Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 05.00–23.00 WIB, Alamat: Dadapan, Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Silancur Highland merupakan salah satu destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi oleh masyarakat di Magelang, Jawa Tengah. Destinasi ini tidak hanya menyuguhkan panoramanya yang begitu indah, namun juga berbagai aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan di dalamnya. Inilah yang membuat kalangan anak muda pecinta alam sering berkunjung ke destinasi yang satu ini.

Sama seperti wisata alam lainnya, destinasi ini menawarkan Anda sebuah panorama terbaik dari matahari terbit ataupun terbenam. Selain itu, wilayahnya yang luas juga dipenuhi dengan berbagai jenis bunga cantik dan menarik. Sehingga Anda dapat merasakan mendaki dengan pemandangan indah di setiap perjalanannya.

Kebanyakan wisatawan datang ke Silancur Highland untuk melakukan pemotretan di sekitarnya yang akan menghasilkan foto dengan kualitas latar terbaik. Bahkan, jika Anda membagikan foto pemandangannya di sosial media, akan membuat destinasi ini semakin terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Daya Tarik yang Dimiliki Silancur Highland

Daya Tarik Dimiliki Silancur Highland
Image Credit: Instagram Rudiyanto ( Oeding )

1. Panorama Sunset yang Indah

Silancur Highland merupakan salah satu destinasi wisata alam di Jawa Tengah yang menghadirkan banyak keindahan di dalamnya. Salah satunya yaitu panorama sunset yang sangat mempesona. Anda dapat melihat momen golden sunrise yang sangat disukai oleh kalangan wisatawan. Jangan lupa untuk mengabadikannya menjadi sebuah foto dengan kenangan terbaik.

Selain itu, Anda juga dapat melihat keindahan cahaya matahari saat terbit dari tiga gunung yang berada di sekelilingnya. Biasanya para wisatawan akan berkumpul untuk melihat panorama sunrise ini sambil mengambil video ataupun foto. Dari lokasi wisata ini, Anda dapat melihat cahaya matahari dengan jelas dan terang.

2. Perkebunan Bunga

Keindahan lain yang dimiliki oleh Silancur Highland yaitu adanya perkebunan bunga di sekitar gunung tersebut. Untuk melihat berbagai jenis bunga, Anda harus datang ke sebuah lokasi bernama Desa Mangli di sekitar destinasi wisata ini. Bunga-bunga cantik yang dipadukan dengan pesona langit di dalamnya juga dapat digunakan sebagai latar belakang foto menarik.

Sebenarnya bunga yang terdapat di sebuah desa dalam destinasi wisata ini merupakan tumbuhan biasa. Namun, karena dirawat dengan baik dan sistem penanamannya tepat, maka dijadikan spot foto yang sangat disukai oleh para wisatawan. Selain bunga, juga terdapat kumpulan tanaman lainnya yang ditata dengan rapi dalam destinasi wisata tersebut.

Daya Tarik Silancur Highland
Image Credit: Twitter Dolan Yok

3. Melihat Pemandangan Lima Gunung Sekaligus

Dengan berkemah di wisata alam bernama Silancur Highland ini, tentu saja Anda akan melihat keindahan lima gunung sekaligus di dalamnya. Keindahan cahaya matahari dengan awan tebal serta pemandangan lima gunung ini membuatnya seperti lukisan yang menakjubkan. Tentu saja Anda ingin tetap berada di lokasi wisata tersebut, bahkan berkemah dalam waktu yang cukup lama.

Lima gunung yang berada di sekeliling destinasi wisata ini yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Andong, serta Telemoyo. Untuk yang paling dekat dengan destinasi wisata ini hanyalah Gunung Sumbing saja. Namun, keindahan lima gunung akan terlihat ketika matahari terbit walaupun dengan jarak yang cukup jauh dari setiap lokasinya.

4. Terdapat Lokasi Kemah dan Rumah Hobbit

Perlu Anda ketahui bahwa destinasi wisata ini menghadirkan sebuah lokasi untuk berkemah di dalamnya. Inilah hal yang membuat wisatawan semakin tertarik dimana Anda dapat berkemah selama satu minggu lamanya sambil melihat pemandangan indah setiap saatnya. Anda hanya perlu meminta izin untuk menggunakan salah satu lahan luas di destinasi wisata tersebut.

