Kebun Binatang Surabaya salah satu kebun binatang yang populer dan terlengkap di Asia Tenggara yang menarik untuk dijelajahi. Destinasi wisata dan edukasi ini didiami 211 spesies satwa, mulai satwa langka Indonesia hingga dunia.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Setail No.1, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Ingin rekreasi bersama keluarga? Kebun Binatang Surabaya adalah pilihan tempat berlibur yang bagus dan mencerdaskan. Dimana lokasi wisata ini menerapkan tema edukasi. Anda bisa datang berlibur bersama anak-anak dan mengajarkan banyak hal dan pengalaman seru bersama.

Tema edukasi ini dapat mengenalkan kepada pengunjung beberapa jenis hewan, koleksi bunga-bunga dan berbagai macam pohon yang ada di tanam sekitar tempat wisata. Lingkungan sekitar tempat wisata juga cukup bersih, rapi dan aman. Membuat para pengunjung nyaman saat berkeliling.

Tempat wisata ini adalah salah kebun binatang yang dikategorikan sebagai Kebun Binatang terbesar se Asia tenggara. Lokasinya yang cukup mudah untuk dijangkau karena berapa di tugu Suroboyo di Kota Surabaya. Kebun Binatang Terbesar tersebut sangat terkenal dan selalu ramai. Terdapat banyak koleksi yang ada di tempat tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Binatang Surabaya

Daya Tarik Kebun Binatang Surabaya
Image Credit: Google Maps (Anindya Azizah Rahma)

1. Kebun Binatang yang Memiliki Koleksi 2000 Hewan

Di lokasi wisata edukasi ini Anda dapat menyaksikan berbagai jenis hewan secara langsung. Seperti misalkan ada penangkaran hewan mamalia. Ada Dunia Aves, Ada jerapah, ada reptil, aquarium, dan banyak lainnya.

Adanya pameran hewan di kebun ini menjadi daya tarik tersendiri untuk tempat wisata tersebut. dimana lokasi kebun Binatang itu memiliki kurang lebih 351 jenis peliharaan. Di lokasi itu juga terdapat sekitar 2000 hewan yang dimana sebagian dari hewan tersebut keberadaannya hampir punah di Indonesia.

Ada peliharaan simpanse, orangutan, bekantan dan babon. Ada Jerapah, Kuda, unta, Kudanil, Komodo, Tapir, Rusa, Babi, dan Anoa dan beberapa jenis aves. Anda juga dapat menemukan Aquarium yang menyimpan ikan air tawar dan ikan air laut.

2. Banyak Pilihan Wahana Bermain

Selain zoo, di wisata Kebun Binatang Surabaya juga terdapat taman yang disediakan untuk pengunjung. Ada tempat bermain yang menyediakan banyak pilihan wahana bermain.

Seperti Kereta Onta, tunggang Onta, tunggang Gajah, Animal Edutainment, Breakfast with Elephant, Kolam renang anak. Ada juga beberapa pilihan menarik untuk outbond seperti Flying Fox, Wisata Perahu, Bom-Bom Car, Bungee Trampoline dan pilihan outbonda lainnya yang seru dan menarik.

Daya Tarik Kebun Binatang
Image Credit: Google Maps (Agustina Indah)

3. Banyak Spot Foto Unik dan Kece

Dengan membayar hanya Rp. 15.000 Anda sudah bisa berfoto di banyak lokasi. Setiap tempat di Kebun Binatang ini memiliki tatanan yang rapi dan menarik. Sehingga Anda bisa mengambil foto dari tempat manapun. Karena semua lokasi dan sudut area ini sangat bagus untuk berfoto.

Misalkan di tugu legendaris Surabaya. Kemudian di sudut-sudut taman. Ada patung komodo raksasa, Selain itu Anda bisa berfoto dengan berlatarkan rumah penangkaran hewan yang ada di Kebun Binatang.

Ada spot foto yang sengaja dibuat untuk berfoto dan berselfi. Seperti mata air cinta, ada taman cinta dan taman selfi. Tempat-tempat tersebut sengaja dibuat oleh para pengelola kebun untuk kepuasan berfoto para pengunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata Kebun Binatang

Alamat Wisata Kebun Binatang
Image Credit: Instagram.com @ratnaayu05

Alamat yang bisa Anda tuju untuk bisa sampai ke lokasi wisata ini yaitu Darmo Wonokromo di jalan Setail nomor 1 Surabaya. Jalur menuju tempat liburan edukasi itu yaitu jika berada di Kota Malang, lewati jalan tol Surabaya. Kemudian dari tol Waru, ikuti jalan menuju Waru.

