Inilah List Wisata Pantai Terbaik di Surabaya, Jawa Timur. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis, Populer dan Terhits yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan dan Akhir Pekan.

Surabaya sebagai ibukota Jawa Timur menyimpan berbagai kelebihan yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. Salah satunya adalah wisata pantai yang dapat Anda temukan di sekitar Surabaya. Tempat wisatanya juga sangat hits dan populer sehingga banyak orang yang pasti suka berlibur di pantai tersebut.

Jika Anda mencari objek wisata pantai di Surabaya memang tidak terlalu banyak. Tetapi Anda bisa mengunjungi beberapa pantai lain yang pastinya sangat indah dan menyenangkan di sekitar Surabaya. Hal ini juga termasuk wajar karena Surabaya merupakan kota besar dan berada di tengah-tengah provinsi Jawa Timur.

Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui mengenai informasi seputar wisata bahari di Surabaya dan sekitarnya sebelum memutuskan untuk berlibur di tempat tersebut. Berikut beberapa wisata pantai yang menarik untuk dijelajahi.

1. Pantai Kenjeran Lama

Pantai Kenjeran Lama
Image Credit: Pegipegi.com

Tempat wisata ini berada di daerah Bulak, Surabaya. Pantai ini telah direnovasi beberapa kali sehingga saat ini tampak sangat indah. Terdapat banyak hal menarik yang dapat Anda temukan disini. Di pantai tersebut juga telah dibangun Jembatan Suroboyo sehingga ada bisa menyaksikan pemandangan yang sangat indah di dekat pantai.

Anda bisa melihat beberapa wahana yang sempat viral yaitu air mancur yang berada di dekat pintu jembatan bagian utara. Air mancur tersebut dapat mengeluarkan beberapa warna dan bergoyang-goyang. Terdapat air mancur kecil dan besar. Wahana ini sering didatangi wisatawan pada saat hari sabtu dan minggu malam.

Anda juga dapat menemukan beberapa fasilitas yang mengasyikkan seperti ayunan, perosotan, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang ingin bermain bola juga telah disediakan lapangan futsal dengan pasir. Terdapat wahana flying fox yang diperuntukkan bagi Anda yang ingin merasakan wahana yang mendebarkan.

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh maka Anda tidak perlu mencari jauh-jauh karena di sekitar tempat wisata ini juga menjual banyak souvenir. Terdapat beberapa warung yang dapat membantu mengisi penuh perut kelaparan Anda. Harganya juga murah dan pastinya akan sangat lezat bila disantap dengan nasi.

Lokasi: Jl. Pantai Kenjeran No.1-6, Kenjeran, Kec. Bulak, Kota Surabaya.

2. Pantai Kenjeran Baru

Pantai Kenjeran Baru
Image Credit: Twitter.com @hafif_puye

Pantai ini berada di daerah Sukolilo Baru, Surabaya. Tempat wisata ini juga disebut dengan Pantai Ria atau Ken Park. Luas lahan dari tempat ini kurang lebih 15 hektar. Jika dibandingkan dengan Pantai Kenjeran Lama, Pantai Kenjeran Baru memiliki berbagai fasilitas dan wahana yang seru dan menarik.

Di pinggir pantai terdapat taman yang dinamakan Ken Park. Pepohonan yang berjejeran dan sangat rindang ini mampu menghasilkan suasana dan udara yang sejuk. Angin yang berhembus dengan tenang di tempat ini berhasil membuat sebagian besar orang terlelap.

Terdapat beberapa fasilitas dan wahana yang menarik seperti klenteng, kolam renang, pacuan kuda, lapangan untuk bermain tenis, tempat outbound, road race, gokart, dan masih banyak lagi hal yang dapat menarik perhatian Anda. Anda juga dapat berfoto di tempat tersebut karena memiliki banyak spot foto yang keren.

Terdapat bangunan-bangunan baru yang dapat Anda temukan di tempat wisata ini seperti Patung Budha 4 wajah, Pagoda Tidan Ti, Patung Dewi Kwan Im, dan Atlantis land. Bangunan-bangunan tersebut sangat indah sehingga banyak wisatawan yang berlibur di tempat wisata tersebut.

Lokasi: Jl. Pantai Kenjeran, Kenjeran, Kec. Bulak, Kota Surabaya.

3. Pantai Gili Labak

Pantai Gili Labak
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai ini berada di Kabupaten Sumenep, Madura. Pantai ini berada di dekat Surabaya. Anda dapat melihat indahnya kombinasi air biru pantai dengan pasir putih yang menciptakan pemandangan yang sangat indah di tempat wisata tersebut.

