Biaya Wisata: MulaiRp 600.000, Jam Operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Kab. Simeulue, Aceh; Map: Cek Lokasi

Pulau Simeulue merupakan salah satu pulau yang berada di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Menjadi pulau dengan banyak destinasi wisata tersembunyi, membuat pulau ini tidak begitu kenal di wilayah Indonesia. Keindahan pulaunya justru jauh lebih terkenal di area luar Indonesia, tepatnya sudah seperti go international.

Simeulue dikenal sebagai pulau dengan banyak wisata-wisata menarik, serta suguhan pemandangan yang menakjubkan. Hampir seluruh perairan di Simeulue memiilki ombak yang cocok jika dijadikan sebagai spot berselancar. Tentu ini akan menjadi surganya para pecinta olahraga menantang, sejenis selancar.

Seolah tidak puas dengan hal itu, keindahan kehidupan laut perairan di sekitar pulau ini juga sangat cantik dan menawan. Berbagai jenis ikan laut, ubur-ubur, udang, hingga terumbu karang dapat wisatawan temukan dengan mudah di pulau Aceh ini. Kegiatan lain yang tidak kalah menarik selain berselancar, yakni snorkling di sekitar Simeulue.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Simeulue

Daya Tarik Pulau Simeulue
Image Credit: Google Maps (Ogie Adhelin)

Pulau ini dikenal sebagai pulau di wilayah Aceh yang banyak menyimpan wisata indah nan cantik, namun tersembunyi. Letaknya yang berada jauh dari pusat perkotaan, membuatnya tidak begitu dikenal oleh masyarakat luar Aceh.

1. Surga yang Tersembunyi

Simeulue memang menyimpan banyak keindahan yang tersembunyi. Pantai dengan perairan yang jernih dan bening, serta ombak yang menawan sangat mudah ditentukan di pulau satu ini. Wisata pulau ini cocok bagi wisatawan yang menyukai olahraga surfing atau selancar dan snorkling. Fasilitas yang tersedia pun juga memadai.

Saat Anda berkesempatan mengujungi Aceh, jangan lupa singgah atau sekadar mampir di wisata Simeulue. Banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di pulau satu ini. Menikmati keindahan pantai, serta dengan semilir angin sepoi-sepoi yang menerpa akan menciptakan suasana nyaman. Pemandangan ini akan jarang Anda temukan di kota.

2. Candunya Ombak Perairan Sekitar

Ombak di hamparan perairan Pulau Simeulue sudah lama dikenal memiliki ombak yang cocok dijadikan sebagai spot berselancar atau surfing. Menurut beberapa sumber, ombak perairan Simeulue bisa mencapai 5 meter tingginya di beberapa titik. Jika cuaca memungkinkan bahkan tinggi ombak bisa melebihi perkiraan.

Tidak heran jika Siemulue dijadikan sebagai tempat event surfing international tiap sekali dalam kurun waktu dua tahun. Pada acara ini para pesaing berusaha menaklukkan ombak perairan pulau satu ini yang terkenal ganas. Maka jangan heran banyak sekali wisatawan asing yang notabenenya pecinta surfing dari seluruh penjuru dunia.

3. Menikmati View Pulau yang Cantik

Meski ombaknya sudah terkenal hingga kancah Internasional, keberadaan Simeulue tetap belum terlalu dikenal jika di negara sendiri. Tidak heran jika kondisi, suasana, dan view masih sangat bersih dan terawat. Banyak juga pepohonan menjulang tinggi di sekitar area Simeulue. Hal ini menjadikan pemandangan di area Simeulue masih hijau dan asri.

Suasana semacam ini sangat cocok bagi pengunjung yang datang jauh-jauh dari kota untuk menghilangkan penat. Suasana pulau yang sedemikian, akan membuat Anda merasa lebih baik dan rileks. Sudah dipastikan pengunjung akan merasa betah dan nyaman selama berlibur ke Simeulue.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Simeulue

Alamat Pulau Simeulue
Image Credit: Google Maps (RAHMAT FADHLI)

Sesuai dengan namanya, Pulau Simeulue berada di Kabupaten Simeulue, dan terletak di wilayah barat daya Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Untuk bisa mencapai kawasan Simeulue, ada berbagai rute yang bisa dilewati wisatawan. Kendaraan yang digunakan pun bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan udara, berupa pesawat.

Letaknya yang berada jauh dari pusat kota, membuat waktu perjalanan yang diperlukan bisa mencapai hingga 4 jam perjalanan. Waktu tempuh tersebut bergantung pada kendaraan apa yang Anda gunakan, serta rute mana yang Anda lewati. Bagi Anda yang lebih menyukai jalur darat, ada angkutan umum yang bisa Anda gunakan.

Namun, perlu diketahui jika perjalanan dengan menaiki kendaraan atau angkutan umum memakan waktu yang lebih lama karena rute perjalanan yang sangat panjang. Kebanyakan wisatawan memilih rute keberangkatan dari wilayah Kota Medan. Waktu yang ditempuh juga cukup lama, tapi dinilai relatif lebih singkat dan lebih cepat.

Jika Anda memiliki budget lebih sebaiknya pilihlah jalur udara, alias dengan menaiki pesawat untuk berlibur ke wisata Simeulue dengan tujuan transit di Bandara Kuala Namu Medan. Setelahnya, Anda bisa memilih penerbangan ke Simeulue langsung. Namun, hanya ada satu maskapai yang melayani tujuan Simeulue, di pukul 12.20 waktu setempat.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Simeulue

Biaya Wisata ke Pulau Simeulue
Image Credit: Google Maps (Dedi Dedi)

Sedikit bocoran informasi, wisatawan yang ingin berkunjung dan berlibur ke Pulau Simeulue, tidak perlu membayar tiket masuk, dengan kata lain gratis. Namun, walau tidak ada biaya masuk, wisatawan akan dibebani biaya transportasi dari tempat keberangkatan sampai dengan sampai di kawasan Simeulue.

