Orchid Forest Lembang, Destinasi Ekowisata Paling Hits di Bandung

Orchid Forest Lembang Bandung

Lokasi: Genteng, Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.
MapCek Lokasi

Anda yang sedang ingin menikmati akhir pekan dengan berkunjung ke tempat wisata, tentu akan memilih destinasi jauh-jauh hari. Bagi Anda yang tinggal di Bandung, Anda pasi akan memilih tempat-tempat kekinian untuk di datangi. Mengapa demikian? Sebab pemandangan indah dan pengalaman berbeda yang akan Anda dapatkan.

Bandung saat ini sedang memiliki destinasi ekowisata terbaru, yakni Orhid Forest Lembang. Anda bisa datang kesini setiap hari, baik di hari kerja maupun akhir pekan. Karena masih baru di resmikan, belum banyak yang datang ke destinasi wisata ini. Ini akan menjadi pilihan tepat bagimu, yang ingin menikmati tempat wisata dengan lebih maksimal.

Ekowisata Orchid Forest sendiri baru pertama kali di resmikan pada 24 Agustus, 2 tahun lalu, yakni pada tahun 2018. Walaupun baru, namun objek wisata ini sekarang telah berkembang dengan baik, terbukti banyaknya fasilitas yang di sediakan untuk pengunjungnya.

Apabila Anda hendak berkunjung ke Orchid Forest Lembang pertama kalinya, berikut merupakan panduan yang bisa Anda gunakan. Semua detail mengenai tempat wisata ini akan terangkum dalam penjelasan dibawah, mulai dari cara masuk, harga tiket, fasilitas dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Orchid Forest Lembang

Harga Tiket Masuk Orchid Forest Lembang

Image Credit: Geo-outbound.com

Harga tiket masuk ekowisata terbaru ini sebesar 30.000 rupiah saja untuk tiap orangnya. Akan berbeda jika Anda membawa kamera DLSR, maka tarif yang harus Anda bayarkan sebesar 50.000 rupiah per orangnya. Dengan tarif tersebut, Anda sudah bisa puas berfoto dimana saja di dalam Orchid Forest Lembang.

Untuk Anda yang ingin menikmati secara lebih maksimal berbagai fasilitas, baik spot foto maupun taman bermain, Anda akan di kenakan biaya tambahan sebesar 15.000 rupiah. Hal ini karena terdapat area tertentu di dalam ekowisata tersebut yang memiliki lagi harga tarif tiket masuk.

Sedangkan jam operasional dari Orchid Forest Lembang dimulai dari jam 8 pagi untuk bukanya, dan 6 sore untuk hari kerja, dan jam 7 malam untuk di akhir pekan. Karcis parkirnya pun juga cukup terjangkau, yakni hanya berkisar 3.000 rupiah untuk motor, dan 5.000 rupiah untuk mobil. Bagaimana terjangkau bukan?

Fasilitas yang Ditawarkan Orchid Forest

Fasilitas yang Ditawarkan Orchid Forest

Image Credit: Destinasibandung.co.id

Sebagai lokasi ekowisata, Orchid Forest Lembang menawarkan pemandangan alam dari hutan pinus yang di hias dan di bentuk dengan apik. Agar pengunjung bisa menikmati pemandangan dengan lebih maksimal, terdapat beragam fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola.

Dengan luas mencapai 14 hektar, ada banyak fasilitas yang bisa Anda dapatkan. Misalnya, yang pertama adalah amphiteater. Disini, desain amphiteater menggunakan kayu pinus asli yang disusun sedemikian rupa, sehingga menghasilkan desain yang artistik.

Sering disewa sebagi tempat berlangsungnya pernikahan, amphiteater Orchid Forest Lembang berbentuk setengah lingkaran yang ke semuanya kursinya menghadap di satu sisi. Semua bahannya terbuat dari kayu. Bagi Anda yang ingin  mendapatkan hasil foto rustic dan classic, bisa mencoba fasilitas yang satu ini.

Nah, selain amphiteater, berikut merupakan fasilitas unggulan taman ekowisata Orchid Forest Lembang.

1. Sky Bridge dan Wooden Bridge

Sky Bridge dan Wooden Bridge

Image Credit: Wisataidn.com

Ingin mencoba tantangan yang lebih ekstrim?  Terdapat jembatan yang terbuat dari kayu dan tali yang bisa Anda gunakan sebagi spot untuk berfoto. Jembatan tali tambang berwarna putih ini, memiliki lampu LED yang di pasang di pinggir jembatan. Membuatnya menjadi tempat pengambilan foto terbaik disini.

Menjelang sore ketika lampu mulai di nyalakan, kesan romantis bisa Anda dapatkan. Banyak yang sering berfoto di tempat ini kemudian di sebarkan di media sosial. Nah, di bawah spot ini, terdapat zig zag way yang hanya dibuka setelah pukul 4 sore. Ada apa disana?

Disana Anda akan menemukan jalan yang bentuknya unik, yakni zig zag dengan hiasan lampu di ujungnya. Tepat di ujung, Anda bisa mencoba flyig fox dan permainan hammock yang telah di sediakan.

2. Taman Kelinci

Taman Kelinci

Image Credit: Detik.com

Fasilitas ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda, jika ke Orchid Forest Lembang dengan membawa buah hati. Selain sebagai tempat bermain bersama kelinci, banyak hal yang bisa Anda dan keluarga lakukan disini.