Selain itu, destinasi wisata yang satu ini juga memiliki sebuah Rumah Hobbit di dalamnya. Dengan adanya lokasi ini, Anda dapat mengetahui jenis rumah manusia kerdil yang lucu dan unik tersebut. Anda pun tidak perlu jauh-jauh berwisata ke beberapa negara barat untuk melihat rumah tersebut. Cukup berkunjung ke lokasi ini saja sudah dapat menyaksikan desain Rumah Hobbit ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Silancur Highland
Image Credit: Google Maps Arif

Silancur Highland sendiri berlokasi di Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Destinasi wisata alam ini tepatnya berada di daerah Dadapan, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliangkrik. Cara menuju destinasi wisata ini akan lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi untuk masuk ke dalamnya. Hal ini dikarenakan rute menuju lokasi tersebut masuk ke dalam pegunungan.

Untuk rutenya sendiri, jika berasal dari pusat Kota Magelang, Anda harus mengemudikan kendaraan ke wilayah Alun-alun. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju arah barat ke daerah Bandongan. Hentikan mobil terlebih dahulu di area Pasar daerah Bandongan. Kemudian Anda hanya perlu menjalankan mobil dengan lurus menuju arah Tanoboyo, kemudian Kalegen.

Setelah itu, Anda akan menemukan pertigaan dan arahkan kendaraan ke tujuan daerah Mangli. Anda hanya perlu menjalankan kendaraan sepanjang Desa Mangli hingga menemukan dua kali perempatan. Dalam kedua perempatan tersebut, Anda hanya perlu mengambil arah lurus saja hingga menemukan papan sebagai tanda dari lokasi wisata ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Slancur Highland
Image Credit: Twitter site_wix

Untuk dapat menikmati Silancur Highland ini, Anda hanya perlu membayar biaya tiket sebesar 15.000 rupiah saja bagi setiap orangnya. Biaya masuk ini benar-benar tergolong murah dimana Anda dapat menikmati berbagai keindahan alam di dalamnya. Anda hanya memerlukan biaya transportasi saja karena disarankan untuk memakai kendaraan pribadi.

Destinasi wisata yang satu ini juga dibuka setiap harinya, namun tidak dalam waktu 24 jam. Jam Operasionalnya sendiri yakni dimulai dari pukul 05.00 pagi hingga 23.00 malam. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tersedia fasilitas kemah yang mengizinkan Anda untuk bermalam di destinasi wisata ini dan menjadikan liburan lebih memuaskan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Silancur Highland

Aktivitas di Silancur Highland
Image Credit: Google Maps Deny Yudanto

1. Menikmati Sunrise dan Sunset

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, destinasi wisata alam yang satu ini memiliki panorama terbaik dalam sunrise dan sunsetnya. Anda bahkan dapat melihat kedua panorama tersebut sambil duduk santai di bangku yang telah tersedia. Hal tersebut dikarenakan destinasi ini menyediakan lokasi papan kayu dengan dua kursi yang menghadap langsung ke arah gunung.

Selain itu, Anda juga dapat memanjakan mata dengan pesona awan dan langit diatas destinasi wisata ini. Hal ini dikarenakan pemandangan yang diberikan sangat menakjubkan dan membuat para wisatawan ingin segera berkunjung untuk merasakan sensasi tersebut. Anda juga dapat menikmati keindahan matahari terbit sambil minum teh hangat disana.

2. Kegiatan Berkemah

Kegiatan utama yang dapat dilakukan di lokasi wisata ini yakni berkemah bersama rombongan teman yang sangat seru dan menyenangkan. Kegiatan berkemah ini tentunya memberikan pengalaman liburan yang jauh lebih berkesan dan bermanfaat. Pastikan bahwa Anda membawa perbekalan yang cukup ketika akan berkemah di destinasi wisata ini.

Untuk berkemah di Silancur Highland, Anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada pihak panitia ataupun masyarakat setempat di daerah tersebut. Pastikan pula bahwa Anda tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan selama kegiatan kemah berlangsung. Jagalah kebersihan destinasi wisata ini agar semakin terkenal di kalangan wisatawan.

