15 Pantai di Makassar & Sekitarnya

Pantai di Makassar Dan Sekitarnya

Makassar merupakan ibukota Sulawesi Selatan yang menghadirkan berbagai destinasi wisata menarik dan layak untuk Anda kunjungi. Salah satu destinasi terbaik yang dimiliki adalah pantai dengan berbagai daya tariknya masing-masing.

Destinasi pantai memang menjadi buruan banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Makassar. Pasalnya di sekitar kota ini terdapat pantai yang berada di gugusan pulau-pulau indah sehingga membuatnya lebih unik dan eksotis.

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan sehingga dijamin tidak akan merasa bosan. Aktivitas yang beragam juga dapat membuat Anda menikmati liburan dengan lebih berkesan dan menyenangkan. Untuk itu, di bawah ini rekomendasi 15 pantai indah di Makassar dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi.

1. Pantai Losari

Pantai Losari

Lokasi: Jl. Metro Tanjung Bunga, Kec. Maloku. – Image Credit by Bisnisbandung.com

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Losari. Pantai satu ini telah menjadi ikon pariwisata dari kota Makassar yang terkenal di seluruh penjuru Indonesia. Berbeda dari pantai di Makassar lain, Anda tidak akan menemukan pasir di tepiannya melainkan diganti dengan beton.

Tidak adanya pasir bukan berarti membuat Pantai Losari tidak layak untuk didatangi. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda coba seperti berlayar, banana boat, memancing, menikmati kuliner, dan lain sebagainya.

2. Pantai Akkarena

Pantai Akkarena

Lokasi: Jl. Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Kec. Tarnalate. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Pantai Akkarena merupakan pantai pasir hitam yang tidak kalah menarik dengan Pantai Losari. Fungsi utama pantai ini sebenarnya adalah sebagai dermaga berlabuhnya kapal pengantar wisatawan yang selesai mengitari laut Makassar.

Pemandangan yang dihadirkan Pantai Akkarena cukup menakjubkan terutama di sore hari saat matahari terbenam. Selain melihat sunrise, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti banana boat, air jetskii, dan berfoto di anjungan dari sebuah dek kayu.

3. Pantai Pasir Putih Pulau Samalona

Pantai Pasir Putih Pulau Samalona

Lokasi: Lae-Lae, Kec. Ujung Pandang. – Image Credit by Cumilebay.com

Pulau Samalona merupakan pulau yang paling populer diantara pulau-pulau lain di gugusan Kepulauan Spermonde. Banyak wisatawan yang tertarik dengan pantai pasir putih di pulau yang berukuran kecil ini. Pantai pasir putih tersebut mengelilingi pulau sehingga terlihat lebih menarik.

Tidak hanya itu saja, di pantai pasir putih Pulau Samalona, Anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut berupa terumbu karang. Bagian utara pulau inilah yang memiliki terumbu karang paling cantik dan layak untuk Anda jadikan lokasi snorkeling.

4. Pantai Pasir Putih Pulau Lae-Lae

Pantai Pasir Putih Pulau Lae-Lae

Lokasi: Lae-Lae, Kec. Ujung Pandang. – Image Credit by Ismailhidayat.com

Pantai Pasir Putih Pulau Lae Lae ini dinilai eksotis dan layak dijadikan destinasi liburan selanjutnya. Uniknya, di pantai ini Anda bisa menemukan berbagai situs peninggalan sejarah seperti terowongan yang katanya berhubungan dengan benteng Fort Rotterdam serta batu pemecah ombak berbentuk segitiga.

Selain mengetahui peninggalan sejarah, masih banyak aktivitas lain yang bisa Anda lakukan. Aktivitas tersebut diantaranya adalah menyelam di beberapa spot pilihan, menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling, atau melihat matahari terbit dan matahari tenggelam.

5. Pantai Pasir Putih Pulau Kodingareng Keke

Pantai Pasir Putih Pulau Kodingareng Keke

Lokasi: Pulau Kondingareng, Kec. Ujung Tanah. – Image Credit by Piknikdong.com

Banyak wisatawan yang menyebut Pulau Kondingareng Keke sebagai pulau yang menarik dan jarang ditemukan. Mereka sangat suka berfoto dengan latar indah dari pulau yang berupa gundukan pasir putih ini.

