25 Oleh-Oleh Khas Bali Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Bali

Bali adalah satu surganya para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat ini memang sangat terkenal dengan keindahan alam dan berbagai budaya lokal yang patut untuk dikunjungi.

Tidak hanya wisatanya, Bali juga memiliki banyak oleh-oleh khas yang menarik untuk dicoba. Jadi, saat memutuskan untuk berlibur, kurang pas jika Anda tidak membawa oleh oleh untuk sanak keluarga atau teman kantor di rumah.

Berikut bisa jadi rekomendasi 25 Oleh-oleh Khas Bali sebagai buah tangan dengan harga yang ramah dikantong dan tentunya mudah untuk Anda dapatkan.

1. Keripik Ceker Ayam Khas Bali

Keripik Ceker Ayam Khas Bali

Image Credit by Bukalapak.com (Prema Rasa)

Walaupun ceker ayam tidak menjadi favorit banyak orang, namun keripik ceker ayam ini sangat banyak penikmatnya.

Jajan ini memiliki rasa gurih dan kaya akan rasa rempah-rempah dan tentunya sangat renyah. Jadi, tidak heran jika makanan ini selalu dijadikan oleh-oleh.

2. Mung Bean Pie

Mung Bean Pie

Image Credit by Bukalapak.com (Lantika)

Olahan kacang hijau ini bisa menjadi salah satu alternatif oleh-oleh Anda. Terlebih kulit pia nya yang lembut dengan isian kacang hijau yang tentunya akan semakin sempurna.

Aroma kacang hijau yang nikmat ditambah taburan wijen sebagai topping tentu akan menambah cita rasa khas dan tidak terlupakan.

3. Hot Mama Sambal

Hot Mama Sambal

Image Credit by @Hotmamasambal

Siapa diantara Anda seorang penggemar makanan pedas? Oleh-oleh yang satu ini sangat cocok bagi pecinta pedar. Pasalnya ini adalah olahan sambal yang sangat pedas dengan berbagai rasa.

Anda bisa memilih sambal bongkot, sambal roa, sambal bawang, sambal ebi. Tertarik untuk mencobanya? Silahkan membelinya saat berlibur ke Bali.

4. MiBabi

MiBabi

Image Credit by Mibabibali.com

Ini mie instan yang berbeda dari biasanya. Bagi Anda pecinta daging bagi maka olahan ini wajib dicoba. Pasalnya mie ini memiliki rasa yang sangat enak.

Tidak hanya itu Anda juga bisa memilih mie goreng atau kuah, namun pastikan Anda tidak membelikan oleh-oleh ini bagi mereka yang muslim.

5. Kacang Disco

Kacang Disco

Image Credit by Shopee.co.id (Jagongemil)

Makanan ini banyak disukai oleh para wisatawan karena rasanya yang khas. Olahan ini adalah sejenis kacang yang dibalut dengan tepung dengan sebelumnya telah diberikan bumbu.

Varian rasa Kacang Disko bermacam-macam. Anda pilih sesuai selera seperti rasa penas, keju, barbekyu dan ayam.

6. Sambal Bu Susan

Sambal Bu Susan

Image Credit by Indoindians.com

Cocok bagi Anda pecinta makanan pedas. Sambal disini dikemas secara praktis dan sangat efisien jadi tepat sebagai oleh-oleh keluarga atau teman di rumah.

Selain nikmat untuk disantap bersama makanan, sambal ini juga bisa Anda gunakan sebagai bumbu racik jadi tidak perlu repot meracik bumbu saat masak.

BACA:  17 Tempat Makan Enak di Bali Favorit Wisatawan

7. Chocolate Factory

Chocolate Factory

Image Credit by Dinoshishop.blogspot.com Iamexpat.nl

Bagi Anda pecinta olahan coklat maka pastikan membeli oleh-oleh ini. Ada coklat batang hingga bubuk coklat maupun selai coklat.

Chocalate disini mengandung antioksidan yang lebih banyak dari coklat biasanya. Harganya juga ramah dikantong, mulai dari sekitar 15 ribuan saja.

8. Kerupuk Babi

Kerupuk Babi

Image Credit by Carousell.com

Tabanan Bali sudah terkenal dengan tempat olahan kerupuk kulit babinya yang begitu lezat. Bagi Anda yang berminat untuk merasakannya ada banyak pilihan.

Ada berbagai pilihan yang diproduksi di tempat ini ada kerupuk sancam, kerupuk kulit dan kerupuk samcam tiga lapis. Ingin dimakan langsung atau pelengkap nasi goreng rasanya tetap enak.

9. Minuman Anggur Asli Bali dan Arak Lokal

Minuman Anggur Asli Bali dan Arak Lokal

Image Credit by Jawapos.com

Minuman ini bisa jadi salah satu oleh-oleh khas Bali yang bisa Anda beli. Selain memiliki cita rasa yang Khas kualitas minuman ini juga terjamin.

Kedua jenis minuman ini berasal dai fermentasi beras dan masyarakat biasanya meminumnya saat upacara. Berbagai pilihan bisa Anda peroleh seperti anggur putih, anggur merah, moscato dan rose yang terbuat dari anggur terbaik Bali.

