Intip Indahnya Pulau Kayangan Makassar yang Memukau

Pulau Kayangan Makassar

Pulau Kayangan menawarkan pesona alam bahari yang indah dan menakjubkan. Pulau terdekat dari Kota Makassar menjadi destinasi favorit untuk liburan yang menyenangkan.

Lokasi: Lae-Lae, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.
Map: Cek Lokasi

Makassar terkenal dengan destinasi yang kental akan sejarah dan wisata bahari. Pesona Makassar yang tiada habisnya akan membuat Anda betah berlama-lama berlibur di sana. Jika Anda mencari destinasi wisata berbeda di Makassar Anda wajib mengunjungi pulau indah nan menakjubkan yaitu Pulau Kayangan.

Objek wisata ini adalah pulau kecil yang terletak di sebelah timur kota Makassar. Pulau indah ini menyimpan bagaikan surga tersembunyi. Panorama eksotis dan memukau akan Anda jumpai apabila saat suasana langit sedang cerah. Tempat ini sangat cocok dijadikan untuk tujuan Anda baik dengan keluarga, teman atau pun rekan kerja.

Pulau Kayangan yang indah nan memukau ini dapat Anda dijadikan pilihan yang tepat ketika berlibur di Makassar. Untuk lebih jelasnya, mari intip penjelasan tentang Pulau cantik dekat Makassar berikut ini.

Pulau Kayangan, Surga Kecil yang Memukau di Makassar

Pulau Kayangan, Surga Kecil yang Memukau

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Pulau Kayangan merupakan salah satu pulau kecil yang terletak di timur Makassar. Jarak tempuh menuju pulau ini sekitar 0,8 km dari pusat kota Makassar. Secara administratif Pulau ini masih termasuk wilayah kelurahan Bulo Gadung, kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar.

Tempat ini tepat dijadikan destinasi wajib bagi Anda yang mendambakan keasrian dan kesunyian. Pantai Kayangan ini menawarkan pemandangan nan elok perpaduan jernih air laut yang nampak berwarna biru dan hijaunya pepohonan yang mengelilingi pulau ini. Saat Anda berkunjung ke tempat ini dijamin akan betah berlama-lama menikmati panorama menawan yang nampak di depan mata.

Pulau dengan luas satu hektar ini akan membuat Anda merasa berlibur di pulau pribadi, karena selain tidak terlalu luas Pulau Kayangan ini juga tidak berpenghuni sehingga nuansa tenang dapat Anda peroleh. Namun tidak perlu khawatir, meskipun tak berpenghuni pulau ini tetap dirawat, dikelola dan terjaga keindahannya. Oleh karena itu, pulau ini banyak dijadikan tujuan wisata ketika berlibur ke Makassar.

Rute Menuju Kawasan Pulau Kayangan

Rute Menuju Pulau Kayangan

Image Credit: Pasirpantai.com

Akses menuju Pulau Kayangan cukup mudah dan cepat. Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 15 sampai 20 menit dengan menggunakan perahu dari dermaga Ujung Pandang tepatnya di depan objek wisata benteng Fort Rotterdam. Jadi Anda tidak perlu khawatir tersesat karena lokasi dermaga tersebut termasuk kawasan yang ramai dan banyak diketahui masyarakat sekitar.

BACA:  Pantai Tanjung Bira, Pantai Pasir Putih Terindah di Sulawesi

Tidak perlu takut ketinggalan perahu untuk menyebrang ke Pulau Kayangan, karena perahu akan tersedia setiap 30 menit sekali. Penyebrangan dilakukan pada pukul 08.00 hingga pukul 20.00, dan pada malam minggu buka hingga pukul 22.00. Maka bagi Anda bisa berlama-lama menikmati pesona Pulau Kayangan hingga malam menjelang.

Bagi Anda yang berniat menyebrang menuju pulau ini, Anda cukup membayar Rp 40.000 untuk penumpang dewasa dan Rp 25.000 untuk anak-anak. Harga yang cukup ramah di kantong untuk mengunjungi surga indah di Makassar ini.

Selama perjalanan Anda akan dimanjakan dengan hamparan birunya lautan dan indahnya kota Makassar dari atas perahu. Selain itu, Anda juga bisa memandang indahnya Pantai Losari yang nampak apik dan memukau dari atas perahu. Pemandangan indah tersebut dijamin tidak akan membuat Anda bosan selama perjalanan.

Jika Anda berpikir liburan ke sebuah pulau itu mahal, maka itu tidak akan terjadi apabila Anda berkunjung ke Pulau Kayangan ini. Bagi Anda yang tertarik mengintip indahnya surga kecil di Makassar ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk ke pulau tersebut alias gratis.

Anda cukup membayar tarif akomodasi kapal, yang mana tarif tersebut sudah termasuk harga masuk ke dalam lokasi wisata bahari ini. Tarif tersebut juga merupakan salah satu daya tarik bagi para pengunjung. Anda dapat menikmati indahnya alam Pulau sampai puas dengan tarif lumayan sehingga dapat membuat dompet Anda aman.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Kayangan

Fasilitas di Pulau Kayangan

Image Credit: Rakyatku.com

Meskipun termasuk sebuah pulau kecil, kawasan wisata Pulau Kayangan ini mempunyai fasilitas lengkap untuk memanjakan pengunjung yang singgah ke tempat ini. Beberapa fasilitas yang tersedia yaitu berupa penginapan, tempat makan, kolam renang dan wisata ke dermaga. Kolam renang renang yang disediakan sangat unik karena sembari berenang Anda dapat menyaksikan keindahan laut lepas secara langsung.

