Pesona Keindahan Cadas Gantung di Majalengka

Cadas Gantung Majalengka

Lokasi: Mirat, Kec. Leuwimunding, Kab. Majalengka.
MapCek Lokasi

Majalengka merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Barat. Kota ini terkenal akan pagelaran festivalnya yang sangat menarik seperti Festival Tanah Air dan Festival Rampak Genteng. Selain Kesenian, ternyata Majalengka memiliki beragam destinasi wisata yang indah.

Berkunjung ke Majalengka untuk berlibur memberikan kesan yang menarik. Anda tidak akan pernah bosan berlama-lama. Ada banyak pilihan lokasi wisata mulai dari pegunungan, bukit, curug, desa wisata dan beragam wisata alam menarik lainnya.

Jika Anda penyuka tantangan dan suka berpetualang, Cadas Gantung layak untuk Anda kunjungi. Lokasinya yang masih begitu alami akan menjadi pengalaman tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya. Berikut informasi menarik seputar Cadas Gantung di Majalengka.

Mengintip Keindahan Alam Cadas Gantung

Mengintip Keindahan Alam Cadas Gantung

Image Credit: Dolanyok.com

Cadas Gantung merupakan salah satu destinasi favorit yang ada di Majalengka. Apa yang ditawarkan tempat wisata ini cukup menarik mengingat lokasinya berada di perbukitan. Anda dapat melihat pemandangan yang indah serta keanekaragaman flora dan fauna yang sering terlihat.

Tidak semua wisatawan berani berkunjung ke Cadas Gantung. Hal itu tak terlepas dari medan pendakian yang curam, menanjak dan berkelok. Oleh karena itu, Anda yang tertarik untuk datang ke wisata tebing ini harus menyiapkan mental dan stamina yang prima. Lagi pula segala rasa lelah perjalanan akan dibayar tuntas setelah melihat pemandangan indah di atas bukit.

Bagi Anda penyuka tantangan, pantas untuk berkunjung ke Cadas Gantung. Jarak yang ditempuh menuju lokasi wisata tidak terlalu jauh meskipun medan masih sangat alami. Bukit dengan cadas menggantung ini memiliki ketinggian setinggi 500-750 mpdl. Tak ayal pemandangan di atas tentu akan menakjubkan dan tak terlupakan.

BACA:  15 Cafe Instagramable di Bandung yang Bikin Betah Nongkrong

Daya Tarik Wisata Cadas Gantung

Daya Tarik Wisata Cadas Gantung

Image Credit: Jelajahcurug.blogspot.com

Lokasi wisata Cadas Gantung mulai dikenal pada tahun 2015. Hal itu setelah ada beberapa pemuda yang mengeksplor keindahan di atas bukit tersebut. Meskipun medan masih cukup curam nyatanya itu bukan suatu halangan untuk tidak berkunjung ke Cadas Gantung. Lokasi alam sekitar masih sangat alami sehingga udara masih terasa sejuk dan menyegarkan.

Daya tarik utama dari Cadas Gantung tentu saja dengan keindahannya. Berbeda dari tempat wisata lain, alam sekitar masih begitu asri serta belum terkontaminasi tangan manusia. Hal itu tidak terlepas dari lokasinya yang berada di perbukitan hutan alam. Banyak pepohonan rindang menjulang tinggi seperti kemiri, jati dan pinus yang memiliki aroma Wangi.

Kehadiran banyak pepohonan tersebut juga menambah eksotis pemandangan alam sekitar. Belum lagi ketika sampai ke atas bukit, dari atas bukit akan terlihat pemandangan yang begitu cantik dan menawan. Anda dapat melihat persawahan, perkebunan dan bahkan beberapa tegalan yang membentuk susunan yang sangat enak di pandang.

Waktu yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Cadas Gantung ialah saat sore menjelang malam. Sebab pada saat itulah pengunjung dapat melihat langsung sunset indah dari atas bukit. Anda dapat mengabadikan momen tak terlupakan tersebut sembari berfoto bersama rekan-rekan. Cadas Gantung juga merupakan area perkemahan jadi tidak perlu turun jika sudah sore hari.

Fasilitas yang Tersedia di Cadas Gantung

Fasilitas yang Tersedia di Cadas Gantung

Image Credit: Infomajalengka.wordpress.com

Bila Anda tertarik datang ke Cadas Gantung yang ada di Majalengka ini sepertinya memang harus menyiapkan mental dan stamina yang prima. Selain medan terjal yang siap menghalau, fasilitas di area Cadas Gantung juga masih belum memadai layaknya tempat wisata. Hal itu tak terlepas dari masih belum adanya fasilitas umum seperti tempat ganti, kamar mandi dan mushola.

