Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sangkima, Kec. Sangatta Selatan, Kab. Kutai Timur, Kalimantan Timur; Map: Cek Lokasi

Kalimantan menjadi salah satu pulau di Indonesia yang menyimpan beragam destinasi wisata alam yang memukau, salah satunya adalah Pantai Teluk Lombok. Pantai tersebut memiliki pemandangan yang menarik dan memanjakan mata. Sehingga, sangat cocok sebagai tempat tujuan untuk mengisi liburan Anda.

Pantai yang letaknya tak jauh dengan Kutai Timur tersebut menyuguhkan pesona alam yang sangat memikat untuk didatangi. Meskipun namanya cukup asing dan juga belum ramai dikunjungi, namun pantai tersebut mempunyai berbagai daya pikat yang sayang sekali untuk Anda lewatkan.

Lokasi pantainya yang terbilang tersembunyi dari perkotaan membuat tempat ini cukup damai, hening, dan tenang. Sehingga, cocok sekali bagi wisatawan yang menginginkan sebuah ketenangan. Ada banyak sensasi unik dan seru yang hanya dapat dirasakan ketika Anda menghabiskan liburan di Pantai Teluk Lombok.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Teluk Lombok

Daya TarikPantai Teluk Lombok
Image Credit: Google Maps Riesta , Pawon Riesta

1. Dermaga Nelayan

Mata pencaharian yang utama untuk warga yang bermukim di sekitar Pantai Teluk Lombok adalah nelayan. Oleh karena itu, tak mengherankan jika tampak pemandangan dermaga yang dihiasi dengan sejumlah perahu bertengger secara rapi di sana. Dermaga nelayan tersebut mempunyai perahu yang berwarna-warni, beberapa juga ada yang berupa banana boat.

Nelayan di sana biasanya mulai mencari ikan saat matahari akan tenggelam pada sore hari serta kembali pulang ke pesisir pantai saat matahari beranjak bangkit dengan membawa hasil pancingan ikan. Hasil pancingan ini akan dijual ke pasar yang terletak di dekat perkampungan ataupun langsung dijual di sekitaran pantai.

Selain menyaksikan nelayan yang berperahu, wisatawan pun biasa merasakan sensasi gelombang di atas air laut dengan perahu. Pasalnya, beberapa perahu di sana bisa disewa oleh wisatawan.

2. Panorama Alan di Sekitar Pantai

Daya tarik selanjutnya saat datang ke Pantai Teluk Lombok yaitu pesona yang ditawarkan oleh pantai ini sendiri. Menyaksikan pantai ini seperti merasakan syukur atas ciptaan-Nya yang sempurna. Pantai ini mempunyai hamparan lautan yang luas hingga menyatu dengan samudera.

Selain itu, hamparan lautan tersebut dihiasi dengan warna air kebiruan yang jernih serta segar dipandang. Sejumlah terumbu karang yang ada di pesisir pantai juga menambah suasana sejuk, asri, dan menenangkan. Pantai tersebut mempunyai warna pasir yang agak kehitaman dan tekstur yang halus.

Sehingga, Anda dapat bermain di pasir pantai dengan kaki yang telanjang. Wisatawan bisa menikmati kecantikan tersebut dengan duduk-duduk di pesisir pantai. Menyaksikan deburan ombak yang menyapu karang sebelum sampai ke bibir pantai. Selain itu, terdengar pula beberapa kicauan burung yang terbang indah di atas langit.

Di sepanjang pantai ini ada perbukitan hijau dengan tanah yang subur dan tanaman hijau yang tampak makmur. Bahkan, di area pinggir pantai pun ada pohon-pohon. Pepohonan yang tinggi menjulang di sana tumbuh dengan sendirinya dan menjadikan suasana semakin rindang.

3. Terumbu Karang

Pantai indah ini mempunyai terumbu karang yang masih sangat alami dan asri. Ekosistem lautnya terbentuk dari hasil biota laut ini mempunyai beragam jenis batuan karang dan juga alga yang hidup secara berdampingan. Terumbu karang menjadi salah satu dari sumber daya hayati yang sangat dibutuhkan oleh pantai.

Ketika datang ke pantai ini, tampak di sekeliling pantai terdapat banyak karang. Karang tersebut terdiri mulai dari yang besar, sedang, dan yang kecil. Panorama ini cukup menarik untuk Anda abadikan, banyak karang berjajar dengan acak di pesisir lautan. Di atas karang terlihat tumbuhan-tumbuhan hijau yang segar.

Tumbuhan hijau itu seperti alga dan juga lainnya yang tumbuh di pekarangan. Bila mengamatinya dengan teliti, ada pula sejumlah ikan yang terjebak pada sela-sela karang besar. Beberapa wisatawan yang beruntung bisa menangkap ikan-ikan kecil tersebut. Wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan pemandangan tersebut dengan menaiki karang.

Ketika akan menaiki karang, disarankan melepas alas kaki. Hal itu agar tak terpeleset ataupun jatuh sebab keadaan karang cukup licin. Dari atas karang Anda bisa menikmati panorama pantai dengan menyeluruh, lautan yang kebiruan dan dihiasi oleh pasir pantai yang menawan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Teluk
Image Credit: Google Maps Okta Viani

Pantai yang unik ini bisa Anda temukan di Sangatta Selatan, Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur, lebih tepat lagi di Jalan Pantai Teluk Lombok, Desa Sangkima. Lokasi pantai tersebut mempunyai jarak kurang lebih 23 km ke arah Tenggara dari Kota Sangatta.

Anda bisa menaiki kendaraan pribadi berupa mobil atau motor. Dapat pula memanfaatkan akses kendaraan umum mulai dari titik pusat di Kota Sangatta.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Teluk
Image Credit: Google Maps Dito Budi

Kabar baiknya, Anda bisa menikmati pesona Pantai Teluk Lombok ini secara gratis. Wisatawan tak perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk. Dengan biaya yang gratis, wisatawan bisa melihat pemandangan di pantai yang luasnya 20 km tersebut dengan puas dan senang.

Bukan hanya tiket masuk yang gratis, wisatawan juga tak dibebankan tarif parkir kendaraan. Akan tetapi, sebelum masuk Anda perlu meminta izin terlebih dahulu di pos pengamanan Pertamina. Pasalnya, lokasi pantai ini berada di dalam wilayah pengelolaan Pertamina Sangkima. Untuk jam buka, pantai tersebut dibuka penuh setiap hari.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Teluk Lombok

Aktivitas di Pantai Teluk Lombok
Image Credit: Google Maps Maharani Tyas

1. Menaiki Banana Boat

Kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di Pantai Teluk Lombok adalah menaiki banana boat, yakni perahu karet dengan bentuk pisang. Anda bisa merasakan sensasi ada di perahu ditemani oleh gemercik air lautan yang membasahi badan. Perahu tersebut berjalan dengan cara ditarik perahu lainnya yang bermesin.

2. Berkemah di Pantai Teluk Lombok

Kegiatan ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati sensasi gelapnya malam di pantai tersebut. Anda bisa mendirikan tenda-tenda di pinggiran pantai. Sayangnya, tak tersedia tempat untuk menyewa perlengkapan kemah. Jadi, disarankan Anda bawa perlengkapan kemah sendiri dari rumah.

3. Bermain di Pesisir Pantai

Bermain di pesisir pantai pas dilakukan bagi wisatawan yang berkunjung secara berkelompok. Anda dapat bermain voli dan sepak bola di Pantai Teluk Lombok. Rasakanlah sensasi seru ketika menendang dan menangkap bola yang dibalur oleh derasnya air laut. Ditambah lagi gemercik ombak dan menyegarkan badan.

4. Menyusuri Pantai

Wisatawan bisa menyusuri kawasan pantai yang mempesona ini. Berjalan kaki untuk mengelilingi area pesisir pantai. Melihat langsung spot kecantikan yang dipancarkan pantai dengan membiarkan kaki Anda merasakan langsung kelembutan pasir. Anda pun dapat bermain pasir bersama keluarga maupun anak-anak.

Aktivitas Menarik di Pantai Teluk Lombok
Image Credit: Google Maps Maharani Tyas

5. Berenang

Bagi wisatawan yang hendak mengakrabkan dirinya dengan air Pantai Teluk Lombok, maka dapat melakukan kegiatan berenang. Berada langsung dalam air sembari menikmati kecantikan laut. Anda pun bisa menyaksikan panorama kecantikan bawah laut, seperti rumput laut, terumbu karang, dan juga binatang laut.

6. Berburu Foto

Kegiatan seru yang jangan sampai Anda lewati yaitu berburu foto. Spot pemandangan pantai merupakan salah satu hal unik dan indah untuk diabadikan melalui foto.

Wisatawan bisa berfoto ala-ala instagramable agar dapat memperbarui feed di Instagram. Sejumlah spot foto yang bagus adalah bawah pohon, di perahu, dermaga nelayan, terumbu karang, dan di pesisir pantai.

7. Bersantai di Pinggir Pantai

Pantai Teluk Lombok menyediakan pondok yang dapat Anda gunakan untuk bersantai dan menyantap makanan. Selain di pondok, Anda pun bisa bersantai di area bawah pohon yang rindang. Ada sangat banyak pepohonan rindang di pinggiran pantai. Bahkan, banyak wisatawan yang duduk-duduk di bawah pohon sembari bermain pasir pantai.

8. Memancing Ikan

Menangkap ikan menjadi salah satu aktivitas menarik bagi banyak wisatawan. Ada sejumlah tempat menyenangkan sebagai sarana ketika memancing, seperti di atas batuan karang. Anda bisa terlebih dahulu menyediakan perlengkapan pancing supaya lebih leluasa.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Teluk
Image Credit: Google Maps Dito Budi

Fasilitas di Pantai Teluk Lombok sebetulnya kurang memadai namun masih dapat ditoleransi. Pantainya mempunyai kawasan khusus untuk memarkirkan kendaraan. Di sekitar sana juga sudah tersedia kamar mandi wanita dan pria. Terdapat pula warung yang berjualan namun tak banyak, hanya beberapa saja.

Lebih disarankan untuk Anda supaya membawa bekal sendiri dari rumah. Tersedia juga beberapa pondok yang ada di pinggiran pantai. Selain itu, di sekitar pantai sudah ada bangunan mushola untuk wisatawan yang beragama Islam. Sayangnya, kebersihan di pantai ini masihkurang memadai.

Masih banyak pemandangan sampah berserakan di kawasan pantai dikarenakan kurangnya tong sampah dan petugas kebersihan. Oleh karena itu, disarankan bagi Anda yang berkunjung ke sana untuk menjaga kebersihan agar pantai tidak semakin kotor.

Pantai Teluk Lombok merupakan salah satu objek yang menarik sekali untuk Anda datangi. Meskipun fasilitasnya kurang memadai, namun pesona di pantai tersebut tak kalah jauh dengan pantai-pantai lain. Jadi, apabila berkunjung ke Provinsi Kalimantan Timur, maka jangan lupa untuk mampir ke pantai ini ya.