10 Wisata Pantai di Banten Paling Hits Dikunjungi

Wisata Pantai Banten

Apa Saja Tempat Menarik di Banten? Periksa Daftar Wisata Pantai Terindah di Banten. Objek Wisata Bahari Nan Memesona, Populer dan Paling Hits untuk Anda Eksplor Saat Liburan Tiba.

Banten menyimpan banyak wisata indah yang tepat dijadikan destinasi berlibur untuk menghilangkan penat. Letaknya yang berada di bagian barat pulau Jawa membuat Banten kaya akan objek wisata pantai yang sayang jika dilewatkan.

Uniknya setiap pantai di Banten mempunyai karakteristik ombak yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena Banten berbatasan langsung dengan tiga perairan yang berbeda. Bagian selatan Banten berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia yang mana ombaknya cukup besar. Lalu bagian utara yaitu laut Jawa yang ombaknya lumayan tenang dan bagian barat merupakan perairan selat sunda dengan keindahan gunung Krakatau.

Berkunjung ke pantai di provinsi Banten merupakan pilihan yang tepat khususnya bagi warga kota yang ingin melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Berdekatan dengan kota-kota besar membuat setiap pantai di Banten tak pernah sepi pengunjung, apalagi saat musim liburan tiba. Ada banyak pantai yang menawan di Banten dimana setiap pantai memiliki ciri khas tersendiri.

1. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung

Image Credit: Twitter.com @zakyanakmuda

Pantai ini merupakan destinasi yang cukup populer baru-baru ini. Meskipun letaknya cukup tersembunyi nyatanya pantai ini memiliki banyak keindahan yang memuaskan. Pantai ini bisa dikategorikan dalam pantai yang bersih dibanding lainnya karena pantai ini dikelola oleh Jababeka. Eksotisme Tanjung Lesung tak hanya dari pantai dan pasir putihnya namun juga eloknya tebing curam yang mengelilingi pantai.

Menariknya pantai yang terletak di Tanjung Jaya kecamatan Panimbang ini memiliki fasilitas mumpuni dan eksotis. Mengunjungi pantai ini tak lengkap rasanya jika tidak menikmati keindahan bawah lautnya. Berbagai aktivitas seperti diving, snorkeling bahkan adapula fasilitas watersport yang cukup menantang adrenalin. Tidak hanya itu, di tempat ini juga bisa dijadikan objek berkemah yang cukup aman.

Lokasi: Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang.

2. Pantai Ciputih

Pantai Ciputih

Image Credit: Facebook.com @tempatwisatabanten

Sesuai namanya, pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih. Putihnya pasir dan birunya air laut menampilkan gradasi warna yang menawan. Pantai ini mengandung banyak keindahan yang sangat pas dijadikan sebagai destinasi liburan.

Pantai ini terletak di Taman Nasional Ujung Kulon kecamatan Kertamukti. Menuju Pantai Ciputih memang perlu sedikit perjuangan, karena aksesnya cukup ekstrim. Namun perjuangan tersebut akan terbayarkan ketika sampai di tempat ini karena keindahannya yang memukau mata. Tidak hanya itu, masuk pantai ini tidak dikenakan biaya alias gratis dan bisa dikunjungi kapan saja karena buka 24 jam.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Tangerang yang Enak & Wajib Anda Coba

Lokasi: Ujung Kulon National Park, Kertamukti, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang.

3. Pantai Sambolo

Pantai Sambolo

Image Credit: Twitter.com @jalanwisata_id

Pantai yang tak kalah memukau lainnya yaitu pantai Sambolo. Keunikan yang dimiliki pantai ini yaitu bentuknya yang landai tidak seperti pesisir pantai lainnya. Selain itu, pasir pantai ini sangat bersih serta bebas dari kerang laut yang sering membuat kaki perih.

