36 Tempat Wisata di Makassar Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

22 Tempat Wisata di Makassar

Kota Makassar terletak di Sulawesi Selatan. Dahulu kota ini lebih dikenal dengan Ujung Pandang. Terdapat banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi ketika Anda mampir ke Makassar. Wisata yang dikembangkan menjadikan Makassar sebagai destinasi wisata favorit bagi wisatawan.

Makassar berada di daerah pinggir pantai. Hal tersebut membuat Makassar memiliki banyak pantai yang bisa dikunjungi. Tidak hanya pantai, ada tempat wisata lain yang akan sangat menyenangkan untuk dikunjungi ketika berlibur bersama sahabat atau keluarga.

Jika Anda baru pertama kali mengunjungi Makassar, tentunya Anda akan membutuhkan referensi untuk memilih tempat wisata yang ada. Di bawah ini merupakan beberapa pilihan Destinasi Wisata di Makassar beserta uraiannya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dalam berlibur.

1. Pantai Punaga

Pantai Punaga

Image Credit: Travelingyuk.com

Pantai merupakan salah satu destinasi yang bisa dipilih saat berlibur ke Makassar. Salah satu pantai yang bisa dikunjungi adalah Pantai Punaga. Pantai ini sangat terkenal akan keindahannya. Pantai Punaga merupakan pantai yang menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk.

Keindahan pemandangan Pantai Punaga ditunjukkan dengan deburan ombak yang terlihat menenangkan dan pantai yang sangat bersih. Sekeliling pantai terdapat tebing-tebing yang menjulang tinggi. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Pantai Punaga adalah ketika matahari terbenam.

Lokasi: Punaga, Mangara Bombang, Kab. Takalar, Sulawesi Selatan.

2. Taman Macan

Taman Macan

Image Credit: Pusatinfowisata26.blogspot.com

Taman Macan merupakan ruang publik yang sering dikunjungi oleh warga Makassar. Keunikan taman ini terlihat dari bentuknya yang merupakan segitiga. Warga lokal biasa menjadikan lokasi ini sebagai tempat bersantai atau berolahraga ringan seperti jogging karena lokasinya teduh.

Taman Macan berada di Jalan Sultan Hasanuddin. Wisatawan bisa mengunjungi Taman Macan setiap hari selama 24 jam. Di sekitar Taman Macan terdapat banyak pedagang makanan ringan yang bisa menemani wisatawan saat bersantai.

Lokasi: Jl. Sultan Hasanuddin, Bulo Gading, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

3. Pulau Lanjukang

Pulau Lanjukang

Image Credit: Ardiyanta.com

Apabila wisatawan lebih menikmati wisata alam, berkunjung ke Pulau Lanjukang bisa menjadi pilihan yang tepat. Wisatawan bisa pergi ke Pulau Lanjukang melalui Pelabuhan Paotere. Selanjutnya wisatawan akan diantar menggunakan kapal kecil.

Pulau Lanjukang merupakan pulau kecil yang sering menjadi tempat peristirahatan para nelayan. Kondisi lingkungan pulau ini masih sangat asri. Wisatawan bisa menikmati pemandangan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik. Agar lebih menikmati pemandangan terumbu karang, wisatawan bisa melakukan snorkerling secara aman.

Lokasi: Kel. Barrangcaddi, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

4. Makam Pangeran Diponegoro

Makam Pangeran Diponegoro

Image Credit: Haibosq.blogspot.com

Pangeran Diponegoro merupakan salah satu pahlawan yang berjasa dalam memberantas penjajahan Belanda. Saat ini jasad Pangeran Diponegoro dimakamkan di Makassar. Makam Pangeran Diponegoro dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Di lokasi ini, wisatawan akan belajar mengenai sejarah terkait Pangeran Diponegoro. Mengunjungi lokasi ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai wisata sejarah. Objek Wisata di Makam Pangeran Diponegoro dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 17.30.