Letaknya berada di ujung timur Pulau Madura. Para wisatawan yang telah melihat pemandangan di pantai ini selalu berdecak kagum karena pesonanya yang sangat mengagumkan. Jika Anda ingin berlibur ke pantai ini maka Anda harus menyebrang dari Pelabuhan Kalianget selama kurang lebih 2 jam perjalanan.

Lokasi: Desa Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep.

4. Pantai Biru Camplong

Pantai Camplong
Image Credit: Google Maps (Rusdi Zulkarnain)

Tempat wisata ini berada di wilayah Sampang, Madura. Selain tempat wisatanya yang dekat dengan Surabaya, pantai ini juga memiliki beberapa fasilitas yang lengkap dan modern seperti restoran dan hotel.

Jika Anda ingin berlibur ke tempat ini maka bisa memilih 2 jalur yang tersedia. Jalur pertama melalui Jembatan Suramadu. Sedangkan jalur kedua melalui Pelabuhan Kamal dengan menggunakan perahu. Anda dapat memilih jalur yang dirasa sangat dekat dan sesuai dengan dana yang Anda miliki.

Lokasi: Jl. Raya Camplong, Kec. Camplong, Kab. Sampang.

5. Pantai Sembilan

Pantai Sembilan
Image Credit: Instagram.com @photomadura

Pantai dengan nama yang unik ini berada di daerah Sumenep, Madura. Tempat wisata ini diberi nama Sembilan karena bentuknya yang hampir mirip dengan angka Sembilan. Anda dapat melihat berbagai terumbu karang dan biota laut yang beraneka ragam dan mungkin akan sulit Anda temukan di tempat wisata alam lainnya.

Letaknya juga cukup strategis karena berdekatan dengan tempat wisata alam lainnya seperti Pantai Wangi yang cukup populer menurut wisatawan. Fasilitas umum yang disediakan juga cukup lengkap mulai dari area parkir yang luas hingga saung yang berada di tepi pantai.

Lokasi: Jl. Raya Bringsang, Bringsang, Kec. Giligenteng, Kab. Sumenep.

6. Pantai Ketingan

Pantai Ketingan
Image Credit: Facebook.com @wahyu hestiningdiah

Tempat wisata alam ini dapat Anda temukan di daerah Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Pantai ini juga sangat terkenal dan hampir semua masyarakat Sidoarjo mengetahui keindahan dari pantai ini.

Lokasinya memang cukup sulit untuk ditemukan namun pemandangannya dapat membuat Anda betah berlama-lama berlibur di tempat tersebut. Banyak fasilitas yang disediakan seperti gazebo, penginapan, area parkir yang luas, warung, dan lain-lain. Anda juga dapat melakukan snorkeling di pantai ini.

Lokasi: Kepetingan, Kec. Buduran, Kab. Sidoarjo.

7. Pantai Kalanganyar

Pantai Kalanganyar
Image Credit: Google Maps (Motci Hobi Hunter)

Tempat ini berada di daerah Sedati, Sidoarjo. Berbeda dengan tempat wisata pantai lainnya, Anda tidak dapat menemukan hamparan pasir putih karena hanya ada lumpur di tempat ini.

Walaupun tempat ini dipenuhi dengan lumpur, Anda dapat melakukan aktivitas seperti memancing karena banyak ikan yang sangat menarik untuk ditangkap. Bagi Anda yang hobi dengan wisata kuliner maka sangat disarankan untuk datang ke pantai ini karena Anda akan menemukan banyak warung yang menyajikan aneka seafood yang sangat lezat.

Lokasi: Ngempla Rejo, Kalanganyar, Kec. Sedati, Kab. Sidoarjo.

8. Pantai Bahari Jodoh

Pantai Bahari Jodoh
Image Credit: Facebook.com @potretmadura

Lokasi dari pantai ini berada di daerah Sampang, Madura. Tempat wisata ini sangat terkenal di kalangan para pemuda pemudi yang berpacaran karena sangat romantis bila mengajak pasangan Anda ke tempat ini.

Bagi Anda yang hobi memotret maka sangat direkomendasikan untuk datang ke tempat ini karena banyak spot yang menarik untuk diabadikan dalam foto. Anda juga tidak perlu membayar untuk masuk dan menikmati keindahan tempat wisata ini.

Lokasi: Jl. Batulenger, Sokobenah, Bira Barat, Kec. Ketapang, Kab. Sampang.

9. Pantai Rongkang

Pantai Rongkang
Image Credit: Pantainesia.com

Tempat wisata ini dapat Anda temukan di daerah Bangkalan, Madura. Pantai ini cukup menarik dan unik karena Anda tidak akan menemukan hamparan pasir putih, melainkan bebatuan yang menghiasi tempat tersebut. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati karena bebatuan di tempat tersebut cukup licin sehingga Anda dapat tergelincir.

Di dekat pantai terdapat Bukit Berundak. Bukit ini hanya memiliki tinggi kurang lebih 25 meter. Namun keberadaan bukit tersebut juga menambah keindahan dari Pantai Rongkang. Selain itu, jika Anda berkunjung pada malam hari maka tempat ini akan dihiasi dengan lampu yang berasal dari kapal nelayan.

Lokasi: Kejawan, Kwanyar Barat, Kec. Kwanyar, Kab. Bangkalan.

10. Pantai Tlocor

Pantai Tlocor
Image Credit: Google Maps (Yoseph Dwi)

Anda dapat berlibur ke tempat wisata ini yang berada di daerah Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Tempatnya sangat cocok untuk Anda yang hobi dalam bidang fotografi karena banyak spot indah yang dapat Anda potret.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke tempat ini harus membayar tiket masuk sebesar Rp 150.000,00 karena tempat ini berada di area yang sama dengan Pulau Sarina. Walaupun Anda harus membayar tiket masuk, Anda masih dapat menemukan banyak hal menarik lainnya di tempat ini seperti warung yang menjual aneka seafood yang sangat lezat.

Lokasi: Telocor, Tanjungsari, Kupang, Kec. Jabon, Kab. Sidoarjo.

11. Pantai Lombang

Pantai Lombang
Image Credit: Twitter.com @jullyhoney

Pantai ini berada di daerah Sumenep, Madura. Kontur dari tempat ini cukup landai dengan hamparan pasir putih yang dikombinasikan dengan jernihnya air laut. Tempat wisata ini juga dikelilingi banyak pohon cemara yang sangat rindang. Pohon cemara ini sangat unik karena memiliki bentuk yang mirip dengan udang.

Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas pantai seperti berenang, bermain pasir, dan lain-lain. Harga tiket masuknya juga cukup murah sekitar Rp 5.000,00. Anda juga dapat mencoba beberapa makanan lezat yang disediakan oleh warung setempat yang tak jauh dari lokasi pantai.

Lokasi: Lombang, Kec. Batang Batang, Kab. Sumenep.

12. Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning
Image Credit: Instagram.com @antiri92

Pantai ini berada di Kabupaten Bangkalan, Madura. Objek wisata ini sangat terkenal di kalangan wisatawan karena suasananya cukup tenang dan membuat nyaman.

Saat ini, tempat wisata tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk menghasilkan pasir dan kemudian dijual. Walaupun fungsi dari pantai ini bertambah pada saat ini, Anda masih bisa berlibur bersama keluarga untuk menghabiskan waktu liburan di objek wisata ini.

Lokasi: Macajah, Kec. Tanjungbumi, Kab. Bangkalan.

13. Pantai Mercusuar Sambilangan

Pantai Sambilangan
Image Credit: Twitter.com @syamlan7

Objek wisata ini berada di Kabupaten Bangkalan, Madura. Pantai ini cukup unik karena terdapat mercusuar yang sering digunakan oleh para wisatawan untuk melihat pemandangan pantai dari ketinggian.

Pemandangan di tempat ini juga sangat indah. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa kamera terbaik Anda untuk mengabadikan pesona indah pantai ini dalam sebuah foto yang dapat menjadi kenangan manis.

Lokasi: Desa Sambilangan, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan.

14. Pantai Ria

Pantai Ria
Image Credit: Facebook.com @wisatagresik.id

Objek wisata ini berada di Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik. Pantai ini cukup unik karena tidak terdapat hamparan pasir putih. Anda hanya menemukan karang hitam yang menghiasi sepanjang pantai.

Selain menjadi tempat wisata, pantai ini juga dimanfaatkan sebagai tempat pengolahan rumput laut dan ikan. Oleh karena itu, banyak perahu milik nelayan yang bersandar di tepi pantai.

Lokasi: Dekatagung, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

15. Pantai Delegan

Pantai Delegan
Image Credit: Google Maps (Den Dik)

Anda dapat menemukan objek wisata ini di ujung utara Kabupaten Gresik. Nama tempat wisata ini dulunya dikenal dengan nama Wisid. Setelah adanya renovasi dan penataan ulang maka nama dari tempat ini berganti menjadi Pantai Delegan.

Anda dapat melihat besarnya ombak yang datang bergulung-gulung yang menjadi keunggulan dari pantai ini. Selain itu, Anda juga dapat menemukan berbagai fasilitas yang menarik seperti Warkop Palu Jero yang menyediakan kopi yang sangat enak.

Lokasi: Rejodadi, Delegan, Campurejo, Kec. Panceng, Kab. Gresik.

15 tempat wisata di atas adalah beberapa pantai yang hits dan populer di sekitar Surabaya. Jika liburan atau akhir pekan telah tiba, janganlah ragu untuk bermain dan menghabiskan waktu di tempat wisata tersebut.