Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Barang Lompo, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Map: Cek Lokasi

Pulau Barrang Lompo dijadikan sebagai tujuan wisata favorit oleh kebanyakan orang yang datang ke Makassar. Pasalnya, tempat tersebut merupakan salah satu surga pemandangan alam yang ada di Indonesia. Tentu saja seluruh alam yang memukau di pulau tersebut sangat patut untuk dibanggakan serta dijaga dengan baik. Namanya sendiri sudah santer terdengar hingga ke beberapa negara lain.

Oleh sebab itu, wajar apabila sering terlihat ada wisatawan asing yang berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Tidak afdol rasanya jika memiliki kesempatan untuk berlibur ke Kota Makassar, tetapi tidak berkunjung ke pulau tersebut. Hal itu karena waktu liburan yang Anda habiskan di sana bisa lebih maksimal dan berkualitas. Keindahan alam yang tersaji di sini juga mampu membuat siapa pun betah.

Selain keindahan alamnya yang mempesona, Anda juga bisa menemukan beragam hal unik dan menarik lainnya yang ada di tempat ini. Sehingga, segera rencanakan untuk liburan di pulau ini dengan mengajak teman dekat supaya lebih menyenangkan. Akan tetapi, alangkah baiknya mengetahui berbagai macam hal terkait Pulau Barrang Lompo terlebih dahulu sebelum Anda sampai di sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Barrang Lompo

Daya Tarik Pulau Barrang Lompo
Image Credit: Instagram Kozzy 

1. Terumbu Karang yang Indah

Sudah tidak bisa diragukan lagi kalau tempat wisata ini mempunyai jutaan terumbu karang yang sangat indah. Hal ini karena memang terumbu karang yang ada di sana dilestarikan dan dijaga dengan sangat baik oleh masyarakat sekitar. Walaupun begitu, setiap wisatawan yang datang masih diperbolehkan untuk menikmati terumbu karang, asalkan jangan sampai merusak ekosistemnya.

2. Pemandangan Sunset yang Sangat Cantik

Selain menikmati berbagai jenis terumbu karang yang sangat menarik, wisatawan juga akan dibuat terpukau oleh pemandangan matahari tenggelam atau sunset yang sungguh bagus. Terlebih lagi apabila ditambah oleh pemandangan ketika beberapa perahu lalu-lalang di atas lautan Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan siluet yang begitu cantik dengan warna yang sangat estetik.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Barrang Lompo
Image Credit: Twitter Zul

3. Penduduknya yang Banyak

Biasanya, pulau yang kerap dijadikan sebagai objek wisata yaitu yang tidak berpenghuni atau hanya ada sedikit penduduk saja. Namun, berbeda halnya dengan tempat wisata Pulau Barrang Lompo yang satu ini. Pulau tersebut disinggahi oleh penduduk yang jumlahnya tergolong banyak dengan aktivitas sehari-hari yang padat. Sehingga, Anda tidak akan merasa sepi ketika berlibur di pulau ini.

4. Ragam Biota Laut

Biota laut yang ada di tempat wisata ini memiliki jenis yang tidak terhitung jumlahnya. Hal yang satu ini membuat laut yang ada di sana semakin asri dan cantik. Biota lautnya seperti beragam jenis ikan, kepiting, bulu babi, kuda laut, kerang, ubur-ubur, gurita, bintang laut, dan masih banyak yang lainnya. hal ini berhasil menarik banyak wisatawan yang memang menyukai binatang laut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Barrang Lompo
Image Credit: Facebook Syawir Elbuni

Tempat wisata yang terkenal ini alamatnya sendiri ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Lebih tepatnya terletak di Barrang Lompo, Ujung Tanah, Kota Makassar. Rute yang akan dilalui untuk bisa tiba di tempat wisata yang satu ini juga tergolong cukup mudah. Anda dapat memulai dari Kota Makassar dengan memilih salah satu dari dua pilihan alternatif untuk memasuki kota tersebut.

Dua alternatif yang dimaksud yaitu dengan menumpangi kapal maupun pesawat terbang. Oleh karena itu, bisa disesuaikan dengan dana yang telah Anda siapkan saja. Jika masuk melewati bandara, maka Anda akan memakan waktu tempuh hingga 3 sampai 4 jam. Sedangkan, bagi Anda yang lebih memilih menaiki kapal, maka waktu yang diperlukan yakni sekitar empat hari tiga malam lamanya.

Dengan melewati Pelabuhan Tanjung Priok Kota Surabaya, untuk jadwal dari keberangkatan umumnya hanya akan tersedia sebanyak 2 kali dalam satu bulan. Nah, jika sudah tiba di Pelabuhan Makassar, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menaiki kapal untuk menuju Dermaga di Pulau Barrang Lompo.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Biaya Wisata ke Pulau Barrang Lompo
Image Credit: Facebook Wahid To Salo

Biaya pertama yang akan Anda keluarkan untuk bisa menuju ke lokasi pulau yaitu biaya pesawat sekitar 600 ribu rupiah atau biaya kapal sekitar 350 ribu rupiah. Setelah itu, Anda juga akan dikenakan tarif untuk perahu yang ditumpangi dari dermaga sekitar 10 ribu rupiah saja. Belum lagi apabila di perjalanan nanti Anda akan membeli beberapa barang ataupun makanan yang diperlukan.

