Objek wisata pantai selalu layak dikunjungi untuk mengisi hari libur. Indonesia yang merupakan negara maritim juga tidak kalah cantik dengan pantainya dibandingkan dengan negara lain. Selain di Bali yang terkenal dengan pantai Kuta dan beberapa lainnya, ada juga pantai cantik di Lombok Barat dengan pesonanya tersendiri. Air laut biru, pasir putih, batuan karang menjulang tinggi, hingga garis pantai dengan variasi bentuk menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Lombok dan Bali merupakan sebuah kawasan yang masih berada dalam satu wilayah lautan. Maksudnya, kedua wilayah tersebut berdekatan dan tergolong dari dua pulau bertetangga. Maka dari itu, sebenarnya wisata pantai cantik di sana sama-sama memiliki keindahan. Hanya saja, Bali lebih dulu dikenal oleh banyak wisatawan, baik asing maupun lokal. Lombok Barat sendiri dijuluki ‘Bali yang masih alami’ oleh beberapa wisatawan. Hal ini dikarenakan ada kemiripan diantara keduanya, namun di Lombok masih belum banyak terjamah pengunjung.

Provinsi Nusa Tenggara Barat, tulah tepatnya kabupaten Lombok berada. Kawasan tersebut lebih banyak bentangan alam berupa lautan dengan garis pantai cukup panjang. Dalam satu wilayah, anda bisa menemukan puluhan pantai eksotis dengan keindahan alam luar biasa. Bukan hanya lautan, namun juga ada gunung dan perbukitan yang menghiasi. Selain itu, ombak tinggi pada bulan tertentu menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin berselancar. Berikut ini adalah daftar pantai hits di Lombok Barat yang wajib anda kunjungi!

1. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Image Credit: Google Maps Word Philocaly Copywriting

Menakjubkan, itulah mungkin kata pertama yang muncul ketika anda baru menginjakkan kali di Pantai Senggigi. Warna airnya biru dengan gradasi cukup jelas sehingga tampak pula keindahannya. Pasir putih yang lembut juga menjadi daya tarik bagi pengunjung, terutama anak-anak. Di tepi pantai, ada sebuah batuan besar yang selalu ramai ketika dihantam ombak. Anda juga bisa melihat keindahan bukit dengan kokoh berdiri di ujung garis pantai.

Menariknya, garis pantai yang ada bukanlah lurus, melainkan dengan bentuk sedikit melengkung. Garis pantai tersebut cukup panjang sehingga anda bebas berjalan menyusuri pantai, meskipun sedang banyak pengunjung. Ombaknya cukup besar, sekitar 1 meter atau lebih, sehingga sering digunakan untuk aktivitas surfing.

Dengan airnya yang jernih, pengunjung juga memanfaatkannya untuk snorkeling. Keindahan alam bawah laut semakin menarik dengan adanya ikan kecil dan batuan karang yang menghiasi. Ada pula tumbuhan khas laut dengan perpaduan warna sempurna. Dengan demikian, tentunya anda tidak ingin melewatkan pantai cantik ini bukan?

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantai Senggigi, Kec. Batu Layar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

2. Gili Kedis

Gili Kedis
Image Credit: Google Maps Coral Rocks Zanzibar 

Nama Gili Kedis mungkin masih asing di telinga anda. Bukan hanya tempatnya yang tersembunyi, namun juga akses menuju ke lokasi hanya bisa ditempuh menggunakan transportasi laut. Ya, Gili Kedis merupakan salah satu pulau kecil yang ada di Lombok Barat. Pulau ini mempunyai luas hanya ratusan meter saja sehingga anda bisa menyusuri semua pulau dalam waktu singkat.

Pulau dengan pemandangan khas pantai ini juga dilengkapi dengan pasir putih lembut saat diinjak. Tidak ada penduduk yang tinggal di sana, hanya ada penginapan atau resort dalam jumlah terbatas. Hal inilah yang menjadikannya masih alami karena belum banyak terjamah tangan manusia.

