15 Tempat Makan Enak di Makassar Favorit Wisatawan

Tempat Makan Makassar

Melakukan wisata kuliner adalah hal yang sangat menyenangkan. Anda bisa mencoba berbagai makanan lezat dengan suasana yang berbeda-beda. Makassar adalah salah satu kota yang tidak hanya terkenal akan destinasi wisatanya saja, melainkan juga kulinernya yang enak-enak.

Melakukan wisata kuliner di Makassar adalah salah satu hal yang wajib Anda coba apabila mengunjungi tempat satu ini. Pasalnya, di sana terdapat banyak sekali pilihan kuliner yang sangat lezat, dan Anda akan selalu ketagihan untuk mencobanya.

Mulai dari makanan tradisional hingga olahan laut, semuanya memiliki cita rasa yang khas. Anda bisa memilih tempat-tempat makan yang sudah terjamin rasanya. Namun, jika masih bingung, maka berikut ini terdapat beberapa rekomendasi tempat makan enak yang ada di Makassar.

1. Coto Nusantara

Coto Nusantara

Lokasi: Jl. Merpati No.2, Kunjung Mae, Kec. Mariso, Kota Makassar. – Image Credit by Indoplaces.com

Coto Nusantara adalah kuliner enak yang sudah sangat akrab di kalangan masyarakat lokal. Bahkan tak jarang juga jika wisatawan banyak yang menyukai kuliner satu ini. Dibandingkan dengan soto yang biasa ada di kota lainnya, Coto Nusantara memang memiliki cita rasa yang khas.

Daging sapi lokal ditambah dengan kuah segar, memberikan sensasi rasa yang sangat lezat. Anda pasti akan ketagihan apabila mencoba kuliner satu ini. Biasanya, dibandingkan disajikan dengan nasi, orang-orang akan lebih memilih disajikan menggunakan ketupat.

2. Ulu Juku Mappanyukki

Ulu Juku Mappanyukki

Lokasi: Jl. Prof. Abdurahman Basalamah No.99A, Karampuang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar. – Image Credit by Adeknakemal.blogspot.com

Jika mengunjungi Makassar, Anda tidak boleh melewatkan kuliner yang ada di rumah makan satu ini. Menu satu ini memiliki rasa yang hampir mirip seperti kare ayam. Namun, isian utama yang ada di dalam sup satu ini adalah ikan kakap dengan ukuran yang cukup besar.

Rasa kuahnya memang sedikit asam karena memiliki campuran belimbing yang cukup banyak. Namun, dengan tambahan belimbing tersebut membuat menu satu ini menjadi terasa lebih nikmat dan spesial untuk dinikmati.

3. Mie Titi Panakkukang

Mie Titi Panakkukang

Lokasi: Jl. Boulevard Ruko Ruby Rubi II No.25, Masale, Kec. Panakkukang, Kota Makassar. – Image Credit by Google Maps (David Rahadian)

Dari namanya saja mie ini sudah memiliki sensasi yang unik. Apalagi cara memasaknya memang berbeda dengan olahan mie yang biasanya. Sebab, mie satu ini justru digoreng dibandingkan di rebus sehingga memiliki rasa yang gurih.

Rumah makan satu ini juga sangat legendaris karena sudah ada sejak 40 tahun lamanya. Anda pasti akan merasakan suasana rumah makan zaman dahulu apabila menyantap mie satu ini. Kuahnya yang kental ditambah paduan ayam dan bakso membuatnya semakin nikmat.

4. Bakso Ati Raja

Bakso Ati Raja

Lokasi: Jl. Penghibur No.54B, Maloku, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar. – Image Credit by Youtube.com (Daily Culinary)

Menyantap bakso ketika malam hari adalah salah satu hal yang sangat nikmat. Anda bisa mencoba bakso yang memiliki isian unik hanya di rumah makan satu ini. Jarang sekali ada bakso yang memiliki isian ati, karena biasanya hanya sebatas daging atau telur.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai macam jenis sayuran yang telah disediakan. Terdapat sawi, kubis, dan bihun yang disediakan dalam jumlah yang besar dan para pengunjung diperbolehkan untuk mengambilnya sesuka hati.

