15 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru & Paling Hits

Wisata Lembang Bandung

Temukan Tempat Wisata Favorit di Lembang, Bandung (Jawa Barat). Destinasi Wisata Alam & Buatan Terbaru, Kekinian, Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat ingin Menghabiskan Liburan Akhir Pekan.

Lembang merupakan salah satu daerah di Bandung yang memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan daerah lainnya. Ada banyak wisata menarik di Lembang, baik wisata alam, wisata edukasi, dan jenis wisata lainnya. Di Lembang, Anda bisa menemukan berbagai situs, situs bersejarah, situs budaya, dan berbagai situs lainnya.

Barangkali, wisata yang ada di Lembang masih belum terlalu dikenal oleh banyak orang. Namun jangan khawatir, Anda akan tetap mendapatkan wisata yang menyenangkan jika berkunjung ke Lembang. Wisata alam disana menawarkan panorama yang tak kalah indah dengan wisata alam di Jogja, Semarang, maupun kota besar lainnya.

Dengan berkunjung ke Lembang, Anda tentu bisa mencoba banyak wahana yang ada di setiap destinasi wisata. Nah, untuk mengetahui apa saja tempat wisata di Lembang Bandung yang recommended untuk liburan, simaklah penjelasan berikut ini.

1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Image Credit: Republika.co.id

Wisata alam pertama yang sangat terkenal di Lembang adalah Gunung Tangkuban Perahu. Gunung yang kaya akan legenda ini berada di ketinggian 2.084 mdpl. Lokasinya yang berada di pegunungan dan dikelilingi hutan pinus, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Di sini, Anda bisa mengunjungi berbagai kawah yang masih aktif, seperti kawah Ratu, kawah Domas, dan kawah Upas. Ohya, karena lokasinya yang berada di pegunungan, suhunya pun cukup dingin. Jadi, jangan lupa memakai jaket ya.

Lokasi: Cikahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

2. Taman Kupu-Kupu

Taman Kupu-Kupu

Image Credit: Tourbandung.id

Kupu-kupu merupakan hewan yang banyak disukai, terutama oleh anak-anak. Bentuk  dan wujudnya yang indah dan berwarna-warni membuat anak-anak menyukainya. Di Lembang ini, Anda bisa menyaksikan keindahan dan kecantikan kupu-kupu di Taman Kupu-kupu. Lokasi wisata ini tak jauh dari tak terlalu jauh dari pusat kota Lembang.

Karena berbentuk taman, maka destinasi wisata satu ini memiliki tempat yang sangat luas. Sehingga Anda akan sangat nyaman saat berada di sana. Ditambah lagi ada lebih dari 300 kupu-kupu yang kurang lebih terdiri dari 35 jenis di sana. Para kupu-kupu tersebut tinggal di taman berlapis jaring. Jika ingin mengetahui kupu-kupu lebih jauh, akan ada pemandu wisata yang akan menjelaskan.

Lokasi: Jl. Cihanjuang Cibaligo Permai Raya No.58, Cihanjuang, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

3. Floating Market

Floating Market

Image Credit: Hargatiket.net

Tempat wisata di Lembang berikutnya adalah Floating Market. Destinasi wisata satu ini menawarkan wisata kuliner Lembang yang akan memanjakan lidah Anda. konsep dari Floating Market sama seperti konsep pasar apung. Ada banyak jenis makanan yang bisa dibeli dari para penjual yang menggunakan perahu dan mengapung di atas air.

Anda bisa membeli makanan tradisional di sana, seperti lotek, durian bakar, karedok, batagor, dan makanan lainnya. Sebagai oleh-oleh, Anda juga bisa membeli souvenir dengan harga yang sangat terjangkau. Ohya, selain berbelanja makanan, ada pula permainan yang cocok dimainkan orang dewasa maupun  anak-anak, seperti kereta api, bebek air, sepeda air, dan juga perahu.

BACA:  15 Wisata Pantai di Karawang Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Grand Hotel No.33E, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

4. Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland

Image Credit: Klikalamat.com

Jika Anda berwisata bersama keluarga, dan membawa serta anak-anak yang masih kecil, jangan lewatkan Kampung Gajah Wonderland untuk dikunjungi. Namun, meski julukannya Kampung Gajah, bukan berarti Anda akan menemukan banyak gajah di sini ya. Namun di pintu masuk kawasan ini memang ada patung gajah raksasa.

Kawasan wisata keluarga satu ini justru menyediakan berbagai macam zona permainan untuk anak-anak maupun untuk keluarga. Seperti zona air, sepeda air, bumberboat, dan permainan lainnya. Dijamin, Anda tak akan kecewa begitu pulang dari Kampung Gajah Woderland yang ada di Lembang ini.

