Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00–16.00 WIB, Alamat: Lokasari, Kec. Sidemen, Kab. Karangasem, Bali; Map: Cek Lokasi

Bali Countryside Sidemen merupakan wisata alam yang menampilkan suasana pedesaan di Sidemen, Karangasem, Bali. Pengunjung yang datang ke Countryside ini dapat menikmati pemandangan alam berupa hamparan hijau persawahan berundak dan aktivitas warga setempat. Suasana alamnya masih sangat alami.

Ada beberapa paket wisata yang bisa diambil oleh pengunjung. Diantaranya outbond, proses pembuatan bibit padi hingga pengolahan padi sampai menjadi beras. Pengunjung bisa melihat langsung bahkan ikut serta dalam aktivitas tersebut.

Tentu hal ini menjadi suasana yang berbeda ketika Anda memilih Bali sebagai tujuan berlibur. Jika selama ini identik dengan kecantikan pantai maupun pegunungannya, ternyata Bali juga memiliki wisata alam pedesaan yang menawan untuk tujuan berlibur. Anda bisa merasakan kesegaran alam wisata sekaligus mempelajari budidaya tanaman padi.

Daya tarik yang Dimiliki Bali Countryside Sidemen

Daya Tarik Wisata Bali Countryside Sidemen
Image Credit Google Maps Wijaya

1. Hamparan Hijau Sawah Berundak

Wisatawan yang berkunjung ke Bali Countryside Sidemen akan disambut oleh keindahan hamparan hijau persawahan. Uniknya sawah di Bali memiliki desain yang menarik, yakni berundak-undak bagaikan tangga. Masyarakat setempat menyebutnya dengan istilah terasering.

Dari area persawahan ini, pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan Gunung Agung yang menjulang tinggi diantara bukit-bukit. Oleh karena itu, suasana di wisata nan asri ini udaranya terasa begitu sejuk.

2. Nuansa Alam Pedesaan

Berkunjung ke Countryside Sidemen layaknya menjelajah alam pedesaan yang memiliki pemandangan memanjakan mata serta keramahan warga setempat membuat Anda merasa di sambut dengan baik. Nuansa liburan seperti ini akan memberikan kesan yang tak terlupakan.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan suasana yang tenang, jauh dari keramaian kota. Bisa mengenal kearifan lokal yang kaya akan keeksotisannya. Tentunya sangat cocok dijadikan destinasi berlibur bersama keluarga.

3. Tiket Wisata Terjangkau

Salah satu daya tarik wisata alam di Sidemen ini adalah tidak memerlukan biaya yang terlalu mahal. Wisatawan hanya membutuhkan biaya untuk ongkos perjalanan, menyiapkan bekal, serta keperluan pribadi lainnya.

Hal ini disebabkan, tidak adanya tarif tiket masuk ke wisata. Sehingga pengunjung bisa menikmati alam pedesaan Sidemen secara gratis hingga puas. Termasuk menikmati spot fotonya yang instagenic.

4. Spot Foto Kekinian

Berlibur ke alam pedesaan untuk mengabadikan keindahan alamnya tentu memberikan nilai seni tersendiri pada gambar foto yang dihasilkan. Termasuk di Bali Countryside Sidemen ini. Wisatawan bisa menikmati spot-spot foto yang instagramable dengan langdscape alam terbuka khususnya area sawah berundak.

Bahkan pengunjung juga bisa menemukan rumah-rumahan atau gubuk yang berada di tengah sawah. Biasanya para petani akan menjadikan gubuk tersebut sebagai tempat beristirahat atau menikmati bekal makanan setelah lelah melakukan aktivitas bertani.

Daya Tarik Dimiliki Bali Countryside Sidemen
Image Credit Google Maps Wijaya

5. Udara Segar Bebas Polusi

Ketika menginjakkan kaki ke wisata pedesaan khususnya di hamparan sawah nan hijau, Anda bisa langsung menikmati kesegaran udaranya. Banyaknya pepohonan serta nuansa alamnya yang jauh dari hiruk pikuk suasana kota menjadikan wisata di Countryside Sidemen ini terasa lebih asri. Anda juga bisa melihat burung-burung sawah.

Anda pun bebas sepuasnya menghirup udara segar. Menghela nafas panjang-panjang untuk benar-benar mengagumi cinptaanNya sekaligus sebagai cara rileksasi. Seolah segala penat hempas begitu saja tersapu oleh alam yang menyejukkan.

6. Tersedia Paket Outbond

Wisatawan yang berkunjung ke Bali Caountryside Sidemen tidak hanya bisa menikmati keindahan alamnya, tetapi juga bisa menikmati paket outbond. Seperti bermain wahana yang mengasyikkan, trekking bersama pemandu, dan lain sebagainya.