Lokasi: Jl. Diponegoro, Melayu, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

5. Monumen Mandala

Monumen Mandala

Image Credit: Youtube.com

Perjuangan rakyat Indonesia digambarkan melalui Monumen Mandala. Monumen ini merupakan simbol pembebasan rakyat Irian Barat dari penjajahan Belanda. Wisatawan bisa memasuki Monumen Mandala dan melihat berbagai diorama perjuangan masyarakat. Wisatawan bisa naik ke atas monumen dan menikmati pemandangan Kota Makassar dari ketinggian.

Monumen Mandala terletak di Jalan Jenderal Sudirman. Wisatawan cukup menyiapkan uang sebesar 2.500 untuk bisa masuk. Monumen Mandal buka setiap hari pada pukul 09.00-14.30. Wisatawan diizinkan untuk mengambil foto selama berada di Monumen Mandala.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Sawerigading, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

6. Pantai Akkarena

Pantai Akkarena

Image Credit: Anginmammiri.com

Pantai Akkarena merupakan wisata bahari dengan hamparan pasir putih serta miliki air yang jernih. Jika tidak tertarik untuk bermain air, masih banyak aktifitas lainnya yang tak kalah seru untuk dimainkan. Mulai dari bermain outbond, ATV, softgun, dan masih banyak lagi.

Bahkan pihak pengelola juga menambahkan fasilitas berupa restoran dengan aneka menu lokal hingga internasional, sehingga kamu bisa memanjakan perut yang sedari tadi keroncongan.

Lokasi: Tanjung Merdeka, Kec. Tamalate, Kota Makassar.

7. Pantai Kuri Caddi

Pantai Kuri Caddi

Image Credit: Donnyreston-alp.blogspot.com

Lokasinya yang strategis dan danugrahi pesona alam yang cantik, membuat Pantai Kuri Caddi wajib dikunjungi. Sebelum merasakan sensasi kesegaran air lautnya, pengunjung harus berjalan kaki melewati sebuah pematangan tambak yang tentu saja menghadirkan pengalaman berbeda ketika berkunjung ke wisata bahari.

Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah sore hari, dimana warna jingganya dapat mendatangkan sebuah ketenangan jiwa.

Lokasi: Jl. Kuri Lompo, Nisombalia, Kec. Marusu, Kab. Maros.

8. Pantai Tanjung Bayang

Pantai Tanjung Bayang

Image Credit: Reskiamanandayusriii.blogspot.com

Ingin berlibur dengan keluarga tercinta namun bingung kemana tujuan yang tepat ? Jika memang singgah di kota Makassar, jangan lupa untuk mampir ke Pantai Tanjung Bayang. Bukan hanya menyuguhkan pesona alamnya semata, namun para tamu yang datang dari jauh juga akan dimanjakan dengan banyaknya rumah sewa yang berasal dari warga setempat. Dengan begini, hari libur di pantai bisa dilakukan hingga puas tanpa takut kantong kering.

Mudah diakses dan dipatok dengan harga yang realtif terjangkau, wajar saja jika Pantai Tanjung Bayang begitu diminati warga sekitarnya. Selama berada disana, pengunjung dapat bermain dengan pasirnya yang halus ataupun bermain air lautnya bersih nan menyegarkan. Demi memenuhi kebutuhan pengunjung, pihak pengelola pun menambahkan dengan berbagai fasilitas bermain air.

Lokasi: Tanjung Merdeka, Kec. Tamalate, Kota Makassar.

9. Masjid Raya Makassar

Masjid Raya Makassar

Image Credit: Kurio.co.id

Masjid Raya Makassar merupakan salah satu masjid yang dibangun pada tahun 1948, yang mana mampu menampung sekitar 10 ribu jamaah dalam satu waktu. Selain difungsikan sebagai tempat beribadah, ternyata masjid ini menyediakan fasilitas khusus.

