Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Raya H. Asbial Syafei, Kec. Matur, Kab. Agam, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Lawang Park terletak di Kabupaten Agam dan membentang pada lahan seluas kurang lebih 15 hektare. Destinasi artistik ini berada di atas ketinggian 1.250 mdpl sehingga menghadirkan hawa udara yang cenderung dingin dengan suhu sekitar 16 sampai 29 derajat celcius. Menampilkan lanskap Danau Maninjau secara utuh sehingga berhasil memikat wisatawan dari berbagai penjuru.

Siapa saja yang berkunjung ke sini akan dibuat berdecak kagum mengingat panoramanya begitu memesona. Selain itu, ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan, misalnya menikmati wahana paralayang kelas dunia. Belum lagi, jika membahas kelengkapan fasilitasnya, dijamin sanggup membuat pengunjung merasa enggan pulang.

Anda akan menemukan mushala, auditorium dengan daya tampung 150 orang, tempat karaoke, gazebo yang langsung menghadap ke danau, dan bahkan arena camping serta outbound. Tidak heran, pamor objek wisata satu ini sudah mendunia. Terlebih, akses jalan menuju ke Lawang Adventure Park cenderung mulus beraspal sehingga tidak akan menyulitkan para pelancong.

Daya Tarik yang Dimiliki Lawang Park

Daya Tarik Lawang Park
Image Credit: Google Maps Gibson Soni

1. Lanskap Danau Maninjau

Spot terpopuler dan favorit para pengunjung, terutama dengan pemandangan berkabut yang menyelimuti kawasan di sekitarnya. Anda juga bisa mengamati sunrise dan sunset secara maksimal jika berdiam di puncak bukit. Hanya saja, butuh melewati rute pendakian sebelum Anda benar-benar dapat menikmati semua keindahannya.

2. Rumah Berbentuk Unik

Di sisi lain, pihak pengelola Lawang Park menawarkan daya tarik tak kalah menggoda seperti rumah kayu yang berbentuk unik, di mana terlihat bagai rumah hobbit namun dengan suasana lebih modern. Mengadaptasi gaya desain Eropa, ada berbagai macam warna berbeda di setiap unitnya.

Belum lagi, bangunan ini didirikan di tengah area taman sehingga sukses menarik atensi publik. Pandangan akan langsung tertuju ke deretan rumah begitu mendekati taman, yang akhirnya sudah bisa ditebak, Anda pasti akan berburu foto.

3. Udara yang Sejuk Cenderung Dingin

Kenyamanan dari sisi hawa udara merupakan aspek penting di sebuah tempat wisata, khususnya para pelancong yang tinggal di daerah pesisir atau di tengah kota padat penduduk. Lawang Adventure Park menghadirkan suasana sejuk cenderung dingin dengan suhu berkisar pada angka 16 sampai 29 derajat celcius.

Tempat ini bisa jadi salah satu sarana healing atau sekadar menjauh dari keramaian kota. Menampilkan hamparan Danau Maninjau, pepohonan rindang, bukit-bukit di kejauhan, di mana semuanya seolah menyatu dan membuat Anda merasa lebih dekat dengan alam. Belum lagi, adanya spot foto khusus yang memang didesain untuk lokasi pengamatan di puncak bukit.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Lawang Park
Image Credit: Instagram Hervina Ahmad

Ada beberapa rute yang dapat dipilih jika Anda ingin berkunjung ke Lawang Park Agam. Pertama, lewat Matur dengan berpatok pada Bukittinggi hingga tiba di simpang tiga daerah ini. Anda bisa mengambil lajur kanan, di mana pemandangannya sangat elok dan dihiasi oleh perkebunan teh milik warga lokal.

Rute kedua, melewati Ambun Pagi, posisinya kurang lebih 3 km selepas Matur, atau berada di dekat jalan Kelok 44. Inilah rute yang paling banyak dipilih oleh pelancong karena menawarkan lanskap Danau Maninjau di sepanjang perjalanan.

Alternatif lainnya, Anda bisa mengambil jalur jalan setapak khususnya bagi para pecinta trekking. Melewati Pasar Bayur, di km 4 utara Danau Maninjau. Setidaknya butuh 1,5 sampai 2 jam berjalan kaki hingga Anda tiba di puncak Lawang Park Agam. Panorama di sini menawarkan pepohonan lebat.

Anda juga bisa lewat di Pasar Ahad, terletak di km 8 Danau Maninjau. Hanya saja, pelancong akan menghabiskan waktu yang lebih lama, kurang lebih 4 sampai 5 jam. Pemandangan yang ditawarkan jika mengambil jalur ini adalah areal persawahan, sekaligus pepohonan rindang.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Lawang Park
Image Credit: Instagram Hervina Ahmad

Lawang Park beroperasi selama 24 jam penuh setiap hari, di mana pihak pengelola menyediakan penginapan bagi pengunjung. Tidak ada batasan khusus mengenai kapan dan berapa lama Anda bisa menikmati suasana di sini.

Barangkali inilah yang membuat harga tiket masuknya tidak ada perbedaan usia, berlaku sama baik untuk anak kecil maupun orang dewasa. Jika berkunjung Senin sampai Sabtu, Anda diharuskan membayar retribusi sebesar Rp 20.000, sementara di hari Minggu Rp 25.000. Ditambah sewa parkir motor senilai Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Lawang Adventure Park

Kegiatan Menarik di Lawang Adventure Park
Image Credit: Twitter nadiaturrahma

1. Mencoba Berbagai Wahana Menarik

Dikatakan sebagai salah satu spot paralayang terbaik di Asia Tenggara, Lawang Park memang kerap diincar wisatawan agar bisa meluncur dari ketinggian 1.250 mdpl. Belum lagi, selama perjalanan dari puncak bukit ke tanah, Anda akan disuguhi lanskap memesona dari Danau Maninjau.

