15 Tempat Wisata di Bangli (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Bangli Bali

Bangli merupakan salah satu kabupaten di Bali. Kabupaten ini adalah satu-satunya wilayah di Bali yang tidak memiliki laut. Kabupaten ini terkurung oleh daratan berupa kabupaten Buleleng, Klungkung, Karangasem, Gianyar serta Badung.

Meskipun tidak memiliki laut, destinasi wisata di kabupaten Bangli sangatlah indah dan bagus. Daerah tersebut memiliki objek wisata berupa danau, pegunungan dan tempat wisata yang sengaja dibangun untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Jika Anda berada di Bali, tidak ada salahnya mampir ke kabupaten ini. Di sana disediakan banyak objek wisata yang dapat memanjakan mata Anda melihat keindahan alam yang memukau. Berikut ini 15 rekomendasi tempat wisata di Bangli Bali yang wajib Anda kunjungi saat liburan.

1. Air Panas Penelokan

Air Panas Penelokan

Lokasi: Penelokan, Kec. Kintamani, Kab. Bangli. – Image Credit by Tempatberliburwisata.blogspot.com

Tempat ini lebih dikenal dengan sebutan kolam Toya Bungkah. Pemandian air panas ini sering dikunjungi oleh wisatawan. Di sana dapat merasakan manfaat air panas yang dapat membantu dalam menyembuhkan penyakit kulit.

Pemandian ini juga menyajikan pemandangan alam yang indah, sejuk dan asri.  Jika Anda berada di Bali, tak ada salahnya berkunjung ke sini. Kita dapat berwisata sekaligus mendapatkan manfaat kesehatan di tempat ini.

2. Air Terjun Dusun Kuning

Air Terjun Dusun Kuning

Lokasi: Taman Bali, Kec. Bangli, Kab. Bangli. – Image Credit by Kintamani.id

Air terjun Dusun Kuning bisa menjadi alternatif bagi Anda yang mencari tempat berair yang tawar. Air terjun ini berada di lokasi dataran tinggi, sehingga untuk kesana Anda memerlukan stamina ekstra untuk menciptakan petualangan yang lebih seru.

Selain itu, suara jatuhnya air terjun dan aliran air di sekitarnya dapat menentramkan hati Anda. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari tempat liburan yang tenang dan tidak ramai. Tempat wisata ini sangat recommended untuk Anda kunjungi.

3. Air Terjun Tukad Cepung

Air Terjun Tukad Cepung

Lokasi: Jl. Tembuku, Penida Kelod, Kec. Tembuku, Kab. Bangli. – Image Credit by Dolandolen.com

Air terjun tukad cepung adalah yang terbilang masih baru. Pasalnya air terjun ini dilindungi oleh bebatuan. Jadi, air terjun tukad cepung sekilas tidak tampak seperti air terjun. Sehingga lokasinya tersembunyi dan akses jalan menuju ke sana masih sulit.

BACA:  13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak

Untuk sampai ke sana Anda akan melewati dua tebing yang sempit menyerupai goa. Uniknya di tempat ini, saat tiba di air terjun tersebut Anda akan disambut oleh beberapa pemuda yang akan melakukan upacara Mesirat.

4. Air Terjun Slau Tembuku

Air Terjun Slau Tembuku

Lokasi: Tembuku Kelod, Kec. Tembuku, Kab. Bangli. – Image Credit by Kuta.com

Di Bali memang terkenal dengan pantainya. Namun, tempat wisata yang lain tidak kalah indahnya. Seperti air terjun slau tembuku yang satu ini. Air terjun ini lebih dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama air terjun tangkup.

Keberadaannya yang tersembunyi sama seperti air terjun tukad cepung. Bedanya, pada air terjun ini di bawahnya terdapat sungai. Hingga sekarang masih belum banyak wisatawan yang tahu tentang keberadaan air terjun ini.

5. Air Terjun Pengibul

Air Terjun Pengibul

Lokasi: Apuan, Kec. Susut, Kab. Bangli. – Image Credit by Kintamani.id

Air terjun pengibul kini menjadi primadona baru yang banyak dikunjungi wisatawan. Para pecinta alam yang datang ke tempat ini dapat menikmati keindahan air terjun yang unik ini. Air terjun ini memiliki keunikan yaitu bertingkat.

