Surabaya dikenal sebagai Kota Metropolitan dengan seribu taman didalamnya. Hal ini dapat menjadi penawar bagi anda yang penat di tengah gedung pencakar langit.

Waktu kerja yang padat dan sulitnya mengatur libur menjadi kendala sendiri bagi sebagian orang untuk berlibur. Namun, kini hadir di berbagai daerah beragam taman kota yang dapat menjadi salah satu option terbaik untuk me-refresh pikiran sejenak.

Surabaya memiliki beragam taman dengan keunikannya tersendiri. Taman ini pun dapat digunakan sebagai tempat nongkrong, berolahraga atau berswafoto ria bersama kerabat.

Jika Anda ada orang yang menyenangi destinasi urban, tak ada salahnya untuk berkunjung ke salah satu dari rekomendasi taman berikut. Yuk mari intip list taman keren di Kota Surabaya sebagai berikut.

1. Taman Apsari

Taman Apsari
Image Credit: Ihategreenjello.com

Jika anda berada disekitaran daerah Gedung Grahadi anda akan menemukan taman ini. Taman Apsari dibangun di area seluas 5.300 m2 bersama dengan Patung Suryo serta Joko Dalog. Terdapat sekitar 20 jenis tanaman pada taman ini.

Terdapat area jogging track bagi anda yang senang berolahraga ringan. Pada waktu-waktu tertentu, akan banyak anak muda yang berdatangan, baik untuk sekedar nongkrong atau bermain skateboard.

Lokasi: Jl. Taman Apsari, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

2. Taman dr. Soetomo

Taman dr. Soetomo
Image Credit: Travelspromo.com

Taman ini juga memiliki julukan sebagai Taman Persahabatan. Diresmikan pada tahun 2010 oleh Walikota Surabaya, taman ini dibangun oleh pemerintah Korea Selatan dan dijadikan simbol pertemanan.

Taman dengan luas 1.8484 meter memiliki keunikan tersendiri. Dirancang serta dikerjakan oleh pemerintah Korea Selatan. Desain dari taman ini berasal dari bendera Taeguk Korea Selatan yang mengandung makna yin-yang.

Lokasi: Jl. Dr. Soetomo No.84-92, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Kota Surabaya.

3. Taman Ekspresi

Taman Ekspresi
Image Credit: Intaninchan.wordpress.com

Taman yang diresmikan pada 2011 ini memiliki beragam patung seni yang menarik. Tak hanya itu, tempat duduk pengunjung pun dibuat dengan bentuk huruf serta warna-warna cerah. Tampilan unik diantara rimbunnya pepohonan akan sangat cantik kala diabadikan oleh kamera anda.

Salah satu tujuan pembangunan taman ini adalah mengajak orang-orang untuk berkarya dan menjadikan tempat ini sebagai wadah perkumpulannya. Selain itu, tempat ini dapat menjadi pilihan kala bosan berkeliling mall.

Lokasi: Jl. Genteng Kali No.67, Genteng, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

4. Taman Jayengrono

Taman Jayengrono
Image Credit: Discoveringsurabaya.wordpress.com

Nuansa tempo dulu dengan bangunan bersejarah di sekelilingnya akan ditemui ketika berkunjung ke Taman Jayengrono. Taman tertua di Surabaya ini ditujukan sebagai memorial park Surabaya. Jayengrono sendiri diambil dari bupati pertama bupati Surabaya.

Taman yang dikenal dengan sebutan Taman Sejarah ini memiliki beragam fasilitas, diantaranya panggung pertunjukkan dan selasar. Air mancur pada taman ini juga menambah kesan nyaman kala bersantai di dalamnya.

Lokasi: Jl. Taman Jayengrono, Krembangan Selatan, Kec. Krembangan, Kota Surabaya.

5. Taman Gantung

Taman Gantung
Image Credit: TravelBlog.id

Pemandangan Surabaya dari ketinggian adalah daya tarik yang diberikan oleh Taman Gantung. Koridor pada taman ini merupakan salah satu base camp bagi anak-anak muda yang mendalami dunia startup.

