Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Lancok, Kec. Syamtalira Bayu, Kab. Aceh Utara, Aceh; Map: Cek Lokasi

Pantai Lancok dilengkapi dengan ombak tenang dan pasir bersih di sepanjang destinasi. Hal itulah yang menjadi salah satu pemikat hati wisatawan untuk memilih pantai ini sebagai tujuan liburan. Air laut yang begitu indah sering dilintasi para nelayan dengan perahu.

Pesona dari Pantai cantik ini juga dapat diamati dari jembatan yang ada di tengah laut. Spot tersebut sengaja disediakan untuk tempat melihat air dari atas. Tidak jauh dari sana pun ada perahu yang berlabuh sejenak dan tentu menjadi pelengkap keindahan.

Pantai hits ini dari dahulu sudah banyak diketahui. Bahkan pengunjung lokal dan mancanegara pun tidak jarang yang pernah ke Pantai Lancok. Suasana yang masih memberikan pancaran alami memang selalu menarik.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Lancok

Daya Tarik Pantai Lancok
Image Credit: Google Maps Arif Sentana

1. Perahu Nelayan

Pantai Lancok sering dilewati perahu nelayan yang mengapung mencari ikan. Ombak yang pasang dan surut di laut mendukung perjalanan perahu ini. Pada siang atau sore perahu banyak berjejer di tepi laut dan nelayan menjual hasil tangkapan di pelelangan. Pengunjung bisa melihat perahu sambil membeli ikan atau kepiting yang dijual nelayan.

2. Tempat Bersantai

Pasir Pantai dilengkapi gazebo atau pondok yang dibuat dari bambu tradisional. Gazebo ini dekat pohon yang memberikan angin semilir. Traveller selalu menyempatkan diri bersantai di tempat itu sambil menghirup udara yang sejuk. Tak hanya itu gazebo juga memiliki tulisan Pantai yang menarik dipotret, sehingga tempat melepas penat menjadi daya tarik sendiri.

3. Air Laut Jernih

Pantai Lancok menawarkan laut yang tidak kalah jernih dengan pantai di daerah lain. Apalagi pada spot tengah laut terdapat jembatan yang berdiri kokoh. Wisatawan yang tidak ingin berenang atau menyewa perahu bisa berdiam diri di jembatan untuk melihat Pantai. Ombak dengan deburan yang tenang mampu memanjakan diri selama liburan akhir pekan disana.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Lancok
Image Credit: Twitter Astra Honda Care

Pantai cantik ini tepat berada di Desa Lancok, Syamtalira Bayu, Aceh. Pantai memang masih natural dengan kecantikan yang luar biasa dan membuat wisatawan semakin ingin pergi kesana. Kendaraan roda dua serta empat sudah berlalu lalang memadati rute jalan. Pelancong yang menuju ke lokasi Pantai pun mudah melihat papan petunjuk di rute jalan.

Waktu tempuh dari daerah Syamtalira Bayu sekitar 25 menit dengan jarak 8 kilo meter. Para tamu bisa berkendara sampai ke Jalan Cot Plieng sambil menikmati pesona alam. Belok menuju Jalan Lancok Meuraksa dengan melihat navigasi dari ponsel. Pengunjung akan menemukan titik lokasi dari pantai karena ada papan kayu yang bertuliskan nama Pantai.

Alamat dari wisata alam itu tidak sulit dijumpai oleh pelancong setempat dan luar daerah. Apalagi masuk ke area tersebut cukup mudah dengan aspal yang sudah lebar. Anda dapat memilih waktu kunjungan saat cuaca sedang bagus dan berkendara mulai pagi. Jangan lupa pula melihat petunjuk di setiap jalan supaya tidak tersasar ketika melipir ke destinasi bahari ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Lancok
Image Credit: Google Maps Marzuki Muhammad Nur

Pantai Lancok masih menjadi wisata favorit para tamu karena mempunyai tiket yang murah di kantong. Pada hari biasa harga dari tiket masuk diperkirakan Rp 5.000 untuk semua usia. Sedangkan hari sabtu dan minggu tiket masuk ke Pantai dibandrol Rp 10.000. Perbedaan harga dipengaruhi oleh hari libur karena wisatawan lebih ramai saat akhir pekan.

Pada kawasan tempat wisata ini menyediakan sewa alat pancing. Biasanya harga dari sewa pancing mulai Rp 5.000 sampai Rp 10.000. Makan di warung dalam Pantai hanya perlu merogoh budget mulai Rp 10.000 dengan pilihan makanan instan serta seafood. Duduk pada gazebo dekat pasir gratis dan bermain di dalam wisata tidak butuh biaya lagi.

