Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kuranji, Kec. Labuapi, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Lombok merupakan sebuah daerah di Indonesia yang keindahan alamnya sudah tak diragukan lagi, baik oleh wisatwan domestic maupun internasional. Salah satu pantai terkenal di pulau yang masuk kedalam Provinsi NTB tersebut adalah Pantai Kuranji di Lombok Barat. Pantai populer ini sudah terkenal sejak lama, bahkan sebelum Desa Kuranji dimekarkan.

Pantai menawan tersebut juga memiliki banyak sekali hal yang bisa menarik wisatawan untuk datang berkunjung mulai dari warna pasir pantai, birunya laut, udara yang segar, dan pepohonan yang tumbuh di sekitar pantai hits ini. Tidak hanya itu jumlah pengunjung di pantai ini juga tidak terlalu ramai.

Hal tersebut membuat setiap wisatawan tetap mendapatkan kenyamanan mereka dan tidak saling mengganggu antara satu sama lainnya. Selain alam dan jumlah pengunjung, tempat wisata alam ini juga memiliki makanan laut yang sangat segar dan enak, untuk lebih jelasnya silahkan simak beberapa penjelasan berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kuranji

Daya Tarik Pantai Kuranji
Image Credit: Google Maps Loetfi Ono

1. Hamparan Pasir Hitam

Daya tarik pertama dari Pantai Kuranji adalah pasir pantainya yang unik, dimana sebagian pasir pantai di tempat wisata alam ini berwarna hitam dan sebagiannya lagi berwarna putih. Hal tersebut membuat anda bisa berfoto di kedua pasir tersebut dan orang-orang akan mengira bahwa anda sedang berlibur di dua tempat yang berbeda.

2. Keindahan Laut

Dari pasir pantai yang berwarna putih dan hitam beralih ke laut yang sangat jernih dan biru. Pemandangan laut memang selalu berhasil membuat hati dan pikiran seseorang menjadi lebih tenang, selain itu ombak di pantai populer ini juga tergolong kecil jadi anda bisa bermain air laut sepuasnya.

3. Panorama Sunset

Berbicara soal Matahari maka keindahannya saat terbenam atau yang lebih dikenal dengan sebutan sunset merupakan sebuah momen yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan momen terbenamnya Matahari di ufuk barat ini selalu berhasil membuat sejumlah wisatawan datang berlibur ke Pantai Kuranji saat sore hari.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Kuranji
Image Credit: Google Maps Elang Herdian

4. Jembatan Kayu

Selanjutnya ada sebuah jembatan kayu yang mengarah ke tengah laut. Jembatan ini sebenarnya dibangun untuk kebutuhan nelayan namun lama kelamaan malah berganti fungsi sebagai salah satu spot foto terbaik, apalagi ketika Matahari terbenam di sore hari. Namun, anda harus berhati-hati, terlebih jika kurang pandai berenang.

5. Alam Dipinggir Pantai Kuranji

Beralih ke daya tarik berikutnya dari pantai cantik ini adalah terdapat banyak pohon rindang yang tumbuh dan hidup di pinggir pantai. Hal tersebut membuat anda bisa berteduh di siang hari saat sinar Matahari sedang panas-panasnya. Tidak hanya itu, berkat adanya sejumlah pohon rindang ini juga membuat udara di sekitaran pantai hits tersebut menjadi sejuk.

6. Makanan Laut

Daya tarik terakhir dari Pantai Kuranji di Lombok Barat ini adalah makanan lautnya atau seafood. Karena rata-rata warga setempat memiliki profesi sebagai nelayan membuat makanan laut yang anda santap di sekitar tempat wisata alam ini sangat segar dan lezat namun harganya jauh lebih murah dibandingkan ketika anda beli di tempat lain.

Hal tersebut dikarenakan hasil tangkapan nelayan akan langsung dijual kepada pemilik warung tanpa melalui perantara sehingga harganya jauh lebih terjangkau. Pemilik warung kemudian langsung mengolah hasil tangkapan tersebut dan dihidangkan dalam kondisi yang masih segar tanpa pengawet sedikitpun.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Pantai Kuranji
Image Credit: Google Maps Loetfi Ono

Pantai Kuranji sendiri berada di Kabupaten Lombok Barat, Desa Kuranji, Kecamatan Labuapi, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sebagai patokan awal anda bisa menggunakan Kantor Bupati Lombok Barat di Kecamatan Gerung, kemudian ambil jalur pertigaan Jl penas IX lalu belok kiri menuju bundaran Jl. Soekarno Hatta.

