22 Wisata Kuliner di Bandung yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Bandung

Bandung terkenal sebagai kota yang memiliki banyak pesona wisata. Tak hanya destinasi wisata seru dan menarik, Bandung juga menawarkan banyak destinasi wisata kuliner. Destinasi ini menawarkan menu yang lezat serta tempat yang tak kalah menarik.

Selain terkenal sebagai pusat mode, Bandung juga terkenal sebagai trendsetter kuliner kekinian. Terbukti banyak menu kuliner yang sedang banyak diminati dan hits adalah makanan-makanan yang berasal dari Bandung.

Jika ada kesempatan berkunjung ke Bandung, tak hanya menu-menu masakannya yang harus dicoba. Anda juga harus mencoba datang ke beberapa destinasi wisata kuliner berikut. Menu beragam dari menu tradisional hingga internasional serta tempat yang menarik akan memanjakan mata dan perut Anda.

Wisata Kuliner di Bandung yang Wajib Dicoba

1. Paskal Food Market

Paskal Food Market

Lokasi: Jl. Pasir Kaliki No.25-27, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung. – Image Credit by Kumparan.com

Tujuan pertama yang bisa Anda kunjungi saat ke Bandung adalah Paskal Food Market yang merupakan tempat kuliner paling besar di Bandung. Disini adalah tempat wisata kuliner paling hits yang tidak pernah sepi pengunjung.

Anda bisa menikmati beragam menu makanan di Paskal Food Market ini. Mulai dari jajanan, makanan berat hingga menu internasional. Dengan modal mulai dari Rp 25.000 Anda bisa mencicipi lebih dari 100 menu yang disediakan disini.

2. Batagor Hanjuang

Batagor Hanjuang

Lokasi: Jl. Astina No.17, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung. – Image Credit by Foursquare.com

Belum lengkap ke Bandung jika belum mencicipi makanan khasnya, batagor. Salah satu batagor paling enak di Bandung adalah di Batagor Hanjuang ini.

Tempatnya memang kaki lima, di pinggir Jl. Rasa Restoran. Namun meskipun kaki lima, kualitas dan rasa batagornya tak perlu diragukan. Batagor Hanjuang ini bahkan sudah ada sejak tahun 1990.

3. Kampung Daun Bandung

Kampung Daun Bandung

Lokasi: Perumahan Villa Triniti Blok RR1 Jl. Sersan Bajuri No.88 Km.4,7, Cihideung, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat. – Image Credit by Ajagsadventure.com

Siapa yang tidak tertarik dengan tempat makan yang menawarkan menu makanan lezat plus tempat yang nyaman dan asri. Inilah yang bisa Anda rasakan saat berkunjung ke Kampung Daun Bandung.

Menu utama yang disajikan disini adalah menu masakan Pasundan. Namun ada juga beberapa menu masakan tradisional dari daerah lain seperti Nasi Liwet Solo, Soto Betawi dan Soto Kudus.

4. Bumbu Desa

Bumbu Desa

Lokasi: Jl. Dr. Setiabudi No.41, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung. – Image Credit by Openrice.com

Satu lagi restoran yang menawarkan masakan khas Sunda yang harus Anda coba, yaitu Bumbu Desa. Meskipun menyajikan menu masakan tradisional, tampilan kekinian restoran juga menjadi nilai plus lain dari restoran ini.

Karena menawarkan menu masakan Sunda, kebanyakan menu makanan di restoran berbahan dasar ikan dan udang. Untuk menikmati masakan Bumbu Desa, Anda bisa datang ke Jl. Laswi Pasir Kaliki.

5. Teras Cihampelas

Teras Cihampelas

Lokasi: Jl. Cihampelas No.162, Cipaganti, Kec. Coblong, Kota Bandung. – Image Credit by Bandung.merdeka.com

Lokasi ini belakangan sangat populer karena menjadi destinasi wisata kekinian anak muda Bandung. Di Teras Cihampelas ini terdapat berbagai fasilitas penumpang wisata, termasuk area wisata kuliner.

