Monumen Kapal Selam (Monkasel) adalah museum unik dalam kapal selam di Kota Surabaya sebagai bukti kejayaan maritim Indonesia. Tempat wisata dan edukasi yang diyakini terbesar di Asia menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Kota Pahlawan adalah sebutan untuk Ibukota Jawa Timur, yaitu Surabaya. Di kota ini terdapat destinasi wisata yang memiliki nilai edukasi menarik, yaitu sebuah destinasi wisata bernama Monumen Kapal Selam dan bisa disingkat dengan sebutan Monkasel. Di tempat ini para wisatawan yang hadir bisa mempelajari bagaimana sejarah kemaritiman di Negara Indonesia.

Monumen yang terletak di Jalan Pemuda no. 39 ini memiliki nilai sejarah dibaliknya. Kapal selam ini merupakan wujud asli yang pada dahulu pernah dipakai pada saat masa untuk memperjuangkan kemerdekaan Negara Indonesia. Kapal ini memiliki nama KRI Pasopati-410, kapal ini memiliki tipe Whiskey Class. Kapal ini dibuat di Negara Rusia pada tahun 1952.

Dalam masa tugasnya, KRI Pasopati ini sudah banyak ambil bagian untuk menegakkan dan menjaga kedaulatan NKRI dan juga menegakkan hukum di sector kemaritiman. Seperti contohnya saat kapal ini ikut ambil bagian saat operasi Trikora. Kapal ini langsung turun tangan untuk operasi ini, kapal ini memberi serangan psikologis kepada lawan, hingga akhirnya Papua kembali masuk ke NKRI.

Daya Tarik yang Dimiliki Monumen Kapal Selam

Daya Tarik Monumen Kapal Selam
Image Credit: Twitter.com @swaragamafm

Monumen Kapal Selam ini merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika Anda berada di Kota Surabaya. Karena nilai estetika keindahan kapal ini sangat mempesona. Ditambah lagi dengan para penduduk Kota Surabaya yang sangat ramah dan sopan. Berikut adalah daya tariknya.

1. Berwisata Sambil Belajar Tentang Kapal

Kapal selam yang dijadikan sebagai tempat wisata ini bernama KRI Pasopati 410 yang bertipe Whiskey Class. Sejak pada tanggal 29 Januari 1962, kapal ini memiliki tugas untuk membantu Angkatan Laut NKRI. Karena banyaknya jasa kapal ini, maka dari itu kapal ini dijadikan sebagai monument untuk menghargai jasanya.

Kapal ini dibekali dengan berat sekitar 1300 ton dan juga panjang kapal ini sekitar 77×6,3 meter. Mesin kapal ini berkecepatan 13,6 knot apabila sedang berada di bawah permukaan laut, dan akan memiliki kecepatan 18 knot ketika sedang diatas permukaan laut. Selain itu juga dilengkapi 7 meter torpedo uap gas dengan jumlah sebanyak 12 torpedo.

BACA:  9 Wisata Museum di Bogor yang Paling Favorit Dikunjungi

Di dalam sini juga terdapat ruangan yang berjumlah 7 ruangan, contohnya seperti ruang mesin diesel dan juga ruang haluan torpedo. Selain itu tempat ini juga memiliki ruang awak kapal dan juga ruang komandan. Setelah itu juga ada pusat komando dan jembatan utama yang letaknya berdekatan. Saat pertama datang, wajar bila Anda tidak tahu apapun mengenai dunia perkapalan.

2. Mengetahui Sejarah Datangnya KRI Pasopati 410

Kapal ini didatangkan dan dibeli secara langsung dari Negara Rusia. Para pelaut muda asal Indonesia ditugaskan secara bergelombang untuk pergi ke Rusia sebelum kapal ini dibawa ke Indonesia. Saat tiba di Rusia, para pelaut muda ini diajarkan dan dilatih dengan diiringi kerja keras untuk bisa menjadi anggota awak kapal selam ini.

Waktu itu di Indonesia memiliki sekitar 12 kapal selam, hal itu merupakan hal yang sangat membanggakan karena di bagian bumi selatan hanya Indonesia yang memiliki kapal sebanyak itu. Kapal ini sangat ditakuti dan disegani oleh Blok NATO. Bahkan disaat itu, Belanda pun kalah dalam hal menandingi kapal Indonesia ini.

Kapal Whisky Class ini diklaim dapat membuat armada Belanda ketakutan karena dibekali kemampuan yang sangat hebat. Kapal ini dilengkapi dengan rudal yang anti serangan dari udara. Tidak hanya itu saja, kapal ini juga memiliki peluncur torpedo di haluan kapal dan satunya lagi berada di buritan.

Daya Tarik Monumen Kapal
Image Credit: Instagram.com @arief.yassin

3. Tempatnya yang Luas dan Nyaman

Karena di tempat ini memiliki kapal yang sangat besar, tidak heran jika disini memiliki lahan wisata sangat luas dan kenyamanan para pengunjung juga terjaga. Walaupun Surabaya memiliki cuaca dan hawa cukup panas, namun di tempat ini Anda tidak akan mengeluh panas. Karena di tempat ini banyak sekali ditanam pohon pohon yang rindang.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Monumen Kapal Selam

Alamat Monumen Kapal Selam
Image Credit: Google Maps (Agustinus Supriyanto)

Letak destinasi wisata ini tidak jauh dari pusat kota. Untuk menuju tempat ini memiliki akses yang sangat mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan umum seperti kereta ataupun bis dan Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti naik mobil ataupun motor. Perlu dicatat bahwa Anda akan lebih cepat sampai apabila Anda menaiki kendaraan pribadi.