Pada tingkat paling atas, air terjun ini memiliki kucuran yang membentuk seperti kolam, sehingga bisa digunakan untuk berenang. Dari kolam tadi meluap air dan mengalir ke bawah lagi membentuk air terjun yang kesannya tercipta dua air terjun bertingkat.

6. Museum Geopark Batur

Museum Geopark Batur

Lokasi: Jl. Raya Penelokan, Batur Selatan, Kec. Kintamani, Kab. Bangli. – Image Credit by Kintamani.id

Tempat wisata ini merupakan objek wisata baru yang diresmikan pada tanggal 1 April 2016 oleh Menteri ESDM Sudirman Said. Di museum ini Anda dapat melihat beberapa koleksi yang mempresentasikan tiga pilar Geopark, yaitu keanekaragaman hayati, geologi dan budaya. Anda juga dapat mengetahui sejarah gunung batur secara lebih dekat.

Museum ini berfungsi sebagai pusat informasi geopark, baik geopark batur maupun geopark nasional. Di tempat yang satu ini, Anda dapat melihat berbagai miniatur-miniatur alam di dalamnya. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang liburan bersama anak-anak. Selain bisa refreshing, pengetahuan juga bisa didapat di tempat ini.

BACA:  16 Tempat Wisata di Ubud (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

7. Desa Purbakala Batukaang

Desa Purbakala Batukaang

Lokasi: Batukaang, Kec. Kintamani, Kab. Bangli. – Image Credit by Kintamani.id

Disebut dengan desa purbakala, karena memang tempat ini menyimpan sejarah purbakala. Peninggalan purbakala di tempat ini berupa arca yang jumlahnya kurang lebih 188 buah. Arca tersebut disimpan di beberapa pura. Tempat yang memiliki alam yang indah dan asri ini berada pada ketinggian sekitar 1.150 meter di atas permukaan laut.

Anda dapat melihat pemandangan gunung, tumbuhan hijau serta perkebunan kopi di daerah ini. Selain itu, semribit angin membawa aroma wangi bunga kopi yang akan Anda cium. Di tempat ini Anda wajib mengunjunginya dan jangan sampai terlewatkan.

8. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran

Lokasi: Kubu, Kec. Bangli, Kab. Bangli. – Image Credit by Hipwee.com

Siapa yang tidak tahu tentang desa Pnglipuran. Desa yang biasa digunakan syuting beberapa film sinetron Indonesia ini salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Desa ini berada di ketinggian sekitar 600-700 meter dari permukaan laut. Sehingga udara di sana sejuk dan segar.

Di sini Anda akan di suguh dengan lingkungan bersih dan asri. Oleh karena itu, untuk menuju ke tempat ini belum ada transportasi umum. Bagi Anda yang belum pernah ke sana, sebaiknya menggunakan jasa rental mobil, supaya memudahkan Anda ketika pergi ke sana.

9. Kaldera Gunung Batur

Kaldera Gunung Batur

Lokasi: Gunung Batur, Kec. Kintamani, Kab. Bangli. – Image Credit by Gpswisataindonesia.info

Objek wisata yang satu ini berukuran 13,8×10 kilometer. Kaldera ini merupakan yang terbesar di dunia. Di dalam kaldera terdapat danau yang berbentuk bulan sabit. Keindahan alam yang satu ini patut menjadi kunjungan liburan Anda.

Jika Anda adalah seorang petualang atau berencana mendaki, tempat ini menjadi tujuan yang tepat untuk Anda. Anda bisa mendirikan tenda di sini. Selain itu, Anda bisa menikmati uniknya danau di dalam kaldera yang membentang seperti bulan sabit.

BACA:  20 Wisata Kuliner di Bali yang Enak & Wajib Anda Coba

10. Bukit Demulih

Bukit Demulih

Lokasi: Demulih, Kec. Susut, Kab. Bangli. – Image Credit by Mahayanthi.wordpress.com

Objek wisata ini merupakan tempat yang cukup ramai oleh wisatawan. Pasalnya tempat ini memiliki keindahan yang memukau sehingga memberikan sensasi yang berbeda. Di sini Anda bisa beramah tamah dengan penduduk sekitar.

