Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 06.00–18.00 WIB, Alamat: Ampang Pulai, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Salah satu provinsi yang ada di Negara Indonesia dan selalu berhasil menawarkan keindahan alam begitu menakjubkan, yaitu Provinsi Sumatera Barat. Ibukota dari provinsi tersebut adalah Padang, di sanalah nantinya Anda bisa menemukan tempat wisata yang begitu mempesona dan patut untuk dikunjungi bersama dengan keluarga ataupun pasangan.

Tempat wisata tersebut bernama Puncak Mandeh. Tempat berlibur ini adalah salah satu dari area wisata di Pesisir Selatan. Ada banyak keindahan dan keseruan yang ditawarkan oleh tempat tersebut. Karena memiliki keindahan yang nyaris sempurna, wajar jika tempat tersebut dijuluki sebagai Raja Ampat Sumatera.

Luasan area dari kawasan wisata Mandeh yaitu mencapai 18.000 hektar. Di area yang begitu luas Anda akan disuguhkan pemandangan yang begitu menakjubkan dari alam yang masih begitu asri dan tak terjamah. Tidak hanya pemandangan bukit ataupun pantai saja, melainkan Anda juga akan disuguhkan keindahan bawah laut.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Mandeh

Daya Tarik Puncak Mandeh
Image Credit: Google Maps Bali 360

1. Sunset yang Sangat Elok

Ada banyak sekali daya tarik yang ditawarkan oleh Puncak Mandeh sebagai salah satu wisata favorit di Kota Padang. Tentunya Anda semua pasti sudah pernah mendengar kepopuleran dari Raja Ampat, bukan? Area wisata tersebut tak hanya terkenal oleh keindahan daratannya saja, melainkan juga keragaman bawah laut.

Namun tentunya oleh karena faktor biaya dan juga jarak, banyak diantara Anda semua yang belum pernah menikmati keelokan dari tempat wisata tersebut. Namun disini Anda tidak perlu merasa sedih, karena Anda pun bisa menemukan keindahan serupa Raja Ampat di provinsi Sumatera Barat, tepatnya yaitu di Kota Padang ini.

Keindahan dari tempat wisata Puncak Mandeh memang hampir bisa disetarakan dengan Raja Ampat. Kawasan wisata ini berada di wilayah Pesisir Selatan. Jika Anda berangkat dari Kota Padang, maka jarak yang harus ditempuh yaitu sekitar 56 km.

Ada banyak sekali hal-hal menarik yang mungkin tidak pernah Anda dapatkan sebelumnya ketika mengunjungi tempat ini. Salah satu yang begitu memukau dan mungkin tidak bisa Anda lupakan yaitu keindahan matahari tenggelam di Mandeh.

Panorama sunset memang selalu berhasil membuat terpukau siapa saja yang menyaksikannya. Terlebih ketika Anda menyaksikan senja sore tersebut di kawasan Mandeh ini. Berada di area yang tinggi tentu akan membuat Anda bisa melihat cakrawala dengan lebih bebas. Dan itu merupakan pengalaman seru yang tak boleh Anda lewatkan.

Puncak Mandeh ini memang sudah lama sekali dikenal sebagai salah satu spot yang mampu menyuguhkan keindahan senja sore yang begitu menakjubkan. Keindahan tersebut Bahkan tak kalah seperti pulau-pulau lain yang sudah jauh lebih terkenal sebelumnya.

Karena itu, bagi Anda yang memang sangat suka sekali dengan keindahan Sunset, maka tak perlu ragu untuk segera meluncur ke tempat wisata yang berada di Kota Padang ini.

2. Pemandangan Indah dari Puncak

Puncak Mandeh memang sangatlah direkomendasikan bagi Anda yang ingin menyaksikan keindahan alam sekitar dari atas ketinggian. Saat berada di atas puncaknya, Anda bisa menyaksikan banyak sekali perahu wisata serta perahu nelayan yang mengelilingi pulau-pulau.

Di sepanjang jalan memasuki kawasan wisata, Andapun juga akan menemukan banyak tempat yang menyewakan perahu bagi yang berminat untuk mengelilingi dan mengekspor keindahan Pulau Mandeh.

Anda tidak perlu takut kesasar, karena nantinya ketika Anda sudah di perahu maka terdapat pemandu yang akan membawa Anda mengelilingi spot terbaik di tempat wisata tersebut.