5. Nasi Kuning Begadang

Nasi Kuning Begadang

Lokasi: Jl. Maccini Raya No.217, Sinrijala, Kec. Panakkukang, Kota Makassar. – Image Credit by Tujuantraveller.blogspot.com

Dari namanya saja warung satu ini sudah terlihat berbeda dengan tempat-tempat lainnya. Hal tersebut karena warung makan satu ini selalu buka selama 24 jam, sehingga Anda bisa menikmatinya kapanpun.

Nasi kuning di tempat ini bisa disantap dengan berbagai menu sayur lainnya seperti kare, manias, rawon dan masih banyak lagi. Ada banyak juga varian nasi kuning berdasarkan lauknya yang bisa Anda pilih, yakni nasi kuning ayam, paru, dan nasi kuning biasa.

6. Pisang Epe Pantai Losari

Pisang Epe Pantai Losari

Lokasi: JL Penghibur, Pantai Losari, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar. – Image Credit by Smartcitymakassar.com

Olahan pisang satu ini menjadi jajanan khas yang sangat disukai oleh para pengunjung. Pisang ape sendiri adalah salah satu pisang yang banyak ditemukan di kota Makassar, dan tidak semua kota menghasilkan pisang satu ini.

Cara pengolahannya adalah dibakar. Setelah itu, pembeli diperbolehkan untuk memilih toping atau selai apa yang disukai. Pihak rumah makan menyediakan berbagai toping seperti keju, cokelat, nanas, hingga durian.

7. Sop Saudara

Sop Saudara

Lokasi: Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No.40, Pattunuang, Kec. Wajo, Kota Makassar. – Image Credit by Resepkoki.id

Jika Anda menyukai makanan berkuah, maka wajib mencoba menu dari rumah makan satu ini. Sop satu ini berbeda dengan sop-sop yang biasanya berada di kota-kota lainnya karena memiliki banyak sekali varian isi seperti telur, sayuran, daging, dan masih banyak lagi.

Rumah makan satu ini juga sudah lama dikenal oleh masyarakat. Bahkan sudah berdiri hingga sejak tahun 1970-an. Anda bisa memilih ketupat atau nasi sebagai teman makan kuliner satu ini.

8. Pallu Basa Serigala

Pallubasa Serigala

Lokasi: Jl. Serigala XIV, Mamajang Dalam, Kec. Mamajang, Kota Makassar. – Image Credit by Guideku.com – Image Credit by Id.openrice.com

Kebanyakan kuliner di Makassar memang banyak yang menggunakan daging sapi sebagai isian utamanya. Namun, ada hal yang membuat menu kuliner satu ini menjadi unik, yakni daging sapinya yang diolah dengan cara di sangria.

Kuahnya memiliki warna kecoklatan dan sangat kental. Rasanya bisa dikatakan mirip seperti rendang dengan isian kuning telur yang diceplok. Biasanya orang-orang memilih menu ini sebagai menu makan malam dan menyantapnya menggunakan nasi.

9. Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi

Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi

Lokasi: Jl. Gn. Lompobattang No.41-43, Pisang Utara, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar. – Image Credit by Panduanwisata.id

Dua kuliner andalah dari rumah makan enak ini tidak boleh sampai Anda lewatkan apabila berada di Makassar. Iga sapinya dimasak dengan cara dibakar dengan kuah hitam kental yang memiliki cita rasa sangat nikmat.

Selain itu, ada juga bumbu kacang yang bisa Anda ambil sepuasnya. Bumbu kacang tersebut akan membuat cita rasanya menjadi lebih kuat. Anda sebaiknya menikmatinya ketika malam hari karena menurut masyarakat setempat hal itu akan membuatnya lebih nikmat.

10. Pallu Kaloa Warung H. Wasid

Pallu Kaloa Warung H. Wasid

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar No.104, Melayu, Kec. Wajo, Kota Makassar. – Image Credit by Kumparan.com

Tempat makan enak satu ini menyediakan kuliner berupa sup  ikan yang memiliki rasa sangat nikmat. Sup ini memiliki cita rasa yang unik karena memiliki campuran rempah-rempah kaloa. Kaloa merupakan biji-bijian yang memiliki bentuk sangat kecil dan biasanya digunakan sebagai bahan penyedap rasa.

Warung legendaris satu ini sudah ada sejak tahun 1970-an. Bahkan H. Wasid sang pembuat menu ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat setempat dan juga wisatawan. Memang, sup ikan yang disajikan memiliki rasa yang sangat nikmat.