Mulai dari  taman pendidikan Al Qur’an, perpustakaan, bahkan hingga Kantor Majelis Ulama Islam berada disini. Bahkan kini, masjid ini telah dijadikan sebagai wisata religi yang sayang untuk dilewatkan.

Lokasi: Jl. Masjid Raya, Bontoala, Kec. Bontoala, Kota Makassar.

10. Monumen Korban 40.000 Jiwa

Monumen Korban 40.000 Jiwa

Image Credit: Indonesiakaya.com

Monumen Korban 40.000 Jiwa berada di Jalan Korban 4000 Jiwa. Nama tersebut diambil dari kejadian penguburan massal korban pembantaian yang terjadi di Makassar oleh Belanda pada 1946-1947. Angka tersebut bukanlah angka korban asli, melainkan untuk menakuti warga lokal agar tidak melakukan perlawanan ke Belanda.

Di sekitar monumen terdapat taman yang bisa dijadikan sebagai lokasi untuk berjalan-jalan. Wisatawan bisa mengunjungi Monumen Korban 40.000 Jiwa setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 17.30 WITA.

Lokasi: Jl. Korban 40.000 Jiwa, Kec. Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

11. Bukit Teletubbies Maros

Bukit Teletubbies Maros

Image Credit: Okezone.com

Pemandangan alam yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Makassar menghadirkan Bukit Teletubbies Maros yang merupakan bukit kecil berwarna hijau. Suasana di sekitar bukit sangatlah sejuk sehingga wisatawan akan merasa nyaman.

Wisatawan yang berkunjung dipersilakan untuk menginap dengan mendirikan tenda kecil di area yang diizinkan. Jika Anda berminat, silakan datang ke Tempat Wisata di Desa Bengo. Akses untuk menuju lokasi tidaklah sulit. Wisatawan bisa datang menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Lokasi: Limpoccoe, Cenrana, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

12. Museum Kota Makassar

Museum Kota Makassar

Image Credit: Travelfauziamir.wordpress.com

Mengunjungi museum ketika berlibur bukanlah hal yang membosankan. Museum Kota Makassar bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang mengasyikkan dan dapat menambah wawasan. Dalam museum ini terdapat berbagai obyek yang ada pada Makassar zaman dulu. Wisatawan juga bisa mengetahui sejarah Kota Makassar ketika berkunjung ke museum ini.

Museum Kota Makassar terletak di Jalan Balaikota nomor 11. Waktu operasional Museum Kota Makassar adalah hari Selasa sampai Minggu pada pukul 08.00-19.00. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap, mulai dari kamar mandi, tempat parkir, guide, dan lain sebagainya.

Lokasi: Jl. Balaikota, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

13. Lembah Hijau Malino

Lembah Hijau Malino

Image Credit: Tambahwawasanapasaja.blogspot.com

Apabila Anda ingin menikmati pemandangan alam yang ada di Kota Makassar, Lembah Hijau Malino bisa menjadi salah satu referensi yang tepat. Di Lembah Hijau Malino wisatawan bisa menikmati berbagai wahana  yang ada, salah satunya adalah SkyBike. SkyBike merupakan wahana yang membuat wisatawan bisa mengayuh sepeda pada ketinggian 30 m.

Lembah Hijau Malino juga menyediakan area untuk berkemah. Wisatawan bisa menyewa tenda untuk memulai petualangan di sini. Jika ingin lebih nyaman, wisatawan bisa menyewa area resort yang tersedia. Lokasi Lembah Hijau Malino ada di Kabupaten Gowa.

Lokasi: Jl. Pa’tene, Tinggimoncong, Malino, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

14.Museum La Galigo

Museum La Galigo

Image Credit: Dolandolen.com

Museum La Galigo didirikan pada 1 Mei 1970. Museum La Galigo menghadirkan sejarah mengenai Kota Makassar mulai dari sejarah, kebudayaan, sampai artefak yang ditemukan di Makassar. Jumlah koleksi yang ada cukup banyak sehingga wisatawan bisa mempelajari banyak hal selama berkeliling dalam Museum La Galigo.

Harga tiket masuk yang dipatok adalah 10.000. Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan yang berlaku. Museum La Galigo dapat dikunjungi setiap Selasa sampai Minggu pada pukul 08.00 sampai 15.30. Lokasi Museum La Galigo ada di Jalan Ujung Pandang nomor 2.

Lokasi: Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

15. Masjid Amirul Mukminin

Masjid Amirul Mukminin

Image Credit: Pegipegi.com

Ketika berkunjung ke Pantai Losari, pastinya pengunjung sudah tidak lagi asing dengan Masjid Amirul Mukminin. Pasalnya masjid ini dijuluki sebagai masjid terapung pertama yang pernah ada di tanah air, dan mampu menampung sekitar 50 jamaah sekaligus.

Bahkan lokasinya yang memang berdekatan dengan laut, membuat pengunjung merasa betah berlama lama disana sembari menikmati pemandangan lautnya yang cantik.

Lokasi: Jl. Penghibur No.289, Losari, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar

16. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid Muhammad Cheng Hoo

Image Credit: Makassar.terkini.id

Selain Masjid Amirul Mukminin, Kota Makassar juga memiliki wisata religi lainnya yang bernama Masjid Muhammad Cheng Hoo. Selain difungsikan sebagai tempat beribadah, ternyata pembangunannya sendiri dijadikan sebagai wujud penghargaan. Bentuk penghargaan tersebut, ditujukan kepada sang Laksamana Cheng Hook yang telah berjasa dalam penyebaran serta perkembangan Islam di tanah air.

Bukan hanya untuk umat Muslim, siapa sangka tempat ibadah ini menjadi salah satu tujuan wisata religius bagi para Mualaf. Yang membuat para pengunjung tertarik mengunjungi masjid ini yaitu terpampangnya pemandangan danau serta pepohonan rindang yang mampu menyejukkan mata. Selagi menunggu waktu ibadah tiba, tak jarang masjid yang kental akan nuansa khas Tionghia ini dijadikan sebagai tempat berwisata.

Lokasi: Jl. Danau Tanjung Bunga, Maccini Sombala, Kec. Tamalate, Kota Makassar.

17. Vihara Girinaga

Vihara Girinaga

Image Credit: Kompasiana.com

Berlokasi di sekitar pemukiman warga dan memiliki bentuk bak menara, membuat Vihara Girinaga tampak mencolok dan menarik untuk dikunjungi. Lebih uniknya lagi, lokasi Vihara tampak berhimpitan dengan tempat beribadah Gereja Toraja Mamasa dan berdekatan dengan rumah ibadah umat lainnya.

Meski begitu, lokasi di sekitarnya tampak rukun dan saling menyayangi dengan perbedaan yang ada. Justru nuansa inilah yang menjadi daya tarik utamanya.

Lokasi: Jl. G. Salahutu II No.11, Mardekaya Utara, Kec. Makassar, Kota Makassar.

18. Museum Balla Lompoa

Museum Balla Lompoa

Image Credit: Wikipedia.org

Museum Balla Lompoa dapat menjadi salah satu tujuan wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Di tempat ini pula, tersimpan berbagai koleksi dari berbagai benda dari Kerajaan Gowa. Setiap benda peninggalannya, akan dipamerkan sesuai dengan fungsi umumnya.

Ketika berada disana, pengunjung seakan dibawa kembali ke masa lampau dan melihat betapa megahnya Kerajaan Gowa yang sebenarnya.

Lokasi: Jl. K. H. Wahid Hasyim No.39, Sungguminasa, Kec. Somba Opu, Kab. Gowa.