Hanya saja, butuh biaya sekitar Rp 500.000 jika Anda tertarik mencoba paralayang, di mana telah dilengkapi instruktur khusus untuk para pemula. Namun, apabila merasa tarifnya agak mahal, Anda bisa melakukan negosiasi harga terlebih dahulu.

Kemudian, para wisatawan juga akan dimanjakan oleh ragam wahana menarik lainnya. Selain paralayang, masih ada flying fox dengan harga tiket lebih murah. Meski sensasinya jelas berbeda, tetapi panorama yang diunggulkan sama-sama danau vulkanik seluas 100 hektare, sekaligus suasana asri dan terjaga di sekitarnya.

Puas menikmati keseruan di udara, Anda bisa menantang diri dengan melintasi jembatan ban dan jembatan goyang, keduanya sama-sama memicu adrenalin juga. Kalaupun Anda tidak tertarik bermain, maka pihak pengelola menawarkan aneka spot foto dengan view memesona. Sebagai contoh, spot berbentuk seperti kapal terdampar di bagian tepi bukit.

Di sisi utara, ada platform artistik dengan material bambu, yang dapat menampung maksimal 5 orang dewasa. Dari sini, Anda akan disuguhkan panorama areal persawahan, pemukiman warga, Danau Maninjau, serta bukit-bukit di kawasan sekitarnya pada satu waktu.

2. Menginap di Destinasi

Menginap di Lawang Park tidak akan terlalu membuat Anda repot. Pasalnya, telah disediakan sejumlah penginapan berbasis dormitory oleh pihak pengelola. Keuntungan bermalam, Anda bisa menyaksikan pemandangan bintang di langit malam, serta menanti mentari pagi keesokan harinya.

Tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa penginapan? Anda bisa melaksanakan perkemahan. Cobalah ajak keluarga, kawan terdekat, atau pasangan agar bisa menikmati suasananya bersama-sama. Kegiatan yang bisa dilakukan misalnya membuat barbeku, bernyanyi sambil bermain gitar, jurit malam, dan masih banyak lagi game seru lainnya.

3. Memetik Buah

Sebagaimana lazimnya area perbukitan, tempat ini dianugerahi tanah yang subur. Tak heran, aneka buah dan sayuran sengaja dikembangbiakan dan menjadi salah satu spot pemikat pengunjung. Di sini Anda bisa menemukan markisa, labu, melon, strawberry, jeruk, dan sebangsanya. Bukankah asyik untuk memetik buah-buah tersebut langsung dari pohonnya?

Setelah panen buah, Anda bisa membawanya pulang atau mencicipinya di lokasi destinasi, sambil melihat-lihat pemandangan sekitar. Ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi siapa saja yang menjalankannya. Namun demikian, pastikan kondisi budget Anda cukup leluasa ketika bertandang ke sini.

Kegiatan di Lawang Adventure Park
Image Credit: Twitter MinangOfficial

4. Mengelilingi Area Wisata

Bosan berada di satu tempat saja? Penasaran dengan seluruh area objek wisata Lawang Park? Tidak perlu khawatir, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas khusus untuk memenuhi keinginan menjelajah Anda.

Para pengunjung bebas memilih, apakah mau menjelajah di jalur darat atau perairan. Pasalnya, tempat ini telah dilengkapi fasilitas off road, serta arung jeram. Untuk arung jeram sendiri, Anda barangkali tidak akan terlalu fokus kepada pemandangannya, tetapi cukup worth it jika ingin mencoba.

Sementara off road, selain menantang diri di jalur ekstrem, bisa sekalian melihat-lihat keindahan sekitar. Ada pula fasilitas sepeda yang bisa dipakai untuk mengelilingi area perkampungan, di mana Anda akan bertemu dengan warga lokal serta mungkin berinteraksi dengan mereka. Kegiatan penjelajahan seperti ini sangat cocok bagi Anda yang sulit diam di satu tempat.

5. Berburu Foto Estetis

Jangan sampai melewatkan kegiatan berfoto ria saat berkunjung ke sini, bahkan jika perlu siapkan perlengkapan fotografi memadai. Di setiap sudut objek wisata rasanya menawarkan panorama tersendiri dengan aneka daya tarik yang sulit ditolak. Misalnya saja, berfoto di antara selimut kabut tipis di antara lanskap perbukitan tentu sangat menggoda, bukan?

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Lawang Park
Image Credit: Twitter MinangOfficial

Mengingat kepopulerannya yang sudah mendunia, Lawang Adventure Park tentu sudah dilengkapi oleh fasilitas memadai. Anda bisa menemukan banyak hal di sini, mulai dari restoran, musala, kamar mandi, penginapan, gazebo, dan bahkan aula pertemuan.

Salah satu wahana populernya adalah spot olahraga paralayang, yang digadang-gadang sebagai lokasi terbang terbaik di Asia Tenggara.

Lawang Park di Agam menjanjikan keseruan kepada para pelancong, mulai dari mudahnya memenuhi kebutuhan dasar selama liburan hingga pemandangan alam yang indah. Karena suasana ramai di tempat ini, ada baiknya Anda menghindari datang di akhir pekan jika memang memungkinkan. Kemudian, pilihlah waktu pagi atau sore agar bisa menikmati pesona sang surya di atas ketinggian.