11. Sop Ubi Datumuseng

Sop Ubi Datumuseng

Lokasi: Jl. Datu Museng, Losari, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar. – Image Credit by Goodindonesianfood.com

Sebagian besar kuliner yang ada di Makassar memang terdiri dari makanan berkuah. Ada banyak sekali jenis sup yang bisa Anda nikmati, salah satunya ada kuliner ini. Hal yang menjadi kuliner ni unik adalah adanya campuran ubi goreng yang justru menjadi bahan dasarnya.

Di atasnya terdapat taburan beberapa topping yang menggiurkan. Anda bisa memilih toping mulai dari kacang goreng, kerupuk udang, bawang goreng, keripik, dan masih banyak lagi.

12. Songkolo Bagadang

Songkolo Bagadang

Lokasi: Jl. Pannara No.19, Antang, Kec. Manggala, Kota Makassar. – Image Credit by Misteraladin.com – Image Credit by Wixsite.com

Jika Anda sedang merasakan lapar yang tiba-tiba saat tengah malam, maka bisa langsung saja mengunjungi tempat kuliner satu ini. Makanan ini merupakan olahan nasi ketan hitam yang di atasnya terdapat campuran serundeng.

Jika biasanya serundeng hanya terbuat dari kelapa dan tidak ada campuran apapun, maka di tempat ini Anda bisa menikmati serundeng dengan campuran daging. Dengan begitu cita rasanya menjadi semakin nikmat.

13. Mie Hengki

Mie Hengky

Lokasi: Jl. Nusantara No.354, Butung, Kec. Wajo, Kota Makassar. – Image Credit by Makassarkuliner.com

Mie satu ini sangat berbeda dengan kuliner mie yang biasanya ada di kota-kota lainnya karena proses memasaknya bukan direbus, melainkan di goreng. Mie kering satu ini sudah sangat terkenal karena sudah ada sejak sangat lama di Makassar.

Mie satu ini biasanya disajikan dengan banyak sayur di atasnya. Mulai dari sawi, kubis, hingga kangkung, semuanya bisa Anda nikmati. Ada juga irisan ati dan juga bakso yang akan membuat rasanya menjadi lebih enak.

14. Resto Wisma Kalla

Resto Wisma Kalla

Lokasi: Kunjung Mae, Kec. Mariso, Kota Makassar. – Image Credit by Tenriswahid.com

Jika ingin makan di tempat yang sangat estetik, maka Anda bisa memilih resto satu ini. Restoran ini menyediakan banyak sekali olahan menu ikan dengan berbagai bumbu. Anda bisa menemukan rica-rica, iga bakar, ayam goreng, ikan bakar, dan masih banyak lagi,.

Hal yang membuat banyak pengunjung tertarik adalah karena ada makanan pencuci mulutnya. Anda bisa memilih menu makanan ringan dan segar yang menjadi pencuci mulut.

15. RM Palekko Racing

RM Palekko Racing

Lokasi: Jl. Racing Centre No.19A, Karampuang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar. – Image Credit by Pakassarkuliner.com

Apakah Anda menyukai olahan bebek? Jika iya jangan sampai melewatkan tempat makan enak di Makassar satu ini. Bebek yang masih kecil diolah menggunakan bumbu khas Bugis sehingga rasanya juga sangat nikmat.

Bebek sendiri memang sudah memiliki rasa yang sangat gurih. Maka tidak heran jika ikan satu ini akan tetap cocok meskipun dimasak menjadi apapun.

Nah, itulah beberapa tempat makan enak yang ada di Makassar dan wajib untuk Anda kunjungi. Berbagai kuliner tersebut akan benar-benar memberikan rasa pengalaman yang baru karena keunikan bumbu dan olahan yang digunakan.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Makan Palembang
16 Tempat Makan Enak di Palembang Favorit Wisatawan
Minuman Makanan Khas Palembang
20 Minuman & Makanan Khas Palembang yang Populer
Wisata Kuliner Palembang
15 Wisata Kuliner di Palembang yang Enak & Wajib Anda Coba
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Wisata Kuliner Karawang
13 Wisata Kuliner di Karawang yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-Oleh Khas Karawang
7 Oleh-Oleh Khas Karawang Paling Populer
Tempat Makan Serang
10 Tempat Makan Enak di Serang Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata Favorit di Bima
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Tempat Makan Bali
17 Tempat Makan Enak di Bali Favorit Wisatawan
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak