20 Tempat Wisata di Rembang Terbaru & Terhits Dikunjungi

20 Tempat Wisata di Rembang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Pilihan Tempat Wisata Terbaik di Rembang, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan Saat Liburan maupun Akhir Pekan.

Bagi Anda yang tiap tahunnya mudik dengan melintasi jalur pantai utara (pantura), tentu Anda tidak asing lagi dengan Kabupaten Rembang. Rembang merupakan salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tuban, yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Jawa Tengah.

Walau tidak begitu terkenal sebagai tujuan wisata, hal ini bukan berarti Rembang ‘miskin’ tempat-tempat wisata. Lokasinya yang berhadapan langsung dengan Laut Jawa di bagian utara membuat Rembang memiliki banyak pantai.

Tak hanya pantai, segenap lokasi wisata seperti air terjun, bendungan, maupun lokasi wisata religi juga tersedia di kota ini. Jika Anda berencana untuk berkunjung ke Rembang, tidak ada salahnya jika melipir sejenak untuk berwisata ke tempat-tempat menarik disana. Berikut daftar tempat wisata terbaik di Rembang yang dapat Anda kunjungi selama berlibur.

1. Alun-Alun Kota Rembang

Alun-Alun Kota Rembang

Image Credit: Cjip.jatengprov.go.id

Secara administratif terletak di Desa Kutoharjo, alun-alun ini berada di pusat kota Rembang sehingga lokasinya strategis dan mudah diakses dari manapun. Alun-alun Rembang ini juga berdekatan dengan Masjid Agung Rembang serta Pendopo Kabupaten, yaitu pusat pemerintahan Kabupaten Rembang.

Tak hanya sekadar jadi tujuan bersantai, sesekali di Alun-Alun Rembang Anda akan menemui beberapa warga yang jogging, bermain sepatu roda, atau memanfaatkan batu-batuan yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk terapi – menginjak batu-batu tanpa alas kaki. Hal ini dipercaya mampu memperlancar peredaran darah.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Kutoharjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang.

2. Hutan Mangrove Jembatan Merah

Hutan Mangrove Jembatan Merah

Image Credit: Dolanbae.com

Penambahan ‘Jembatan Merah’ sebagai nama hutan bakau ini dilakukan karena ada bagian trail yang dicat merah, tidak seperti trail pada hutan bakau lain yang dibiarkan tidak dicat.

Wilayah hutan bakau ini cukup luas, dan secara aktif pihak pengelola terus menanam pohon bakau baru. Masyarakat sekitar juga diberdayakan dalam rangka penanaman bakau ini. Selain untuk mencegah abrasi, pohon bakau di sini berfungsi sebagai wind breaker serta menjadi habitat bagi ikan-ikan, krustasea kecil, serta berbagai macam burung.

Lokasi: Pasarbanggi, Kec. Rembang, Kab. Rembang.

3. Museum Kartini

Museum Kartini

Image Credit: Kekunaan.blogspot.com

Rembang merupakan kota di mana R.A. Kartini berpulang di usia beliau yang belia. Museum Kartini ini dulunya adalah kediaman beliau sebelum berpulang. Selain di Rembang, Museum Kartini juga ada di kota kelahiran beliau, yaitu Jepara.

Di dalam museum ini, Anda dapat melihat berbagai peninggalan R.A. Kartini selama bertempat tinggal di Rembang. Termasuk di dalamnya koleksi barang pribadi, seperti cermin, mesin jahit, serta berbagai karya beliau. Salah satunya adalah buku legendaris ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’.

Lokasi: Kutoharjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang.

BACA:  9 Oleh-Oleh Khas Salatiga Paling Populer

4. Pantai Karang Jahe

Pantai Karang Jahe

Image Credit: Today.line.me

Pantai Karang Jahe merupakan pantai dengan hamparan pasir putih dengan kontur pantai yang lumayan landai. Dengan hamparan pasir yang cukup luas, Anda dapat menikmati waktu liburan Anda tanpa perlu berdesakan dengan pengunjung lain.

