Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00–19.00 WIB, Alamat: Wanurejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Junkyard Autopark merupakan tempat yang sangat cocok untuk menikmati liburan di Magelang dengan sahabat, teman, dan juga keluarga. Ini merupakan pilihan tempat yang tepat untuk menghabiskan liburan ke tempat yang populer dan tidak mahal. Segala keunikan yang Anda temukan di tempat tersebut dijamin membuat suasana hati semakin baik.

Sehingga tidak akan heran lagi apabila tempat rekreasi yang satu ini merupakan salah satu andalan di Kota Magelang. Bahkan, tidak hanya orang lokal saja yang tertarik datang ke tempat ini, melainkan banyak juga orang asing yang berkunjung. Oleh karena itu, buat Anda yang sedang ada di Magelang, maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke sini.

Namun, sebelum berkunjung alangkah lebih baik lagi jika Anda sudah mencari tahu berbagai macam hal yang ada hubungannya dengan Junkyard Autopark. Hal ini dimaksudkan supaya Anda tidak bingung lagi ketika sudah sampai di sana. Nah, di bawah ini terdapat berbagai macam hal yang membahas tentang taman rekreasi ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Junkyard Autopark

Daya Tarik Junkyard Autopark
Image Credit: Google Maps Bayu Smaratio

1. Bertemakan Otomotif

Sesuai dengan namanya, taman yang satu ini dipenuhi dengan koleksi berbagai jenis mobil dan kendaraan klasik yang tentu saja telah tidak terpakai lagi. Seluruh kendaraan itu ditata dengan apik dan rapi sehingga menjadikannya sebuah taman yang unik dan menarik.

Tempat tersebut menyajikan puluhan mobil bekas atau rongsokan yang telah dirombak menjadi seperti mobil yang baru. Berbagai mobil rongsokan itu dirombak dengan cara dipotong, dijungkir balikkan, dihias, di cat, dan bahkan juga dilengkapi dengan beberapa properti yang mirip dengan kota kuno yang berada di Eropa sana.

2. Objek Foto Instagenic

Mungkin kebanyakan orang akan berpikir bahwa rongsokan yang berasal dari mobil bekas merupakan sampah yang dapat mengganggu pemandangan. Akan tetapi, di Junkyard Autopark Magelang ini justru kebalikannya. Pasalnya rongsokan mobil tersebut disulap menjadi destinasi wisata yang sangat pas untuk spot foto.

Setiap orang yang datang ke sana pasti tidak ingin melewatkan kesempatan untuk memotret foto dengan latar yang tidak biasa. Pengunjung yang memanfaatkan spot-spot unik untuk berfoto di sini dijamin akan menghasilkan foto yang sangat instagramable. Bahkan, selain foto dengan kendaraan klasik, masih ada banyak spot foto lainnya yang tidak kalah uniknya.

Daya Tarik Dimiliki Junkyard Autopark
Image Credit: Google Maps Istianto Ari Wibowo

3. Terlihat Perbukitan Menoreh

Saat berkunjung ke Junkyard Autopark tersebut, Anda akan melihat pemandangan dari jajaran perbukitan Menoreh yang begitu indah serta memukau. Sehingga, mata Anda akan sangat dimanjakan dengan banyak pemandangan indah yang disuguhkan oleh tempat wisata ini.

Pemandangan perbukitan tersebut pastinya mampu membuat perasaan Anda semakin tenang dan pikiran menjadi segar saat berlibur di sana. Apalagi ditambah dengan udara sejuk serta angin sepoi-sepoi yang menambah keseruan berlibur.

4. Ada di Tengah Hamparan Sawah

Siapa yang sangka bahwa tempat seunik dan sebagus ini ternyata letaknya ada di pertengahan hamparan sawah. Tentu saja hal ini cukup berbeda dari wisata lain dan mampu menarik minat banyak orang yang penasaran dengan tempat tersebut.