Nah, menarik bukan. Selain bisa beramah tamah, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dan asri. Tempat ini sangat cocok untuk mengisi liburan Anda bersama keluarga.

11. Pura Kehen

Pura Kehen

Lokasi: Jl. Sriwijaya No.8, Cempaga, Kec. Bangli, Kab. Bangli. – Image Credit by Trihartadi.blogspot.com

Merupakan pura Hindu yang disebut juga dengan pura Hyang Api. Di mana kehen dalam bahasa Bali artinya api. Pura ini memiliki keunikan yaitu pada pintu masuk menggunakan candi kurung. Pura ini berfungsi sebagai tempat penyumpahan pejabat.

Meskipun digunakan sebagai tempat suci yang sakral, pura ini bisa menjadi objek wisata yang memiliki nilai agama dan budaya yang tinggi. Anda bisa tahu seluk beluk setiap ornamen yang ada di pura tersebut. Jika Anda berada di Bali tentu jangan lewatkan pura yang satu ini.

12. Pemakaman Desa Trunyan

Pemakaman Desa Trunyan

Lokasi: Terunyan, Kec. Kintamani, Kab. Bangli. – Image Credit by Baliterkini.com

Jika Anda pergi liburan, ini pilihan tepat untuk Anda penyuka yang ekstrim-ekstrim. Di Trunyan, kamu akan menemukan sensasi berbeda. Di tempat ini, orang meninggal tidak dibakar, tapi didiamkan di bawah pohon kemenyan.

Di sana Anda akan melihat tengkorak yang ditata rapi pada pondasi. Benar-benar bernuansa mistis dan seram. Namun, tidak perlu khawatir jika ada pengunjung datang, juru kunci akan mengantar sampai ke tempat tersebut.

13. Stone Garden And Animal Park

Stone Garden And Animal Park

Lokasi: Jl. Pegesangan-Sidan, Sidan, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar – Image Credit by Balitoursclub.net

Merupakan tempat wisata di Bangli terbaru. Tempat ini menyajikan batuan padas. Selain itu tempat ini disusun untuk spot menarik untuk selfi. Selain itu ada hewan yang disukai anak-anak, seperti kelinci, hamster dan lain-lain.

Tempat ini ideal bagi anak-anak, remaja maupun dewasa. Para penyerbu spot selfi sangat disarankan untuk datang ke sini. Tempatnya yang nyaman dan instagrammable sangat cocok untuk Anda.

14. Pondok Wisata Mahapraja Bangli

Pondok Wisata Mahapraja Bangli

Lokasi: Yangapi, Peninjoan, Kec. Tembuku, Kab. Bangli. – Image Credit by Facebook.com @Mahaprajabangli

Pondok ini menyajikan sejumlah aktivitas yang santai. Seperti memancing dan ada taman bermain. Di sini juga menyediakan tempat kemah, ataupun untuk pre-wedding.

Jika Anda suka tempat yang fleksibel, tempat ini cocok untuk Anda. Di pondok ini akan Anda rasakan kenyamanan dan pelayanan yang bagus. Tak ada salahnya jika Anda mencobanya.

15. Njung Bali Camp Songan

Njung Bali Camp Songan

Lokasi: Banjar Dalem Songan B, Songan A, Kec. Kintamani, Kab. Bangli. – Image Credit by Thebalibible.com

Tempat ini adalah sebuah penginapan. Di sini disediakan berbagai fasilitas dan kuliner khas Bangli. Anda juga akan merasa puas menginap di sini karena pelayanannya.

Jika Anda sudah lelah setelah mengelilingi Bangli, di sini tempat menginap yang tepat. Njung Bali adalah pilihan cerdas bagi Anda. Karena harga terjangkau dan pelayanannya yang baik

Nah, itu tadi 15 tempat wisata terbaik di Bangli yang wajib Anda kunjungi. Selamat berlibur dan raihlah ketenangan di setiap tempat tujuan wisata Anda.