Uniknya, di pantai ini Anda juga dapat menemukan pohon pinus yang berderet di pesisir pantai. Wisatawan biasanya menggelar tikar di bawahnya, lalu bersantai sembari menikmati pemandangan laut. Atau, menyantap bekal yang dibawa dari rumah.

Lokasi: Punjulharjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang.

5. Wisata Kali Bambu Desa Ngadem

Wisata Kali Bambu Desa Ngadem

Image Credit: Google Maps (Bowo 1712)

Usaha warga lokal untuk merevitalisasi kawasan ini patut diacungi jempol. Pasalnya, dari wilayah bantaran sungai yang sering menjadi pusat pembuangan sampah, warga mampu menyulapnya menjadi area wisata yang mampu menambah penghasilan warga desa.

Selain menikmati rindangnya pohon bambu yang tumbuh di desa ini, Anda juga bisa mencicipi menu-menu masakan tradisional. Pedagang lokal yang berjualan akan semakin banyak jumlahnya saat memasuki bulan Ramadan. Anda bisa menemukan srabi, sego jagung, sate serepeh, cenil, lopis, dan ragam kuliner Jawa lainnya.

Lokasi: Ngadem, Kec. Rembang, Kab. Rembang.

6. Pantai Pasir Putih Wates Tasikharjo

Pantai Pasir Putih Wates Tasikharjo

Image Credit: Pantai-pasir-putih-wates-rembang.business.site

Menurut para pengunjung, warna pasir di Pantai Wates ini adalah yang paling putih di antara pantai-pantai lain di Rembang. Hal ini pula yang nampaknya membuat animo masyarakat untuk berkunjung ke sana cukup tinggi.

Hampir mirip dengan Pantai Karang Jahe, di pantai ini juga terdapat pepohonan pinus yang dimanfaatkan warga sebagai pencegah abrasi sekaligus sebagai pohon peneduh. Selain itu, ada anjungan yang bisa Anda manfaatkan untuk berfoto ria.

Lokasi: Desa Tasikharjo, Kec. Kaliori, Kab. Rembang.

7. Petilasan Sunan Bonang

Petilasan Sunan Bonang

Image Credit: IhateGreenJello.com

Di destinasi ini, Anda bisa mendapati cap dahi serta cap kaki sebelah kiri Sunan Bonang di atas batu. Penduduk sekitar percaya bahwa hal ini menunjukkan kegigihan beliau dalam berdoa.

Jika dibandingkan dengan lokasi makan Sunan Bonang yang dekat dengan lokasi, petilasan ini lebih ramai pengunjung. Bahkan banyak rombongan luar kota datang menggunakan bus besar.

Lokasi: Bonang, Kec. Lasem, Kab. Rembang.

8. Pantai Nyamplung

Pantai Nyamplung

Image Credit: Penawisata.com

Walaupun sama-sama memiliki pasir putih dan view yang cantik, Pantai Nyamplung ini memiliki sedikit pengunjung dibanding pantai-pantai lain yang sudah disebutkan. Barangkali karena jalan aksesnya yang mengharuskan untuk melewati pemukiman penduduk.

Namun sesampainya di lokasi pantai, Anda akan disambut oleh sepoi-sepoi angin pantai serta suara deburan ombak. Anda juga bisa melihat banyak perahu nelayan yang berlabuh di pantai ini.

Lokasi: Tritunggal, Kec. Rembang, Kab. Rembang.

9. Pantai Caruban

Pantai Caruban

Image Credit: Ihategreenjello.com

Pantai yang lokasinya tak jauh dari Pantai Karang Jahe ini juga menawarkan banyak fasilitas pendukung yang membuatnya menjadi opsi apabila Pantai Karang Jahe ramai.

BACA:  13 Tempat Makan Enak di Salatiga Favorit Wisatawan

Wahana ATV, penyewaan perahu karet dan ban, serta perahu yang mengakomodasi penyeberangan ke Pulau Karang juga tersedia. Bagi Anda yang ingin berkemah di pantai, Anda bisa melakukannya di pantai ini dengan biaya yang terjangkau.

Lokasi: Gedongmulyo, Kec. Lasem, Kab. Rembang.

10. Pulau Gede

Pulau Gede

Image Credit: Wisatarembangblog.wordpress.com

Walaupun namanya ‘Gede’, pulau ini bukan pulau yang besar. Luasnya hanya 1 km2­­­­. Meski demikian, Anda bisa camping di pulau yang tak berpenghuni ini. Apalagi jika Anda ingin menyaksikan sunrise dan sunset yang memang bagus sekali jika dilihat dari pulau ini.

Untuk ke pulau ini, Anda perlu menyeberang dengan perahu. Waktu tempuhnya sekitar 40 menit dari Desa Wates. Sesampainya di sana, Anda dapat menyaksikan hamparan pasir putih dan laut biru yang jernih.

Lokasi: Tasikharjo, Kec. Kaliori, Kab. Rembang.

11. Situs Perahu Kuno Punjulharjo

Situs Perahu Kuno Punjulharjo

Image Credit: Opini.id

Lokasi wisata ini terletak tidak jauh dari Pantai Nyamplung maupun Pantai Karang Jahe. Pada tahun 2008, beberapa warga lokal yang ingin menggali tanah di sekitar daerah ini, tanpa sengaja menemukan perahu kuno di kedalaman 2 meter.

Waktu itu, masyarakat setempat sedang membuat galian untuk membuat ladang garam. Temuan ini tidak hanya membuat gempar desa setempat, namun juga kalangan peneliti.

Lokasi: Jetakbelah, Punjulharjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang.

12. Air Terjun Kalimancur

Air Terjun Kalimancur

Image Credit: Citratrans.com

Lokasi ini sering juga disebut sebagai Grojokan Kalimancur. Untuk mencapai lokasi air terjun sendiri, dari tempat parkir yang disediakan, Anda harus jalan kaki melewati hutan lindung selama kurang lebih 20 menit.

Selama berjalan kaki, Anda akan melihat hamparan perbukitan serta persawahan yang indah. Begitu sampai, air terjun dua tingkat setinggi 20 meter akan menyita perhatian Anda.

Lokasi: Gowak, Kec. Lasem, Kab. Rembang.

13. Embung Lodan

Embung Lodan

Image Credit: Wusana.blogspot.com

Embung Lodan merupakan waduk yang saat ini dimanfaatkan untuk keperluan irigasi serta untuk menyuplai air bersih bagi warga Kecamatan Sedan dan Sarang di Rembang. Selain itu, waduk ini juga dimanfaatkan sebagai lokasi budidaya ikan air tawar.

Tak jarang beberapa warga yang gemar memancing berkunjung ke lokasi ini. Panorama perbukitan dan hutan mahoni serta jati memungkinkan lokasi ini dikunjungi sebagai objek wisata pula.

Lokasi: Lodan Kulon, Kec. Sarang, Kab. Rembang.

14. Puncak Argopuro

Puncak Argopuro

Image Credit: Phinemo.com

Anda gemar mendaki gunung? Coba kunjungi puncak Argopuro. Dengan ketinggian sekitar 800 mdpl, puncak Argopuro ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan banyak juga yang camping di sini.

Dari ketinggian, Anda disuguhkan pemandangan Rembang saat malam hari. Namun jika Anda tak ingin berada di lokasi hingga malam, Anda juga bisa berfoto ria karena keindahan alam di puncak Argopuro ini luar biasa.

BACA:  14 Tempat Wisata di Wonogiri Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Kec. Lasem, Kab. Rembang.

15. Pantai Jatisari

Pantai Jatisari

Image Credit: Pantainesia.com

Pantai Jatisari terletak di Kecamatan Sluke. Lokasinya sekitar 25 km dari pusat kota Rembang. Walaupun jauh, akses menuju pantai tidak begitu sulit. Untuk ke pantai ini, pengunjung disarankan untuk membawa sepeda motor.