Meskipun berkonsep pedagang kaki lima, namun menu yang disajikan tak kalah dengan menu di restoran ternama. Yang lebih menyenangkan, ketika berkunjung saat malam hari, Anda bisa menikmati kuliner disini sekaligus pemandangan Kota Bandung dari atas Teras Cihampelas.

6. Angkringan De BlankON

Angkringan De BlankON

Lokasi: Jl. Baru Laksana No. 75, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat. – Image Credit byTesyasblog.com

Tempat wisata kuliner yang berada di kawasan Lembang ini adalah tempat yang saat ini sedang hits di kalangan anak muda Bandung. Lokasinya di kawasan pegunungan dengan konsep tempat instagramable menjadi daya tarik utama tempat ini.

Belum lagi menu makanan yang bervariasi dan harga yang terjangkau menjadi faktor lain yang menjadi daya tarik Angkringan de BlankON. Karena konsep tempat makan angkringan, maka tempat ini lebih sering dikunjungi sebagai tempat nongkrong anak muda Bandung.

7. Sapulidi Lembang

Sapulidi Lembang

Lokasi: Kompleks Graha Puspa, Jl. Sersan Bajuri, Cihideung, Lembang, Cihideung, Kec. Parongpong, Kota Bandung. – Image Credit by Wisatamy.blogspot.com

Menikmati santapan menu tradisional Sunda hingga menu internasional dengan konsep kembali ke alam dijamin akan membuat sensasi pengalaman berbeda. Inilah yang ditawarkan oleh Sapulidi Lembang.

Terletak di kawasan pegunungan Lembang, disini Anda bisa bersantap di saung yang berada di dekat danau serta di pinggir sawah. Tinggal pilih salah satu tempat dan pesan menunya.

8. Rumah Sosis

Rumah Sosis

Lokasi: Jl. L. L. R.E. Martadinata No.47, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung. – Image Credit by Hariannusantara.com

Tempat ini dibuat dengan konsep 3in1, dimana Anda bisa bermain, berenang dan makan di satu tempat sekaligus. Tempat ini banyak menjadi pilihan untuk wisatawan yang datang bersama keluarga.

Untuk menu makanan yang disediakan disini semuanya serba sosis dengan bahan utama sosis. Setelah puas menyantap makanan, Anda bisa melanjutkan bermain di area permainan yang disediakan.

9. Nasi Kalong Bandung

Nasi Kalong Bandung

Lokasi: Jl. L. L. R.E. Martadinata No.102, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung. – Image Credit by Jejakuliner.com

Lapar di tengah malam? Tak perlu khawatir, nasi kalong bisa menjadi pilihan santap malam Anda. Sesuai namanya, tempat ini memang hanya buka di malam hari mulai pukul 19.00.

Tak hanya karena jam buka, menu yang disajikan juga ada kaitannya dengan namanya. Hal ini tak lain karena nasi yang disajikan berwarna hitam seperti warna kelelawar. Lauknya bisa Anda pilih sendiri sesuai selera.

10. Yoghurt Cisangkuy

Yoghurt Cisangkuy

Lokasi: Jl. Cisangkuy No.66, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung. – Image Credit by Travelingyuk.com

Kalau Anda suka dengan berbagai olahan susu, terutama yoghurt, tempat ini bisa menjadi destinasi yang tepat. Menu utama disini adalah minuman yang memiliki rasa unik dan segar.

Selain itu, lokasinya yang cukup strategis menjadi alasan banyaknya wisatawan yang datang kesini. Letaknya yaitu di Jalan Cisangkuy tepat berada di pusat kota Bandung.

11. Iga Bakar Si Jangkung Bandung

Iga Bakar Si Jangkung Bandung

Lokasi: Jl. Cipaganti No.75G, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung. – Image Credit by Cumilebay.com

Kalau Anda penggemar makanan olahan dari iga, wajib mencicipi menu-menu di warung Iga Bakar Jangkung ini. Disebut demikian karena memang postur tinggi dari pemiliknya.

Rasanya yang nikmat, tekstur yang lembut dan daging yang empuk membuat siapa saja real antre untuk bisa makan disini. Meskipun berbentuk warung tenda, namun tetap tidak mengurangi kenyamanannya.

12. Pino Pizza

Pino Pizza

Lokasi: Jl. Buah Batu No.140, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung. – Image Credit by Anekatempatwisata.com

Bagi para penggemar Pizza, tempat makan ini tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Bandung. Cafe dengan menu utama Pizza ini akan memenuhi berbagai selera Pizza Anda.

Berbeda dengan pizza pada umumnya, disini Anda bisa mencicipi berbagai varian pizza. Ada varian pizza gurih dan manis. Semua bisa Anda pilih sesuai selera.

13. Nasi Cikur Warung Inul

Nasi Cikur Warung Inul

Lokasi: Jl. Dago Pakar Barat No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung. – Image Credit by Bandung.merdeka.com

Anda yang ingin mencicipi masakan khas Sunda, tempat ini salah satu yang harus masuk dalam daftar kunjungan. Warung yang terletak di kawasan Dago ini secara khusus menyediakan menu nasi Cikur.

Nasi cikur sendiri dibuat dengan cara digoreng dengan campuran kencur muda. Kombinasi rasa renyah dengan rasa gurih dari telur dadar, serundeng, daging ayam dan acar membuat makanan ini sangat istimewa.

14. Warung Bu Eha

Warung Bu Eha

Lokasi: Pasar Cihapit, Jl. Cihapit No.8A, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung. – Image Credit by Destinasibandung.co.id

Warung ini adalah warung masakan Sunda legendaris di Bandung. Dengan beragam menu mulai dari pepesan, soto, urap dan berbagai olahan ikan menjadikan warung ini banyak dicari oleh wisatawan.

Di warung legendaris ini Anda bisa merasakan menu masakan Sunda yang otentik dengan resep turun temurun. Hargany pun cukup terjangkau dan tidak akan membuat dompet Anda terkuras.

15. Warung Sitinggil

Warung Sitinggil

Lokasi: Jl. Dago Giri No. 90, Mekarwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat. – Image Credit by Botheaters.blogspot.com

Anda yang mencari tempat makan dengan konsep unik bisa coba datang kesini. Letaknya di kawasan Dago, dengan tema etnik serta menggunakan atap berbentuk menyerupai badak yang menguap.

Tak hanya konsep menarik yang ditawarkan, warung ini juga menawarkan berbagai jenis menu masakan, dari masakan tradisional hingga internasional. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat makan disini terasa sangat nyaman dan damai.

16. Es Duren Pak Aip

Es Duren Pak Aip

Lokasi: Jl. Tubagus Ismail Raya No.5G, Sekeloa, Kec. Coblong, Kota Bandung. – Image Credit by Openrice.com

Anda penyula buah durian tak boleh melewatkan tempat ini dalam daftar kunjungan di Bandung. Lokasinya cukup strategis, yaitu terletak di Jl. Tubagus Ismail Raya Bandung.

Berbagai varian es durian bisa Anda coba disini. Tempat yang sudah berdiri sejak tahun 1987 ini akan memuaskan selera makanan durian Anda dengan ragam olahan minuman dari durian aslinya.

17. Warung Kopi Purnama

Warung Kopi Purnama

Lokasi: Jl. Alkateri No.22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung. – Image Credit by Satyawinnie.com

Menikmati Kota Bandung dengan sekedar bersantai sambil menikmati kopi bisa juga menjadi pilihan saat berkunjung, terutama jika sedang berada di Jl. Alkateri Bandung. Warung Kopi Purnama ini menjadi salah satu warung kopi legendaris di Kota Bandung.

