Harga Tiket: Rp 40.000, Jam Operasional: 08.00–18.00 WIB, Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kebun binatang masih menjadi salah satu tempat rekreasi yang menarik, terutama bagi anak-anak. Di Bandung Jawa Barat, tepatnya di Lembang, terdapat lokasi wisata yang bernama Lembang Park & Zoo. Sesuai namanya, spot wisata tersebut berupa kebun binatang dengan koleksi aneka macam hewan. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 550 jenis hewan, mulai yang jinak hingga buas.

Lokasi wisata yang berada di Jalan Kolonel Masturi Nomor 171 ini sebenarnya sudah dibuka sejak 2019 lalu, dengan tarif percobaan sebesar 35.000 rupiah. Menariknya, pengunjung bisa membayar atau membeli tiket masuk dengan menggunakan kartu kredit maupun kartu debit. Jadi tidak perlu repot mencari ATM terlebih dahulu jika anda tidak membawa uang tunai.

Daya Tarik yang Dimiliki Lembang Park & Zoo

Daya Tarik Lembang Park & Zoo
Image Credit: Google Maps Lembang Park & Zoo

Termasuk dari kebun binatang, daya tarik utama Lembang Park & Zoo tentunya dari koleksi binatang yang dapat digunakan sebagai sarana edukasi kepada anak. Bagi anak, belajar sambil bermain tentu mudah diterima dan dipahami. Apalagi jika konsep yang digunakan hampir mirip dengan habitat aslinya. Sebut saja monyet yang diberikan banyak pepohonan dan kolam kecil, mirip seperti ketika di hutan.

Daya tarik selanjutnya yaitu dari lokasi keberadaannya, dimana dikelilingi area perbukitan dengan udara yang masih alami. Hawa sejuk dapat menghilangkan sedikit penat oleh aktivitas sehari-hari. Udara yang jauh dari polusi bisa membuat organ tubuh anda sedikit istirahat menyaring racun yang biasanya berada di Kota.

Masih berhubungan dengan lokasi, pemandangan yang disediakan juga tidak kalah menarik perhatian. Melihat lokasi sekeliling, pandangan mata tidak bisa jauh dari pepohonan rindang dan kontur perbukitan alami. Apalagi jika posisi tepatnya berada di kaki gunung, dimana kesan eksotis dapat anda rasakan seketika.

Konsep bangunan yang dibuat bisa menjadi daya tarik tambahan. Mengusung perpaduan antara klasik dan modern dari gaya eropa, Lembang Park & Zoo bisa anda jadikan daftar utama untuk lokasi wisata yang patut dikunjungi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Lembang Par Zoo
Image Credit: Google Maps josua yabes

Apapun kendaran yang akan dan gunakan nantinya, baik angkutan umum maupun pribadi, akhir tujuannya beralamat di Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Banyak rute yang bisa anda ambil, tergantung dari posisi awal. Dari pusat Bandung, jarak yang ditempuh sekitar 15km dengan waktu sekitar 30 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Ambil titik dari alun-alun kota Bandung, kemudian anda lewat Jalan HOS Tjokoroaminoto. Lanjutkan perjalanan ke Jalan Sukajadi hingga menuju Jalan Sersan Bajuri. Dari lokasi terakhir tersebut, silahkan cari Jalan Kolonel Masturi yang berada tidak jauh dari sana. Lokasi Lembang Park & Zoo berada di sebelah kanan menurut rute yang anda ambil tadi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Lembang Park Zoo
Image Credit: Google Maps RIRI DESIANDA

Tidak bisa dikatakan murah ataupun mahal, harga tiket masuk satu orang yaitu 40.000 rupiah untuk hari Senin – Jumat. Hari Sabtu dan Minggu, serta hari libur nasional sebesar 60.000 rupiah. Anak-anak dibawah usia 3 tahun bisa langsung masuk tanpa membeli tiket, alias gratis.

Harga diatas sewaktu-waktu bisa berubah dan hanya digunakan sebagai tiket masuk lokasi kebun binatang. Artinya, anda harus mengeluarkan biaya lain jika menikmati fasilitas atau permainan yang ada di dalamnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Lembang Park & Zoo

Aktivitas di Lembang Park & Zoo
Image Credit: Google Maps Hubbi NM

Berbagai aktivitas sertu bisa anda lakukan ketika berada di lokasi wisata kebun binatang yang ada di Lembang ini. Memang lebih banyak untuk anak-anak, namun bukan berarti orang dewasa tidak bisa bersenang-senang di sana.