Lokasi: Jl. Sersan Bajuri KM. 3,8 Parongpong, Kec. Cihideung, Kab. Bandung Barat.

5. Taman Begonia

Taman Begonia

Image Credit: Tourbandung.id

Taman berikutnya yang ada di Lembang adalah Taman Begonia. Taman Begonia menjadi salah satu taman yang dijadikan sebagai kawasan untuk melestarikan berbagai flora di Indonesia. Taman ini memiliki ketinggian 1.200 mdpl. Adapun tanaman yang bisa Anda temukan di sana seperti bunga celosia, salvia, genarium, dan bunga lainnya.

Jika ingin berfoto, ada banyak spot menarik bagi Anda. Dijamin, liburan Anda akan lebih menyenangkan saat berkunjung ke taman satu ini. Berbagai jenis bunga yang warna-warni akan siap untuk memanjakan mata Anda.

Lokasi: Jl. Maribaya No.120 A, Langensari, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

6. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha

Image Credit: Pergidulu.com

Tempat wisata alam menakjubkan yang ada di Lembang satu ini adalah Observatorium Bosscha. Tempat wisata ini diperkirakan telah berdiri sejak tahun 1928, yaitu pada masa penjajahan Belanda di Indonesia. Dan karena itu pula, tempat wisata ini dijadikan sebagai observatorium tertua yang ada di Indonesia.

Arsitektur bangunan observatorium memiliki gaya Eropa. Meski sudah berumur tua, bangunannya masih nampak kokoh dan kuat. Meski sudah pernah dilakukan  renovasi pada bangunan tersebut. Di sana juga sudah ada teleskop yang bisa Anda gunakan untuk meneropong bintang-bintang di langit. Anda bisa mengunjungi observatorium tanpa tiket masuk.

Lokasi: Jl. Peneropongan Bintang No.45, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

7. De Ranch

De Ranch

Image Credit: Reddoorz.com

De Ranch menjadi salah satu destinasi wisata di Lembang yang sangat cocok untuk keluarga. Anda sekeluarga bisa berlibur bersama-sama di tempat wisata yang sangat luas. De Ranch merupakan tempat wisata yang didesain sebagai sebuah peternakan modern. Selain suasana yang menyegarkan ala pedesaan, Anda juga akan menemukan banyak cowboy.

Kuda menjadi hewan yang diternakkan di De Ranch. Tak hanya melihat kuda saja yang bisa Anda lakukan. Beberapa pawang yang sudah ada di sana juga akan membantu Anda untuk menaiki kuda-kuda tersebut. Wah, seru sekali ya. Maka tak heran jika De Ranch ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit keluarga di Lembang.

BACA:  Berwisata ke Petilasan Prabu Siliwangi di Majalengka

Lokasi: Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

8. Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang

Image Credit: Tourbandung.id

Dusun bambu lembang adalah wisata kuliner berikutnya yang ada di Lembang. Uniknya, wisata ini sekaligus menggabungkan konsep wisata alam dengan kuliner. Jadi, jika Anda jalan-jalan ke Dusun Bambu Lembang, Anda akan disuguhi dengan jalanan yang dipenuhi bebatuan, banyak turunan, dan juga cukup curam.

Namun, hal itulah yang membuat dusun ini menjadi lebih menantang dan menarik. Di sana, Anda bisa berwisata kuliner dengan makan kafe Lutung Kasarung, lalu bermain di Bamboo Playground. Tak usah khawatir soal penginapan, Anda bisa menginap di villa Kampung Layung yang dekat dengan dusun.

Lokasi: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

9. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya

Image Credit: Dakatour.com

The Lodge Maribaya ini berada di kawasan Cibodas, Lembang. Di sana, Anda sekeluarga bisa menikmati berbagai macam permainan yang telah disediakan. Jika ingin mengambil foto, Anda juga mencari spot foto yang menarik dan unik. Anda bisa berfoto saat sedang bermain wahana di sana.  Dengan begitu, sepulang dari sana, Anda memiliki kenangan yang bisa dipajang.

Selain tempatnya yang instagramable, wahana yang ditawarkan juga tak akan mengecewakan. Ada objek wisata Hot Air Baloon, Sku Wing, sampai dengan Paralayang. Anda bisa mencobanya satu per satu untuk menikmatinya.

Lokasi: Jl. Maribaya No. 149/252 RT. 03 / RW. 15 Babakan, Gentong, Cibodas, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

10. Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park

Image Credit: Naf-arf.com

Wisata satu ini menawarkan enam area sirkuit yang bisa dicoba. Jika Anda adalah orang dewasa, maka semua sirkuit masih bisa dicoba. Namun untuk anak-anak usia 4 tahun, hanya ada wahana Yellow Sirkuit yang bisa mereka coba.

