De Ranch Lembang Bandung, Objek Wisata Unik Sambil Belajar Berkuda

DeRanch Lembang Bandung

Lokasi: Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.
MapCek Lokasi

De Ranch Lembang, destinasi wisata alam dengan nuansa unik di Bandung. Menikmati suasa sekitar sambal belajar berkuda ala Koboy yang patut Anda kunjungi di Bandung.

Bandung, mendengar namanya saja tentu kita sudah dapat membayangkan keindahan dan sajian khas salah satu kota di Jawa Barat ini. Pada akhir pekan, Bandung pun ramai dikunjungi oleh wisatawan luar daerah, terutama dari Jakarta. Ramainya tempat wisata menjadi daya tarik sendiri untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

De’ Ranch Lembang adalah salah satu tempat wisata yang mengusung food, leisure and knowledge. Dibuka sejak Desember 2007, tempat wisata ini menjadi salah satu wisata populer di Kota Bandung. Nuansa peternakan kuda yang kental, menjadikan tempat ini terkenal dengan ciri khas ala koboi negeri paman sam.

Pada mulanya, De’ Ranch ditujukan untuk pemeliharaan beberapa sapi perah dan kuda tunggangan. Melihat kontur dan pemandangan alam yang memadai, di tambah lokasi dari area dengan luas 5 Ha ini, memberi inspirasi untuk membangun area wisata tersebut. Nama De’ Ranch sendiri dipilih karena dirasa sesuai dengan suasana area peternakan Eropa yang di usung.

Kegiatan Menarik di De Ranch Lembang

De’ Ranch Lembang tidak hanya menampilkan pemandangan bak peternakan kuda Eropa. Tempat wisata ini juga memiliki beragam wahana serta fasilitas yang dapat Anda nikmati bersama keluarga. Tampilan yang memanjakan mata akan membuat Anda lupa waktu saat bermain bersama keluarga.

1. De’ Ranch Saddle Club

De’ Ranch Saddle Club

Image Credit: Dirgantaracarrental.com

Komunitas ini dibuat De’ Ranch untuk siapapun yang memiliki ketertarikan dengan kuda. Disini setiap orang akan berkumpul untuk belajar bagaimana kuda sebagai rekan manusia. Selain itu, komunitas ini juga ditujukan untuk berbagi pengetahuan tentang kuda, berlatih, dan bertemu dengan sesama pecinta kuda lainnya.

2. Menunggang Kuda

Menunggang Kuda

Image Credit: Hargatiket.net

De’ Ranch pun memberikan kesempatan untuk merasakan pengalaman menunggang kuda. Para pengunjung juga berkesempatan untuk mengelilingi lokasi peternakan. Anda tidak perlu takut mencoba. Setiap pengunjung akan diberi pendamping yang sangat ahli di bidangnya. Kuda yang dipilih pun sudah jinak untuk ditunggangi para pengunjung.

BACA:  Karaha Bodas Tasikmalaya, Kawah Putih Unik yang Memukau

De’ Ranch memiliki lebih dari 20 ekor kuda yang siap memanjakan pengunjung. Selain menunggang kuda, pengelola juga memberikan kesempatan untuk merasakan pengalaman bagaimana merawat kuda. Namun, untuk perawatan ditujukan pada pengunjung yang datang secara rombongan.

3. Naik Delman

Naik Delman

Image Credit: Kumpulan.info

Jika Anda takut atau memiliki anak yang masih kecil, Anda dapat memilih menaiki delman sebagai opsi lain dari berkuda. Anda akan dibawa oleh pak kusir berkeliling lapangan. Delman yang tersedia adalah dengan berukuran kecil dengan kapasitas 2 hingga 3 orang saja. Pas lah rasanya jika ingin quality time dengan sang buah hati.