Untuk paket outbond biasanya digunakan pada wisatawan yang membawa rombongan dalam jumlah banyak, seperti gathering. Karena keseruan outbond akan terasa lebih asik jika dilakukan bersama banyak teman. Apalagi ditambah dengan adanya wahana permainan yang unik.

7. Wisata Sambil Belajar

Tak hanya sebagai sarana menikmati wisata Karangasem, Bali. Akan tetapi berkunjung ke wisata ini bisa juga untuk dapat sebagai sarana edukasi. Diantaranya menyusuri area persawahan berundak, melihat dan turut serta pada aktivitas petani menanam padi, maupun mengunjungi desa setempat yang penuh dengan nilai budaya.

8. Dekat dengan Sederet Wisata Populer

Wisata alam ini berada di kawasan Bali Timur yang juga terdapat beberapa wisata populer. Anda bisa sekaligus mengagendakan untuk berkunjung ke lokasi tersebut.

Diantaranya ada wisata Taman Ujung, Taman Air Tirtagangga, Pantai Pasir Putih Perasi, Blue Langon, wisata Desa Tua Bali Aga Tenganan, Pantai Labuhan Amuk, Bias Tugel dan masih banyak wisata lainnya dengan akomodasi yang terjangkau.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bali Countryside Sidemen
Image Credit Google Maps Wijaya

Bali Countryside Sidemen berada di Pulau Dewata Bali, Kabupaten Karangasem, Kecamatan Sidemen, Desa Sidemen. Jam operasional wisata alam nan asri ini dibuka mulai pukul 08.00 WITA di hari Senin sampai Minggu. Oleh karenanya, wisatawan bisa bebas berkunjung kapan saja untuk menikmati pesona keindahan alam Sidemen.

Jarak dari Bandara Ngurah Rai dapat ditempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan berkendara. Lokasinya masih cukup terjangkau. Adapun rute perjalanannya, yakni dari bandara ambil arah menuju Jalan Bypas Ngurah Rai. Arahkan ke Jalan Pulau Batanta melewati Tamara Bali Textile.

Selanjutnya, menuju ke jalan Diponegoro hingga menemukan Mall Bali. Teruskan ke jalan Semarapura-Karangasem. Anda akan menemukan lokasi Bali Countryside Sidemen di Jalan Raya Satria Sidemen Banjar Kebon Desa Sukahet, Lokasari, Sidemen, Karangasem, posisinya ada di sebelah kanan jalan.

Jika masih ragu dengan rute atau petunjuk arah yang diberikan, Anda bisa menggunakan google maps. Ketik alamat tujuan maka Anda akan diarahkan dengan rute yang lebih mudah untuk dijangkau.

Harga Tiket Masuk Wisata

Harga Tiket Wisata Bali Coutryside Sidemen
Image Credit Instagram Antoine Dubois

Wisatawan yang hendak menikmati alam pedesaan di Sidemen, Karangasem, Bali tidak dikenakan biaya tiket masuk. Sementara ini pihak pengelola memberikan tarif gratis. Meskipun ketentuan tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Anda hanya cukup menyiapkan biaya untuk transportasi serta membeli bekal makanan/kuliner serta parkir kendaraan pribadi di lokasi yang tersedia.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bali Countryside

Aktivitas Menarik di Bali Countryside
Image Credit Google Maps Bali Countryside Sidemen

1. Santai Menikmati Pemandangan Sawah Berundak

Menikmati pemandangan sawah berundak bisa dilakukan sambil santai di tengah sawah. Beristirahat pada gubuk-gubuk yang tersedia.

Sesekali Anda akan menyaksikan hamparan padi yang hijau tertiup oleh angin hingga bergoyang-goyang. Bagaikan alunan air laut yang tersapu akan ombak.

2. Menyusuri Area Persawahan

Kegiatan utama yang biasanya dilakukan wisatawan tak lain adalah menyusuri pematang sawah. Hal ini akan terasa lebih seru jika dilakukan saat tanaman padi belum begitu tinggi. Sehingga view yang di dapatkan terkesan lebih eksotis.

Bagi wisatawan yang berasal dari kota maupun turis mancanegara, aktivitas menyusuri pematang sawah adalah hal yang sangat mengagumkan. Telapak kaki akan kotor terkena lumpur, tanaman padi sesekali bergoyang-goyang mengenai tubuh. Tentu membuat suasana semakin lebih keren.

3. Belajar Cara Bertani

Agar nuansa liburan di persawahan benar-benar semakin nyata, wisatawan bisa turut serta bersama masyarakat setempat untuk bertani. Khususnya jika Anda datang di saat musim tanam atau panen. Kedua momen ini menjadi hal yang paling mengasyikan untuk dicoba.