3. Memiliki Banyak Pulau Kecil yang Masih Perawan

Terdapat banyak sekali pulau-pulau kecil yang masih alami atau perawan di area wisata tersebut. Pulau-pulau yang tampak begitu eksotis tersebut bisa Anda kelilingi menggunakan perahu yang Anda sewa. Keindahan sesungguhnya dari tempat tersebut memang sangat susah untuk digambarkan melalui sebuah kalimat.

Karena itu, untuk memperoleh pengalaman yang begitu mengagumkan, sebaiknya Anda langsung meluncur ke Puncak Mandeh. Banyak pulau-pulau yang tersebar di kawasan Mandeh, seperti contohnya Pulau Sirandah, Pulau Cubadak, Pulau Cingkuak, Pulau Pagang dan masih banyak pulau-pulau yang tampak begitu eksotis lainnya.

Saat memutuskan untuk mengunjungi kawasan wisata ini, maka sebaiknya Anda melakukan liburan selama beberapa hari supaya bisa mengeksplorasi semua keindahan yang ada di tempat tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Puncak Mandeh
Image Credit: Google Maps Ilham Asman

Puncak Mandeh berada di Provinsi Sumatera Barat, tepatnya yaitu di Kabupaten Pesisir Selatan, Kecamatan Koto XI Tarusan. Jika Anda berangkat dari Kota Padang, maka nantinya Anda dapat berkendara kurang lebih sejauh 56 km atau sekitar 1,5 jam. Akses jalan untuk menuju tempat tersebut memang sudah cukup baik dan beraspal.

Karena itu, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ketika ingin menuju ke tempat wisata. Anda bisa menggunakan motor ataupun mobil, namun yang perlu untuk Anda ingat sebaiknya berhati-hati dalam berkendara, karena rute jalan tempat ini memang cukup berliku dan banyak tanjakan.

Jika Anda berangkat dari arah Bengkulu atau Jambi, maka nantinya Anda dapat melewati Painan. Dari Kota Painan tersebut jarak untuk sampai ke tempat wisata Mandeh kurang lebih sejauh 30 km.

Jarak itu bisa Anda tempuh selama kurang lebih 40 menit. Supaya lebih mudah dalam mencari area wisata, sebaiknya Anda menggunakan bantuan navigasi dari peta lokasi yang sudah tersemat di perangkat smartphone Anda.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Puncak Mandeh
Image Credit: Google Maps Heru Muara Sidik

Salah satu hal yang menarik ketika Anda ingin mengunjungi Puncak Mandeh ini, yaitu kawasan wisata tersebut tidak mengenakan biaya masuk atau tiket. Tapi bagi para wisatawan yang ingin melakukan berbagai macam aktivitas seru selama berada di tempat tersebut, maka akan terdapat biaya.

Seperti contohnya menaiki banana boat, melakukan scuba diving, bercamping dan lain sebagainya, maka Anda akan dikenakan biaya. Besaran biaya yang akan dikenakan cukup terjangkau, jadi disini Anda tidak perlu merasa khawatir akan melakukan pengeluaran yang cukup besar ketika berlibur ke Puncak.

Perlu diingat lagi, saat Anda sudah ingin berangkat ke tempat wisata, maka sebaiknya memilih waktu ketika cuaca benar-benar sedang cerah supaya liburan tidak terganggu oleh hujan. Jam operasional dari tempat wisata tersebut yaitu setiap hari dan dan di buka 24 jam penuh. Dengan begitu Anda bersama dengan rombongan bisa mengunjunginya kapanpun Anda mau.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Puncak Mandeh

Aktivitas di Puncak Mandeh
Image Credit: Google Maps Bhekti Lestari

1. Berburu Foto

Puncak Mandeh yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan ini memang mampu menyuguhkan panorama yang sangat mengagumkan dan tak mungkin bisa Anda lupakan. Hamparan pulau kecil serta jernihnya Laut biru membuat tempat wisata tersebut layak untuk dikunjungi sebagai Raja Ampat Sumatera Barat.

Ada banyak sekali aktivitas seru dan menarik yang bisa dilakukan ketika berada di kawasan wisata ini. Salah satu aktivitas tersebut yaitu berburu foto dengan latar belakang yang indah tentunya. Ada banyak sekali spot foto yang menarik, bahkan area pinggir jalan di tempat tersebut pun juga akan menyuguhkan keindahan tersendiri.