Taman ini menyediakan akses internet dan komputer gratis bagi para pengunjungnya di bagian koridor. Namun, jangan berpikiran yang “iya-iya” dulu. Akses internet disini hanya dapat digunakan untuk hal yang berkaitan dengan kreativitas atau pendidikan.

Lokasi: Jl. Tunjungan No.3-9, Genteng, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

6. Taman Flora Bratang

Taman Flora Bratang
Image Credit: Anggraenisepti.com

Taman ini sangat pas bagi pengunjung yang menyenangi nuansa rimbun. Hutan yang menjadi paru-paru Kota Surabaya ini memiliki danau serta kolam ikan yang memberikan kesan berbeda dari taman lainnya. Taman ini juga dilengkapi berbagai fasilitas untuk menemani waktu bersantai anda, seperti taman baca dan taman bermain anak.

Selain itu masih terdapat balai pertunjukan yang sering digunakan oleh beberapa komunitas. Jangan kaget jika anda mendapatkan atmosfer seperti di kebun binatang. Taman ini memang memiliki beragam koleksi hewan seperti burung, kancil serta kijang.

Lokasi: Jl. Bratang Binangun, Baratajaya, Kec. Gubeng, Kota Surabaya.

7. Kebun Bibit Wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo
Image Credit: Humas.surabaya.go.id

Tempat ini juga disebut warga sekitar sebagai Kebun Bibit 2. Kebun Bibit 1nya merupakan Taman Flora Batang yang telah kita bahas sebelumnya. Taman ini merupakan tempat pembibitan tanaman yang nantinya akan disebar ke seluruh penjuru kota.

Kebun Bibit Wonorejo juga dilengkapi beragam fasilitas. Ada area bermain, danau, hingga tempat wisata kuliner. Taman ini memberi kesan asri dengan rindang. Taman ini dibuka untuk umum dari pukul 8 pagi hingga 4 sore.

Lokasi: Jl. Raya Wonorejo, Wonorejo, Kec. Rungkut, Kota Surabaya.

8. Taman Pelangi

Taman Pelangi
Image Credit: Sewabussurabaya.com

Jika ingin bersantai di malam hari, taman ini dapat menjadi pilihan. Air mancur dan beragam pilar berhias lampu warna-warni yang menyerupai pelangi akan menemani anda bersantai di taman ini. Biasanya, orang-orang akan mulai berdatangan saat petang hingga malam hari.

Taman ini tergolong taman berukuran lebih kecil ketimbang taman lain yang ada di Surabaya. Namun, menjadi taman penyambut serta taman pelepas karena berada di jalan yang menghubungkan dengan akses keluar wilayah Kota Surabaya.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.138, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota Surabaya.

9. Taman Bungkul

Taman Bungkul
Image Credit: Travelspromo.com

Taman dengan luas 900 m2 ini berada di jalur protokol Surabaya. Pada tahun 2013 taman ini mendapat penghargaan sebagai taman terbaik se-Asia oleh lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa. Taman ini merupakan salah satu taman yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dan menjadi salah satu ikon dari Kota Surabaya.

Taman Bungkul memiliki kesan minimalis dan modern. Terdapat berbagai fasilitas untuk sekedar menemani waktu bersantai atau berolahraga. Diantaranya skatepark, kolam air mancur, jogging track, taman bermain anak, hingga panggung kecil pertunjukkan seni. Tak sedikit keluarga yang datang bermain sembari berswafoto.

Lokasi: Jl. Taman Bungkul, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya.

10. Taman Suroboyo

Taman Suroboyo
Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Jika sedang bepergian ke Pantai Kenjeran, maka jangan lupa untuk bersantai di taman ini. Taman Suroboyo merupakan salah satu pantai dengan lokasi strategis. Di sekelilingnya terdapat beberapa destinasi menarik seperti Jembatan Suroboyo, Suroboyo Carnival Park, serta Pasar Central Bulak.

Jika berkunjung pada siang atau sore hari, maka anda akan melihat banyak orang-orang yang bermain layang-layang disini. Hal ini karena lokasinya yang tepat di pinggir pantai yang membuat angin bertiup sangat kencang.