Misalnya saja, dengan mempelajari cara merawat kelinci, mulai dari membersihkan kandang, memberi makan, mengetahui jenis kelinci dan masih banyak lagi. Terdapat rumah mungil berwarna-warni yang digunakan sebagai tempat tinggal kelinci.

3. Camping Ground

Camping Ground

Image Credit: Destinasibandung.co.id

Bagi Anda yang ingin menikmati pengalaman seru dengan berkemah di Orchid Forest Lembang, disediakan pula kawasan untuk camping. Menariknya, telah disediakan beragam fasilitas yang akan menunjang kegiatan ini, mulai dari tenda, sarapan pagi, api unggun, bahkan jagung bakar.

Ini merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang ingin menginap di luar ruangan tapi masih enggan untuk naik gunung. Anda bisa melakukan kemah di camping ground dengan biaya sebesar 450.000 untuk tenda berkapasitas 4 orang, sedangkan tenda untuk 9 orang, harga yang di tawarkan sebesar 950.000 rupiah.

4. Coffee Corner

Coffee Corner

Image Credit: Pinterest.ch @Minhthanhla

Tempat minuman ini bisa Anda jumpai di awal Anda memasuki kawasan Orchid Forest Lembang, sama dengan fasilitas tambahan lain. Disini Anda bisa menikmati beragam jenis kopi nusantara dengan banderol harga yang cukup terjangkau, tiap gelasnya hanya di hargai 10 sampai 15 ribu rupiah saja.

Sama dengan berbagai fasilitas lainnya, area ini dibuat dari kayu jati dan campuran bahan lainnya. Bahkan prosentasi penggunaan kayu jati sebesar 80%, sehingga benar-benar menawarkan suasana yang elegan dan mewah.

5. Food Court

Food Court

Image Credit: Facebook.com @Orchid Forest Cikole

Anda tidak perlu khawatir kelaparan jika berada disini. Terdapat food court yang menyediakan beragam minuman dan makanan yang bisa Anda nikmati. Diantara jenis makananya adalah bakso, olahan ayam, batagor dan masih banyak lagi.

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, yakni sekitar 15 hingga 30 ribu rupiah saja. Makanan yang disediakan mulai dari snack, hingga makanan berat bagi Anda yang memang lapar.

Akomodasi yang Disediakan Orchid Forest Lembang

Akomodasi yang Disediakan Orchid Forest Lembang

Image Credit: Pegipegi.com

Terdapat akomodasi fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola taman ekowisata ini. Mushola dan toilet merupakan elemen yang tidak terpisahkan. Sebab, banyak pengunjung yang memerlukan fasilitas ini. Mushola disana terbuat dai kayu jati dengan bentuk seperti rumah panggung, dengan pemisahan ruang untuk wanita dan pria.

Sedangkan toilet dan tempat wudhunya terbuat dari marmer dengan desain yang menarik. Toiletnya pun dijaga agar tetap bersih, sehingga pengunjung bisa nyaman ketika menggunakannya.

Selain mushola dan toilet, disediakan mobil golf yang akan mengantar Anda menuju berbagai fasilitas permainan dan wisata di Orchid Forest Lembang. Karena lahannya yang luas, mobil golf ini bisa membantu Anda mempersingkat perjalanan. Tak perlu khawatir, fasilitas ini bisa Anda gunakan secara gratis.

Lokasi dan Cara Menuju Orchid Forest Lembang

Lokasi dan Cara Menuju Orchid Forest Lembang

Image Credit: Gloob-online.com

Sesuai namanya, sebenarnya Orchid Forest Lembang merupakan tempat pembibitan anggrek di wilayah kota Bandung. Jadi, apabila tertarik, pengunjung bisa sekaligus belajar langkah melakukan pembibitan anggrek di tempat ini. Lokasinya berada di jalan Tangkuban Perahu, Lembang di kota Bandung.

Lokasi ini bisa diakses dengan mobil atau kendaraan pribadi, dan secara transportasi, jalan menuju lokasi sudah dalam kondisi baik. Jika Anda menuju lokasi ini dari Bandung, maka perlu waktu sekitar 30-40 menit. Taman ekowisata ini juga dinobatkan sebagai hutan anggrek dan tempat budidayanya terbesar di Indonesia dan Asia.

Keunggulan lain dari tempat ini adalah hutan pinusnya yang masih asri dan lebat. Karena terletak di kaki gunung, suasanya sejuk dan asri, cocok digunakan sebagai tempat wisata untuk melepaskan penat di akhir pekan ketinggiannya sekitar 1500 mdpl, sebab diapit gunung Tangkuban Perahu dan Bukit Jayagiri.

Apabila Anda hendak berkunjung kesana, jangan lupa menggunakan pakaian yang hangat untuk melindungi tubuh dari hawa dingin, terutama bagi Anda yang memiliki alergi dan kelemahan dengan cuaca ini.

Itulah beberapa informasi singkat mengenai taman ekowisata kekinian, Orchid Forest Lembang di Bandung. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda memahami dan mengenal destinasi wisata terbaru ini. Ajak keluarga dan pasangan untuk mengunjungi tempat ini, agar suasana semakin menyenangkan.