4. Foto Ala Koboi

Foto Ala Koboi

Image Credit: Sky-adventure.com

Kurang lengkap rasanya jika belum mengabadikan momen liburan. Oleh karena itu, De’ Ranch menyediakan spot foto ala Koboi Negeri Paman Sam. Latar belakang dengan hamparan hijau serta ditambah atribut seperti baju, topi hingga sepatu koboi telah tersedia. Lengkap sudah feel western pada foto ala koboi Anda, siap untuk diunggah ke sosial media.

5. Permainan Air

Permainan Air

Image Credit: Reddoorz.com

De’ Ranch tidak hanya menyediakan wahana yang berkaitan dengan kuda. Tempat wisata ni juga menyediakan permainan air. Jenisnya pun beragam, ada fun boat, balon air, kolam pancing, kolam pancing untuk balita, dan sebagiannya. Bisa menjadi pilihan setelah Anda asik bermain kuda.

6. Play Zone untuk Anak

Play Zone untuk Anak

Image Credit: Bobocantik.com

De’ Ranch tidak habisnya memberikan kegiatan outdoor yang menarik minat. Tempat ini juga menyediakan beragam permainan lain. Wahana yang disediakan antara lain sepeda track, loncat anak, trampoline, panahan, dan sebagiannya. Selain itu, masih terdapat perosotan, ayunan, jungkat-jungkit yang dapat dimainkan buah hati saat Anda beristirahat.

7. Kursus Keterampilan

Kursus Keterampilan

Image Credit: Reddoorz.com

Jika Anda Anda ingin menambah keterampilan, De’ Ranch menyediakan beragam kursus yang menarik. Salah satunya adalah Cook n’ Cookies. Kursus ini ditujukan untuk siapapun yang ingin mencoba membuat kue khas De Ranch. Setelah menyelesaikan kursus, De’ Ranch juga akan memberikan apresiasi dengan bentuk sertifikat.

BACA:  14 Tempat Wisata di Indramayu Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Pengelola juga masih memberikan kursus keterampilan lain, seperti mewarnai keramik besar berupa celengan, mewarnai tas ransel, serta pengetahuan tentang perah sapi. Kapan lagi Anda berlibur sambil menambah keterampilan baru?

8. Menikmati Kuliner

Menikmati Kuliner

Image Credit: Korhejdalle.wordpress.com

Pengelola De’ Ranch memberikan larangan pada pengunjung untuk membawa makanan dari luar. Namun, pengelola telah menyediakan area jajanan dan makanan yang menggugah selera. Baik yang bernuansa Amerika seperti pizza dan sosis ataupun khas Bandung seperti siomay, tahu peletok dan sebagiannya.

De’ Ranch memiliki menu Andalan yang wajib dicoba ketika Anda berkunjung, yaitu sosis bakar. Menu ini sangat terkenal di kalangan para pengunjung. Harga makanan yang dipatok memang lebih tinggi dari biasanya Tapi tetap sesuai dengan kantong ala liburan keluarga. Bukankah hal tersebut sangat wajar bukan ketika kita berada di tempat wisata?

9. Toko Souvenir

Toko Souvenir

Image Credit: Dolandolen.com

Setelah puas berkeliling dan mengisi perut Anda juga dapat membawa cendera mata sebagai kenang-kenangan. De’ Ranch memiliki factory outlet yang menyediakan beragam cendera mata. Ada olahan sapi seperti susu, yoghurt, sosis mentah, dan sebagiannya. Selain itu masih terdapat beragam pernak pernik koboi serta kerajinan khas De’ Ranch.

10. Pasar Tanaman Hias

Pasar Tanaman Hias

Image Credit: Borukaro.com

Jika Anda merupakan salah satu pecinta tanaman, di De’ Ranch Lembang Anda dapat datang ke pasar tanaman hias. Tanaman ini langsung di datangkan dari masyarakat sekitar, terkhusus petani tanaman hias. Selain itu, Anda juga dapat membeli bunga potong. Pasar tanaman hias ini akan Anda temukan di area parkir De’ Ranch.