Lokasi: Jl. Pantai Kenjeran, Kedung Cowek, Kec. Bulak, Kota Surabaya.

11. Taman Mundu

Taman Mundu
Image Credit: Newsmedia.co.id

Jika keluarga kecil anda ingin bermain, maka taman ini dapat menjadi pilihan. Arena bermain pada bagian belakang taman serta air mancur dengan gemerlap lampu yang indah menjadi daya tawar dari taman ini. Kesan hangat dan romantis akan menyambut anda ketika mengunjungi taman ini.

Taman ini memiliki beragam fasilitas, seperti taman bermain anak dan area batu refleksi. Pepohonan yang ada pada taman juga memberikan kesan teduh dan segar. Anda dapat mengistirahatkan paru-paru anda dari beragam polusi dengan duduk bersantai di taman ini.

Lokasi: Jl. Juwet, Tambaksari, Kec. Tambaksari, Kota Surabaya.

12. Taman Prestasi

Taman Prestasi
Image Credit: Travlr.com

Taman ini dibangun sejak tahun 1992 serta diresmikan pada tahun 1995 sangat pas untuk memberikan kesan menyegarkan di kala padatnya pekerjaan anda. Taman ini memiliki fasilitas layanan belajar komputer serta perpustakaan yang diberikan secara cuma-cuma.

Pada tempat ini disediakan kapal yang dapat anda jajal hanya dengan membayar sebesar 4 ribu rupiah. Selain itu masih terdapat panggung pertunjukkan dan replikasi pesawat terbang. Fasilitas umum taman ini pun tergolong lengkap untuk menambahkan kenyamanan anda.

Lokasi: Jl. Ketabang Kali No.6, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

13. Taman Cahaya

Taman Cahaya
Image Credit: Myduniajurnalistik.blogspot.com

Taman yang memiliki luas 1,5 hektare ini merupakan salah taman dengan fasilitas terlengkap. Ada area olahraga yang berisi lapangan futsal, lapangan basket, serta jogging track. Selain itu masih terdapat arena bermain anak.

Jika anda merupakan seorang muslim, tak perlu risau karena tempat ini menyediakan musholla. Sekilas penataan taman ini tampak seperti Taman Bungkul. Namun, taman ini lebih difokuskan pada fasilitas olahraga. Taman ini mulai dipadati oleh pengunjung pada sore hari.

Lokasi: Jl. Pakal, Pakal, Kec. Pakal, Kota Surabaya.

14. Taman Surya

Taman Surya
Image Credit: Paradigma.asia

Taman ini juga dikenal sebagai Taman Balai Kota karena lokasinya yang tepat berada di depan Balai Kota Surabaya. Taman ini memiliki air mancur menari di bagian tengahnya. Areanya pun cukup luas untuk berkeliling.

Taman ini memang tidak memiliki fasilitas selengkap taman Surabaya yang lain. Namun, tak perlu khawatir karena taman ini memiliki cukup tempat duduk anda bersantai serta parkiran yang luas.

Lokasi: Jl. Taman Surya, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

15. Taman Harmoni Keputih

Taman Harmoni Keputih
Image Credit: Surabaya.go.id

Pada mulanya taman ini merupakan lokasi tempat pembuangan sampah yang memberi kesan kumuh. Pemerintah Kota Surabaya pun merolaksi dengan membuat sebuah taman asri yang di kenal dengan Taman Harmoni Keputih.

Taman Harmoni Keputih berada tepat di sebelah Hutan Bambu. Jika Anda menyukai bunga, maka taman ini jawabannya. Terdapat beragam bunga yang dapat Anda lihat serta arenanya cukup luas untuk bermain bersama teman atau keluarga.

Lokasi: Jl. Keputih Tegal Timur II No.249, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya.

Itulah rekomendasi taman terbaik di Surabaya yang dapat anda jadikan referensi pelepas penat di tengah hiruk pikuk Kota. Selama masa new normal, sangat diharapkan untuk datang dengan mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan membawa hand sanitizer.