Oleh karena itu, apabila berniat untuk berlibur di tempat ini setidaknya Anda sudah menyiapkan dana sekitar 2 sampai 3 juta rupiah. Jumlah ini juga masih bisa berubah-ubah tergantung dengan berapa hari Anda menghabiskan waktu liburan di pulau itu. Jika ingin lebih hemat, lebih baik memilih untuk memanfaatkan jasa paket liburan yang sedang menawarkan promo.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Barrang Lompo

Aktivitas di Pulau Barrang Lompo
Image Credit: Twitter Greenpeace Indonesia

1. Diving dan Snorkeling

Kegiatan diving ataupun snorkeling bisa Anda coba apabila merasa penasaran dengan keindahan bawah laut yang disajikan di Pulau Barrang Lompo. Tenang saja sebab sudah ada banyak jasa sewa untuk diving dan juga snorkeling. Untuk spot melakukan diving, Anda dapat menyelam sampai kedalaman sepuluh meter. Sedangkan, untuk spot melakukan snorkeling, Anda akan disajikan 2 tempat yakni 6 menter dan 3 meter.

Melakukan kegiatan ini sangat menyenangkan karena Anda akan melihat pemandangan yang bagus. Untuk dapat menikmati kedua kegiatan tersebut, Anda akan dikenakan biaya sekitar 50 ribu rupiah sampai dengan 500 ribu rupiah tergantung paket yang nantinya dipilih. Seluruh peralatan keamanan yang pengunjung butuhkan juga telah disiapkan dengan memenuhi standar keamanan yang tergolong tinggi.

2. Berfoto

Sembari melakukan kegiatan lain, jangan lewatkan kesempatan untuk menciptakan kenangan dengan cara berfoto. Seluruh tempat yang ada di pulau ini sangat cocok apabila dijadikan sebagai spot untuk berfoto. Untuk spot foto yang kerap dipilih oleh wisatawan sendiri yaitu dengan background lautan serta langit biru pada siang hari. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa kamera saat liburan di sini.

3. Piknik

Kegiatan yang menarik selanjutnya saat menghabiskan waktu berlibur di Pulau Barrang Lompo yaitu piknik. Dengan melakukan kegiatan piknik, maka segala penat yang Anda rasakan bisa menghilang dengan seketika. Anda juga dapat membawa buku kesukaan untuk dibaca sembari melakukan piknik di tepian pantai yang teduh.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau

Penginapan Dekat Pualu Barrang Lompo
Image Credit: Instagram diaphragm

1. Villa Tibra

Villa ini memiliki bangunan dengan bentuk unik karena desainnya yang estetik dan minimalis. Sehingga, menginap di villa ini akan terasa sangat nyaman. Pada setiap kamar dilengkapi dengan kaca besar yang bisa untuk melihat panorama di luar. Setiap kamar pun bisa memuat hingga empat orang. Fasilitas yang ada di sini seperti TV, ruang tengah, restoran, kolam renang, teras, wifi, tempat parkir, dan lain-lain.

2. Temmu Co Living

Penginapan yang satu ini terbilang sangat pas untuk kalangan anak muda yang menyukai traveling. Ketika memasuki penginapan ini pertama kali, pelanggan akan melihat kafe instagenik yang nyaman untuk nongkrong. Selain itu, penginapan tersebut juga menghadirkan tempat tidur berupa bunkbeds yang khas Eropa dan dilengkapi oleh beragam warna estetik dan segar.

3. Malaka Hotel

Malaka Hotel memiliki bangunan yang berbentuk minimalis dan modern khas dengan kaca yang full di dindingnya. Interior kamarnya pun clean minimalis da nada mural monokrom yang membuatnya semakin menarik, sehingga cocok bagi kalangan muda. Pilihan kamar juga beragam seperti suite, deluxe, superior Japanese twin beds, superior tropical double bed, superior tropical twin bed, dan superior.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Pulau Barrang Lompo
Image Credit: Instagram Sri Wahyuningsih

Dikarenakan ditinggali oleh penduduk yang terbilang banyak, maka fasilitas yang ada di Pulau Barrang Lompo juga cukup lengkap dan memadai. Di sana Anda dapat melihat adanya sebuah laboratorium penelitian tentang marine field yang digunakan untuk meneliti atau bergerak pada bidang kelautan dan perikanan Indonesia. Tentu adanya laboratorium ini membuat tempat ini pantas diacungi jempol.

Bukan hanya itu saja, di sini juga telah hadir beberapa bangunan gedung yang dikhususkan untuk fasilitas kesehatan dan pendidikan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir bila merasa kurang enak badan saat liburan. Untuk fasilitas toilet pun sudah banyak ditemukan di beberapa spot.

Selain itu, wisatawan juga akan dibuat nyaman dengan adanya beberapa fasilitas lain seperti foodcourt, ATM, dan tempat ibadah. Lalu, fasilitas yang paling penting yaitu toko oleh-oleh juga mudah untuk ditemukan. Oleh-oleh yang banyak dijual berupa pernak-pernik yang harganya mulai 10 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah. Misalnya saja seperti kaligrafi, gantungan kunci, kapal pinisi, dan lain-lain.

Itulah berbagai macam hal yang terkait dengan objek wisata bernama Pulau Barrang Lompo yang berlokasikan di Sulawesi Selatan. Berwisata ke pulau ini merupakan salah satu pilihan terbaik agar liburan Anda semakin berkesan.