1. Melihat Parade Hewan

Bukan hanya melihat tingkah hewan lucu di habitat buatan dari kejauhan, ada juga parade hewan yang tidak boleh anda dan anak-anak lewatkan. Kebanyakan berupa binatang jenis unggas, yaitu burung. Anda bisa melihat berbagai macam burung unik yang mungkin belum pernah dilihat sebelumnya.

Dengan pawang yang bertugas, burung-burung tersebut menampilkan kelincahan, kelucuan, serta kecerdasan masing-masing. Sambil menonton, anda bisa memerikan edukasi kepada anak dengan cara memberikan penjelasan dari nama hewan yang ditampilkan.

Selain burung, ada juga gajah, dan juga hewan buas harimau. Tenang, adanya sang pawang menjadikan anda aman dari keganasan binatang tersebut. Apalagi sebelumnya sudah dilatih dan diberi makan, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

2. Mengunjungi Rabbit House

Terdapat rumah kelinci, dimana anak-anak bisa masuk dan berinteraksi langsung dengan puluhan dan bahkan ratusan kelinci. Bukan hanya melihat, namun bisa juga memberinya makan sesuai dengan makanan hewan mamalia tersebut.

Sebagaimana spot bermain anak lainnya, anda dikenakan biaya masuk sebesar 15.000 rupiah per orang. Sangat murah jika melihat manfaat yang akan didapatkan. Apalagi anda dan anak-anak bisa sepuasnya berada di sana.

3. Menunggangi Kuda Poni

Anak-anak pastinya senang jika bisa menaiki salah satu hewan, apalagi jenis kuda poni. Kudan lucu tersebut ukurannya cukup kecil dibandingkan dengan jenis kuda pada umumnya. Anak anda tidak akan kesulitan untuk menaikinya, apalagi ada petugas yang selalu berada di sisinya selama perjalanan mengeksplorasi sebagian tempat wisata tersebut.

Untuk satu anak berkeliling dengan kuda poni, anda cukup membayar biayai sebesar 25.000 rupiah. Apakah mahal? Tentu tidak jika dibandingkan dengan melihat keceriaan anak saat menaikinya.

4. Wahana Waterboom Mini

Adanya kolam renang atau waterboom mini melengkapi kegiatan menarik yang bisa anda lakukan di Lembang Park & Zoo. Kali ini, orang tua tidak bisa masuk atau berenang di dalamnya, karena khusus untuk anak. Walaupun kecil, namun permainannya cukup lumayan untuk menambah keseruan bermain anak. Sebut saja seluncur air dan pancuran mini layaknya air hujan turun dari langit.

Tidak mahal, hanya sebesar 15.000 rupiah untuk satu anak. Anda juga bisa masuk hanya sekedar mengawasi mereka. Bisa juga melihat dari kejauhan jika memang anak anda sudah cukup mandiri.

5. Menikmati alam dengan Aktivitas Playground

Aktivitas menarik selanjutnya yaitu bermain dengan alam di arena yang sudah disediakan. Manfaat playground cukup banyak, diantaranya mengajari anak untuk berinteraksi dengan sekitar, meningkatkan kemampuan sosial dan percaya diri, membangun imajinasi dan kreativitas DLL.

Dengan biaya Rp. 30.000, anak anda bisa menikmati papan seluncur, berjalan diatas jembatan goyang, memanjat tali dan juga bermain jungkat-jungkit. Tidak lupa juga adanya ayunan yang selalu ada di setiap arena Playground.

Aktivitas Menarik di Lembang Park & Zoo
Image Credit: Google Maps Arfan Nur Akbar

6. Serunya Berkendara Diatas Danau dengan Perahu Kayuh

Masih aktivitas yang berhubungan dengan anak, kali ini ada perahu kayuh. Biarkan anak anda menikmati keseruan mengayuh perahu diatas danau buatan. Lokasinya cukup luas, sehingga mereka bisa berputar-putar sesuai keinginan. Ada petugas yang mendampingi, atau jika perlu, silahkan meminta izin petugas untuk mendampingi putra dan putri anda.

Tiket yang harus dibayar sebesar 20.000 rupiah dengan durasi 20 menit. Jika waktunya habis, petugas akan memanggil mereka sesuai dengan nomor perahu yang dinaiki. Apabila belum puas, anda bisa mengambil antrean dari awal lagi, karena menambah durasi tidak diperbolehkan di wisata air yang satu ini.

