Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Gampong Jawa, Kec. Langsa Kota, Kota Langsa, Aceh; Map: Cek Lokasi

Taman Bambu Runcing menjadi kawasan favorit untuk masyarakat yang tinggal di sekitaran Kota Langsa. Ini merupakan kawasan wisata yang berupa ruang terbuka hijau dan sekarang ini seolah dijadikan sebagai ikon dari Kota Langsa. Apalagi, taman ini merupakan simbol perjuangan rakyat dalam melawan penjajahan Belanda.

Sekarang ini, taman tersebut menjadi tempat wisata andalan bagi kalangan muda untuk santai pada sore hari serta menyaksikan pesona di tengah perkotaan yang padat. Taman ini didirikan oleh pemerintah pada 17 Agustus 1948 demi mengenang perjuangan masyarakat Aceh saat mengusir kolonialisme Belanda.

Bagi Anda yang bosan atau penat dengan aktivitas sehari-hari, maka berkunjung ke Taman Bambu Runcing bisa meminimalisir hal itu. Taman ini sangat cocok dikunjungi bersama anggota keluarga ataupun teman-teman. Untuk Anda yang penasaran dengan pesona yang terdapat pada taman tersebut, maka perhatikan informasi di bawah.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Bambu Runcing

Daya Tarik Taman Bambu Runcing
Image Credit: Google Maps Arbie Samudra

1. Ikon Kota Langsa yang Bersejarah

Di Taman Bambu Runcing ada tugu bentuk bambu runcing yang mempunyai cerita bersejarah. Nah, tugu ini sekarang merupakan ikon ataupun ciri khas dari Kota Langsa. Pasalnya, bambu runcing adalah senjata yang di zaman penjajahan dimanfaatkan guna mengusir penjajah dari Belanda.

Selain difungsikan menjadi taman terbuka hijau, tempat ini juga dijadikan sebagai lokasi wisata yang sangat recommended untuk didatangi. Adanya tugu bersejarah ini dijadikan daya tarik bagi banyak orang. Sehingga, selain untuk wisata sejarah, wisatawan pun dapat sekaligus healing di sana.

2. Mempunyai Asal-Usul Nama yang Menarik

Taman yang diberi nama Bambu Runcing ini, dikarenakan terdapat tugu dengan bentuk bambu yang runcing di dalamnya. Usia dari taman tersebut terbilang cukup tua, tetapi kelestariannya tetap terjaga sebab termasuk objek wisata yang memperoleh perhatian dari pemerintah setempat.

Pemerintah setempat mendirikan taman ini sejak 1948. Pembangunan dari taman ini bertujuan supaya perjuangan rakyat Aceh saat melawan rakyat kolonial Belanda pada zaman dahulu senantiasa terkenang sampai zaman modern sekarang ini.

3. Tiap Bagian Bangunannya Mempunyai Makna Tersendiri

Tugu bersejarah yang dibangun megah di kawasan taman yang dicat warna kuning serta pada bagian ujungnya memiliki warna merah putih yang dijadikan lambang bendera negara Indonesia. Lalu, ada dinding yang berukuran besar berwarna merah kecokelatan yang ada di salah satu sisi taman tersebut.

Dinding itu menjadi relief sebagai suatu gambaran perjuangan rakyat Indonesia saat meraih kemerdekaan. Lalu, ada lambang pancasila yang terlihat jelas pada dinding warna merah kecokelatan itu. Selain itu, ada pula plakat dengan tulisan tahun pendirian taman yang letaknya tak jauh dengan tugu.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Taman Bambu Runcing

Alamat Taman Bambu Runcing
Image Credit: Google Maps Zetra Iez Zaputra

Taman Bambu Runcing terletak tepat di pusat perkotaan Langsa, Aceh. Tempatnya strategis sekali yaitu di Jalan Jenderal Ahmad Yani. Anda yang hendak datang dapat memakai kendaraan pribadi, baik roda empat atau roda dua ataupun kendaraan umum.

Bila transportasi yang dipakai untuk menuju ke sana merupakan kendaraan pribadi, maka dapat memulai perjalanan dari pusat perkotaan dengan melalui Jalan Ahmad Yani. Taman ini tepat ada di pinggiran jalan raya. Wisatawan dapat memarkirkan kendaraan dengan belok ke kanan di jalan yang ada diantara lapangan merdeka dengan taman itu.

Sementara itu, bila wisatawan akan membawa kendaraan umum untuk menuju ke taman ini dapat naik angkot ataupun sudako yang melalui Jalan Ahmad Yani. Ketika naik sudako, maka wisatawan dapat memberitahukan ke sopirnya supaya berhenti di area depan taman. Iko

Harga Tiket Masuk ke Taman Bambu Runcing

Harga Tiket Masuk Taman Bambu Runcing
Image Credit: Google Maps Zetra Iez Zaputra

Taman cantik ini dapat dikunjungi dengan gratis, sehingga wisatawan tak harus mengeluarkan dana sedikitpun untuk tiket masuknya. Hanya saja, wisatawan harus mengeluarkan dana guna tarif parkir kendaraan untuk roda empat atau roda dua bila memang bawa kendaraan pribadi.