Pulau menawan ini juga menyediakan perlengkapan snorkeling bagi Anda yang ingin menyaksikan dan mempunyai pengalaman unik menengok keanekaragaman biota bawah laut Pantai Kayangan. Tak perlu khawatir dengan tarif yang menguras kantong, karena biayanya cukup terjangkau. Saat berada di pulau ini, Anda tidak akan kecewa dengan suguhan yang eksotis dan enggan meninggalkan pulau.

BACA:  Pantai Losari, Ikon Kota Makassar yang Mampu Memikat Hati

Jaringan atau koneksi merupakan hambatan yang sering dialami ketika berlibur ke pulau terpencil. Namun, di Pulau Kayangan Anda tidak akan mengalami kendala tersebut. Pulau cantik ini sudah difasilitasi dengan akses Wi-Fi, sehingga Anda yang suka update foto tidak perlu khawatir dengan koneksi jaringan yang buruk.

Tempat ini memang cocok untuk berbagai kalangan baik anak kecil hingga dewasa. Tersedia areal bermain untuk anak yang cukup lengkap serta tempat memancing bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu dengan bersantai dan menikmati angin sepoi-sepoi pantai.

Anda tertarik menikmati semilir angin di tepi pantai Pulau Kayangan? Anda bisa menikmatinya dengan rebahan sambil berteduh dibawah pohon yang rindang. Terdapat banyak kursi santai dan juga payung di pesisir pantai bagi Anda yang tertarik untuk berjemur.

Selain terdapat berbagai fasilitas memadai, pulau ini juga mempunyai pelayanan keamanan yang ketat. Anda tidak perlu khawatir, di pulau ini terdapat pos jaga polisi yang selalu memantau keadaan Pulau Kayangan selama 24 jam. Selain itu, para petugas akan sering berkeliling untuk memantau keamanan pulau. Maka, jika terjadi sesuatu Anda dapat langsung melapor pada petugas keamanan yang berjaga.

Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Pulau Kayangan

Kegiatan di Pulau Kayangan

Image Credit: Travelingyuk.com

Ketika pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Kayangan Anda akan disambut dengan lembutnya pasir yang bersih. Anda dapat mengelilingi pulau sambil berjalan di bibir pantai dan merasakan hembusan angin laut. Jernihnya air laut dan putihnya pasir menjadi gradasi elok yang dapat menghipnotis Anda saat mengitari pulau ini.

Cara lain menikmati keindahan alam di Pulau Kayangan yaitu duduk santai sambil menikmati hembusan angin di ayunan. Di pesisir pantai telah disediakan ayunan yang dapat Anda jadikan spot menarik untuk berfoto.

Cuaca pesisir pantai yang cukup terik bukan menjadi alasan untuk berhenti menikmati panorama pulau. Anda dapat menikmati hamparan luas lautan dengan berteduh di bawah pohon-pohon hijau dan rindang yang tersebar merata di Pulau Kayangan. Selain itu, juga sudah tersedia banyak payung-payung besar di sekitar bibir pantai bagi Anda yang ingin menikmati lautan lebih dekat.

BACA:  16 Tempat Wisata di Gowa Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lelah bermain di bibir pantai dan ingin berjalan-jalan santai? Anda bisa berjalan di jalan setapak sambil menikmati sejuk dan rindangnya pepohonan di kawasan sekitar Pulau Kayangan. Selain itu Anda juga bisa menyewa lokal guide yang ada jika Anda memerlukan informasi lebih mengenai Pulau Kayangan.

Anda dapat menikmati eloknya Pulau Kayangan dari segala penjuru. Di sisi sebelah barat Anda dapat melihat hamparan luas laut yang biru dan gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Dari sudut ini Anda juga dapat menikmati sunset yang nampak jelas dan memberikan kesan romantis.

Sedangkan dari timur pesisir pantai Anda dapat menikmati indahnya riuh dan sibuknya pelabuhan Makassar yang nampak mempesona. Lampu-lampu kota Makasar nampak seperti sekumpulan lilin kelap-kelip terlihat mempesona di malam hari. Momen tersebut dapat Anda jadikan momen berharga saat berkumpul bersama keluarga atau orang terkasih.

Menikmati indahnya malam di Pulau Kayangan tidak lengkap apabila Anda tidak menyantap kudapan di salah satu tempat makan yang ikonik pulau ini. Uniknya tempat makan yang tak pernah sepi pengunjung ini adalah konsepnya yang indah nampak seperti dermaga serta menyajikan pemandangan indah laut lepas serta kelap-kelip lampu kota dari sebrang.

Jika Anda gemar wisata kuliner khususnya hidangan khas Makassar, Anda berada di tempat yang tepat, karena Anda akan puas dengan banyaknya variasi pilihan kuliner yang ditawarkan. Menu beragam yang ditawarkan yaitu sup konro atau sup iga sapi, pallu basa, es palu butung atau es pisang ijo dan hidangan menggugah selera lainnya. Sungguh pengalaman liburan yang menyenangkan.

Liburan di Pulau Kayangan ini sungguh lengkap. Selain disuguhkan eloknya alam, harga yang cukup terjangkau, Anda juga wisata kuliner yang memanjakan lidah. Untuk itu, Pulau Kayangan ini patut Anda pertimbangkan ketika singgah ke Makassar.

Itulah beberapa informasi tentang indahnya Pulau Kayangan di Makassar yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang berkesempatan mengunjungi Makassar jangan lupa untuk singgah menikmati pesona pulau cantik ini. Indahnya Pulau Kayangan ini dapat Anda masukkan daftar tujuan berwisata untuk berkumpul bersama keluarga.