Selain lautnya yang biru, daya tarik pantai ini adalah batuan karang yang seringkali digunakan pengunjung untuk berfoto. Selain itu, banyak pengunjung menunggu untuk melihat sunset dari pantai ini.

Lokasi: Jatisari, Kec. Sluke, Kab. Rembang.

16. Air Terjun Pasucen

Air Terjun Pasucen

Image Credit: Lelungan.net

Jalan akses menuju air terjun ini sebenarnya sedikit susah. Maka dari itu, mulanya hanya sedikit yang berkunjung ke air terjun ini. Namun, akhir-akhir ini lokasi air terjun ini populer karena sering muncul di media sosial.

Maka dari itu, tak heran jika semakin ke sini semakin ramai saja kunjungan ke air terjun Pasucen. Air terjun yang tingginya sekitar 25 meter ini memiliki beberapa aliran air yang menyapu batuan di bawahnya.

Lokasi: Pasucen, Kec. Gunem, Kab. Rembang.

17. Wana Wisata Kartini Mantingan

Wana Wisata Kartini Mantingan

Image Credit: Visitjawatengah.jatengprov.go.id

Selain menikmati keindahan hutan, di sini Anda bisa mengajak si kecil untuk berenang. Tersedia kolam renang dengan kedalaman yang berbeda serta fasilitas pendukung seperti papan seluncur kolam renang seperti layaknya di waterpark.

Tak heran lokasi ini bisa menjadi destinasi wisata yang patut dikunjungi saat liburan, terlebih lagi, HTMnya murah dibandingkan lokasi lain.

Lokasi: Jl. Raya Rembang – Blora, Ngepos, Mantingan, Kec. Bulu, Kab. Rembang.

18. Pantai Dampo Awang

Pantai Dampo Awang

Image Credit: Instagram.com @anaitsum

Pantai Dampo Awang tidak hanya mengedepankan pantai sebagai daya tarik wisatanya. Lokasi ini juga dilengkapi dengan taman rekreasi. Jadi, jangan heran kalau Anda menjumpai panggung hiburan, perahu wisata, kolam renang, bahkan danau buatan yang dilengkapi dengan mainan bebek kayuh.

Selain itu, daya tarik utama dari pantai ini adalah daerah anjungannya. Menikmati angin sambil melihat pesona keindahan laut dari anjungan ini memang sangat seru.

Lokasi: Tasik agung, Kec. Rembang, Kab. Rembang.

19. Pantai Binangun

Pantai Binangun

Image Credit: Ranggawisata.com

Walau masih tergolong baru, Pantai Binangun sudah ramai akan pengunjung. Salah satu alasannya adalah biaya masuknya yang gratis.

Di pantai ini, pengunjung bisa menikmati berbagai kuliner yang dijajakan pedagang lokal. Selain itu, daya tarik lain pantai Ini adalah banyaknya barisan kapal serta pesona sunset yang bakal susah dilupakan.

Lokasi: Binangun, Kec. Lasem, Kab.Rembang.

20. Waduk Banyukuwung

Waduk Banyukuwung

Image Credit: Ihategreenjello.com

Bagi Anda yang gemar memancing, jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh ikan segar di waduk Banyukuwung, terlebih pada saat sore hari. Anda juga dapat menemui banyak pesepeda yang berkunjung untuk menikmati pesona matahari terbenam, alias sunset, di tempat ini.

Lokasinya yang tidak terlalu sulit dijangkau membuat objek wisata ini cukup ramai, terutama pada saat hari libur. Bagi Anda yang ingin berpiknik di tempat ini, disarankan untuk membawa bekal makanan dari rumah karena tidak ada pedagang makanan di waduk tersebut.

Lokasi: Sudo, Kec. Sulang, Kab. Rembang.

Itulah 20 rekomendasi tempat wisata di Rembang yang bisa Anda pilih saat ingin berlibur. Jadi, mau berkunjung ke spot wisata yang mana dulu, nih?