Dari bundaran, Anda bisa mengambil jalur kedua atau bisa juga ambil lurus ke arah Jl. Jenderal Sudirman. Terus lurus hingga anda tiba di Bundaran Monumen Lombok Barat Bangkit lalu ambil jalur keluar kedua dan terus lurus sampai memasuki Jl. Rengganis Raya kemudian tiba di perempatan dekat Warung Kali 5 (sebelah kiri jalan).

Di perempatan ini ambil arah kiri lalu terus lurus sampai anda melewati Jl. Raya Mapreo hingga pertigaan jl. Dusun Bayan Pengsong. Disini anda harus belok kiri kemudian langsung belok kanan di pertigaan selanjutnya (dekat dari pertigaan sebelumnya) menuju Masjid Kuranji.

Tetap ikuti jalur utama sampai anda menemukan lokasi wisata Pantai Kuranji Lombok yang berada di sebelah kanan jalan. Jaraknya kurang lebih sekitar 12 km dengan waktu tempuh rata-rata 22 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk bisa memasuki kawasan pantai anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena tiket masuk tempat wisata alam ini hanya Rp 2.000,- saja. Harga tersebut belum termasuk retribusi parkir kendaraan yaitu sebesar Rp 5.000 sampai Rp 10.000 tergantung jenis kendaraan yang digunakan saat liburan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Kuranji

Aktivitas Menarik Pantai Kuranji
Image Credit: Google Maps Muhammad Hikmatullah

1. Bermain Air Laut

Kegiatan menarik pertama adalah bermain di air lautnya. Baik orang dewasa hingga anak-anak bisa bermain air laut sepuasnya, karena ombak di pantai asal Lombok Barat ini tergolong kecil. Meskipun begitu bagi anda yang membawa anak-anak, harap selalu memperhatikan pergerakan si anak tersebut.

2. Berfoto di Pantai Kuranji

Beralih ke kegiatan menarik selanjutnya yakni berfoto sepuasnya. Terdapat banyak sekali spot foto unik seperti pasir pantai berwarna putih hitam, lautan yang biru, jembatan kayu yang mengarah ke tengah laut, hingga alam sekitar yang kaya akan pepohonan rindang.

3. Bersantai dan Melepaskan Lelah

Bagi anda yang sedang mengalami masalah atau memiliki banyak pikiran bisa mendatangi Pantai Kuranji yang populer ini untuk bersantai sambil menyaksikan indahnya alam sekitar dan mendengarkan suara alam. Dijamin semua hal tersebut akan membuat masalah dan pikiran anda hilang seketika.

4. Menyaksikan Sunset

Indahnya Matahari yang terbenam di ufuk barat sembari mengubah warna langit menjadi merah kekuning-kuningan adalah sebuah keindahan alam yang akan selalu berhasil membuat siapa saja terpana. Maka dari itu, tidak heran jika saat sore hari akan semakin banyak orang yang berkunjung ke Pantai Kuranji Lombok untuk melihat sunset.

5. Wisata Kuliner

Wisata kuliner terkhususnya untuk makanan laut atau seafood adalah wajib jika Anda tengah berada di lokasi wisata hits ini. Melimpahnya sumber daya laut yang ada disini tentu dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga sekitar. Hal tersebut karena rata-rata warga sekitar bekerja sebagai nelayan sehingga makanan laut merupakan salah satu hal yang wajib anda coba.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Kuranji
Image Credit: Google Maps Mayang Wigayatri

1. Lahan parkir

Fasilitas pertama yang bisa anda temui di Pantai Kuranji adalah area parkir bagi kendaraan bermotor. Fasilitas ini cukup luas dan dapat menampung berbagai macam kendaraan mulai dari sepeda motor sampai mobil. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk tidak menemukan lahan untuk parkir kendaraan.

2. Gazebo

Fasilitas yang tak kalah penting disini adalah gazebo yang bisa anda gunakan untuk duduk bersama orang terdekat. Fasilitas ini memiliki tempat duduk dan beratap jadi akan aman dari sinar Matahari dan hujan.

3. Toilet

Sebagai destinasi yang telah banyak dikunjungi wisatawan, sudah tentu disini terdapat banyak toilet. Bahkan, beberapa toilet juga menyediakan lokasi untuk mandi atau untuk membilas bagi wisatawan yang berenang atau bermain di pantai.

Pantai Kuranji yang berasal dari Kabupaten Lombok Barat ini memang sangat menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata alam ini buka selama 24 jam setiap hari jadi anda bisa sesuaikan sendiri dengan waktu kosong yang dimiliki.