Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Kampung Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Tidak terhitung berapa banyak objek wisata alam yang ada di Bandung, Jawa Tengah. Satu kategori wisata saja terhitung puluhan, misalnya air terjun. Kali ini kita membahas Curug Tilu Leuwi Opat, yakni sebuah tempat wisata yang menawarkan pesona alam lengkap berhiaskan pemandangan yang indah dan menakjubkan.

Objek wisata ini menempati Kampung Ciwangun yang didominasi oleh warga bermata pencaharian petani dan peternak. Dulunya hanya perkampungan biasa dan sepi pengunjung. Namun melihat potensi wisatanya yang mempesona, putra daerah bekerja sama dengan pemerintah untuk mengelola tempat tersebut.

Pada tahun 2006, terbentuklah sebuah komplek wisata yang menawarkan berbagai pesona. Nama Curug Tilu Leuwi Opat sendiri mengandung banyak arti di setiap katanya. Curug adalah air terjun, dan Tilu adalah Tiga. Sedangkan Leuwi tidak lain merupakan Sungai, dan Opat adalah Empat. Jadi, objek wisata kali ini menawarkan keindahan 3 curug dan 4 sungai.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Tilu Leuwi Opat

Daya Tarik Curug Tilu Leuwi Opat
Image Credit: Google Maps Sandro Purnama

Usaha yang dilakukan warga setempat dalam mewujudkan tempat wisata alam ternyata berhasil. Meski saat ini tidak terlalu banyak pengunjung, namun semakin hari jumlahnya selalu meningkat. Ini tidak lain dikarenakan daya tarik yang dimiliki, apalagi kalau bukan air terjun dan sungai yang telah disebutkan sebelumnya.

1. Tiga Curug Mempesona

Daya tarik Curug Tilu Leuwi Opat yang paling utama adalah dari ir terjun yang dimiliki. Dari ketiganya, masing-masing memiliki ciri khas dan karakteristik tersendiri. Ini membuat pengunjung tidak pernah merasa bosan meskipun harus mengunjungi semuanya. Jarak dari ketiganya pun tidak jauh, dan akses jalannya lumayan baik.

Curug Citulang adalah yang pertama dan layak dikunjungi paling pertama. Air terjun ini termasuk paling tinggi diantara lainnya dengan debit air lumayan deras. Air yang mengalir dari tebing langsung menuju kolam sehingga menciptakan suara deru yang membuat suasana liburan semakin ramai.

Setelah puas menikmati keindahan air terjun yang pertama, lanjut lagi ke rangkaian Curug Tilu Leuwi Opat selanjutnya. Kali ini bernama Curug Aseupan yang mungkin telah familiar di telinga. Bukan tanpa alasan kenapa nama ini digunakan, karena memang pada dasarnya bentuk air terjun mirip Aseupan atau tempat tutup nasi.

Panorama alam yang mengagumkan masih harus dilanjutkan dengan mengunjungi Curug Cilaki. Dari ketiga air terjun, tempat ini yang memiliki ketinggian paling rendah. Sebaliknya, curug ini pula yang memiliki ukuran paling lebar. Dengan aliran air yang lumayan deras, air yang mengalir membentuk mirip tirai putih yang sama-samar terlihat batu tebingnya.

2. Rangkaian Empat Sungai Eksotis

Selain memiliki tiga air terjun yang mempesona, Curug Tilu Leuwi Opat juga memiliki sungai sebagai daya tariknya. Tidak tanggung-tanggung, total ada empat sungai yang ada di sini. Semua sungai menarik dikunjungi, dan akan rugi jika tidak mampir meskipun hanya sebentar. Nama sungai sebagian ada yang unik, namun tetap eksotis dan elok dipandang.

Sungai yang pertama dinamakan Leuwi Bagong, lokasinya paling mudah dijangkau dari lainnya. Memiliki aliran air yang tidak terlalu deras dan cukup dangkal, wisatawan memanfaatkannya untuk bermain air. Batu yang ada di sekitar sungai memberikan kesan semakin alami dan tampak eksotis.

Selanjutnya ada Leuwi Baeud yang termasuk daya tarik Curug Tilu Leuwi Opat. Sungai ini memiliki kedalaman 20 meter, jadi tidak disarankan berenang meskipun menggunakan pelampung. Di samping sangat dalam, arusnya cukup kuat sehingga dikhawatirkan terseret ketika berenang.

Jika ingin berlibur santai sambil menikmati pesona alam yang indah, Leuwi Kacapi menjadi pilihan yang cocok. Indahnya aliran sungai semakin terlihat ketika sungai ini memiliki undakan. Tidak banyak batu yang ada di sekitarnya, namun tetap indah dipandang mata. Wisatawan yang ke sini ada umumnya menjadikan sungai sebagai latar belakang foto.

Pesona yang dimiliki objek wisata di Bandung yang dikenal dengan Curug Tilu Leuwi Opat semakin lengkap dengan adanya Leuwi Geuntong. Termasuk rangkaian sungai yang mempesona, Leuwi ini memiliki bentuk mirip gentong. Dengan bentuk cekungan di bagian tengahnya, wisatawan menggunakannya untuk berenang karena memiliki kedalaman 2 meter.

3. Dua Gua Tersembunyi

Apabila anda termasuk yang menyukai tantangan, mengunjungi Goa Toke dan Goa Lalay sepertinya cocok. Gua ini letaknya tersembunyi, namun akses jalannya tergolong baik. Hanya saja sebagian besar jalan yang harus dilalui merupakan tanjakan dan turunan tajam. Karena lokasi yang tersembunyi ini, hanya sedikit wisatawan yang berkunjung.

Padahal jika dilihat dari pesonanya, perjalanan ekstrem sepertinya layak dilakukan. Gua yang melengkapi pesona Curug Tilu Leuwi Opat ini memiliki mulut yang hampir berbentuk bundar sempurna. Di sampingnya masih rimbun pepohonan, menandakan bahwa masih alami dan terhindar dari tangan jahil manusia.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Curug Tilu Leuwi Opat
Image Credit: Google Maps Wan Si Genie

Sulit rasanya untuk tidak mengunjungi objek wisata alam ini setelah mengetahui daya tariknya. Terlebih lokasinya tidak jauh dari pusat kota dan cukup strategis. Dari alun-alun Bandung, Curug Tilu Leuwi Opat berjarak sekitar 20 kilometer. Waktu ini sebenarnya dapat ditempuh selama kurang dari 1 jam. Tetapi karena kondisi macet, bisa jadi perjalanan memakan waktu lebih dari 1 jam.

Alamatnya berada di Ciwangun Indah, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Banyak rute yang dapat ditempuh, salah satunya melewati arah yang menuju ke Bandung Indah Plaza. Selanjutnya mengarahkan kendaraan menuju ke Jalan Watsukencana, kemudian ke Jalan Cihampelas.

Rute berikutnya menuju ke Jalan Raden AA Wiranata Kusumah hingga tiba di Jalan Sersan Bajuri. Teruskan perjalanan yang mengarah ke Lembang Park & Zoo. Dari titik ini, lokasi wisata tujuan berjarak sekitar 2 kilometer. Di zaman teknologi saat ini, anda dapat menggunakan bantuan GPS supaya lebih mudah.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Curug Tilur Leuwi Opat
Image Credit: Google Maps Raii Irwan

Sesampainya di lokasi Curug Tilu Leuwi Opat, silahkan cari tempat parkir yang disediakan. Jangan lupa siapkan sejumlah uang untuk membeli tiket sebagai syarat masuk. Pasalnya, objek wisata ini tidak gratis, seperti halnya objek wisata pada umumnya. Harga tiketnya sangat mudah, hanya 10.000 untuk satu orang wisatawan.