Sebab hanya lintasan di Yellow Sirkuitlah yang memiliki lintasan 2 meter. Keenam sirkuit tersebut adalah Yellow, Blue, Red, Orange, Discovery, dan Black. Jika belum tahu jalan ke sana, tak usah khawatir, kawasan ini sangat mudah ditemukan.

Lokasi: Jl. Tangkuban Perahu KM 28, Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

11. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater

Image Credit: Katalogwisata.com

Jika sedang penat dengan berbagai urusan sehari-hari, Anda perlu menyegarkan pikiran dengan mandi air panas di Ciater. Kawasan ini tak hanya menawarkan kesejukan dan suasana segar, namun juga ketenangan setelah Anda mandi air panas di sana.

Anda bisa berendam di air panas alami yang sumbernya berasal dari Gunung Tangkuban Perahu sambil menikmati keindahan alam. Selain itu, ada pula berbagai wahana yang bisa dicoba. Seperti arung jeram, outbound, flying fox. Jika Anda lapar setelah bermain wahana, tak usah khawatir, ada banyak kuliner yang bisa dicoba di sana.

BACA:  15 Tempat Wisata di Sumedang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang.

12. Imah Seniman

Imah Seniman

Image Credit: YourBandung.com

Seperti nama tempatnya, imah seniman menyuguhkan berbagai hasil karya dunia seni yang sangat menakjubkan. Di tempat seluas 15 ha ini, Anda bisa menikmati hasil karya seni yang indah-indah. Konsep bangunannya sangat unik dengan unsur etniknya. Desain yang dibuat juga memiliki nilai yang cukup tinggi.

Imah seniman ini bisa dibilang merupakan replika dari tempat wisata SapuLidi yang juga ada di Lembang. Meskipun ukuran Imah Seniman jauh lebih kecil. Anda bisa menikmati galeri seni, kolam pemancingan, restoran, dan lainnya. Jika ingin bermalam, Anda bisa menginap di tempat dengan gaya tradisional.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi No.8, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

13. Wisata Grafika Cikole

Wisata Grafika Cikole

Image Credit: Adventure-galaxy.com

Wisata alam yang tak kalah asri di Lembang bisa Anda nikmati di Grafika Cikole. Kawasan hutan pinus ini menawarkan kesejukan alam yang akan membuat Anda betah berlama-lama di sana. Kawasan hutan pinus yang masih asri ini menjadi favorit bagi para remaja dan juga keluarga.

Ada banyak fasilitas permainan yang ditawarkan di sini. Jadi, akan sangat cocok apabila Anda mengajak seluruh anggota keluarga menikmati kawasan wisata ini. Anda bisa puas melakukan outbound, atau melakukan perkemahan bersama di Grafika Cikole.

Lokasi: Jl. Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

14. Farm House Lembang

Farm House Lembang

Image Credit: Alampriangan.com

Farm House Lembang adalah salah satu lokasi wisata terhits di Kota Lembang. Tempat ini sangat recomended untuk dikunjungi saat pergi ke Lembang. Anda bisa menikmati kawasan bernuansa peternakan di sini. Peternakan ini didesain seperti nuansa peternakan Eropa di masa lalu. Semua bangunan dibuat dengan bahan kayu dan batu, khas Eropa.

Selain itu, Anda bisa befoto selfie ria di tempat wisata yang sangat luas ini. Adapun kawasannya hampir mirip dengan latar film hobbit yang sangat terkenal. Anda bisa berburu foto di lokasi wisata yang instagrameble. Ada banyak tempat yang memang dibuat sebagai spot untuk berfoto para pengunjung.

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

15. Lembang Park and Zoo

Lembang Park and Zoo

Image Credit: Kompas.com

Bagi pecinta binatang, jangan lewatkan Lembang Park and Zoo saat berkunjung ke Lembang. Di sana, Anda bisa bercengkrama dengan banyak satwa. Ada banyak hewan eksotis yang bisa Anda temui di Lembang Park and Zoo.

Di sana, ada sekitar 350 jenis satwa yang siap menyapa dan memanjakan mata Anda. Adapun konsep kebun binatang di sini didesain dengan modern. Anda bisa melihatnya dari arsitektur kebun binatang yang dibuat sedemikian rupa.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

Nah, itulah tadi 15 rekomendasi tempat wisata yang ada di Lembang. Semua daftar lokasi wisata tersebut sangat recomended untuk dikunjungi. Sebab tempat tersebut menawarkan suasana dan konsep yang berbeda-beda. Sehingga Anda bisa memilih objek wisata mana yang ingin dikunjungi.