19. Hutan Pinus Bissoloro

Hutan Pinus Bissoloro

Image Credit: Pegipegi.com

Berjalan-jalan di hutan pinus bisa menjadi kegiatan yang menenangkan pikiran. Makassar memiliki Hutan Pinus Bissoloro yang bisa dikunjungi oleh wisatawan umum. Hutan Pinus Bissoloro terletak di Desa Bissoloro. Wisatawan bisa mengunjungi lokasi ini menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

Wisatawan sering datang untuk menikmati pemandangan sambil berjalan-jalan. Di Hutan Pinus Bissoloro wisatawan bisa mengadakan kegiatan berkemah. Pemandangan yang dihadirkan tidak hanya berupa pemandangan pepohonan, tetapi juga pemandangan ketika matahari akan terbenam. Hutan Pinus Bissoloro juga sering menjadi lokasi acara musik.

Lokasi: Bungaya, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

20. Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar

Image Credit: Bataritours.com

Area bermain bisa menjadi salah satu pertimbangan jika ingin berwisata bersama keluarga dan anak-anak. Wisatawan bisa mengunjungi Trans Studio Makassar. Tempat ini merupakan area bermain yang dibangun dalam ruangan. Tersedia 22 wahana dalam Trans Studio Makassar mulai dari roller coaser, area foto, dan lain sebagainya.

Trans Studio Makassar terletak di Jalan HM Dg Patompo-Metro Tanjung Bunga. Trans Studio Makassar buka setiap hari. Jam operasional pada Senin sampai Jumat adalah 09.00-20.00, sedangkan pada Sabtu dan Minggu buka 24 jam. Harga tiket masuk yang harus disiapkan mulai dari 155.000-205.000.

Lokasi: Jl. Metro Tj. Bunga, Maccini Sombala, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

21. Pulau Langkai

Pulau Langkai

Image Credit: Daradaeng.com

Anda suka menikmati pemandangan bawah laut? Pulau Langkai merupakan destinasi wisata yang harus dicoba. Pulau Langkai merupakan salah satu pulau dengan keindahan bawah laut yang luar biasa. Wisatawan bisa melihat kondisi terumbu karang dan ikan yang hidup di area tersebut. Di sekitar area Pulau Langkai ada banyak penyedia alat untuk snorkeling.

Untuk bisa menuju Pulau Langkai, wisatawan harus datang ke Dermaga Soekarno-Hatta yang terletak di jalan Nusantara. Selanjutnya, wisatawan akan berangkat menggunakan kapal. Harga tiket masuk yang dipatok adalah 15.000.

Lokasi: Danau, Nuha, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

22. Benteng Fort Rotterdam

Benteng Fort Rotterdam

Image Credit: Triptrus.com

Bukti perjuangan masyarakat Makassar dapat dilihat dari Benteng Fort Rotterdam. Benteng ini merupakan benteng yang dibangun oleh Kerajaan Gowa-Tallo pada 1545. Benteng Fort Rotterdam dibangun di pantai bagian barat Makassar tepatnya di Jalan Ujung Pandang.

Wisatawan bisa melihat perjuangan masyarakat Makassar pada kala itu. Benteng Fort Rotterdam buka setiap hari pada pukul 06.00-18.00. Untuk bisa masuk ke Benteng Fort Rotterdam, wisatawan cukup membayar tiket masuk sebesar 5.000.

Lokasi: Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

23. Gua Mimpi Bantimurung

Gua Mimpi Bantimurung

Image Credit: Travelingneverdies.wordpress.com

Taman Nasional Bantimurung merupakan destinasi wisata yang cukup terkenal. Di dalamnya terdapat Gua Mimpi Bantimurung. Wisatawan bisa melihat keindahan stalaktit alami di dalamnya. Wisatawan bisa menjelajahi gua dengan menggunakan lampu yang disewakan oleh warga sekitar. Sensasi petualangan dalam gua akan sangat terasa.