3. Menikmati Keindahan Kota di Malam Hari

Ketika berkemah, Anda dapat menikmati keindahan alam tersebut tidak hanya pada pagi sampai siang saja, namun juga di malam hari. Anda dapat melihat keindahan Kota Magelang secara keseluruhan dari dataran tinggi yang satu ini. Banyaknya lampu rumah yang menghiasi kota dapat Anda abadikan dengan melakukan pemotretan di malam harinya.

Namun, Anda juga tidak perlu khawatir meskipun tidak dapat berkemah di destinasi wisata ini. Anda masih dapat merasakan keindahan tersebut karena destinasi ini akan ditutup pada pukul sebelas malam. Jadi, Anda dapat berkunjung dari sore hingga malam hari untuk melihat sunset dan pemandangan kota yang memukau.

Aktivitas Menarik di Silancur Highland
Image Credit: Google Maps Mentek adhen

4. Berfoto

Kegiatan menarik lainnya dari destinasi wisata Silancur Highland ini yaitu berfoto di berbagai lokasi favorit. Seperti yang diketahui, kalangan anak muda tidak pernah melewatkan kegiatan berfoto ini setiap melakukan wisata, terlebih lagi jika mengunjungi destinasi yang satu ini. Anda dapat berfoto dengan berbagai background yang sangat keren dan mempesona.

Anda juga akan memiliki banyak koleksi foto terbaik setelah berkunjung ke destinasi ini. Hal tersebut dikarenakan destinasi ini memiliki banyak keindahan baik itu sunrise, sunset, taman bunga, rumah hobbit, serta spot foto lainnya. Fasilitas spot foto tersebut menjamin Anda akan merasa nyaman dan tidak menyesal selama berlibur disini.

5. Mengunjungi Taman Bunga

Destinasi Silancur Highland ini juga memiliki taman bunga yang sangat menarik di dalamnya. Berbagai jenis bunga ditanam dengan sangat rapi sehingga menjadi bagian dari spot foto terbaik di dalamnya. Terdapat pula banyak pepohonan tinggi yang semakin membuat destinasi ini terasa lebih sejuk dan tenang.

Destinasi ini juga sangat cocok dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menenangkan diri dari ramainya suasana perkotaan. Anda juga dapat menjernihkan otak setelah lelahnya beraktivitas. Menyaksikan keindahan bunga dengan suasana tenang serta pemandangan yang menakjubkan merupakan aktivitas favorit bagi para wisatawan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Silancur Highland
Image Credit: Google Maps Princess Dana

Silancur Highland sendiri memiliki berbagai fasilitas memadai di dalamnya yang dapat membuat liburan semakin nyaman. Fasilitas tersebut diantaranya yaitu Gazebo yang digunakan untuk bersantai bersama rombongan teman ketika berlibur di dalamnya. Anda dapat menikmati hembusan angin segar sambil menikmati pemandangan indah dari gazebo tersebut.

Selain itu, terdapat fasilitas Camping Ground yang memudahkan Anda ketika ingin berkemah di destinasi wisata ini. Anda tidak perlu lagi membawa banyak barang ketika ingin berkemah karena sudah tersedia fasilitas camping yang cukup lengkap. Fasilitas tersebut juga memudahkan Anda yang ingin berlibur dalam jangka waktu yang cukup lama.

Destinasi wisata ini juga memiliki fasilitas umum lainnya seperti Mushola dan Toilet yang sangat nyaman dan bersih untuk para wisatawan. Terdapat pula area parkir yang cukup luas dan aman untuk menyimpan kendaraan Anda selama berhari-hari. Anda pun dapat lebih nyaman ketika berlibur dengan segala fasilitas yang ada disini.

Itulah beberapa penjelasan dari berbagai keindahan alam, fasilitas, biaya, rute, hingga aktivitas di destinasi wisata Silancur Highland ini. Tentu saja Anda wajib mencoba keindahan alam ini jika sedang berada di Kota Magelang dan sekitarnya. Anda juga dapat merencanakan liburan bersama keluarga yang lebih menyenangkan dan berkesan di dalamnya.