Selain gundukan pasir putih tersebut, daya tarik pantai di pulau Kodingareng Keke ini juga hadir melalui pemandangan bawah lautnya. Anda bisa menyelam dan berfoto di museum bawah laut yang dihadirkan.

6. Pantai Pulau Kayangan

Pantai Pulau Kayangan

Lokasi: Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang. – Image Credit by Travelingyuk.com

Dari namanya saja sudah terlihat bahwa pantai ini indah bak di negeri kayangan. Pantai yang berada di Ujung Pandang ini cukup menarik karena sisi timurnya berhadapan dengan pelabuhan Makassar. Jadi Anda bisa menikmati pemandangan pantai sekaligus pemandangan kapal di pelabuhan.

Banyak wisatawan yang tertarik ke pantai ini untuk menyaksikan pemandangan dari kapal-kapal tersebut. Apalagi jika dilihat di malam hari, pemandangan lampu yang berada di seberang menambah suasana menjadi lebih romantis.

7. Pantai Tanjung Bayang

Pantai Tanjung Bayang

Lokasi: Selat, Tj. Merdeka, Kec. Tamalate. – Image Credit by Reskiamanandayusriii.blogspot.com

Pantai Tanjung Bayang sebenarnya adalah sebuah danau yang terletak di tepian jalanan Metro Tanjung Bunga. Karena dekat dengan ibukota Makassar, pantai ini akan ramai saat hari libur atau akhir pekan. Untuk Anda yang mencari tempat wisata murah dan dekat, pantai ini sangat recommended dikunjungi bersama keluarga.

Tidak hanya berlibur dan menikmati pemandangan saja, beberapa pengunjung biasanya datang ke pantai ini untuk olahraga seperti voli pantai atau sepak bola. Ombak yang ada di Pantai Tanjung Bayang biasanya landai kecuali pada bulan April dan juga bulan November.

8. Pantai Barombong

Pantai Barombong

Lokasi: Barombong, Kec. Tamalate. – Image Credit by Triptrus.com

Pantai Barombong berada di Kecamatan Tamalate dan tidak terlalu jauh dari Makassar. Jika Anda ingin menghibur diri sebentar karena penatnya aktivitas kota, mampir ke pantai ini bisa menjadi pilihan.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun karena pantai ini dibuka 24 jam secara gratis. Selain menikmati pemandangan sunset serta sunrise yang indah, Anda bisa berburu olahan seafood menarik dari perkampungan nelayan sekitar.

9. Pantai Kuri Indah

Pantai Kuri Indah

Lokasi: Jl. Kuri Lompo, Nisombalia, Kec. Marusu. – Image Credit by Landscaper.id

Pantai Kuri Indah yang juga dikenal dengan nama Pantai Kuri Maros ini memiliki hamparan pasir putih yang memikat. Ketika berjalan di atas pasir tersebut, Anda bisa merasakan sensasi menenangkan yang mungkin jarang dirasakan.

Suasana yang lebih seperti pedesaan menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai yang memiliki hutan mangrove di sekitarnya ini. Jika Anda ingin snorkeling atau diving disarankan tidak sampai sore karena di waktu tersebut ketinggian air meningkat.

10. Tanggul Pantai Cinta

Tanggul Pantai Cinta

Lokasi: Topejawa, Kec. Mangara Bombang. – Image Credit by Mari-liburan-yuk.blogspot.com

Untuk Anda yang sudah berpasangan dan sedang mencari lokasi romantis untuk menghabiskan liburan bersama, pantai satu ini wajib masuk ke dalam list pertimbangan. Pasalnya pantai yang berada di Takalar ini memiliki cukup banyak spot romantis.

Anda bisa berfoto dan mengabadikan momen berdua atau sekedar menikmati pemandangan romantis yang dihadirkan. Fasilitas seperti kolam renang dan penginapan juga sudah tersedia dengan lengkap jadi Anda tak perlu khawatir.