Bagi yang hobi fotografi, pantai di pulau ini wajib dikunjungi karena pemandangannya langsung menuju lautan lepas. Selain itu, aktivitas lain yang menarik dilakukan adalah snorkeling. Air laut yang jernih dengan warna biru tosca sangat memungkinkan untuk menyaksikan keindahan alam bawah laut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sekotong Barat, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

3. Pantai Kerandangan

Pantai Kerandangan
Image Credit: Google Maps Ferryzan

Selanjutnya ada Pantai Kerandangan dengan pesona alamnya yang tidak kalah memukau. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Senggigi, jadi anda tinggal berpindah tempat hanya beberapa menit menggunakan kendaraan bermotor. Pemandangan alam yang masih asri dan alami menjadi daya tarik utamanya. Selain itu, objek wisata pantai cantik ini juga cocok digunakan untuk melepas penat karena masih sepi pengunjung. Hanya di hari libur banyak pengunjung yang datang.

Daya tarik lain adalah warna airnya biru tua dengan pasir putih lembut dan halus. Garis pantainya memang tidak cukup luas, namun anda masih bisa melihat dengan jelas tebing dan bukit yang ada di dekat lokasi. Sebagai salah satu pantai yang menawan, Pantai Kerandangan juga terdapat ombak besar hingga mencapai 3 meter yang menjadi daya tarik utama bagi peselancar profesional.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Senggigi, Senggigi, Kec. Batu Layar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

4. Pantai Goa Landak

Pantai Goa Landak
Image Credit: Google Maps yumna fathia

Goa Landak hanya sebatas nama saja, artinya anda tidak akan menemukan hewan landak di pantai ini. Sebagai gantinya, anda disuguhkan sebuah lorong sempit yang memang mirip seperti gua. Ada sebuah bukit cukup tinggi yang biasa dimanfaatkan pengunjung untuk menikmati keindahan pantai dari atas. Anda bisa menyaksikan panorama alam pantai dari sudut yang berbeda, atau bisa juga mengabadikan momen diatas bukit tersebut.

Salah satu yang menarik dan unik adalah adanya batuan di sekitar pantai yang menyerupai ombak. Batuan tersebut terbentuk alami karena kikisan ombak selama puluhan bahkan ratusan tahun. Bagi yang ingin menikmati panorama matahari terbenam, silahkan datang ke pantai cantik di Lombok Barat ini pada sore hari. Meski menawarkan banyak pemandangan alam menakjubkan, pantai ini masih sepi pengunjung. Bukan tanpa alasan, karena sulitnya akses lokasi menjadikan pengunjung sedikit ragu untuk datang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Loanglandak, Sekotong Barat, Kec. Central Sekotong, Kab Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

5. Pantai Sekotong

Pantai Sekotong
Image Credit: Google Maps Zey Santika

Mulai dari ujung garis pantai hingga ke tengah, anda disuguhkan pemandangan air laut dengan gradasi tiga warna sekaligus. Di tepi pantai airnya jernih berwarna putih, lebih ke tengah mempunyai warna hijau terang, sedangkan selanjutnya dengan warna biru tua. Inilah salah satu daya tarik bagi wisatawan, baik asing maupun lokal. Dimana mereka biasanya mengabadikan momen liburan dengan mengambil foto dari susut atas hingga tampak kecantikan gradasi air tersebut.