10. Kacang Asin

Kacang Asin

Image Credit by Piesusubliman.com

Kacang ini berbalut tepung dengan bahan perasa. Jika Anda membelinya makanan ini sangat cocok sebagai teman nonton film dan ngobrol santai dengan teman.

Salah satu produksi kacang asin yang rekomended adalah kacang rahayu, kemasannya sederhana namun harganya terbilang mahal, walaupun begitu rasanya juara.

11. Djamoekoe

Djamoekoe

Image Credit by Deviliciouslyraw.com

Jamu memang jadi salah satu kuliner Andalan di Indonesia. Berbagai jamu mungkin bisa Anda temukan di berbagai daerah.

Termasuk salah satunya di Bali. Anda merasakan jamu sehat dan tentu mampu menyegarkan dahaga, varian rasa yang ditawarkan juga banyak seperti kunyit asam, coco detox dan lain-lain.

12. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani

Image Credit by Balikami.com

Salah satu oleh oleh yang cocok untuk Anda pecinta kopi adalah Kopi Kintamani ini. Sebab salah satu perkebunan kopi terbaik ada di pegunungan Kintamani.

Salah satu merek kopi unggulan ada pada F.R,E.A.K coffe dan cosmic coffe yang dibuat secara organik. Kedua itu bisa jadi alternatif pilihan membeli kopi Kintamani.

13. Bagiak Bali

Bagiak Bali

Image Credit by Banyuwangi-mall.com

Cemilan ini memiliki tekstur yang renyah dan rasanya gurih. Bahan utama pembuatannya adalah tepung sagu yang kemudian dipanggang.

Sangat cocok sebagai pendamping teh atau kopi Anda. Jadi tidak heran jika oleh-oleh ini sangat terkenal dan menjadi incaran para wisatawan.

BACA:  20 Tempat Wisata di Denpasar (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

14. Pie Susu

Pie Susu

Image Credit by Travelingyuk.com

Rasa yang lezat membuat makanan yang satu ini jadi serbuan para pengunjung. Makanan khas Bali ini memiliki rasa yang lembut, gurih dan manis.

Jadi tidak ada salahnya kuliner ini jadi buah tangan Anda untuk teman atau keluarga di rumah. Beberapa tempat juga menyediakan pemesanan melalui online.

15. Kacang Koro Bali

Kacang Koro Bali

Image Credit by Omiyago.com

Kacang ini adalah salah satu jenis kacang yang terkenal dan banyak disukai oleh orang. Baik digunakan sebagai camilan atau sekedar taburan pada makanan tertentu.

Jadi, bagi Anda yang penasaran dengan rasanya bisa mencobanya dan membeli kacang koro Bali ini saat berkunjung ke tempat ini.

16. Pia Legong

Pia Legong

Image Credit by Youtube.com (Detikcom)

Kue manis ini memang paling hits dikalangan para wisatawan sebagai oleh-oleh khas Bali. Pia ini selain memiliki rasa manis namun juga renyah.

Varian rasa Pia Legong ini ada 3 macam yaitu keju, coklat dan kacang hijau. Kue ini dibuat oleh tenaga manusia dan tidak mengandung bahan pengawet berbahaya.

17. Lapis Legit Harum Bali

Lapis Legit Harum Bali

Image Credit by Bukalapak.com (Bali Premium)

Kue ini lapis legit ini memang bisa membuat siapapun yang mencobanya bakalan ketagihan. Rasa yang lembut dan aroma butter yang wangi sangat menggugah selera makan.

Tampilan makanan ini tidak berbentuk kotak melainkan bundar sehingga mirip cake. Pilihan rasanya ada prunes, Irish Coffe, Almond, Spekuk dan rasa pandan.

18. Laklak

Laklak

Image Credit by Longtripmania.org

Kuliner kue tradisional yang hingga saat ini keberadaannya masih tetap eksis. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan, garam, air pandan, air daun suji dan air agar jadi Adonan.

Kemudian diletakkan di loyang bentuk setengah bola dan diatasnya ditaburi parutan gula aren yang direbus dengan parutan kelapa. sekotak Laklak ini dijual seharga 5 ribu saja.

19. Dodol Buleleng Bali

Dodol Buleleng Bali

Image Credit by Bali-travelnews.com

Tidak hanya wilayah betawi dan Garut saja yang memiliki olahan dodol. Namun, Bali juga memiliki olahan makanan yang satu ini.

Berbentuk memanjang dengan dibungkus daun jagung kering membuat tampilan dodol ini sangat berbeda dengan dodol biasanya.

20. Salak Bali

Salak Bali

Image Credit by Kintamani.id

Jika Anda menginginkan oleh-oleh yang sehat dan langsung dari alam maka pilihannya adalah salak bali ini atau terkenal dengan sebutan salak gula pasir.

Pasalnya rasanya lebih manis dan bijinya lebih kecil. Biasanya salak ini digunakan sebagai bagian dari upacara adat. Harganya bisa naik turun namun rata-rata sekitar 20 ribu per kg.