4. Berfoto dengan Spot Alam Terbuka

Pecinta fotografi yang gemar mengabadikan momen liburan tentu akan merasakan hal yang berbeda ketika mendapat spot alam nan elok. Termasuk di lokasi persawahan.

Oleh karena itu, momen berfoto di tengah-tengah hamparan padi yang luas merupakan sesuatu yang bernilai seni tinggi. Bahkan diantara wisatawan ada yang sengaja rela kotor bermain dengan lumpur layaknya petani sesungguhnya demi mendapatkan hasil gambar yang instagramable.

Aktivitas Dilakukan di Bali Countryside
Image Credit Google Maps Ketut Budiastha Dharmamurti Jaya

5. Jalan-Jalan ke Wilayah Desa

Setelah puas menyusuri area persawahan berundak, Anda bisa beralih merasakan nuansa pedesaan di tengah penduduk setempat.

Jalan-jalan ke pedesaan bersosialisasi dengan warga menjadi hal yang menyenangkan. Terlebih penduduk Desa Sidemen terkenal dengan keramahannya. Sehingga membuat Anda tidak merasa sungkan bahkan dikucilkan.

Namun, yang utama adalah tetap menjaga kesopanan. Meskipun telah disambut baik oleh warga setempat, akan tetapi sebagai pendatang tidak boleh merasa sombong. Bahkan berperilaku sesukanya.

6. Mendatangi Pengrajin Tenun

Penduduk Desa Sidemen selain bertani juga merupakan pengrajin tenun dengan khas kain berbahan Endek. Anda bisa melihat proses pembuatan tenun yang terkesan alami.

Aktivitas ini tidak hanya memberikan nilai ke khasan suatu daerah, tetapi juga memberikan rasa cinta tanah air terhadap budaya yang masih dijaga dengan baik meskipun sudah berada di zaman modern.

Selain bisa belajar mengenai proses pembuatan tenun, wisatawan juga bisa membeli kain tenun khas Bali sebagai oleh-oleh. Terlebih jika Anda turun langsung dalam proses pembuatannya. Tentunya akan lebih memiliki nilai yang tak terlupakan.

7. Membeli Oleh-Oleh

Nah, setelah beraktivitas di wilayah pedesaan Sidemen inilah momen yang paling ditunggu-tunggu, yakni berburu oleh-oleh khas Bali. Anda bisa membeli aneka oleh-oleh di sekitar Kabupaten Karangasem.

Beragam oleh-oleh dapat Anda beli dengan harga yang standar. Mulai dari makanan, pernak-pernik aksesoris, baju, sepatu, gantungan kunci, lukisan, serta masih banyak lainnya. Sedikit tips ketika Anda membeli dalam jumlah banyak jangan sungkan untuk bertanya kepada pedagang untuk mendapatkan harga yang spesial.

8. Mengenal Budaya Adat Setempat

Bali terkenal dengan nilai budaya yang masih dijunjung tinggi. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda lebih mengenal budaya setempat. Tidak hanya sebagai penambah aktivitas, tetapi dengan belajar budaya juga akan menambah pengetahuan Anda tentang Bali. Pulau nan cantik yang menyimpan banyak keindahan di dalamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bali Countryside Sidemen
Image Credit Google Maps Bali Countryside Sidemen

1. Lahan Parkir

Berkunjung ke Bali Countryside Sidemen tak perlu bingung ketika akan parkir. Lokasi wisata pedesaan ini memiliki lahan parkir yang cukup luas. Biaya karcis parkirnya juga murah meriah.

2. Penginapan

Sekitar wisata Countryside Sidemen terdapat beberapa hotel ataupun villa yang harganya bervariasi. Ada kelas biasa hingga eksekutif. Pengunjung bebas membookingnya sesuai dengan budget yang diinginkan.

3. Warung

Penduduk setempat banyak yang menjual aneka kuliner khas Bali di warung-warung yang tersedia. Oleh karena itu, Anda bisa sekaligus berburu kuliner khas Bali. Mengenai harga tak perlu ditanya, pedagang setempat menjual kuliner dengan harga yang terjangkau. Dan untuk rasa kulinernya sungguh juara pastinya.

Itulah sekilas ulasan Bali Countryside Sidemen di Karangasem. Jika Anda memiliki waktu luang di sela-sela pekerjaan, ayo sempatkanlah untuk berkunjung menikmati keindahan alam pedesaan. Yang biasanya berlibur identik ke pantai, gunung, mall dan sebagainya kini saatnya untuk berlibur menikmati pemandangan alam hijaunya pedesaan. Sawah berundak menjadi spot spesial.