11. Pantai Galesong

Pantai Galesong

Lokasi: Tamalate, Kec. Galesong Utara. – Image Credit by Makassarguide.com

Pantai Galesong termasuk salah satu pantai di Makassar yang memiliki banyak pengunjung. Alasan mengapa banyak wisatawan memilih pantai ini untuk berlibur adalah karena fasilitasnya yang lengkap sehingga cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga.

Fasilitas lengkap yang bisa Anda rasakan diantaranya adalah permainan air, outbond, kolam renang, penginapan, dan tempat makan. Yang paling menarik dari pantai ini adalah hiburan live music yang bisa Anda saksikan di tepi pantai sembari menanti sunset.

12. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira

Lokasi: Jl. Tanjung Bira, Kec. Bonto Bahari. – Image Credit by Panduanwisata.id

Untuk sampai ke Pantai Tanjung Bira, Anda harus berkendara sejauh kurang lebih 200 kilometer dari kota Makassar. Perjalanan jauh tersebut akan terbayar dengan pemandangan air laut yang sangat jernih serta pasirnya yang lembut dan putih.

Tidak hanya wisatawan lokal saja, Pantai Tanjung Bira juga banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara yang sedang berlibur di Makassar. Aktivitas di pantai ini yaitu snorkeling, berenang, berjemur, atau hanya sekedar menikmati pemandangan.

13. Pantai Bara

Pantai Bara

Lokasi: Bira, Kec. Bonto Bahari. – Image Credit by Tagar.id

Selain Pantai Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba masih memiliki destinasi wisata pantai lain yang tak kalah menarik yaitu Pantai Bara. Pantai ini berada di ujung paling kanan dari Pantai Tanjung Bira sehingga masih satu kawasan yang tidak terlalu jauh.

Meskipun satu kawasan dengan Pantai Tanjung Bira, namun suasana Pantai Bara sangat tenang dan bebas dari keramaian. Anda bisa bersantai menikmati ketenangan sambil melihat pemandangan di bawah rindangnya pohon kelapa.

14. Pantai Kanipang

Pantai Kanipang

Lokasi: Sabbang Paru, Kec. Lembang. – Image Credit by Jamkridasulsel.co.id

Pantai Kanipang yang terletak di Pinrang ini memiliki suasana romantis serta syahdu apalagi ketika sunrise tiba. Anda yang menginginkan ketenangan sangat dianjurkan datang ke pantai ini karena suasananya benar-benar mendukung.

Tidak hanya saat sunrise saja, pemandangan sunset atau matahari terbitnya juga tak kalah indah. Pohon kelapa dan tiupan angin sepoi-sepoi serta ombak yang tidak terlalu bergejolak sangat nyaman digunakan untuk refreshing.

15. Pantai Bulupoloe

Pantai Bulupoloe

Lokasi: Teluk Bone, Harapan, Kec. Malili. – Image Credit by Pesona.travel

Bagi Anda yang sedang mencari pantai asri dan belum banyak dikunjungi, Pantai Bulupoloe ini sangat recommended untuk dikunjungi. Karena belum terlalu banyak pengunjung, pantai yang terletak di Kabupaten Luwu Timur ini memiliki air yang sangat jernih dan lingkungan yang bersih dari sampah.

Pemandangan pegunungan hijau serta pasir putih yang luas menjadi daya tarik lainnya yang bisa Anda nikmati. Belum lagi untuk Anda yang hobi snorkeling, terumbu karang dan kehidupan biota bawah lautnya bakal sayang jika dilewatkan.

Keindahan pantai di Makassar dan sekitarnya memang memberikan kenyamanan tersendiri. Kini Anda tidak perlu bingung lagi memilih destinasi pantai favorit di Makassar yang akan dikunjungi selanjutnya. Semoga informasi tersebut dapat menjadi inspirasi liburan Anda.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Oleh Oleh Khas Solo
15 Oleh-Oleh Khas Solo Paling Populer
Kuliner Malam Surabaya
10 Tempat Kuliner Malam di Surabaya yang Enak & Murah
Tempat Makan Enak di Surabaya
20 Tempat Makan Enak di Surabaya Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak