Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Kolam Renang, Paya Bujok Seuleumak, Kec. Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh; Map: Cek Lokasi

Kota Langsa yang berada di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dikenal memiliki sebuah tempat wisata populer yang bernama Hutan Kota Langsa. Di dalamnya anda akan menemukan banyak sekali tumbuhan mulai dari yang kecil seperti rumput sampai pada yang besar seperti pohon-pohon.

Berkat adanya sejumlah tanaman tersebut membuat tempat wisata alam ini dikenal sebagai jantung kota karena menghasilkan banyak oksigen untuk kebutuhan manusia dan mengurangi pemanasan global. Tidak hanya itu berkat adanya banyak tumbuhan tersebut membuat beberapa hewan menjadikan hutan cantik ini sebagai tempat tinggal mereka.

Semua flora dan fauna yang ada di dalam hutan hits tersebut dilindungi oleh pemerintah sehingga membuat kegiatan penebangan atau berburu dianggap ilegal. Selain hewan dan tumbuhan destinasi wisata alam ini juga memiliki sejumlah wahana permainan seru, penasaran seperti apa saja? Silahkan simak review singkat berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Hutan Kota Langsa

Daya Tarik Hutan Kota Langsa
Image Credit: Google Maps Ardiyanta Ahmad

1. Hutan yang Kaya Akan Tumbuhan dan Hewan

Tidak bisa dipungkiri jika tumbuhan adalah salah satu daya tarik utama yang dimiliki oleh Hutan Kota Langsa. Pasalnya di tempat wisata menakjubkan ini anda akan menemukan banyak sekali tumbuhan seperti Damar, Jati, Merbau, Meranti, Sawit, dan masih ada beberapa tumbuhan lainnya.

Total ada lebih dari 300 jenis tanaman yang hidup di dalam hutan populer ini dan beberapa diantaranya bahkan sudah tergolong tanaman langkah. Selain tumbuhan, hewan juga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, dimana ada beberapa hewan jinak seperti Kura-Kura, Rusa, Buaya, Burung, dan beberapa hewan jinak lainnya.

2. Wahana Permainan

Selain memberikan konsep liburan di alam, wisatawan yang berlibur ke hutan menawan ini juga bisa mencoba beberapa wahana permainan seru mulai dari Flying Fox, Sepeda Air, ATV, Sepeda Gantung, Scooter, dan masih ada masih banyak lagi. Semua wahana permainan tersebut memiliki syarat tertentu yang wajib untuk diikuti.

Misalnya anak-anak dilarang bermain Sepeda Gantung atau Flying Fox karena terlalu berbahaya. Namun, anak-anak tetap bisa menikmati wahana permainan tersebut dengan menyewa Scooter anak untuk mengelilingi Hutan Kota Langsa atau menaiki Sepeda Air dan ATV bersama orang dewasa.

3. Rumah Adat Aceh dan Rumah Pohon

Daya tarik selanjutnya dari kawasan wisata hits ini adalah Rumah Adat Aceh yang usianya sudah sangat tua namun masih sangat indah untuk dilihat. Disamping rumah adat tersebut juga ada Rumah Pohon yang keduanya bisa digunakan oleh wisatawan sebagai tempat berfoto.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Hutan Kota Langsa
Image Credit: Google Maps Zetra Iez Zaputra

Hutan Kota ini berlokasi di Kecamatan Langsa Baro, Paya Bujok Seuleumak, Kota Langsa, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam di Jl. Kolam Renang. Bagi anda yang ingin mencapai lokasi tersebut dari Tugu Simpang Commodore Langsa hanya akan memakan waktu selama 10 menit saja melewati jalan sepanjang 4 km.

Perjalanan bisa dimulai dari Jl. Lintas Sumatera (letak Tugu Simpang Commodore Langsa) menuju arah tenggara melewati Jl. Jenderal Ahmad Yani sampai menemukan pertigaan Jl. Manggis kemudian belok kanan. Terus ikuti Jl. Manggis sampai anda tiba di perempatan Gang Beurata lalu belok kiri.

Silahkan terus ikuti jalan tersebut sampai anda memasuki Gang Kurnia lalu terus lurus ke arah Lorong Camp dan menemukan pertigaan Jl. Cut Nyak Meutia atau Jl. Kebun Baru. Disini anda harus belok kanan dan terus di jalan tersebut sampai menemukan pintu masuk Hutan Kota Langsa yang berada di sebelah kanan jalan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Hutan Kota Langsa
Image Credit: Google Maps Gilang Mahardika

Untuk harga tiket masuk ke hutan cantik ini adalah sebesar Rp 2.000 per orang untuk hari biasa namun ketika libur besar tiba seperti libur Lebaran, Natal, dan Tahun Baru maka tiket masuknya naik menjadi Rp 10.000 per orang. Kemudian bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi juga wajib membayar retribusi parkir.