Dikarenakan ada di tengah hamparan sawah, maka wajar apabila alam yang disuguhkan di sana tergolong cukup asri dan sangat khas dengan Magelang. Selain itu, hal ini juga semakin menambahkan keindahan pemandangan alam yang bisa dirasakan oleh setiap pengunjung. Oleh karena itu, tempat ini cocok sekali jika dikunjungi oleh orang yang sudah jenuh dan capek dengan pekerjaan di kota besar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Junkyard Autopark
Image Credit: Instagram Heni Yuliani

Objek wisata Junkyard Autopark Magelang ini alamatnya ada di Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya lagi berada di dekat wisata Candi Borobudur dan hanya memerlukan waktu perjalanan kurang lebih 5 menit saja. Sehingga, letaknya tersebut memang tergolong sangat strategis serta mudah untuk ditemukan.

Untuk Anda yang ingin datang ke taman tersebut, maka dapat dengan mengikuti jalur yang menuju ke Bondowoso, lalu menuju ke Desa Wanurejo. Nah, sesudah tiba di Desa Wanurejo tersebut Anda akan melihat sebuah papan petunjuk mengenai rute menuju ke Balkondes. Untuk itu, ikuti saja papan petunjuk tersebut sampai nantinya melihat papan petunjuk guna memasuki taman mobil yang Anda tuju.

Apabila Anda masih bingung, maka dapat memakai aplikasi google maps yang tersedia di smartphone. Akan tetapi, sesudah tiba di jalanan arah ke Balkondes, maka disarankan untuk tanya saja kepada orang-orang sekitar sebab nantinya dapat nyasar atau tersesat ke jalur kecil.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Junkyard Autopark
Image Credit: Google Maps Helmi Setyo Nugroho /13

Jika membicarakan mengenai harga tiket untuk masuk ke Junkyard Autopark, maka pengunjung patut senang. Hal tersebut karena harga tiket yang dikenakan kepada setiap pengunjung tergolong cukup terjangkau. Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar 15 ribu rupiah saja untuk satu orang.

Dengan tiket masuk yang terjangkau tersebut, tentu saja Anda telah dapat memakai seluruh fasilitas serta berbagai spot foto yang terdapat di sana dan tanpa adanya biaya tambahan lagi. Sementara, untuk tarif parkir kendaraan di sana pun terbilang murah. Untuk kendaraan pribadi berupa mobil yaitu sebesar 5 ribu rupiah dan motor sebesar 2 ribu rupiah saja.

Anda dapat datang ke lokasi tempat wisata ini setiap hari yang dimulai dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore. Bagi Anda yang datang ketika siang hari maka tidak perlu cemas karena lokasi tersebut memiliki pendopo dan pepohonan rindang yang boleh digunakan sebagai tempat bersantai dan berteduh. Walaupun siang hari, akan tetapi udara yang ada di sana tetaplah segar sebab terletak di area sawah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Junkyard Autopark

Aktivitas di Junkyard Autopark
Image Credit: Google Maps Denias Susanto

1. Menikmati Wahana Kora-Kora

Di sana terdapat salah satu wahana permainan seru yaitu wahana kora-kora ataupun sering pula disebut dengan perahu ayun. Pasalnya wahana tersebut memiliki bentuk seperti perahu yang sangat besar serta berayun-ayun ke belakang dan depan secara cepat. Untuk pengunjung yang ingin menikmati wahana ini maka harus menyiapkan keberanian terlebih dahulu karena wahana ini tergolong cukup menegangkan.

2. Mencoba Wahana Ontang-Anting

Kegiatan menarik berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Junkyard Autopark Magelang yaitu mencoba wahana permainan bernama ontang-anting. Wahana yang satu ini juga tidak kalah menegangkan dengan wahana kora-kora. Ontang-anting tersebut layaknya kursi yang diterbangkan di udara.

Wahana ini akan menawarkan sensasi kepada Anda untuk berada pada ketinggian, kemudian diputar-putar di udara. Meski demikian, wahana ontang-anting tersebut tidak tergolong terlalu ekstrim. Ketika bergerak di ketinggian, pengunjung akan mendengarkan suara “ting ting ting”. Hal itu tentu saja sangat menakjubkan, unik, dan tentu saja seru bagi Anda yang mencobanya.

3. Melihat Spot Rumah Miring

Di tempat ini ada spot beruma rumah yang dibangun secara miring. Pastinya hal tersebut sangat unik dan menarik untuk dikunjungi. Dengan melihat rumah miring ini, maka bisa jadi menjadi pengalaman yang belum pernah dialami sebelumnya.