Lurus saja sampai menemukan Mall City of Tomorrow. Kemudian setelah itu ikuti jalur menuju Kota Surabaya. Ikuti papan petunjuk di pinggir jalan menuju Terminal kemudian tidak jauh Anda akan menemukan Kebun Binatang Surabaya di sebelah kiri jalan.

Anda bisa dengan mudah menemukan keberaan tempat wisata ini jika berkendara sendiri. Namun jika khawatir salah jalan, Anda bisa menggunakan transportasi umum. Anda bisa menggunakan angkot atau bus Kota. Karena lokasi yang strategis, semua transportasi bisa melewati jalan ini.

Jika ingin berkunjung pada weekdays, disarankan untuk datang pukul 8 pagi, karena jam buka saat weekdays sedikit lebih lambat. Kebun Binatang ini tutup pada pukul 4 sore. Sedangkan pada weekend wisata tersebut buka pada pukul 7.30 pagi dan tutup pada pukul 4.30 sore.

Harga Tiket Masuk Wisata Kebun Binatang Surabaya

Harga Tiket Kebun Binatang Surabaya
Image Credit: Google Maps (Kebun Binatang Surabaya)

Setiap orang yang ingin mengunjungi Kebun Raya maka harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk yang diterapkan untuk setiap orang yaitu Rp 15.000 saja. Anda bisa berkeliling sepuasnya di dalam kebun dengan membayar sejumlah uang tersebut.

Untuk anak-anak di bawah umur tidak akan dikenakan tiket masuk. Namun saat bermain dan menggunakan wahana bermain di taman bermain, setiap anak akan dikenakan tarif yang berbeda-beda sesuai dengan jenis permainannya.

Untuk wahana bermain seperti mandi di kolam renang, naik perahu, outbond, bom-bom car, flying fox dan pilihan outbond lainnya. Anak-anak akan dikenakan tarif berbeda di setiap permainan tersebut.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kebun Binatang

Aktivitas di Kebun Binatang
Image Credit: Instagram.com @lubnaghalin

1. Jalan-Jalan di Sekitar Dunia Mamalia

Kebun Binatang Surabaya ini memiliki koleksi hewan yang banyak. Salah satu koleksi terbanyak yaitu ada di Dunia Mamalia. Ada beraneka jenis hewan yang bisa Anda saksikan. Seperti Kuda nil, harimau, jerapah, orang utan, anoa dan mamalia kecil dan besar lainnya.

Anda bisa menyaksikan hewan-hewan tersebut secara langsung dan dari jarak yang dekat. Jika Anda ingin menambah pembayaran sebesar Rp 10.000 Anda bisa ikut memberikan makan pada hewan-hewan yang ada di sekitar lokasi bersama zoo keeper.

2. Mengunjungi Penangkaran Aves

Lokasi penangkaran Aves di Kebun Binatang Surabaya diisi dengan berbagai jenis Burung. Selain burung endemik yang berasal langsung dari Indonesia, Anda juga melihat beberapa jenis burung yang berasal dari belahan dunia lainnya.

Di lokasi penangkaran itu, burung-burung dibuatkan tempat tinggal seperti habitat aslinya. Sehingga tidak perlu khawatir untuk mengalami kematian atau lainnya.

Di Dunia Aves ini terdapat beberapa burung yaitu ada burung Beo, burung Pelikan, Burung Jalak, Burung hantu. Selain itu masih banyak jenis burung lainnya yang memiliki warna yang cantik dan indah.

3. Menyaksikan Reptil Diberikan Makan

Di rumah Reptil ini ada beberapa spesies hewan yang dipelihara. Ada berbagai jenis ular, salah satunya ular piton adalah ular yang sering dilihat. Ada komodo, buaya dan jenis reptil lainnya.

Pada pukul 1 siang, Anda dapat menyaksikan kegiatan menarik untuk dilihat. Yaitu saatnya para komodo ini diberikan makan oleh penjaga. Jam tersebut para komodo akan berebutan makan secara beringas.

4. Belajar di Kawasan Kids Zoo

Kebun Binatang ini khusus untuk untuk anak-anak. Dimana di lokasi itu terdapat hewan jinak dan hewan kecil yang bisa dijadikan bahan edukasi untuk anak sekolah yng berkunjung. Kegiatan tersebut dapat menambah wawasan dan pengalaman baru dan seru untuk anak-anak.