Untuk parkir kendaraan roda dua yaitu 2 ribu rupiah, sedangkan untuk parkir kendaraan roda empat yaitu 5 ribu rupiah. Wisatawan yang bawa motor dapat memasukkan motornya sampai ke dalam area taman. Namun, untuk kendaraan roda empat dapat memarkirkan kendaraannya di area yang telah tersedia di sekitar kawasan Taman Bambu Runcing.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Taman Bambu Runcing

Kegiatan Menarik Taman Bambu Runcing
Image Credit: Google Maps yudipa ganteng

1. Berburu Foto

Wisatawan yang berdatangan dari luar kota biasanya mengabadikan momen-momen di Taman Bambu Runcing. Terdapat banyak objek yang dapat dipotret dengan kamera ataupun smartphone. Tugu Bambu Runcing juga menjadi salah satu spot yang tak pernah terlewat untuk diabadikan wisatawan.

Di sekitar tugu yang terdapat di taman ini ditumbuhi dengan bunga-bunga dengan warna-warni, pohon-pohon hijau, sampai dinding relief yang bersejarah. Sejumlah objek itu dapat menjadi background foto yang menarik. Bila Anda ingin mengeksplor objek yang lain, di sekitar tugu pun terdapat spot foto lain.

2. Duduk-Duduk Sembari Menikmati Suasana Taman

Pada sore hari, banyak orang setempat yang duduk santai di kawasan taman. Wisatawan pun dapat ikut santai di taman itu dengan mengajak orang terdekat sembari ngobrol menikmati pemadangan taman yang indah.

3. Wisata Sejarah

Tak hanya berguna sebagai taman, kawasan Taman Bambu Runcing juga berguna sebagai lokasi wisata yang memiliki cerita sejarah. Ada bukti peninggalan sejarah yang ada di dalam tempat itu berupa tugu. Adanya tugu ini bisa dijadikan sebagai wisata sejarah untuk menambah pengetahuan Anda.

Kegiatan Menarik di Taman Bambu Runcing
Image Credit: Google Maps ibnu Hajar

4. Mengelilingi Area Taman

Wisatawan yang gemar jalan-jalan dapat mengeksplor kawasan taman ini dengan jalan kaki. Pengelola taman pun telah menyediakan fasilitas yang berupa jalanan setapak yang sudah dipaving. Dengan begitu, wisatawan dapat memakai jalan itu untuk jalan-jalan dengan nyaman.

5. Wisata Kuliner

Anda yang senang jajan akan cocok sekali bila datang ke taman yang sangat sejuk ini. Hal itu karena di sana terdapat banyak jajanan lezat yang dapat dibeli pada pedagang kaki lima, seperti buah-buahan, sate, pizza mini, es krim, dan lain sebagainya. Anda yang ingin makanan berat, maka dapat coba ke café ataupun restoran.

Di sekitaran taman, wisatawan dapat menjumpai restoran atau café yang harganya variatif. Usai puas beraktivitas di sana, Anda sebaiknya jajan beragam cemilan di sana.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Bambu Runcing

Fasilitas Taman Bambu Runcing
Image Credit: Google Maps ridhatul zuhra

Fasilitas di Taman Bambu Runcing ini cukuplah lengkap, karena telah tersedia tempat sampah, toilet umum, serta mushola guna tempat ibadah umat muslim. Di taman ini pun tersedia sangat banyak gazebo dan tempat duduk yang dapat dipakai wisatawan untuk santai dan menikmati keindahan di sana.

Untuk area parkir, wisatawan biasanya membawa kendaraannya masuk ke dalam kawasan taman. Bukan hanya itu saja, di sana pun disediakan fasilitas berupa wifi yang diberikan secara cuma-cuma oleh Kemkominfo. Fasilitas tersebut tentu saja membuat wisatawan semakin betah menikmati waktu berliburnya di taman.

Di sekitar taman, juga sangat banyak dijumpai pedagang yang menjual beragam jenis jajanan dan makanan. Jadi, wisatawan tidak perlu bingung, bila merasa kelaparan. Wisatawan dapat mencicipi jajanan seperti es krim, sate, pizza mini, dan juga buah-buahan. Selain itu, di sekitar taman pun dapat dijumpai restoran dan bahkan café.

Sekian informasi seputar Taman Bambu Runcing yang harus Anda kunjungi. Bila Anda datang pada siang hari, maka jangan lupa membawa payung atau topi. Pasalnya, matahari pada siang hari di tempat wisata tersebut cukup terik. Selain itu, wisatawan juga harus menjaga kelestarian taman dan tidak merusak fasilitas yang tersedia.