BACA:  21 Wisata Kuliner di Surabaya yang Enak & Wajib Anda Coba

Apabila Anda datang ke tempat ini menaiki kereta, dari pintu belakang Staisun Gubeng Anda hanya butuh berjalan kaki kurang lebih sekitar 100 meter saja. Sedangkan apabila datang ke tempat ini menggunakan kendaraan umum seperti bis dari terminal Bungurasih, Anda dapat menaiki bis kota Surabaya jurusan THR-Gubeng.

Apabila ingin masuk dan menikmati destinasi wisata yang penuh sejarah dan keindahan ini, para wisatawan akan dikenakan tarif tiket masuk. Untuk masuk ke tempat wisata kapal sela mini, Anda hanya perlu membayar biaya sebesar 15.000 rupiah untuk 1 orang. Harga tersebut cukup murah bila dikaitkan dengan sejarah kapal ini dan jasanya untuk RI.

Destinasi wisata yang satu ini dibuka untuk umum dan akan buka setiap hari kecuali di hari senin. Bahkan para wisatawan yang datang kesini bisa menikmati destinasi wisata ini dalam jangka waktu yang cukup panjang dalam sehari karena tempat wisata ini memiliki jam operasional yang cukup panjang. Yaitu tempat ini di hari Selasa-Jumat jam operasionalnya pukul 09.00-17.00, sedangkan hari Sabtu dan Minggu jam 09.00-19.00. Di hari senin, tempat ini tutup.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Monumen Kapal Selam

Aktivitas Monumen Kapal Selam
Image Credit: Facebook.com @dewiqimoedclluingindicintai

1. Menyusuri Sungai Menaiki Perahu Motor

Para wisatawan yang datang ke destinasi wisata ini bisa menikmati indahnya perairan dan dapat bersantai disini menaiki perahu motor menjelajahi sungai Kalimas.

Makanya, di tempat ini para wisatawan yang hadir dapat menyewa perahu motor di tempat ini untuk mengelilingi indahnya sungai Kalimas sembari menghabiskan waktu. Wahana perahu motor ini hanya ada di hari hari tertentu saja, yaitu hanya ada di hari Minggu dan Sabtu.

Bahkan perahu motor ini juga tetap disewakan pada malam hari untuk menikmati indahnya pemandangan sekitar tempat wisata dan menikmati suasana malam di Kota Surabaya. Untuk dapat menaiki perahu motor ini para pengunjung akan dikenakan tarif sebesar 20.000 rupiah untuk 1 perahu.

2. Melihat Pertunjukan Seni Reog Ponorogo

Jawa Timur bisa dibilang merupakan tempatnya seni dan budaya. Dari ujung ke ujung, Jawa Timur memiliki kesenian tradisional khas tiap daerahnya. Salah satu yang paling terkenal adalah pertunjukan seni Reog Ponorogo. Pihak pengelola wisata memfasilitasi kegiatan seni Reog Ponorogo di hari Minggu dan Sabtu

BACA:  50 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Apabila Anda ingin melihat dan menikmati pertunjukan seni satu ini, Anda hanya akan dikenakan tarif sebesar 10.000 saja untuk 1 orang. Dengan harga yang murah, Anda sudah bisa melihat, menikmati, dan juga memotret pertunjukan karya seni tersebut untuk Anda jadikan sebagai kenang kenangan.

3. Berenang

Selain hanya menyuguhkan wisata penuh sejarah, pihak pengelola Monumen Kapal Selam juga menyediakan wahana kolam renang yang akan melepas lelah Anda setelah seharian jalan jalan menyusuri kapal selam. Kolam mini hanya seukuran paha orang dewasa saja, oleh karena itu kolam ini hanya dikhususkan untuk anak anak yang ingin bersenang-senang.

Kolam renang ini tidak memiliki fasilitas seperti waterboom, seluncuran, atau wahana kolam renang lainnya. Walaupun begitu, tidak akan mengurangi keasyikan saat anak atau saudara Anda berenang disini. Karena banyak anak anak kecil berteriak keasyikan disini saat mereka mencoba untuk berenang.

Fasilitas yang Tersedia di Monumen Kapal Selam Surabaya

Fasilitas Monumen Kapal Selam
Image Credit: Google Maps (Mada Krisna)

Fasilitas di tempat ini bisa terbilang cukup lengkap apabila hanya untuk tempat wisata seperti monumen. Karena biasanya saat Anda mengunjungi sebuah monumen, fasilitasnya tidak akan se-lengkap fasilitas yang dimiliki Monumen Kapal Selam di Surabaya ini. Banyak sekali fasilitas yang disediakan untuk menunjang waktu liburan anda

Fasilitas disini meliputi jogging track, musholla, toilet, kolam renang renang khusus untuk anak-anak, live music, dan kemudian ada video rama. Video rama disini akan menayangkan bagaimana sejarah datang dan dibuatnya KRI Pasopati 410 ini. Hal tersebut dapat menambah wawasan Anda sekaligus liburan menyegarkan otak. Karena tempat ini merupakan tempat wisata yang edukatif.

Selain meliputi fasilitas diatas tadi, di tempat ini juga banyak tersedia warung makan dan juga café yang akan mengisi kekosongan perut Anda. Selain hanya untuk tempat bersantai, café disini juga sering disewa untuk acara acara penting seperti ulang tahun, reuni, atau bahkan buka bersama. Pastinya makanan disini juga enak enak sembari menikmati indahnya Kota Surabaya.

Nah, itu tadi merupakan gambaran singkat tentang salah satu destinasi wisata di Kota Surabaya yaitu Monumen Kapal Selam. Tempat wisata yang murah dan edukatif ini bisa Anda kunjungi bersama keluarga, anak, kekasih, atau bahkan keluarga besar Anda.