Gua Mimpi Bantimurung terletak di Kecamatan Simbang. Jaraknya lebih kurang 15 km dari pusat Kota Makassar. Untuk bisa menuju lokasi ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Selanjutnya wisatawan cukup berjalan dari tempat parkir sampai ke Gua Mimpi Bantimurung.

Lokasi: Komplek Taman Wisata Bantimurung, Kalabbirang, Bantimurung, Sulawesi Selatan.

24. Danau Mawang

Danau Mawang

Image Credit: Akbarmangindara.wordpress.com

Apabila sedang mencari tempat terbaik untuk menyaksikan sunset maupun sunrise, Danau Mawang bisa menjadi alternatifnya. Selain digunakan sebagai tempat bersantai dan  memancing, siapa sangka jika Danau dengan luas lebih dari 50 Ha ini dijadikan sebagai tempat khusus untuk budidaya ikan air tawar.

Oleh sebab itu, pengunjung kerap menemukan para nelayan tengah berlayar ataupun menangkap ikan di tengah danaunya.

Lokasi: Romang Lompoa, Kec. Bontomarannu, Kab. Gowa.

25. Pelabuhan Paotere

Pelabuhan Paotere

Image Credit: Makassarguide.com

Sebagai salah satu kota yang dikelilingi garis pantai, wajar saja jika kota Makassar memiliki beberapa pelabuhan yang menarik untuk dikunjungi. Pelabuhan Paotere, merupakan salah satu pelabuhan dijuluki sebagai urat nadi perekonomian sekaligus dijadikan sebagai tujuan wisata bagi wisatawan. Sebab pengunjung akan disuguhkan proses bagaimana aktifitas bongkar muat kapal, ataupun melihat nelayan membawa hasil tangkapannya.

Lokasi: Paotere, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar.

26. Pulau Samalona

Pulau Samalona

Image Credit: Simpletraveling.id

Pulau Samalona disebut sebagai salah satu dari sekian banyak pulau yang dianugrahi keindahan pada bawah lautnya. Bahkan keindahan bawah lautnya, sudah mendapatkan pujian dari berbagai wisatawan dari penjuru dunia.

Mendengar hal tersebut, maka aktifitas terbaik ketika berada disana yaitu snorkeling maupun diving. Demi memuaskan pengunjungnya, pihak pengelola pun menawarkan sewa untuk kedua aktifitas tersebut.

Lokasi: Lae-Lae, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.

27. Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke

Image Credit: Jamkridasulsel.co.id

Singgah di kota Makassar, seakan belum lengkap tanpa belum berkunjung ke Pulau Kodingareng Keke. Belakangan pulau cantik satu ini tengah menjadi perbincangan, lantaran memiliki kecantikan bawah laut yang tiada bandingannya. Dan benar saja, setiap pengunjung yang datang kesana akan disuguhkan dengan keindahan bawah lautnya. Oleh karena itu, aktifitas terbaik yang dapat dilakukan yaitu diving maupun snorkeling.

Setelah puas berenang bersama dengan para ikan di laut, kini saatnya untuk menikmati nuansa pantainya yang cenderung tenang dan nyaman. Hal tersebut tampak wajar, lantaran pulau ini memang jauh dari pusat kota dan hiruk pikuk kesibukannya. Oleh sebab itu, tempat ini pun bisa menjadi tempat terbaik untuk melepaskan penat sementara dan mengakrabkan kembali dengan alam yang dirindukan.

Lokasi: P. Kondingareng, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar.

28. Pulau Lae-Lae

Pulau Lae-Lae

Image Credit: Ksmtour.com

Keunikan pulau ini ada pada sejarahnya. Pulau Lae-Lae merupakan pulau peninggalan Jepang. Pulau Lae-Lae menawarkan keindahan dalam area seluas 6,5 hektar. Pemandangan Pulau Lae-Lae dapat terlihat ketika Anda berada di Pantai Losari. Untuk menuju Pulau Lae-Lae, wisatawan hanya perlu membayar 15.000 sebagai biaya perahu untuk menyeberang.

Fasilitas yang tersedia antara lain wahana untuk snorkeling. Ada banyak persewaan alat snorkeling yang bisa dipilih. Dalam Pulau Lae-Lae juga terdapat situs sejarah yang menarik meskipun sayangnya tidak dirawat dengan baik. Ketika akhir pekan, pengelola wisata menyediakan bale yang dapat disewa dengan membayar 50.000.

Lokasi: Lae-Lae, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

29. Gowa Discovery Park

Gowa Discovery Park

Image Credit: Travelspromo.com

Bermain di area permainan sangat cocok dilakukan untuk wisatawan yang datang bersama keluarga. Makassar memiliki Gowa Discovery Park yang di dalamnya terdapat wahana bermain air. Salah satu wahan favorit adalah seluncuran tinggi. Wahana ini dijamin akan membuat adrenalin siapapun terpacu. Selain itu, ada taman burung yang menarik untuk dikunjungi.

Gowa Discovery Park dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WITA. Lokasi tempat wisata ini ada di Jalan Tumanurung Benteng. Harga tiket masuk yang harus disiapkan oleh wisatawan adalah 55.000 pada hari biasa serta 65.000 pada akhir pekan dan hari libur.

Lokasi: J. Tumanurung Benteng, Barombong, Somba Opu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

30. Pulau Barrang Caddi

Pulau Barrang Caddi

Image Credit: Lelungan.net

Pulau Barrang Caddi menawarkan keindahan lokasi alam yang masih terjaga dengan baik. Wisatawan bisa menikmati segarnya air laut ketika bermainwahana air di Pulau Barrang Caddi. Wisatawan bisa menyelam dan menikmati pemandangan bawah laut. Selain itu, wisatawan bisa menikmati kuliner yang tersedia di Pulau Barrang Caddi.

Untuk bisa menyeberang ke Pulau Barrang Caddi, hal yang pertama harus dilakukan oleh wisatawan adalah pergi ke Pelabuhan Kayu Bangkoa yang terletak di utara Pantai Losari. Pelabuhan Kayu Bengkoa hanya beroperasi saat pagi, yaitu sebelum jam 10.00 WITA. Di pelabuhan akan ada banyak kapal sehingga wisatawan harus bertanya tujuan kapal tersebut.

Lokasi: Barrang Caddi, Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

31. Pantai Galesong Utara

Pantai Galesong Utara

Image Credit: Cyberspaceandtime.com

Apabila wisatawan ingin mencoba menjelajahi pantai yang ada di Makassar, Pantai Galesong Utara bisa menjadi alternatif. Pantai yang berjarak 1 jam dari Makassar ini menawarkan fasilitas menarik dan pemandangan yang tidak akan terlupakan. Pantai Galesong Utara terletak di Kabupaten Talakar. Wisatawan bisa menuju lokasi dengan mudah.

Di Pantai Galesong Utara terdapat wahana air yang bisa dicoba oleh siapapun. Wisatawan bisa memilih untuk bermain air di pantai atau di wahana kolam renang. Wahana lain seperti motor cross dan ATV juga tersedia. Wisatawan bisa memilih untuk menginap di penginapan yang tersebar di sekitar area pantai.

Lokasi: Desa tamalate, Kec. Galesong Utara, Kab. Takalar, Sulawesi Selatan.

32. Taman Maccini Sombala

Taman Maccini Sombala

Image Credit: Ksmtour.com

Menikmati akhir pekan dan liburan dengan santai bisa dilakukan di Taman Maccini Sombala. Taman seluas 4 hektar ini menawarkan ruang terbuka dengan pepohonan asri. Taman Maccini Sombala sering menjadi pilihan untuk tempat belajar bagi anak-anak dan sebagai tempat berkumpul keluarga.

Taman Maccini Sombala terletak di Tamalate. Wisatawan bisa datang ke Taman Maccini Sombala setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 20.00 WITA. Wisatawan dapat masuk ke Taman Maccini Sombala tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Di sekitar area taman ada banyak pedagang makanan ringan yang bisa menemani waktu bersantai.

Lokasi: Maccini Sombala, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

33. Rammang-Rammang

Rammang-Rammang

Image Credit: Sulawesitourpelangi.com

Makassar memiliki pegunungan kapur bernama Rammang-Rammang. Lokasi ini sangat indah dan patut dikunjungi ketika masa liburan. Ketika mendatangi pegunungan kapur ini, wisatawan bisa melihat pemandangan putih. Tidak hanya itu, wisatawan akan disambut dengan indahnya hamparan sawah yang hijau.

Rammang-Rammang terletak di Kabupaten Maros yang berjarak sekitar 40 km dari pusat Makassar. Di sekitar Rammang-Rammang terdapat Kampung Berua yang menarik untuk dikunjungi. Ketika mengunjungi Rammang-Rammang, jangan lupa untuk menikmati kuliner khas setempat. Wisatawan disarankan untuk datang pagi agar pemandangan terasa lebih indah.

Lokasi: Rammang Rammang, Salenrang, Bontolempangan, Bontoa, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

34. Pulau Barrang Lompo

Pulau Barrang Lompo

Image Credit: Fdcunhas.com

Pulau Barrang Lompo, merupakan salah satu kepulauan Spermonde yang menawarkan pesona alam dan mampu membuat pengunjung tiada henti tertegun. Pasalnya, pulau satu ini bak menyimpan kepingan surga di bawah lautnya yang tampak jernih dan segar.

Di tempat ini pula, masyarakat menjadikannya sebagai tempat budidaya kerang raksasa yang ditemukan hidup di perairan Makassar.

Lokasi: Barrang Lompo, Kec. Kepulauan Sangkarrang, Kota Makassar.

35. Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Disebut sebagai salah satu benteng terkuat di tanah air, siapa sangka jika Benteng Somba Opu kerap difungsikan sebagai pusat perdagangan rempah rempah. Uniknya, di dalam benteng tersebut terdapat rumah adat dari suku Sulawesi Selatan tengah berjejeran dengan meriam raksasa yang telah berumur ratusan tahun. Bahkan hingga saat ini, terdapat gedung kantor VOC tampak kokoh berdiri meski telah dimakan jaman.

Lokasi: Jl. Daeng Tata, Benteng Somba Opu, Kec. Barombong, Kab. Gowa.

36. Bugis Waterpark

Bugis Waterpark

Image Credit: Traveloka.com

Waterpark bisa menjadi cara untuk menyegarkan pikiran ketika berlibur. Bugis Waterpark merupakan wisata dengan berbagai wahana air di dalamnya. Ada banyak wahana seru yang bisa dicoba. Dalam Bugis Waterpark terdapat kolam renang yang menghadap panggung. Wisatawan bisa menikmati kesegaran sambil mendengarkan lantunan lagu.

Bugis Waterpark beroperasi setiap hari pada pukul 09.00-18.00. Lokasi Bugis Waterpark ada di Perumahan Bukit Baruga Antang. Harga tiket masuk yang dipatok adalah 150.000 untuk Senin sampai Jumat, 180.000 untuk Sabtu, dan 200.000 untuk Minggu. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, wisatawan bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di dalamnya dengan puas.

Lokasi: Jl. Sektor Mahamero, Antang, Manggala, Sulawesi Selatan.

Itulah 36 referensi tempat wisata yang bisa dikunjungi selama liburan di Makassar. Tentukan destinasi wisata sesuai dengan jenis wisata yang paling Anda sukai. Semua destinasi yang telah disebutkan dapat dikunjungi bersama keluarga, sahabat, atau sendiri.