Aktivitas Menarik di Junkyard Autopark
Image Credit: Instagram dini s wijaya

4. Menyelenggarakan Resepsi Pernikahan

Selain melakukan sesi pre-wedding, Junkyard Autopark ini juga menjadi tempat wisata yang bisa Anda sewa untuk menyelenggarakan berbagai acara besar, salah satunya resepsi pernikahan. Pastinya acara resepsi pernikahan yang diadakan di tempat ini akan terlihat bagus dan berbeda dengan resepsi pernikahan yang sudah pasaran.

5. Bermain Ayunan

Bagi pengunjung yang mengajak anak kecil, maka bisa diajak untuk bermain ayunan yang telah disediakan di sana saja. Pasalnya, apabila diajak untuk menaiki beberapa wahana seperti kora-kora dan ontang-anting, tentu saja masih sangat berbahaya untuk mereka. Oleh karena itu, ayunan menjadi salah satu wahana bermain yang menyenangkan dan aman untuk anak kecil.

Menariknya, ayunan yang ada di Junkyard Autopark tidak seperti ayunan pada umumnya. Hal itu karena ayunan tersebut terbuat dari bodi mobil rongsokan. Sehingga, bentuknya pun tidak biasa tetapi tetap terlihat bagus dan menarik. selain itu, dikarenakan terbuat dari bodi mobil, maka ayunan di sana tergolong sangat kuat dan kokoh.

6. Study Tour

Kegiatan menarik lain yang bisa dilakukan oleh pengunjung yaitu melakukan study tour. Kegiatan ini umumnya dilakukan oleh rombongan pengunjung yang berasal dari luar kota atau daerah. Misalnya saja rombongan anak sekolah yang berlibur sekaligus mempelajari berbagai jenis mobil yang dikoleksi oleh tempat wisata tersebut.

Dengan begitu, bukan hanya menghabiskan waktu untuk sekadar menikmati liburan saja, melainkan juga untuk menambah wawasan mengenai otomotif. Anda dapat meminta izin dan berkoordinasi terlebih dahulu kepada pihak pengelola wisata sebelum melakukan kegiatan study tour ini. Sehingga, kegiatan tersebut bisa berjalan secara lancar dan sesuai dengan rencana Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Junkyard Autopark
Image Credit: Instagram Junkyard Auto Park and Cafe

Untuk fasilitas yang terdapat di Junkyard Autopark terbilang lengkap, mulai dari lahan parkir luas, beberapa kursi kayu, spot foto, serta gazebo sebagai tempat untuk nongkrong. Bukan hanya itu saja, tempat wisata ini juga menyediakan beraneka menu kuliner layaknya restoran atau café pada umumnya. Menu yang ditawarkan juga tergolong lezat dan pastinya akan menggoyangkan lidah Anda.

Menu kuliner yang lengkap sekali antara lain seperti ikan goreng, ayam bakar, ikan bakar, nasi goreng, dan lain sebagainya. Selain menu makanan yang berat, disediakan pula menu makanan yang ringan antara lain seperti pisang, roti bakar, serta beraneka menu minuman seperti teh, es cokelat, dan kopi. Dengan adanya ini, maka pengunjung dapat bersantai sembari menikmati berbagai menu tersebut.

Fasilitas berupa toilet pun tidak ketinggalan juga sudah disediakan di tempat wisata ini. Sehingga, pengunjung tidak perlu keluar dari area tersebut apabila ingin buang air kecil. Jangan khawatir karena kondisi dari toilet yang ada di sana terbilang cukup bersih dan rapi. Pasalnya, seluruh fasilitas yang tersedia di sana cukup diperhatikan kelayakannya oleh pihak pengelola wisata.

Demikianlah berbagai macam hal yang ada kaitannya dengan Junkyard Autopark di Magelang yang sangat indah dan unik. Jika bertandang ke Magelang, maka jangan sampai membuang kesempatan untuk berkunjung dan menikmati waktu berlibur di tempat tersebut. Di sana Anda dapat menciptakan kenangan serta pengalaman seru dan menyenangkan bersama dengan orang tersayang.