BACA:  15 Tempat Wisata di Badung (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

21. Brem (Makanan) Bali

Brem (Makanan) Bali

Image Credit by Omiyago.com

Oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang lainnya ada Brem Bali. Brem sendiri merupakan olahan dari sari ketan yang dimasak kemudian di lakukakan proses pengeringan.

Makanan ini sebenarnya juga hasil fermentasi dari ketan hitam dan kemudian akan diambil sarinya dan dilakukan pengendapan selama 1 hari satu malam.

22. Garam Bali

Garam Bali

Image Credit by Bukalapak.com (Mild Shop)

Garam khas Bali ini bisa Anda jadikan oleh-oleh. Pembuatannya diproses dari gabungan cara pengolahan petani sejak zaman dahulu dengan proses pengemasan yang higienis.

Sehingga garam ini cukup berbeda dari garam biasanya. Bahkan juga memiliki beragam kelebihan.

23. Coklat Luwak Bali

Coklat Luwak Bali

Image Credit by Bukalapak.com (Cedric)

Produk ini merupakan salah satu inovasi terbaru terkait dengan pengolahan coklat sebagai minuman. Coklat luwak hampir sama dengan kopi luwak dan saat ini telah banyak digemari masyarakat.

Rasa yang tidak terlalu pahit juga karena biji coklat telah dimakan oleh luwak sebelumnya. Anda tertarik untuk mencoba Coklat Luwak ini?

24. Bakpia (Pia Eiji)

Bakpia (Pia Eiji)

Image Credit by Piaeiji.com

Pia ini dikemas dengan ktak berwarna kuning sebagai khasnya. Anda bisa membelinya dengan berbagai rasa yang ditawarkan misalnya kacang hijau, coklat dan keju.

Biasanya yang jadi favorit pengunjung adalah rasa coklat karena rasa yang tidak terlalu manis dan coklatnya meleleh saat dimakan.

25. Brem (Minuman) Bali

Brem (Minuman) Bali

Image Credit by Beritabali.com

Selain makanan, ada juga Brem yang berupa minuman khas Bali. Seperti proses pembuatan brem makanan.

Brem ini juga hasil dari fermentasi dimana zat pati tersebut akan dihidrolisis menjadi glukosa dengan bantuan enzim amilase yang terdapat pada ragi tape.

5 Rekomendasi Toko atau Pusat Oleh-Oleh Khas Bali

1. Pusat Oleh-oleh Krisna

Pusat Oleh-oleh Krisna

Lokasi: Jl. Sunset Road, Seminyak, Kec. Kuta, Kab. Badung. – Imagg Credit by Kintamani.id

Jika menginginkan oleh-oleh berupa makanan maka tempat ini cocok untuk Anda. Tidak hanya oleh-oleh berupa kue tradisional namun juga berbagai makanan kekinian tersedia ditempat ini.

Banyak oleh-oleh makanan yang ditawarkan seperti keripik ceker, pie susu, kopi khas Bali dan masih banyak lagi.

2. The Keranjang Bali

The Keranjang Bali

Lokasi: Jl. Raya Kuta No.70-72, Kec. Kuta, Kab. Badung. – Imagg Credit by Thekeranjangbali.com

Setelah mengetahui 25 oleh-oleh khas Bali maka untuk mendapatkan itu semua Anda harus menuju ke toko pusat oleh-oleh salah satunya ada di The Keranjang Bali. Anda bisa berbelanja sepuasnya dengan berbagai oleh-oleh khas Bali.

3. Pasar Kumbasari

Pasar Kumbasari

Lokasi: Jl. Gajah Mada, Pemecutan, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar. – Imagg Credit by Ihategreenjello.com

Pasar ini ada di daerah Badung, sehingga letaknya tidak jauh dari pasar Badung. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata juga.Pada pasar ini Anda bisa menemukan berbagai souverir dan berbagai macam oleh-oleh lainya.

4. Agung Bali Oleh-oleh

Agung Bali Oleh-oleh

Lokasi: Jl. Sunset Road No.18, Kec. Kuta, Kab. Badung. – Imagg Credit by Facebook.com @agungbalioleholeh.tanahlot

Jika Anda ingin belanja beragam kuliner khas Bali sekaligus souvenirnya,  maka tempat ini merupakan tempat yang cocok. Disini Anda bisa membawa pulang makanan khas Bali dan juga berbagai souvenir menarik.

5. Pasar Guwang

Pasar Guwang

Lokasi: Jl. Raya Guwang No.5, Guwang, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar. – Imagg Credit by Kecenyapulaubaliindonesia.blogspot.com

Salah satu tempat pusat oleh-oleh yang ada di Bali Anda bisa mengunjungi pasar tradisional Guwang ini. Pasar ini secara sekilas hampir sama dengan pasar sukawati

Demikianlah berbagai oleh-oleh khas Bali yang bisa jadi rekomendasi untuk Anda saat bingung memilih buah tangan baik untuk diri sendiri atau keluarga di rumah. Selain itu juga ada beberapa pusat oleh-oleh yang mempermudah Anda mendapatkan berbagai oleh-oleh khas Bali.