BACA:  Cikao Park Purwakarta, Destinasi Wisata Keluarga Favorit

Meski begitu, pihak terkait sudah mulai sadar akan kekurangan yang ada. Terlihat dari perubahan-perubahan yang mulai di lakukan. Salah satu yang menonjol ialah seputar akses jalan yang mulai diperbaiki walaupun belum maksimal. Maka dari itu, ada baiknya Anda menyiapkan segala sesuatu dengan baik seperti peralatan, makanan maupun obat-obatan.

Pengelola setempat juga sudah menyediakan beberapa petunjuk jalur pendakian. Jalur demikian berfungsi sebagai petunjuk jalan agar wisatawan lebih mudah mencapai Puncak Cadas Gantung. Jadi meskipun Anda baru pertama kali berkunjung ke tempat wisata ini maka tak perlu panik lagi. Beberapa lokasi juga sudah disediakan tempat sampah agar selalu bersih.

Melihat potensi yang meningkat akan destinasi wisata Cadas Gantung ini. Beberapa fasilitas seperti warung-warung sudah mulai tersedia. Jadi jika Anda tidak membawa bekal banyak bisa membeli atau mengisi pasokan makanan dahulu. Lokasi perkemahan juga memadai dan luas sekitar 5 hektar. Jadi Anda tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat tenda.

Rute Menuju Kawasan Perbukitan Cadas Gantung

Rute Menuju Kawasan Perbukitan Cadas Gantung

Image Credit: Dolanyok.com

Untuk dapat sampai ke lokasi wisata Cadas Gantung dibutuhkan waktu kurang lebih 60 menit dari pusat kota. Mengingat jarak yang harus di tempuh sebanyak 30 km. Akses jalan masih sangat baik jadi perjalanan Anda tidak akan terhambat. Namun, ketika sudah sampai di desa Mirat ke Cadas Gantung jalur yang ditempuh tergolong ekstrem.

Bila Anda yang datang dari arah Majalengka maka bisa menempuh melalui kendaraan umum menggunakan jurusan Rajagaluh. Selanjutnya pengunjung bisa turun di terminal lalu naik ke kendaraan jurusan prapatan panjalin yang kemudian akan sampai di Leuwimungding. Dari situ Anda bisa mengikuti jalur yang ada melalui rumah-rumah warga.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Bogor Paling Populer

Mengingat ada banyaknya jalur yang bisa ditempuh baik bila Anda datang dari Bandung, Cirebon maupun kota lain maka pengunjung tidak perlu takut tersesat. Apalagi di area-area pendakian mulai terpasang jalur pendakian yang membuat arah perjalanan semakin jelas. Hal itu tentu saja memudahkan wisatawan yang baru pertama kali berkunjung.

Harga Tiket Masuk Cadas Gantung

Harga Tiket Masuk Cadas Gantung

Image Credit: Hargatiket.net

Bagi Anda yang berniat datang ke Cadas Gantung tidak perlu risau mengenai harga tiket. Pengunjung hanya diwajibkan membayar tiket parkir sesuai dengan jenis kendaraan. Bila datang menggunakan kendaraan roda dua maka dikenakan biaya Rp 2.000. Jika mobil tentu tarif berbeda mencapai Rp 5.000.

Harga demikian tergolong murah mengingat lokasi yang akan Anda kunjungi sangatlah indah dan tidak akan membuat bosan. Beberapa biaya tambahan tentu ada tergantung dari kesiapan Anda. Misalnya bila datang menggunakan alat transportasi umum ataupun menyantap hidangan yang di jajakan penjual di area perbukitan.

Perlu diketahui bahwa harga sewaktu-waktu bisa berubah tergantung kebijakan pengelola setempat. Maka dari itu ada baiknya selalu mengecek update harga terbaru dengan menghubungi pihak terkait. Bagaimanapun harga tiket bukan menjadi masalah besar ketika tempat wisata yang ditawarkan begitu indah dan mempesona.

Itu dia beberapa informasi menarik mengenai keindahan alam Cadas Gantung yang ada di Majalengka. Melihat keindahan yang ada tentu bukan menjadi masalah besar untuk Anda berkunjung ke tempat wisata populer tersebut. Berkunjung bersama rekan akan menjadi pengalaman yang lebih berkesan dan dapat saling membantu selama perjalanan.