7. Keliling Lokasi Kebun Binatang dengan E-Scooter

Serunya menaiki scooter di halaman rumah atau di jalanan masih kalah jauh dengan menaikinya di lokasi kebun binatang. Silahkan berkeliling di lokasi wisata Lembang Park & Zoo sesuai rute yang ditentukan.

Untuk menikmatinya, anda harus mengeluarkan uang sebesar 75.000 rupiah untuk E-scooter mini, dan 120.000 untuk E-scooter dengan ukuran biasa. Keduanya mempuyai durasi yang sama, yaitu 1 jam penuh.

8. Olahraga Panahan

Selain aktivitas yang berhubungan dengan hewan, kebun binatang yang berada di Lembang ini juga mempunyai arena panahan. Dengan tiket masuk antara 10.000 – 25.000 (tergantung hari), anda mendapatkan peralatan panah lengkap dengan 12 anak panah.

Seperti yang diketahui, olahraga panahan bisa melatih daya konsentrasi dan juga stabilitas tubuh. Setelah anda membidik dengan tepat, pastikan tubuh stabil agar tidak meleset. Tidak disarankan untuk anak dibawah umur, jadi silahkan anda nikmati sendiri.

9. Menikmati Café dengan Konsep Unik

Jika aktivitas diatas tadi seputar fasilitas permainan, kali ini cukup berbeda. Adanya Neko Cat Café menjadi pelengkap untuk menambah aktivitas menarik selama liburan di lokasi wisata yang juga mempunyai lokasi masih asri dan indah ini.

Dikatakan unik karena konsep yang diusung yaitu binatang paling menggemaskan yang mudah ditemui, yaitu kucing. Sebenarnya bukan hanya konsep, melainkan memang benar adanya kucing di lokasi café tersebut. jumlahnya cukup banyak, sehingga siapa pun bisa bermain sambil bersantai. Meskipun demikian, tidak disarankan bagi yang alergi bulu kucing ya!

Selain cafe tersebut, ada juga rumah makan atau restoran yang menyajikan menu andalan nusantara, terutama daerah Jawa Barat. Namanya juga unik, yaitu ‘Restoran Mari Makan’, anda bisa menyantap hidangan seperti sate, bakso, soto dan masih banyak lainnya.

10. Aktivitas Foto dengan Aneka Spot

Berwisata ke mana saja, termasuk Lembang Park & Zoo tentunya kurang lengkap jika tidak melakukan aktivitas fotografi. Bahkan kegiatan ini bisa dikatakan wajib untuk mengabadikan momen seru. Beraneka spot menarik bisa dijadikan background, seperti contoh berfoto dengan burung, ketika menaiki kuda poni, atau swafoto dengan latar belakang binatang buas.

Satu spot yang tidak boleh anda lewatkan dan juga termasuk favorit pengunjung kebun binatang ini yaitu Bird Aviary. Terdapat penangkaran atau kandang dengan bentuk mirip kubah, di atasnya bertengger banyak burung menarik dengan posisi dan gaya masing-masing. Meskipun bukan fotografer profesional, hasil jepretan tetap bagus dan menarik. Bukan karena kamera atau tukang fotonya, melainkan memang spot nya yang terlalu cantik dan instagramable.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Lembang Park Zoo
Image Credit: Google Maps Rifahmad

Meskipun tergolong baru, Lembang Park Zoo memiliki fasilitas lengkap dan tidak kalah dengan objek wisata lainnya. Tempt parkir, Mushola dan Toilet merupakan fasilitas wajib yang harus ada di setiap tempat wisata, termasuk kebun binatang yang satu ini.

Untuk fasilitas yang ada di dalam lokasi, anda bisa menggunakan kendaraan yang diberi nama ‘Kendaraan wara wiri’. Sesuai namanya, fungsinya sebagai kendaraan yang digunakan untuk mengeliingi area lokasi. Bisa jadi bermanfaat jika kebetulan anda selang lelah dan kehabisan tenaga.

Fasilitas lain juga ada, namun bukan termasuk fasilitas yang disediakan pihak pengelola, yaitu Money Changer. Tempatnya tidak jauh dari lokasi wisata, pastinya bukan untuk anda, melainkan untuk wisatawan asing yang membutuhkan uang rupiah.

Itulah pembahasan lengkap mengenai objek wisata Lembang Park & Zoo yang bisa kami sampaikan. Jika berminat dan segera ingin menuju lokasi, sebaiknya anda mulai persiapan dari sekarang. Jangan lupa untuk jaga kesehatan dan keselamatan selama perjalanan, karena keselamatan lebih penting daripada kesenangan.