Tentu saja keindahan tersebut bisa anda saksikan di waktu tertentu, terutama ketika air sedang tenang dan tidak ada angin kencang menghembus. Dari jauh juga tampak keindahan bukit berjejer yang mirip dengan pegunungan. Di pantai ini, anda juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dengan perlahan menghangatkan tubuh yang saat itu sedang dingin karena cuaca pagi. Jika saat ini anda berada di pusat kota Mataram, maka diperlukan waktu sekitar 2 jam menggunakan kendaraan bermotor dengan jarak tempuh sekitar 60 km.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lewat Dibawa No.16, Labuan Tereng, Kec. Lembar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

6. Pantai Cemare

Pantai Cemare
Image Credit: Google Maps Uswatun Hasanah Syafruddin

Pantai Cemare memiliki keindahan tersendiri karena lokasinya berada di dekat Pelabuhan Lembar. Anda bisa menyaksikan transportasi laut berupa kapal dari kejauhan, juga berkeliling menggunakan perahu sewaan dari warga setempat. Berbeda dengan pantai yang telah disebutkan, kali ini cukup ramai orang, namun dari nelayan yang pergi dan pulang membawa ikan tangkapan. Selain menyewa perahu, anda juga bisa melihat berbagai macam ikan hasil tangkapan nelayan. Sesekali anda juga bisa menanyakan jenis ikan yang dimaksud untuk menambah pengetahuan.

Selain memiliki garis pantai dengan pasir putih khas pantai, anda juga bakal menemukan keunikan lain. Salah satunya adalah pohon bakau dan pandan yang tumbuh di sekitar pantai ini. Ketenangan air laut juga patut menjadi perhatian, dari kejauhan tampak seperti jalanan jika tidak angin kencang. Namun pemandangan ini jarang terjadi, hanya didapat ketika bulan tertentu saja.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Lembar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

7. Pantai Elak-Elak

Pantai Elak-Elak
Image Credit: Google Maps Tisna Pratama

Masih belum banyak pengunjung seperti halnya kebanyakan pantai lain yang telah disebutkan diatas. Pantai Elak-elak berada di Sekotong Barat, Lombok Barat dengan keunikan nya tersendiri. Keunikan yang dimaksud adalah adanya tanjung atau daratan yang menjorok ke laut. Dari kejauhan, daratan tersebut tampak seperti lidah sehingga dinamakan Elak-elak, dimana bahasa sasak mempunyai arti lidah.

Ada sebuah batuan besar yang mirip dengan pulau yang bisa dijangkau ketika air sedang surut. Anda bisa melewati tanjung yang menjorok ke tengah untuk dapat sampai ke batuan tersebut. Garis pantainya tidak begitu luas dan panjang, itulah yang mungkin menjadikan alasan kenapa masih sepi pengunjung. Padahal secara garis besar, pantai Elak-elak juga merupakan destinasi pantai dengan pesona alam yang tidak kalah dengan Bali.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Sekotong, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

8. Pantai Mekaki

Pantai Mekaki
Image Credit: Google Maps alfred saleh

Tidak jauh dari lokasi pantai Elak-elak, anda bakal menemukan Pantai Mekaki yang juga masih di wilayah Sekotong Barat. Suasananya masih asri, alami, dan tidak banyak pengunjung sehingga coco dijadikan tempat relaksasi. Sepinya pengunjung bukan hanya lokasi ini masih belum banyak dikenal wisatawan, namun juga karena lokasinya yang cukup jauh.

Meski demikian, daya tariknya tidak bisa diabaikan dengan pesona alam luar biasa. Pasir pantainya tidak berwarna putih, melainkan kecokelatan dan sedikit besar seperti merica. Air laut memang tidak berwarna biru seperti lainnya, namun sangat jernih dan tenang hampir tidak ada arus sama sekali. Di sudut pantai juga ditemukan sebuah bukit dengan pepohonan rimbun, anda bisa menggunakannya untuk background foto menarik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Mekaki, Pelangan, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Demikian ulasan kami mengenai beberapa pantai hits di Lombok Barat yang mempunyai daya tarik masing-masing. Bisa disimpulkan bahwa sebagian besar objek wisata masih sepi pengunjung sehingga anda bisa puas menikmati keindahannya. Jangan lupa membawa kamera berkualitas untuk mengabadikan momen liburan anda bersama keluarga.