Harga dari karcis parkir kendaraan mulai Rp 3.000 untuk sepeda motor hingga Rp 5.000 saja untuk mobil. Biaya liburan ke kawasan pantai memang tergolong ramah di kantong. Pada kawasan pun ada sewa perahu mulai Rp 20.000 untuk menyusuri laut. Maka dari itu nikmati liburan ke Pantai bersama kerabat dekat dengan biaya berkunjung yang termasuk aman di dompet.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Lancok

Aktivitas Menarik Pantai Lancok
Image Credit: Instagram Share Keindahan Alam Semesta

1. Memancing

Pantai Lancok memang sering dilewati perahu karena laut menyimpan biota seperti ikan. Traveller yang tidak ingin bermain air secara langsung dapat memancing pada batu cadas atau duduk di jembatan. Disana ada sewa alat pancing jika tidak membawa dari rumah. Jadi memancing pada perairan pantai membuat kegiatan yang begitu seru.

2. Menyewa Perahu

Perahu yang sudah disediakan pada pesisir Pantai menarik disewa oleh rombongan kerabat. Menyewa sebagian perahu untuk melihat kebersihan air laut di setiap sudut sangat menyenangkan dicoba. Apalagi sewa perahu tidak begitu mahal dengan petugas yang menemani perjalanan. Traveller bisa sewa perahu ketika cuaca sedang bagus.

3. Berenang

Pantai Lancok sudah populer dengan air laut yang mempesona. Warna gradasi yang muncul pada laut itu membuat Pantai memikat hati untuk disentuh secara langsung. Bagi yang suka berenang pasti merasa betah selama menginjakkan kaki pada laut biru. Jika Anda tidak begitu mahir bermain air maka sewa pelampung atau bawa sendiri sebelum liburan.

Aktivitas Menarik di Pantai Lancok
Image Credit: Google Maps andika munawir

4. Berjemur

Pasir putih pada Pantai Lancok tidak pernah berhenti digunakan berjemur. Suasana pagi hari yang cerah semakin membuat pengunjung nyaman saat berjemur. Pasir dari Pantai menjadi alas yang paling lembut selama menikmati pancaran sinar matahari. Tetapi jika ingin lebih nyaman maka bawa tikar sendiri.

5. Menjepret Foto

Laut dengan gradasi biru memberikan background yang menarik perhatian. Foto yang diambil dari spot Pantai memang selalu memanjakan mata. Setiap orang yang suka hunting pasti menyiapkan aksesoris seperti kacamata dan topi. Anda bisa menentukan spot mana saja yang bagus untuk memotret foto selama menginjakkan kaki pada Pantai Lancok.

6. Makan Seafood

Pantai cantik ini dikenal menjual aneka seafood yang beraneka macam. Kepiting menjadi olahan yang cukup terkenal di kawasan Pantai. Namun tidak perlu khawatir bagi yang tidak suka kepiting maka bisa pesan ikan, udang, atau cumi. Pilih sajian sesuka hati untuk dinikmati di gazebo bersama teman atau kerabat lain.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Lancok
Image Credit: Google Maps Irawan Dedy

Fasilitas dari Pantai Lancok mampu menunjang segala kegiatan wisatawan yang menghabiskan waktu disana. Karcis masuk telah dijual pada loket yang tampak di dekat gapura wisata. Setelah beranjak dari sana ada lahan parkir yang sengaja disediakan. Jika membawa bus pun masih tetap bisa parkir karena tempat yang tergolong luas.

Menikmati makanan di sekitar pantai pun bisa dilakukan oleh traveller. Sajian makanan yang dijual biasanya seafood, mie, serta minuman kelapa muda. Pelancong yang berkuliner bisa langsung duduk dan berkumpul di gazebo Pantai. Tempat memancing serta camping ground sudah tidak sulit dicari karena pengelola telah menyiapkan fasilitas tersebut.

Pantai ini juga menyiapkan fasilitas kamar mandi pada lahan itu. Sewa alat pancing serta perahu telah disediakan oleh pengelola untuk menunjang aktivitas Anda. Fasilitas lain seperti tempat ibadah belum ada di area Pantai, namun tenang saja Anda masih bisa menumpang ibadah di warung.

Nah, itulah review singkat Pantai Lancok yang menjadi wisata andalan di Aceh. Kegiatan seru mudah dilakukan saat menyempatkan diri ke destinasi. Apalagi laut yang biru dilengkapi hamparan dari pasir yang terlihat putih bersih. Wisatawan boleh melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air laut bersama keluarga dan potret foto selama liburan.