Biaya yang Anda bisa dibilang cukup banyak. Bagi Anda yang menaiki pesawat, Anda perlu merogoh kocek Rp 900.000,00 hingga Rp 1.000.000,00 dengan tujuan Medan. Ditambah dengan penerbangan selanjutnya menuju Simeulue sebesar Rp 600.000,00 sampai dengan Rp 1.000.000,00. Dan itu hanya biaya transportasi saja, belum lainnya.

Untuk itu, jika Anda ingin berlibur ke kawasan satu ini, perlu budget yang tidak sedikit. Paling tidak satu orang perlu membawa paling tidak Rp 10.000.000,00 per orang. Rencanakan terlebih dahulu liburan Anda dengan membuat perincian list mengenai biaya-biaya lainnya, selain biaya transportasi. Hal tersebut dapat membantu Anda nantinya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Simeulue

Kegiatan Dilakukan di Pulau Simeulue
Image Credit: Twitter.com @jhonimages

1. Memacu Adrenalin Melalui Surfing

Perairan di Simeulue dijadikan sebagai tempat salah satu event Internasional setiap satu kali dalam dua tahun. Ombak yang bisa mencapai ketinggian hingga 5 meter ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing. Bagi Anda yang menyukai surfing, Anda patut mencoba ombak Simeulue sebagai spot surfing. Pasti Anda akan merasa tertantang.

2. Bermain Snorkling

Tidak puas hanya dengan ombak, Pulau Simeulue juga dikenal dengan pulau yang mempunyai perairan yang jernih dan bening. Wisatawan yang sangat menyukai snorkling, tentu bisa juga melakukannya di sini. Anda bisa menyewa peralatan snorkling yang sudah disediakan pengelola Simeulue yang tersedia di area pinggir pantai.

3. Berenang

Meski dikenal memiliki ombak yang ganas, namun ada beberapa spot di perairan Simeulue yang aman dijadikan sebagai tempat berenang. Wisatawan akan dibuat merasakan sensasi berenang dengan hewan-hewan laut, seperti ikan kecil yang biasa muncul di permukaan. Tentu ini akan menjadi kegiatan yang mengasyikkan.

Kegiatandi Pulau Simeulue
Image Credit: Google Maps (Julianda Wong)

4. Berjemur dan Berolahraga Santai

Berlibur tentu juga harus tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Untuk itu saat Anda berkunjung ke pulau eksotis ini, Anda bisa berjemur di pinggiran pantai. Olahraga lainnya, yakni dengan jogging santai atau bersepeda di pagi hari dengan mengitari kawasan sekitar. Sinar matahari pagi akan memberi banyak manfaat bagi Anda.

5. Menikmati Sunset

Setelah menikmati keindahan view Simeulue di pagi dan siang hari, jangan lupa untuk menikmati keindahan pulau ini di waktu sore. Wisatawan dapat menikmatinya dengan menunggu sunset saat senja. Sunset pulau ini pasti akan sangat indah. Anda bisa menjadikannya sebagai spot foto yang cantik. Jangan lupa upload foto di sosial media.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pulau

PenginapanTerdekat Lokasi Pulau
Image Credit: Tripadvisor.com

1. Kita Surf Resort

Penginapan Kita Surf terletak di kawasan Kahat. Memberi fasilitas snorkling dan akses ke pantai langsung, menjadikan resort satu ini disukai banyak wisatawan. Beberapa ulasan juga menyebutkan, view Simeulue jika dilihat dari Kita Surf sangat menawan dan menakjubkan. Menginap di sini, tentu akan membuat Anda betah dan nyaman.

2. Simeulue Surf House

Penginapan selanjutnya yang berada area Pulau Simeulue adalah Simeulue Surf House. Kawasan penginapan ini berada di kawasan yang cukup strategis. Fasilitas room service juga akan memanjakan wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Terdapat lahan parkir yang luas dan sangat cocok untuk wisatawan yang membawa serta anak-anak mereka.

3. Simeulue Surf Camp

Sesuai dengan penamaannya, penginapan ini mengangkat tema camping di alam. Bentuk kamar yang unik dengan pemberian dua ranjang dalam satu kamar, membuat penginapan ini cocok dijadikan sebagai tempat menginap liburan keluarga Anda. Fasilitas dapur juga disediakan langsung di dalam kamar. Penginapan ini cocok jika dijadikan referensi.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Simeulue Aceh

Fasilitas di Pulau Simeulue Aceh
Image Credit: Facebook.com @galeri.teupah

Berbagai fasilitas sudah disediakan sedemikian rupa oleh pengelola Pulau Simeulue. Mulai dari persewaan kendaraan umum untuk menuju pulau, serta persewaan berbagai wahana air, seperti surfing dan snorkling. Fasilitas yang disediakan sudah cukup memadai, dan bisa dinikmati oleh semua wisatawan yang berkunjung ke Simeulue.

Fasilitas pendukung lainnya, seperti lahan parkir, tempat ibadah, dan warung makan juga banyak tersedia di hampir seluruh area pulau Aceh satu ini. Terdapat pula toilet yang biasa dipakai wisatawan saat berkunjung ke area pantainya. Berbagai penginapan pun juga tersedia di sekitaran area pulau.

Itu tadi beberapa informasi mengenai Pulau Simeulue yang bisa Anda pelajari. Sebagai catatan, sediakan budget lebih untuk berlibur ke wisata satu ini. Jangan lupa juga untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.