Dengan harga ini, wisatawan bebas mengunjungi semua daya tarik yang telah disebutkan sebelumnya. Tambahan biaya cukup untuk membayar retribusi parkir. Biaya parkir motor di sini sebesar 3.000 rupiah, untuk mobil dikenakan 5.000 rupiah. Total biaya yang dibutuhkan tidak lebih dari 15.000 untuk mendapatkan sensasi liburan mengesankan.

Aktivitas yang Menarik di Curug Tilu Leuwi Opat

Aktivitas Menarik Curug Tilu Leuwi Opat
Image Credit: Google Maps Novian P

Kurang lengkap rasanya jika belum membahas aktivitas apa saja yang dapat dilakukan di Curug Tilu Leuwi Opat. Oleh sebab kali ini anda berada di alam terbuka, hampir semua kegiatan yang dimaksud masih berhubungan dengan alam.

1. Tracking ke Curug Tilu Leuwi Opat

Semua spot wisata yang anda tuju memerlukan tracking yang lumayan panjang. Jalan setapak harus dilalui, sebagian ada yang jelas dan sebagian lagi samar-samar. Terlepas dari perjalanan yang menantang, keindahan alam selalu menemani setiap ayunan langkah. Tanpa terasa pun, anda telah tiba di lokasi wisata tujuan.

2. Berenang di Kolam Air Terjun

Ketiga rangkaian air terjun yang ada di Curug Tilu Leuwi Opat memiliki kolam yang jernih dan menyegarkan. Tidak ada salahnya berenang supaya badan yang sebelumnya lelah dalam perjalanan kembali bugar. Untuk aktivitas ini tidak dapat dilakukan di semua kolam, silahkan pilih kolam yang dangkal, seperti di Curug Aseupan dan Curug Cilaki.

3. Mengunjungi Goa

Aktivitas berikutnya masih berhubungan dengan daya tarik yang dimiliki objek wisata alam hits ini. Mengunjungi gua termasuk aktivitas yang menarik karena jalur tracking yang lumayan menantang. Apalagi sesampainya di lokasi, mata akan tertuju pada eksotisme gua yang masih alami. Mengambil beberapa jepretan untuk dijadikan kenang-kenangan sepertinya cocok.

Aktivitas Menarik di Curug Tilu Leuwi Opat
Image Credit: Google Maps Yatno Haryanto

4. Camping Bersama Alam

Tidak sedikit wisatawan yang datang ke Curug Tilu Leuwi Opat melakukan aktivitas camping. Menyatu dengan alam supaya lebih menghargainya, inilah salah satu manfaat yang didapatkan. Wisatawan bebas memilih lokasi yang disediakan, bisa di sekitar air terjun atau memilih lokasi yang dekat dengan sungai.

5. Arung Jeram Seru

Aliran sungai yang deras bukan hanya memanjakan mata. Aliran air ini menghasilkan suara yang terdengar harmoni dan menenangkan. Sambil menikmati nyanyian alam, mencoba serunya arung jeram di sini layak dilakukan. Tidak terlalu ekstrem tentunya jika dibandingkan di tempat lain, tetapi cukup untuk memacu adrenalin.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Curug Tilu Leuwi Opat
Image Credit: Google Maps Raina Cahya Gunadi

Curug Tilu Leuwi Opat memiliki fasilitas yang memadai karena dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat dibantu warganya. Akses jalannya menuju lokasi wisata lumayan baik, parkiran pun termasuk luas. Di sini juga ada toilet, silahkan digunakan untuk keperluan buang air atau mandi. Tidak perlu khawatir jika perut lapar, ada warung yang siap melayani kebutuhan perut anda.

Penting sekali untuk mengetahui apa yang ada di sebuah objek wisata. Meski hanya sebagai gambaran sekilas, namun sepertinya cukup digunakan untuk membuat keputusan. Dari penjelasan mengenai daya tarik Curug Tilu Leuwi Opat dan lainnya, keputusan dikatakan tepat jika merencanakan kunjungan pada liburan berikutnya.