Fasilitas Pendukung di De’ Ranch Lembang

Fasilitas Pendukung di De’ Ranch Lembang

Image Credit: Pergidulu.com

De’ Ranch Lembang memiliki fasilitas umum yang sangat lengkap. Pengelola memberikan area parkir yang luas, toilet yang ada di tiap titik, musholla, trek kursi roda dan sebagiannya. Jika berkunjung pada hari Jumat, para pengunjung pria yang beragama Islam tetap dapat menjalankan kewajiban sholat Jumat pada Masjid yang hanya berjarak 250 meter dari area wisata.

Pihak pengelola De’ Ranch juga bekerja sama dengan “Paguyuban Delman Wisata” untuk mengantar Anda ke berbagai tempat menarik yang berada di Lembang. Selain itu masih terdapat mobil wisata “De Ranch Lembang n Beyond”, mobil ini akan menjemput Anda dari hotel tempat Anda menginap dan mengantarkan Anda untuk mengunjungi beragam wisata di Lembang.

BACA:  Kampung Cai Ranca Upas, Destinasi Wisata Alam Favorit di Bandung

Harga Tiket Masuk De’ Ranch Bandung

Harga Tiket Masuk De’ Ranch Bandung

Image Credit: Nurulfitri.com

Biaya untuk tempat wisata De’ Ranch Lembang masih tergolong murah dan terjangkau, yaitu Rp20.000,-. Tiket ini juga berfungsi sebagai voucher yang dapat ditukar dengan susu murni. Namun, tiket tersebut belum include dengan beragam wahana yang ada. Anda harus membeli tiket tambahan.

Range harga yang ditawarkan untuk permainan yang berada di area wisata berkisar antara Rp 20.000,- hingga Rp 40.000,-. Sedang harga untuk menaiki delman ke area luar wisata berkisar Rp 100.000,-/jam untuk 3 orang.

Jika Anda ingin menunggang kuda ke luar area wisata pun, De’ Ranch menawarkan paket tersebut dengan minimal 2 orang pengunjung, tarif yang dipatok adalah Rp 200.000,-/orang/jam. Pada kursus keterampilan range harga yang diberikan berkisar Rp 20.000,- hingga Rp 200.000,-

Sedang untuk ketentuan lama dan jumlah orang tergantung jenis kursus keterampilan yang akan di ambil. De Ranch juga menawarkan harga khusus bagi pengguna paket rombongan. Untuk range harga yang pada paket rombongan langsung dapat Anda konfirmasi pada pihak pengelola tempat wisata.

Jam Operasional De Ranch Lembang

Jam Operasional De Ranch Lembang

Image Credit: Team-curious.com

De’ Ranch Lembang buka dari hari Selasa hingga Minggu meskipun berkenaan dengan hari libur nasional. Jangan coba-coba datang pada hari Senin, di jamin Anda harus kembali karena pengelola menutup tempat wisata pada hari tersebut. Jam operasional De’ Ranch Lembang di mulai pada pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Jam operasional ini berlaku selama masa New Normal.

Rute Menuju Lokasi De Ranch Lembang

Rute Menuju Lokasi De Ranch Lembang

Image Credit: Sikucingmanis.wordpress.com

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, cukup menaiki angkot St. Hall – Lembang dari Bandung. Kemudian lanjutkan dengan naik angkutan lain seperti delman atau ojek untuk sampai ke depan De’ Ranch. Jika menggunakan kendaraan pribadi, lokasi wisata berada sekitar 1 km dari bundaran Lembang.

Itulah informasi mengenai De’ Ranch Lembang yang patut Anda ketahui sebelum berlibur kesana. Liburan seru dengan nuansa ala koboi berada di peternakan dapat memberi kesan lebih ketika dinikmati Bersama orang tercinta. Selamat Berlibur!