Harganya adalah sebesar Rp 2.000 per unit untuk sepeda motor dan Rp 5.000 per unit untuk mobil. Perlu diketahui juga bahwa Hutan Kota Langsa buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIB.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Hutan Kota Langsa

Aktivitas Menarik Hutan Kota Langsa
Image Credit: Google Maps Jalan Terus

1. Menjelajahi Hutan

Hutan merupakan sebuah kawasan yang cocok untuk dijelajahi karena di setiap sudutnya memiliki ciri khasnya masing-masing. Sama halnya dengan hutan menawan asal Langsa, Aceh ini dimana anda dapat menemukan banyak sekali tumbuhan maupun hewan yang hidup di dalamnya.

Dengan adanya tumbuhan dan hewan tersebut membuat wisatawan menjadi lebih bersemangat untuk menjelajahi kawasan hutan populer ini karena mereka penasaran apa yang akan dijumpai berikutnya. Kegiatan ini juga bisa sekaligus menjadi sebuah aktivitas olahraga karena dilakukan dengan berjalan kaki.

2. Bermain Wahana Permainan

Sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa Hutan Kota Langsa memiliki sejumlah wahana permainan seru yang menjadi daya tariknya, sebut saja seperti Flying Fox, Sepeda Gantung, ATV, Sepeda Air, dan Scooter. Namun, karena beberapa wahana memiliki kategori ekstrim maka sangat disarankan untuk memakan perlengkapan keamanan sebaik mungking.

Ikuti arahan petugas dengan baik dan benar agar anda tetap bisa menikmati serunya setiap wahana permainan tersebut. Keseruan akan lebih terasa jika anda mencoba wahana-wahana tersebut bersama orang terdekat.

3. Melihat Rumah Adat Aceh dan Rumah Pohon

Selain wahana permainan, di Hutan Kota Langsa juga memiliki daya tarik lainnya yaitu Rumah Adat Aceh dan Rumah Pohon. Kedua fasilitas ini berada cukup dekat sehingga wisatawan bisa mengunjungi keduanya sekaligus dalam waktu bersamaan.

Baik Rumah Adat Aceh maupun Rumah Pohon keduanya dibuat menggunakan bahan sederhana namun dirawat sebaik mungkin agar tetap enak dilihat. Anda bisa melihat-lihat kedua fasilitas ini bersama orang terdekat, namun biasanya kawasan tersebut selalu ramai akan wisatawan.

Aktivitas Menarik di Hutan Kota Langsa
Image Credit: Google Maps Aldi james

4. Swafoto

Selain menjadi tempat wisata alam Hutan Kota Langsa juga merupakan sebuah lokasi wisata yang memiliki sejumlah spot foto unik dan menarik. Maka dari itu sangat disarankan untuk wisatawan berfoto sebanyak mungkin selama masih berada di dalam destinasi wisata menawan ini.

5. Melepaskan Beban Pikiran

Beralih ke kegiatan menarik terakhir yaitu melepaskan beban pikiran. Alam memang merupakan tempat yang sangat cocok jika digunakan untuk bersantai dan menenangkan pikiran, maka dari itu silahkan lakukan kegiatan tersebut di hutan hits ini agar hati dan pikiran anda bisa menjadi lebih baik.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Hutan Kota Langsa
Image Credit: Google Maps Zetra Iez Zaputra

Karena hutan asal Kota Langsa ini merupakan sebuah kawasan wisata yang terkenal membuatnya memiliki beberapa fasilitas pendukung yang cukup memadai. Di bagian luar ada area parkir kendaraan yang cukup luas bagi wisatawan serta di sampingnya terdapat bak tempat sampah.

Beralih ke bagian dalam Hutan Kota Langsa terdapat toilet umum yang dibedakan menjadi pria dan wanita. Ada beberapa pondok yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk duduk menikmati waktu liburan mereka, kemudian dekat dengan pondok-pondok tersebut anda akan menemukan beberapa warung makan.

Masih di dalam kawasan wisata alam ini anda akan menemukan sebuah bangunan Mushola yang dapat digunakan oleh wisatawan beragama Islam untuk menunaikan ibadah sholat. Dengan adanya semua fasilitas tersebut membuat kita sebagai pengunjung jelas akan merasa sangat nyaman untuk berlama-lama saat liburan di destinasi wisata menawan ini.

Selama berlibur ke Hutan Kota Langsa harap sampah selalu dibuang pada tempatnya agar alam yang masih sangat terjaga ini tidak sampai tercemar. Memang ada petugas pembersih yang akan mengerjakan pekerjaan tersebut namun apa salahnya jika kita turut andil dalam menjaga dan melestarikan alam dimulai dari membuang sampah pada tempatnya.