Tak hanya kopi, disini Anda juga bisa menikmati berbagai varian minuman hangat. Tak hanya itu, beberapa menu makanan ringan dan berat juga bisa Anda pesan.

18. Rasa Bakery & Cafe

Rasa Bakery & Cafe

Lokasi: Jl. Tamblong Dalam No.15, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung. – Image Credit by Myeatandtravelstory.wordpress.com

Penggemar makanan manis atau desert, Rasa Bakery & Cafe bisa menjadi pilihan mencicipi berbagai olahan desert homemade.

Berlokasi di Jl. Tamblong, cafe ini menyediakan menu utama ice cream homemade dengan rasa otentik. Konsep klasik yang khas membuat saat pertama kali masuk Anda akan serasa berada di Negara Perancis.

19. Toko Roti Sidodadi

Toko Roti Sidodadi

Lokasi: Jl. Otto Iskandar Dinata No.255, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung. – Image Credit by Lifestyle.kompas.com

Toko Roti Sidodadi yang berada di Jl. Otto Iskandar Dinata ini sudah berdiri sejak tahun 1954 dengan menu utama roti-roti rasa otentik. Ada total 30 varian rasa yang bisa Anda pilih dengan harga sangat terjangkau, mulai dari 3000 rupiah per biji.

Kesan otentik bahkan sudah terasa sejak pertama kali masuk. Dilihat dari tampilan toko roti yang sangat sederhana. Kesan otentik itu juga bisa dilihat dari cara pengemasan yang menggunakan kemasan lawas lengkap dengan font tulisan jadulnya.

20. Rumah Makan Linggarjati

Rumah Makan Linggarjati

Lokasi: Jl. Balonggede No.1, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung. – Image Credit by Eatinguntildiee.blogspot.com

Rumah makan ini berdiri sejak tahun 1950 dengan menu utama andalan Mie Yamin dan es alpukat. Porsi penyajian mi disini juga cukup besar dengan proses pembuatan homemade menghasilkan mie yang gurih dan kenyal.

Disini Anda bisa memilih berbagai isian mie, mulai dari bakso, kikil, babat serta ayam. Kenikmatan mie yamin dan es alpukat di kedai yang terletak di Jl. Balonggede ini begitu terkenal sehingga selalu ludes dalam waktu singkat.

21. Mangkok Manis Dessert

Mangkok Manis Dessert

Lokasi: Jl. Cihampelas No.95, Cipaganti, Kec. Coblong, Kota Bandung. – Image Credit by Ijaah.com

Satu lagi tempat makan dengan menu desert yang wajib Anda datangi di Bandung. Berlokasi di Jl. Cihampelas, disini Anda bisa mencoba berbagai jenis desert dengan rasa tradisional dan internasional yang disajikan dengan tampilan cantik.

Harga yang ditawarkan pun tergolong sangat terjangkau. Mulai dari 15-25 ribu rupiah, Anda sudah bisa mencicipi satu mangkok hidangan manis nan menggugah selera.

22. Surabi Waroeng Setiabudhi

Surabi Waroeng Setiabudhi

Lokasi: Jl. Dr. Setiabudi No.175, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung. – Image Credit by Destinasiku.com

Tempat kuliner terakhir yang harus Anda kunjungi saat ke Bandung ini menyajikan menu jajanan tradisional Bandung, surabi. Dilihat dari tampilan, tampilan etnik dengan desain interior sederhana membuat tempat ini tampak hangat dan nyaman.

Sedangkan untuk menu yang disajikan tentu saja kue surabi. Yang berbeda adalah beragam varian toping yang bisa Anda pilih sesuai selera. Dengan 52 pilihan menu surabi dijamin akan memuaskan rasa penasaran Anda akan kue tradisional ini.

Itulah tadi 22 destinasi wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi saat berada di Kota Bandung. Dari banyaknya destinasi wisata kuliner ini, tak heran jika Bandung selalu menjadi pusat makanan nikmat dan kekinian.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak