Pantai Akkarena, Pantai Indah Tujuan Wisata Keluarga di Makassar

Pantai Akkarena

Lokasi: Jl. Metro Tanjung Bunga No.5, Tanjung Merdeka, Kec. Tamalate, Kota Makassar.
MapCek Lokasi

Keindahan yang dimiliki Pantai Akkarena memang tiada duanya. Inilah beberapa hal yang membuat Pantai Akkarena Makassar wajib masuk dalam list wisata Anda.

Siapa yang tidak menyukai sunset? Hampir seluruh orang menyukai pemandangan matahari terbenam. Panorama langit oranye yang mulai menggelap banyak digandrungi oleh pemuda-pemudi. Terlebih lagi jika berlokasi di daerah pantai. Tentu saja akan menjadi latar terbaik untuk menyaksikan sunset. Lengkap ditemani suara deburan ombak dan duduk diatas pasir-pasir halus atau menyaksikan dari kejauhan.

Salah satu pantai yang memberikan pemandangan terbaik saat sunset tiba adalah Pantai Akkarena. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang ada di Makassar dan sedang populer. Apabila Anda mencari rekomendasi pantai di Makassar, pastinya akan menemukan nama Pantai ini yang sekarang sejajar dengan Pantai Iosari. Pantai yang selalu menjadi tujuan para wisatawan.

Akkarena memungkinkan untuk melakukan segala aktivitas menyenangkan bersama keluarga. Mulai dari bermain di pantai, menikmati wahana-wahana yang disediakan, menyaksikan sunset atau hanya sekedar berjalan-jalan dibibir pantai. Bisa dibilang pantai ini sangat cocok dikunjungi saat liburan. Namun, jika belum pernah datang kesini maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu seluk beluk Pantai indai di Makassar.

Sejarah Singkat Pantai Akkarena

Sejarah Singkat Pantai Akkarena

Image Credit: IndonesiaKaya.com

Ternyata Pantai Akkarena mempunyai sejarah yang cukup panjang dan menarik. Sebelumnya, nama pantai ini ialah Tanjung Bunga. Pada akhirnya datang sebuah perusahaan kontraktor asal Sulawesi yang mengambil alih tempat ini dan merenovasinya sedemikian rupa. Mulai sejak itu, Tanjung Bunga dirombak menjadi tempat yang dapat dikunjungi para wisatawan.

Sebenarnya, sebagian besar kawasan pantai ini adalah rawa-rawa. Namun, dengan ide kreatif seperti dibangunnya resort, café, wahana wisata menjadikan tempat ini dilirik oleh wisatawan. Sempat dilakukan reklamasi pembangunan tambahan agar terbentuk wisata yang menarik. Kemudian, usai melalui proses yang lama tempat ini diberi nama Pantai Akkarena.

Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Akkarena

Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Akkarena

Image Credit: Sulselsatu.com

Karena pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Makassar, maka akses jalannya pun cukup mudah. Apalagi lokasinya berdekatan dengan pusat kota Makassar menjadikan tempat ini gampang ditemukan wisatawan. Berjarak 10 menit dari pusat kota, Anda bisa berjalan kaki untuk sampai kesini. Di seberang pantai berdiri GTC Mall yang bisa dijadikan patokan jalan.

BACA:  12 Tempat Wisata di Bone Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tidak perlu membayar mahal untuk bisa masuk ke Pantai Akkarena. Pada hari Senin sampai Jumat harga tiket masuk yang perlu dibayarkan adalah sebesar Rp 10.000. Sedangkan pada hari weekend akan dikenai biaya sebesar Rp 15.000, tetapi ini masih belum termasuk parkir. Anda perlu menyiapkan uang parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Sayangnya, harga tiket masuk terpisah dengan wahana. Jika Anda ingin bermain di wahana maka harus mengeluarkan uang lagi. Kisaran tarif permainan berbeda-beda. Mulai dari Rp 20.000 sampai dengan Rp 25.000 per wahana. Tarif wahana masih terbilang terjangkau di dompet.

Sama seperti pantai pada umumnya, tempat ini dibuka pada pukul 08.00 dan ditutup pada pukul 01.10. Selain itu, Pantai Akkarena selalu buka setiap hari bahkan pada hari libur. Karena weekend selalu menjadi waktu yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Cantik Makassar

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Cantik Makassar

Image Credit: Pinterest.com @Idblognetwork

Banyak fasilitas yang disediakan di Pantai Akkarena. Mulai dari fasilitas umum seperti area parkir yang luas sehingga tidak perlu kebingungan menaruh kendaraan, kamar mandi yang kebersihannya terjaga, spot tempat duduk di beberapa tempat untuk pengunjung, dan lain sebagainya.

Daya tarik yang paling menonjol dari fasilitas di pantai adalah kesediaan ruang meeting dalam ukuran besar dan kecil. Terdapat pula mushola sebagai tempat beribadah serta persewaan barang-barang pantai seperti ban atau pelampung. Bagi anak-anak yang ingin berenang dapat merental peralatan sesuai kebutuhan.

Selain itu, pantai ini menyediakan dua pintu masuk dan keluar yang masing-masing pintu mempunyai pos penjaga. Di pos tersebutlah tiket yang telah dibeli sewaktu masuk ke pantai harus tetap disimpan sampai akhirnya pulang dan diberikan kepada petugas yang berjaga di pintu keluar.

BACA:  15 Tempat Wisata di Bulukumba Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Dermaga Cinta, Ikon dari Pantai Akkarena

Dermaga Cinta, Ikon dari Pantai Akkarena

Image Credit: NativeIndonesia.com

Ketika berkunjung ke pantai pastinya memburu spot-spot foto yang dapat dijadikan kenang-kenangan atau diupload ke sosial media. Dermaga cinta menjadi salah satu spot selfie terbaik berlatar belakang jembatan yang mengarah ke laut. Para wisatawan selalu tidak lupa mengambil foto di dermaga ini sebagai ikon Pantai Akkarena.

Dermaga ini mempunyai ukuran panjang sekitar 150 meter dengan lebar 5 meter. Selain digunakan sebagai spot selfie, dermaga ini juga berfungsi sebagai tempat bersandarnya kapal-kapal berukuran kecil sampai sedang.

Rumor menyebutkan dermaga ini sebagai dermaga cinta karena cerita di masa lalu. Konon, dua orang wisatawan sedang pergi ke sini dan salah satu dari keduanya mengutarakan perasaan. Berlatar belakang senja temaram yang menambah romantis suasana. Mengesampingkan rumor yang beredar, tempat ini cukup bagus untuk mengabadikan momen.

Wahana Permainan Air Banana Boat

Wahana Permainan Air Banana Boat

Image Credit: Travelspromo.com

Salah satu olahraga air yang dapat memicu andrenalin adalah banana boat. Bagi para wisatawan yang menyukai tantangan bisa mencoba wahana air satu ini. Dalam satu perahu yang berbentuk pisang itu hanya bisa diisi oleh 6 orang. Wajib memakai pelampung karena saat banana boat terbalik nanti tidak akan ada yang tenggelam berjaga-jaga jika belum bisa berenang.

Selain mencoba banana boat, terdapat wahana air serupa yang tak kalah seru untuk dicoba. Seperti misalnya jetski, speed boat, waterfox, kano, dan lain sebagainya. Sedangkan bagi para wisatawan yang tidak ingin bajunya basah karena bermain, maka tersedia alternatif solusi dengan menjajal menaiki perahu di danau cinta.

Taman Bergaya Mediterania di Pantai Akkarena

Taman Bergaya Mediterania di Pantai Akkarena

Image Credit: Travelspromo.com

Pantai Akkarena menyediakan paket komplit dengan hadirnya taman seluas 450 meter persegi di sekitar bibir pantai. Taman ini dibangun dengan desain serta arsitektur yang memakai konsep ala mediterania sehingga bangunannya tampak elegan. Tumbuh deretan pohon kelapa yang menambah suasana segar di taman tersebut.

Terdapat jajaran gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat disana sambil bersantai menikmati suasana sekitar pantai. Untuk mengisi waktu luang, taman ini juga menyediakan layar LCD, sound system serta hiburan berupa live music.

BACA:  17 Oleh-Oleh Khas Makassar Paling Populer

Refreshing Sembari Memancing di Sekitar Pantai

Refreshing Sembari Memancing di Sekitar Pantai

Image Credit: Temukanwisata.blogspot.com

Tidak ada larangan memancing di pantai asalkan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Sebelumnya, kapal-kapal disewakan untuk kebutuhan para wisatawan. Salah satunya dapat digunakan untuk memancing. Anda tinggal menyewa kapal dan pergi ke area memancing ikan yang telah disediakan di Pantai Akkarena.

Lokasi Event-Event Terbaik di Makassar

Lokasi Event-Event Terbaik di Makassar

Image Credit: Kompasiana.com

Biasanya, banyak acara digelar di pantai ini sebagai tuan rumahnya. Pertunjukkan seperti festival musik yang digelar oleh band-band atau saat menjelang malam pergantian tahun. Terdapat event pesta berkemah di pantai dimana para wisatawan dapat menikmati wisata kuliner, api unggun, hingga pesta kembang api yang meriah.

Event setahun sekali yang rutin dilaksanakan di Pantai Akkarena yaitu festival layang-layang yang memakai konsep permainan tradisional. Festival ini menampilkan berbagai dimensi jenis layangan. Para anak-anak hingga dewasa dapat berpartisipasi dalam event tersebut. Kegiatan tiap tahun ini sudah masuk ke dalam kalender acara dari Dinas Pariwisata kota Makassar.

Tersedia Beragam Kuliner Lezat

Tersedia Beragam Kuliner Lezat

Image Credit: Makassarkuliner.com

Bagi para wisatawan yang perlu mengisi perut sehabis bermain di pantai, tinggal pergi ke area taman pantai. Disana tersedia beberapa food court yang menyediakan aneka menu makanan. Mulai dari makanan lokal Makassar hingga internasional.

Panorama Keindahan Sunset di Pantai Akkarena

Panorama Keindahan Sunset di Pantai Akkarena

Image Credit: Okezone.com

Pantai Akkarena terkenal karena keindahan sunsetnya yang jauh lebih bagus dibandingkan pantai-pantai lainnya. Ketika langit mulai membias berwarna orange dan matahari secara perlahan mulai tenggelam di ufuk barat, para wisatawan menempatkan di posisi nyaman untuk mengamati. Kilauan cahaya sunset yang terpantul di laut mampu membius para pengunjung.

Salah satu tempat yang dapat digunakan untuk menyaksikan sunset ialah dermaga. Dermaga ini berukuran panjang dan dilengkapi fasilitas kursi serta lampu taman yang menambah romantis suasana. Tidak heran banyak pasangan yang datang kesini hanya untuk melihat indahnya sunset di Pantai Akkarena yang terkenal akan suasana romantisnya.

Nah, itulah beberapa hal menarik yang dapat dikuak dari Pantai Akkarena. Mulai dari informasi umum sampai mendetail mengenai destinasi wisata pantai ini. Sejak dulu, pantai selalu dijadikan pilihan berlibur oleh sebagian orang. Sangat cocok mengunjungi pantai ini bersama kerabat keluarga atau teman karib.