Kegiatan menarik dilakukan di lokasi ini yaitu anak-anak dapat memegang dan menggendong langsung hewan-hewan jinak yang ada di kawasan ini. Anak-anak juga dapat diajarkan beberapa cara hidup dari hewan tersebut. Misalkan mengetahui jenis makanan atau tempat hidup hewan.

5. Berfoto di Akuarium Terbesar di Kebun Raya

Selain berfoto dengan latar kandang hewan di beberapa jenis hewan, yang paling unik adalah berfoto di belakang Akuarium besar di Kebun Binatang ini. Ada akuarium dengan ikan air tawar dan ikan air laut.

Anda bisa menyaksikan berbagai jenis ikan laut yang berwarna warni indah dan lucu. Berfoto dengan latar akuarium ini juga akan menjadikan foto Anda cantik dan kece.

Aktivitas Kebun Binatang
Image Credit: Instagram.com @clara_paramita

6. Animal Edutainment

Kegiatan animal edutainment tersebut biasanya dilakukan pada weekend atau hari libur tanggal merah saja. Dimana para hewan-hewan melakukan atraksi seru yang dapat menambah keseruan bagi para pengunjung.

Selain atraksi para zoo keeper biasanya juga menarik perhatian pengunjung dengan melakukan pemberian makanan di kandang hewan-hewan tersebut. Kegiatan itu diberikan nama feeding time.

Misalkan pada hewan pemakan daging atau karnivora. Dimana pertunjukan ini dikhususkan bagi hewan-hewan tertentu. Seperti Komodo, Buaya, Bintorung, Beruang Madu, Pecuk Padi Hitam, pelikan, dan Harimau Benggala.

7. Mengunjungi Perpustakaan di Kebun Binatang

Perpustakaan di Kebun Binatang ini dibuat seolah-olah Anda sedang berada di tengah hutan belantara. Suasana dan kondisinya dibuat sangat mirip. Desain dinding perpustakaan yang unik sangat menarik untuk lokasi membaca bagi anak-anak.

Selain itu, rak-rak tempat menyimpan buku juga dibuat seperti pepohonan dan dibuat dengan bentuk hewan, terlihat sangat kece. Lantai perpustakaan juga sengaja menggunakan rumput buatan.

Buku-buku yang disediakan di perpustakaan yaitu banyak membahas tentang hewan-hewan. Terdapat sekitar 1.500 lebih buku yang terkoleksi. Ada buku tentang fauna dan flora dan lainnya.

8. Mengusuri Sungai dengan Perahu

Di area Kebun Binatang itu terdapat aliran sungai yang dijadikan tempat berwisata juga oleh pihak pengelola. Anda bisa menaiki perahu sederhana yang bisa membawa Anda untuk berkeliling.

Anda bisa memesan perahu dengan penumpang banyak atau perahu yang penumpangnya sedikit. Menyusuri sungai ini adalah kegiatan favorit yang sering dilakukan bagi para pengunjung. Terutama bagi rombongan anak sekolah yang datang untuk wisata edukasi.

9. Jalan Pintas untuk Menyaksikan Semua Isi Kebun Binatang

Di lokasi kebun Binatang disediakan sebuah jembatan. Jembatan tersebut adalah jembatan pantau. Jembatan ini dapat menghubungkan keberadaan semua kadang hewan yang ada di lokasi luas tersebut.

Bagi para pengunjung yang tidak ingin berkeliling jauh dan lelah, dapat menggunakan jembatan tersebut untuk menyaksikan semua koleksi hewan yang ada di Kebun Binatang itu dari ketinggian jembatan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Kebun Binatang Surabaya

Fasilitas Kebun Binatang Surabaya
Image Credit: Instagram.com @salmanlf

Fasilitas yang disediakan di lokasi wisata tersebut sudah cukup lengkap. Demi untuk kenyamanan dari setiap pengunjung yang datang. Beberapa fasilitasnya yaitu tempat parkir luas, toilet dan mushola, ada bangku-bangku tempat istirahat.

Ada beberapa sudut yang disiapkan untuk spot berfoto. Ada restoran, tempat makan yang menjual makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Kemudian tidak lupa juga disediakan tempat sampah. Fasilitas terbaru yang tersedia di lokasi ini adalah jalur jogging bagi pengunjung yang ingin olahraga.

Itulah ulasan singkat tentang Kebun Binatang Surabaya yang menjadi tempat wisata edukasi terbesar dan cukup menarik. Anda bisa datang rekreasi, berlibur dan belajar bersama anak-anak ke kebun binatang ini.