Pulau Derawan, Pulau Eksotis yang Tersembunyi di Kalimantan Timur

Pulau Derawan

Pulau Derawan menjadi salah satu destinasi bahari populer di Kalimantan Timur karena pesona alamnya. Pulau eksotis yang dengan taman bawah laut memukau yang menarik di eksplor saat liburan.

Lokasi: Kepulauan Derawan, Kec. Derawan, Kab. Berau.
Map: Cek Lokasi

Bagi anda yang hobi travelling, Pulau Derawan menjadi salah satu tujuan wisata yang patut untuk disinggahi. Destinasi menarik ini terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Letaknya yang jauh dari kehidupan kota membuatnya cocok sebagai tempat untuk melepaskan penat.

Di Pulau cantik ini Anda bisa menikmati wisata pantai yang menawan dan mempesona. Sebagai daerah kepulauan yang menyimpan banyak pesona indah, wisata bahari ini juga dikelilingi gugusan pulau yang tak kalah memukau. Alam yang menakjubkan dan udara yang masih sejuk menjadi daya tarik yang ditawarkan oleh pulau indah ini.

Pulau Derawan juga menawarkan panorama bahari yang eksotis dengan biota laut unik yang cukup langka. Dengan kekayaan alam yang masih asri dan terjaga, pulau ini patut dijuluki sebagai surga tersembunyi yang tentunya wajib untuk dikunjungi. Agar tidak penasaran, mari simak ulasan tentang Pulau Derawan berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Derawan

Daya Tarik Pulau Derawan

Image Credit: Twitter.com @preagge

Pulau Derawan adalah sebuah kepulauan yang terletak di Berau, Kalimantan Timur. Tempat ini memiliki sejumlah objek wisata bahari yang menakjubkan. Destinasi yang paling menarik minat wisatawan yaitu Taman Bawah Laut yang bahkan telah dikenal oleh wisatawan mancanegara.

Pesona alam bawah laut yang ditawarkan bisa menghipnotis siapa saja. Gugusan karang berbagai bentuk dan aneka biota laut yang unik menjadikan liburan ke pulau eksotis ini sangat berkesan. Kegiatan tersebut dapat Anda jadikan aktivitas wajib agar liburan semakin menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama keluarga.

Daya tarik lain dari pulau ini adalah gugusan pulau-pulau kecil dan perairan yang biru dan jernih. Gradasi warna yang air laut dan pasir putih pantai di kepulauan Derawan ini menjadi salah satu pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Derawan

Alamat Pulau Derawan

Image Credit: Twitter.com @ujunglakban

Pulau cantik ini terletak di Derawan, kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Akses menuju Pulau Derawan bisa dilakukan dengan dua rute, yaitu lewat darat dan udara. Untuk jalur darat Anda bisa memulai perjalanan dari Tarakan. Setelah itu dilanjutkan menuju Pelabuhan Tengkayu dan disambung menuju Kawasan pulau dengan menggunakan speed boat.

BACA:  Ladang Budaya (Ladaya) Tenggarong, Destinasi Wisata Keluarga Favorit

Sedangkan untuk jalur udara, Anda bisa menumpangi pesawat tujuan Berau lalu perjalanan dilanjutkan dengan mobil menuju Pelabuhan Tanjung Batu selama dua hingga tiga jam. Sampai di Tanjung Batu perjalanan dilanjutkan dengan menumpangi speed boat menuju Pulau Derawan dengan durasi perjalanan antara 30 sampai 45 menit.

Meskipun terbilang cukup melelahkan, perjalanan menuju pulau ini tidak akan membuat Anda kecewa. Panorama alam yang masih asli dan perairan biru yang terbentang luas akan menemani Anda selama perjalanan. Setelah sampai di pulau semua penat selama perjalanan akan terbayarkan dan hilang dengan menyaksikan pesonanya.

Biaya Wisata ke Pulau Eksotis Kaltim

Biaya ke Pulau Eksotis Kaltim

Image Credit: Google Maps (Dimas Sinyo Wibowo)

Biaya yang dikeluarkan untuk menyewa mobil (charter) dari bandara Berau ke Pelabuhan Tanjung Batu yaitu sekitar Rp 200.000 per orang. Sedangkan biaya menumpangi speed boat dari pelabuhan Tanjung Batu menuju ke Pulau Derawan yaitu sekitar Rp 100.000 per orang.

Perlu diketahui bahwa biaya menuju ke lokasi pulau tersebut dapat berubah-ubah. Oleh karena itu, apabila Anda berniat ke tempat ini ada baiknya mencari informasi terlebih dahulu. Alternatif lainnya, agar lebih praktis Anda dapat mengikuti agen perjalanan wisata yang telah mengatur transportasi dan lainnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Derawan

Kegiatan di Pulau Derawan

Image Credit: Instagram.com @pesona.travel_id

1. Berenang Seru Bersama Ubur-Ubur

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pesona pulau ini yaitu biota bawah lautnya yang unik. Di tempat ini Anda bisa berenang bersama ubur-ubur di sebuah danau. Tak perlu khawatir tersengat karena ubur-ubur air tawar di tempat ini tidak akan menyengat.

Hidup di danau dan tanpa predator membuat ubur-ubur di tempat ini menjadi jinak. Kegiatan ini menjadi salah satu aktifitas yang wajib dilakukan dan dikunjungi saat berlibur ke Pulau derawan ini.

2. Bersepeda Keliling Pulau

Apabila Anda ingin bersantai sambil menikmati angin segar di pulau, kegiatan satu ini agaknya cocok menjadi pilihan. Bersepeda santai mengelilingi pulau yang mempesona ini cocok menjadi pilihan.

3. Menyelam Bersama Ikan Pari Manta

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan yaitu menyelam dengan Ikan Pari Manta. Ikan tersebut merupakan jenis ikan pari raksasa yang hanya bisa ditemukan di beberapa perairan saja. Akan sangat beruntung jika Anda bisa bertemu dan berenang bersama ikan langka tersebut.

BACA:  Indahnya Pulau Kumala, Destinasi Wisata Sarat Sejarah di Sungai Mahakam

Tidak sampai disitu, Anda juga bisa melihat keindahan alam bawah laut dan terumbu karang yang bervariasi di Perairan Derawan ini. Karang-karang unik berbagai ukuran dan ikan warna-warni di sini akan membuat Anda enggan untuk pergi.

4. Mengintip Penyu Di Pusat Konservasi

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Derawan berikutnya yaitu mengunjungi pusat konservasi penyu. Di sana Anda bisa mendapatkan ilmu serta petualangan liburan baru yaitu melihat penyu bertelur dan menyaksikan aktivitas lucu yang dilakukan penyu secara langsung.

Selain melihat penangkaran penyu, Anda juga bisa ikut untuk lepaskan bayi penyu atau tukik yang sudah siap dilepaskan ke lautan. Kegiatan ini menjadi opsi wajib bagi siapapun yang mengunjungi pulau ini.

5. Segarkan Pikiran dan Badan di Danau Labuan Cermin

Pernahkah Anda melihat danau atau perairan yang jernih hingga bisa dibuat untuk bercermin? Jika belum maka Danau Labuan Cermin ini wajib untuk Anda kunjungi. Danau ini memiliki air yang jernih bahkan dasarnya bisa terlihat dengan jelas.

Uniknya danau ini memiliki dua jenis air yang berbeda. Di bagian dasar danau merupakan air tawar dan di permukaan adalah air asin maka tak heran banyak pula yang menyebutnya sebagai Danau Dua Rasa.

Berkunjung ke tempat ini tak akan lengkap jika tidak merasakan langsung kesegarannya. Anda bisa berenang sambil menikmati jernihnya air Labuan Cermin atau bersantai sambil berfoto-foto di tepian.

6. Berjalan Santai dan Bermain Pasir

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Derawan Anda akan disambut dengan pasir putih yang lembut. Tidak hanya itu air yang jernih dan pepohonan yang rindang juga senantiasa menyambut siapapun yang datang ke pulau ini.

7. Mengisi Perut dan Berburu Souvenir

Puas bermain dan berkeliling Kawasan pulau, Anda bisa berwisata kuliner di beberapa restoran yang terdapat di Pulau ini. Menikmati hidangan lezat dengan pemandangan laut akan menambah nafsu makan.

Sambil menunggu matahari terbenam, Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk berburu souvenir untuk kerabat di rumah. Cindera mata khas pulau ini dan Kalimantan Timur bisa Anda temukan di toko-toko yang berjajar di tempat tersebut.

BACA:  Danau Labuan Cermin, Danau Unik Dua Rasa di Kalimantan Timur

8. Menikmati Sunset

Selain bermain di pesisir pantai, dan menyelam Anda bisa menyaksikan sunset sambil bersantai di pesisir pantai. Warna jingga yang memantul ke lautan dan beberapa pepohonan akan menjadi penutup hari yang sempurna.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Derawan

Penginapan Murah di Pulau Derawan

Image Credit: Twitter.com @iswandibalaba

1. Derawan Dive Resort

Resort yang berada di pinggir pantai ini akan memanjakan Anda dengan pelayanan dan pemandangannya. Letaknya yang dekat dengan dermaga serta berhadapan langsung dengan spot snorkeling membuat penginapan ini menjadi favorit wisatawan.

2. Maratua Pratasaba Resort

Menikmati malam di penginapan apung akan menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan. Anda bisa bermalam dan menyaksikan sunrise dari penginapan ini dengan jelas. Maka tak salah jika memilih tempat ini untuk menghabiskan malam Anda di Derawan.

3. Derawan Dive Lodge

Penginapan satu ini memiliki desain yang menarik. Bangunan penginapan apung yang didominasi oleh kayu ini dapat Anda jadikan tempat singgah dan bermalam di Pulau Derawan. Begitu bangun Anda akan disambut dengan perairan yang jernih dan matahari yang bersinar terang.

4. Green Nirvana Maratua Resort

Water resort satu ini menawarkan penginapan dengan pemandangan yang mempesona. Di tempat ini Anda bisa menikmati bentangan luas lautan di atas restoran atau gazebo yang disediakan pihak resort.

5. Maratua Paradise Resort

Tak perlu jauh-jauh ke Malvides untuk merasakan sensasi menginap di resort yang ada di pantai. Cukup datang ke pulau ini dan menginap di penginapan satu ini Anda bisa merasakan menginap bak di luar negeri. Bosan dengan suasana kamar Anda bisa bersantai atau berjemur di kursi sambil menikmati angin laut yang sejuk.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Derawan

Fasilitas di Pulau Derawan

Image Credit: Facebook.com @indonesiatravel

Meskipun Pulau Derawan jauh dari pusat kota, tempat ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap dan berkelas. Dimulai dari penginapan, restoran berkelas dan beberapa tempat penyewaan sepeda. Selain itu, tempat ini juga memfasilitasi wisatawan yang ingin snokeling, diving atau menikmati wahana air lainnya seperti kano, naik perahu, hingga banana boat.

Demikianlah ulasan mengenai Pulau Derawan yang terdapat di Kalimantan Timur. Bagi Anda yang ingin mendapatkan suasana liburan yang tenang tempat indah tersebut dapat dijadikan rekomendasi karena menyimpan pesona alam eksotis bak surga yang tersembunyi.