Pantai ini menjadi pilihan wisatawan yang ingin menikmati deburan ombak dan panorama pantai eksotis. Pengunjung silih berganti datang ke tempat ini karena selain keindahan pantai yang apik akses yang mudah ditempuh juga menjadi salah satu alasannya. Pantai terletak di Bandulu kabupaten Serang ini menjadi favorit para wisatawan khususnya yang dari ibukota karena jarak tempuhnya cukup dekat.

Lokasi: Jl. Raya Anyer, Kec. Bandulu, Kab. Serang.

4. Pantai Bagedur

Pantai Bagedur

Image Credit: Pantainesia.com

Bagedur merupakan pantai yang berada di Malingping, Lebak. Pantai ini memiliki pesona alam yang menawan. Pasir putih yang membentang sepanjang pesisir pantai sangat tepat untuk bersantai di bibir pantai. Bentangan pasir putih pantai Bagedur mencapai 15km membuat pantai ini memiliki pemandangan pantai yang luar biasa. Cukup membayar Rp 2.000 pengunjung bisa menikmati pesona Pantai Bagedur.

Terdapat bebatuan karang yang ditumbuhi pepohonan hijau di beberapa titik bibir pantai. Pantai Bagedur masih sangat asri karena tidak banyak dijamah manusia. Selain itu, air jernih serta deburan ombak yang cukup tenang membuat tempat ini tepat sebagai ajang menenangkan pikiran. Maka tak salah jika tempat ini menjadi tujuan utama bagi pemburu foto.

Lokasi: Sukamanah, Kec. Malingping, Kab. Lebak.

5. Pantai Carita

Pantai Carita

Image Credit: Ksmtour.com

Bagi penikmat pantai, nama Pantai Carita mungkin sudah tidak asing lagi. Pantai yang terletak di Sukarame kabupaten Pandeglang sudah terkenal bahkan hingga ke luar negeri. Uniknya dari pantai ini yaitu bisa melihat Gunung Krakatau cukup jelas dari bibir pantai yang mana jarang ditemukan di tempat lain.

Pantai berpasir putih ini menjadi destinasi populer bagi para wisatawan bahkan pelancong mancanegara. Selain air lautnya yang bersih, di sini terdapat banyak fasilitas untuk menunjang aktivitas liburan seperti banana boat, snorkeling bahkan hingga diving. Pengelola telah menyediakan beberapa alat dan perlengkapan aktivitas tersebut di sekitar pantai.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Serang yang Enak & Wajib Anda Coba

Bagi wisatawan yang belum puas menikmati keindahan Pantai Carita bisa menginap di penginapan sekitar pantai. Akses menuju pantai cukup mudah serta terdapat banyak jalan alternatif untuk menuju kesana. Harga tiket masuk ke Pantai Carita yaitu antara Rp 20.000-600.000 per orang. Memang cukup mahal untuk ukuran destinasi alam, namun semua itu akan terbayarkan dengan pesona menawan Pantai Carita.

Lokasi: Sukarame, Kec. Carita, Kab. Pandeglang.

6. Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar

Image Credit: Instagram.com @hdyuda

Pantai unik ini berada di Bayah kabupaten Banten. Daya tarik Tanjung Layar yaitu terdapat dua buah bongkahan batu yang letaknya tidak jauh dari bibir pantai. Air jernih dan pasir yang bersih menjadi perpaduan yang pas dengan kedua bongkahan karang tersebut. Pemandangan itulah yang menjadi spot favorit wisatawan untuk mengabadikan momen tersebut.

Pesona Tanjung Layar lainnya yaitu ketika matahari terbenam. Siluet jingga dan bongkahan karang akan menjadi pemandangan indah sore hari. Bagi pecinta senja momen ini tentunya enggan untuk dilewatkan. Untuk menikmati itu semua, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja.

Lokasi: Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

7. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Image Credit: Twitter.com @yihagames

Seperti namanya, pantai ini memiliki karang bolong akibat terkikis ombak. Pantai yang berada di Cinangka, kabupaten Serang ini merupakan pantai unik yang menjadikannya sebagai destinasi favorit para wisatawan yang berkunjung ke Banten. Tidak hanya karang bolongnya saja, pantai ini juga memiliki pemandangan yang tak kalah memukau dengan pantai di Banten lainnya.

Karang bolong yang terdapat pada tebing pantai ini akan semakin indah ketika matahari terbenam, karena cahaya jingga akan menerobos di bagian karang yang berlubang tersebut dan memantul ke perairan. Pantai ini juga menawarkan pemandangan yang mempesona disertai hembusan angin sepoi-sepoi.

Lokasi: Karang Suraga, Kec. Cinangka, Kab. Serang.

8. Pantai Putih Florida

Pantai Putih Florida

Image Credit: Google Maps (Zatna S)

Dinamakan demikian karena pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas layaknya pantai di Florida. Bentangan pasir putih di pantai ini merupakan bentangan yang terpanjang dan terluas di antara pantai lainnya. Oleh karena itu, tempat ini menjadi pilihan tepat bagi pemburu sunset.

Pantai Putih Florida berada di Cinangka, kabupaten Serang dengan biaya tiket masuk sebesar Rp 50.000. Untuk memanjakan wisatawan, pengelola menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pantai, diantaranya yaitu kamar kamar mandi, gazebo, banana boat hingga perahu. Agar durasi lebih lama ada baiknya datang ketika pagi karena sepi, pemandangan juga masih dinikmati dengan leluasa.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Tangerang Paling Populer

Lokasi: Jl. Raya Karang Bolong, Sindanglaya, Kec. Cinangka, Kab. Serang.

9. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna

Image Credit: Google Maps (Rull Husain)

Sebagai salah satu pantai yang populer, Pantai Sawarna tak pernah sepi pengunjung apalagi jika musim liburan atau akhir pekan tiba. Letaknya yang tidak jauh dari ibukota membuat tempat ini menjadi tujuan liburan singkat bagi penduduk Jakarta.

Pantai yang terletak di Sawarna kecamatan Bayah ini sangat pas untuk menikmati proses matahari terbenam. Selain cocok untuk menikmati sunset, pemandangan di Sawarna juga tak kalah indah. Air yang jernih, pasir putih serta pohon kelapa di bibir pantai menjadi ciri khas pantai ini. Panoramanya yang tak kalah dengan pantai di Lombok menjadikan pantai ini sebagai primadona.

Lokasi: Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

10. Pantai Anyer

Pantai Anyer

Image Credit: Ksmtour.com

Destinasi pantai yang terakhir yaitu Pantai Anyer. Sebagai salah satu pantai paling populer di Banten membuat pengelola menyediakan fasilitas yang dapat membantu kebutuhan para wisatawan. Beberapa wahana bermain air seperti diving, snorkelling, banana boat hingga jet ski tersedia di sini. Selain itu juga terdapat resort atau penginapan yang beragam di sekitar pantai dengan pemandangan laut lepas.

Pantai yang terdapat Anyer, Sindanglaya ini memiliki panorama pantai yang cantik dan eksotis. Bebatuan karang, pasir yang lembut serta udara yang asih sejuk dapat memberikan energi positif bagi jiwa. Tak kalah dengan pantai lainnya, pantai ini juga menawarkan view sunset yang ciamik dengan pohon-pohon kelapa di bibir pantai. Untuk memasuki kawasan pantai ini dikenakan tarif sebesar Rp 5000 per kepala.

Puas bermain air atau berjalan di bibir pantai, wisatawan bisa mengisi perut di tempat makan yang terdapat di sekitar pantai atau di penginapan. Berbagai olahan seafood dijajakan penjual dengan rasa yang tak perlu diragukan lagi. Menikmati deburan ombak dan pemandangan laut lepas akan menjadi iringan cantik sambil menyantap olahan di pantai Anyer ini.

Lokasi: Jl. Raya Anyer, Kec. Anyer, Kab. Serang.

Itulah daftar rekomendasi wisata pantai di Banten yang hits dan populer. Pantai-pantai tersebut bisa dimasukkan daftar liburan berikutnya baik untuk menghabiskan waktu ketika liburan panjang atau kunjungan singkat ketika weekend.