Artinya Anda hanya cukup berpose di area pinggiran jalan dan hasil foto yang bisa didapatkan pun sudah sangat instagramable. Namun pastikan angle foto yang Anda ambil benar-benar tepat, supaya memperoleh hasil yang lebih maksimal lagi. Kegiatan berburu foto di Puncak Mandeh juga bisa dilakukan menggunakan alat bantu drone.

Dengan menggunakan drone tentunya landscape dari tempat wisata bisa Anda potret secara keseluruhan. Karena itu, tak ada salahnya bagi Anda yang memiliki drone untuk membawa alat tersebut ketika berlibur ke tempat ini. Keindahan alam yang terhampar di Mande memang tak boleh disia-siakan.

2. Bersantai

Aktivitas menarik berikutnya yang bisa dilakukan yaitu bersantai di Puncak Mandeh. Pesona alam bukit cantik ini yang begitu indah serta berbagai macam keelokan yang ditawarkan menjadikan tempat wisata tersebut cocok untuk dijadikan sebagai area bersantai. Tempat ini memang sangat alami dan seolah masih belum pernah terjamah.

Anda yang ingin mencari tempat tenang bersama dengan keluarga ataupun pasangan Anda, maka sangat disarankan untuk datang ke Mandeh. Anda bisa mencoba berkencan bersama dengan pasangan menggunakan latar landscape yang begitu manis di tempat ini. Sajian alam yang memukau akan menemani keromantisan Anda bersama dengan pasangan.

Duduk sambil merilekskan diri dan melihat hamparan laut luas merupakan ide menarik yang tak boleh Anda lewatkan. Pasir Putih, udara yang segar, serta hal-hal menarik lain yang ada di tempat tersebut merupakan sebuah anugerah alam yang benar-benar membuat siapa pun takjub.

3. Melakukan Diving

Di sekitar Puncak Mandeh ini mempunyai area terumbu karang yang sangatlah luas. Luas dari area terumbu karang tersebut mencapai 70 hektar. Tidak hanya luas saja, melainkan terumbu karang di tempat tersebut terjaga dengan begitu baik, sehingga Anda masih bisa melihat banyak sekali spesies laut yang hidup di area terumbu karang ini.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa keindahan dari tempat wisata Mandeh memang tidak hanya sebatas di area daratannya saja, melainkan di bawah permukaan air. Karena itu, selama berada di tempat tersebut, maka jangan lewatkan aktivitas diving. Dengan melakukan diving tersebut, Anda bisa mengeksplor segala keindahan bawah laut.

Di tempat ini juga terdapat spot diving yang begitu populer dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menyelam. Spot diving tersebut berupa kapal karam yang memiliki kedalaman mencapai 25 meter.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Puncak Mandeh
Image Credit: Google Maps Darpius Indra

Puncak Mandeh merupakan salah satu area wisata yang populer dan diunggulkan di Sumatera Barat. Karena itulah, untuk menemukan fasilitas di tempat ini memang bukan hal yang susah. Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola sudah sangat memadai.

Untuk akomodasinya sendiri, Anda bisa menemukan area menginap di tempat tersebut. Sebagian besar dari penginapan yang terdapat di sana yaitu berupa homestay yang dikelola langsung oleh warga sekitar. Untuk harga homestay itu sendiri memang cukup variatif. Namun, perlu untuk Anda ingat, jika ingin bermalam di homestay maka pesan secara offline.

Selain terdapat homestay, Anda pun juga akan menemukan resort di tempat ini. Untuk fasilitas umum nantinya Anda tidak akan kesusahan menemukan toilet, kamar ganti ataupun mushola. Dengan begitu ketika berkunjung ke tempat wisata ini, maka Anda tak akan merasa bingung untuk mencari fasilitas.

Puncak Mandeh merupakan tempat wisata yang sangat recommended di Pesisir Selatan bagi Anda yang saat ini berencana untuk pergi berlibur bersama sanak family. Tak perlu ragu untuk meluncur ke Kota Padang, Sumatera Barat. Karena di tempat tersebut nantinya Anda akan memperoleh keseruan yang tak bisa didapatkan dari tempat lain.