Selat Makassar. Luas pulau ini hanya berkisar 2,34 hektar. Meski tak seberapa luas, setiap sudut pulau ini mempunyai eksotisme luar biasa yang sanggup menghipnotis wisatawan.

Daratannya sebagian besar didominasi oleh pasir putih khas pantai. Di beberapa tempat Anda bisa mendapati pepohonan yang menghadirkan nuansa sejuk. Jadi meskipun cuaca sedang terik, pepohonan ini akan menaungi Anda agar tidak merasa gerah.

Pulau ini juga mempunyai gugusan terumbu karang yang sangat indah, Anda bisa menyaksikannya secara langsung di perairan sekitar pulau. Pulau Samalona memang dikhususkan sebagai destinasi wisata, sehingga jumlah penduduknya pun tidak seberapa banyak. Tercatat hanya ada 82 jiwa yang tinggal di pulau tersebut.

Sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai pengelola destinasi, misalnya menjual makanan, cindera mata, atau memandu wisatawan yang berkunjung. Penduduk setempat ramah terhadap wisatawan dari luar daerah, sehingga menciptakan interaksi yang nyaman.

Daya Tarik Wisata Utama Pulau Samalona

Daya Tarik Pulau Samalona
Image Credit: Detik.com

Samalona kaya akan keindahan alam yang masih alami. Jadi jika berbincang tentang daya tarik utama pulau ini, maka jawabannya ada lebih dari satu. Pertama, Pulau Samalona mempunyai hamparan pasir putih yang halus ketika bersentuhan dengan kulit. Anda pun bisa bermain sepuasnya di pasir pantai sambil menikmati semilir angin yang bertiup.

Kedua, pulau eksotis ini memiliki kekayaan laut yang berlimpah. Barangkali inilah yang menjadikan Samalona sebagai salah satu destinasi wisata bahari paling digemari di Makassar. Dilihat dari bibir pantai, laut yang terbentang berwarna biru akan sangat memanjakan mata. Jika Anda dekati, akan tampak surga alam yang tersembunyi di bawah permukaan air.

Pulau Samalona diberkahi dengan gugusan terumbu karang yang menjadi tempat tinggal berbagai biota laut. Anda harus menyelam agar bisa menyaksikannya secara langsung. Di dalam laut ini ada pula peninggalan kapal bersejarah dari masa Perang Dunia II.

Konon kapal ini tenggelam, dan sekarang bangkainya menjadi tempat tinggal ikan-ikan kecil. Ada yang dinamakan Kapal Haru, yaitu kapal perang milik tentara Jepang yang pada masa itu tenggelam di perairan pulau ini. Kapal ini bisa dilihat pada kedalaman 30 meter.

Daya Tarik Wisata Pulau Samalona
Image Credit: Nonanomad.com

Selain itu, ada pula kapal perang bernama Lancaster Bomber, Hakko Maru, dan lain-lain. Setidaknya terdapat tujuh kapal yang hingga kini bangkainya masih bersemayam di bawah laut dekat Pulau Samalona. Anda bisa melihatnya jika menyelam sedikit lebih dalam.

Jika Anda mahir berenang, sangat wajib mencoba snorkeling di perairan sekitar pulau mungil ini. Anda akan bertemu ikan-ikan dari berbagai spesies. Ada pula biota laut lain yang bersembunyi di balik terumbu karang. Semua itu akan menjadi pemandangan menawan yang tak bisa Anda temukan di tempat lain.

Jika Anda tidak bisa berenang, tak perlu khawatir karena masih banyak keseruan lain yang bisa dilakukan di Pulau Samalona. Anda bisa menyewa banana boat untuk berkeliling perairan pantai selama 15 menit. Anda juga bisa mengunjungi reruntuhan villa peninggalan Belanda yang mempunyai nilai sejarah tinggi di pulau ini, karena telah berusia seabad.

Keunikan lain yang dimiliki pulau cantik ini adalah penduduk setempat yang tinggal di tempat ini memiliki kemiripan wajah satu sama lain. Konon mereka berasal dari satu garis keturunan yang sama, sehingga wajah dan fisiknya pun hampir sama setiap orang.

Panorama yang Disuguhkan Pulau Samalona

Panorama Pulau Samalona
Image Credit: Anekawisatanusantara.blogspot.com

Barangkali Anda bertanya-tanya, panorama seperti apa yang disuguhkan Pulau Samalona hingga membuatnya istimewa? Bayangkan Anda berada di sebuah daratan kecil di tengah lautan yang didominasi pasir putih, kemudian sekelilingnya hanya tampak biru laut dan langit cerah. Itulah panorama bahari yang terdapat di Samalona.

Anda bisa mengeksplorasi alam Pulau Samalona di daratan maupun perairan. Pepohonan rindang yang menaungi sebagian pulau membuat suasana terasa tak terlalu panas. Di pulau ini juga terdapat makam tua milik suku Bajoe yang biasanya dijadikan tempat ziarah.

Ragam Fasilitas yang Tersedia di Pulau Samalona

Fasilitas Pulau Samalona
Image Credit: Wikimedia.org

Meskipun letaknya terpisah dari pulau utama, fasilitas yang tersedia di Samalona sudah sangat lengkap. Sejak tahun 2012, pemerintah bekerja sama dengan masyarakat setempat dan investor mengembangkan pulau ini agar menjadi destinasi unggulan. Oleh karena itu, fasilitas wisatawan pun terus dioptimalkan.

Di pulau ini terdapat ruang terbuka beralas pasir pantai yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai atau berjemur. Di pasir yang lembut ini Anda bisa melakukan olahraga voli pantai serta aktivitas menarik lainnya.

Tak hanya itu, di Pulau Samalona juga telah tersedia gazebo yang bisa dipakai untuk area berkumpul. Bagi Anda yang ingin menikmati makanan laut dan aneka kuliner khas Samalona, penduduk setempat telah membuka kedai.

Segarnya olahan makanan laut disajikan dalam ragam menu lezat yang menggugah selera. Sembari melahap kuliner yang enak, Anda bisa melihat birunya laut di kejauhan. Tak ketinggalan, fasilitas toilet dan mushala pun sudah tersedia di sekitar pulau.

Selain itu, ada pula tempat yang menyediakan persewaan alat-alat selam. Kalau Anda ingin menjelajah alam bawah laut Samalona tapi tidak membawa peralatan, bisa menyewa dengan harga bervariasi.

Di sepanjang pantai Samalona juga terdapat tenda payung bagi Anda yang ingin berjemur. Menjelajah pulau nan eksotis ini tidak cukup hanya dilakukan satu hari, maka jika Anda ingin bermalam sudah tersedia penginapan.

Biasanya wisatawan memilih menginap karena hendak menyaksikan matahari terbenam dan matahari terbit di lepas pantai. Tentu akan menjadi pengalaman tak terlupakan kalau bisa melihat golden hours di langit Pulau Samalona yang didominasi semburat jingga kemerahan.

Akses dan Akomodasi Menuju Pulau Samalona

Akses Menuju Pulau Samalona
Image Credit: Instagram.com @inspirasi.ootd.wisata_sulsel

Untuk menuju Pulau Samalona, Anda harus menempuh perjalanan laut karena letaknya di tengah Selat Makassar. Terdapat dermaga di sekat Pantai Losari yang menyediakan sewa perahu motor menuju pulau. Anda bisa menggunakan akomodasi ini atau menggunakan boat lebih besar jika memuat lebih banyak orang.

Ada perahu motor yang dikhususkan pribadi dan umum. Kalau Anda menyewa perahu motor pribadi, kendaraan ini akan menemani hingga selesai kunjungan. Adapun perahu motor umum, setelah selesai mengantarkan satu keberangkatan akan kembali lagi untuk mencari penumpang lain. Harga sewa kedua jenis perahu motor ini tentu saja berbeda.

Perjalanan laut membutuhkan waktu sekitar 30 menit terhitung dari keberangkatan di dermaga. Namun perjalanan tidak akan terasa lama karena Anda akan dimanjakan dengan hamparan perairan Selat Makassar yang berwarna zamrud biru.

Lebih baik Anda berkunjung saat cuaca sedang cerah agar tidak terjadi gelombang yang mengganggu perjalanan. Setelah hampir sampai, akan tampak pulau kecil yang didominasi hijau pepohonan dan putihnya pasir dari kejauhan. Itulah Pulau Samalona.

Begitu perahu motor menepi, selanjutnya Anda akan disambut pasir pantai yang lembut. Terdapat dermaga kecil yang biasanya menjadi tempat pemberhentian dan pemberangkatan perahu motor.

Biaya Wisata ke Pulau Cantik Makassar

Biaya ke Pulau Cantik Makassar
Image Credit: Instagram.com @perahu_kambara

Untuk berkunjung ke Pulau Samalona biasanya tersedia beragam paket wisata. Hal ini dikarenakan sebagian besar wisatawan enggan mengurus biaya masuk, penginapan, serta akomodasi secara terpisah. Umumnya mereka menyewa biro wisata yang ada di Makassar untuk mengatur segala keperluan.

Apabila diperinci, tarif masuk ke Samalona tidak dikenakan biaya. Namun Anda harus mengeluarkan uang untuk kebutuhan lain-lain. Misalnya untuk akomodasi dari Makassar menuju Pulau Samalona, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp400.000-Rp500.000 karena harus menaiki boat menyeberangi laut.

Setelah itu, ketika mencoba fasilitas yang ada di pulau seperti snorkeling, speed boat, dan sebagainya, Anda perlu mengeluarkan budget mandiri. Enaknya jika Anda tidak membawa peralatan selam, di pulau ini sudah ada yang menyediakan layanan. Anda bisa menyewa untuk diving atau snorkeling dengan tarif Rp50.000-Rp100.000.

Itulah ulasan ringkas seputar destinasi wisata Pulau Samalona yang telah memikat hati banyak wisatawan. Bagi Anda yang berkunjung ke Makassar, sempatkan waktu untuk singgah sejenak ke pulau eksotis ini. Keindahan panoramanya tak akan sanggup Anda hapuskan dari ingatan. Tempat ini pun cocok dikunjungi ramai-ramai bersama orang terdekat atau keluarga tercinta.