Biaya Wisata: Mulai Rp 50.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Cangke, Kab. Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan; Map: Cek Lokasi

Sulawesi Selatan menyimpan beragam keindahan alam dan salah satunya adalah Pulau Cangke di Kabupaten Pangkep. Sebuah pulau kecil yang memiliki pemandangan indah dan eksotis. Pantai berpasir putih dan air laut yang sangat jernih. Area laut dangkal di sekitar pulau juga cukup luas yang semakin menambah keeksotisan tempat ini.

Tidak hanya memikat perhatian wisatawan dengan pemandangannya saja, tetapi juga suasana dan kondisi pulau yang masih sangat alami. Oleh sebab itu, para traveler yang suka dengan tempat-tempat tenang banyak memilih pulau ini sebagai salah satu destinasi perjalanan wisata mereka.

Selain dikenal dengan alamnya yang masih asri, Pulau Cangke juga terkenal dengan sebuah kisah romantis yang menyelimutinya. Sepasang suami istri yang puluhan tahun tinggal bersama dan menjadi satu-satunya penghuni pulau.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Cangke

Daya Tarik Pulau Cangke
Image Credit: Google Maps Cinikironk

1. Pantai Berpasir Putih

Pantai eksotis dengan pasir putih yang lembut menjadi daya tarik dari pulau cantik di Pangkajene Kepulauan. Salah satu sisi pulau memiliki area pasir pantai yang cukup luas dan landai. Wisatawan dapat melepas penat dan lelah dengan duduk-duduk santai di atas pasir pantai.

2. Perairan yang Jernih dan Dangkal

Salah satu pesona yang dimiliki Pulau Cangke adalah perairannya yang begitu bersih dan jernih. Selain pasir putih, pulaunya juga dikelilingi oleh perairan laut yang cukup dangkal cocok untuk kegiatan bermain air.

Pemandangan batuan-batuan dasar lautnya pun dapat terlihat dengan sangat jelas. Menghasilkan warna-warni cantik dan segar yang bisa dinikmati langsung oleh wisatawan.

3. Hutan Cemara yang Rindang

Walaupun dulunya termasuk pulau yang gersang, namun sekarang kondisinya sudah berbeda. Wisatawan yang datang akan disambut dengan rimbunnya pohon cemara dan beberapa jenis pohon lainnya. Membentuk sebuah hutan kecil di tengah-tengah daratannya.

4. Suasana yang Tenang dan Asri

Ombak yang landai dan suasana tenang akan disuguhkan untuk para pengunjung pulau. Jauh dari bisingnya suasana kota dan tentunya bebas polusi. Cocok sekali untuk dijadikan tempat pelarian sementara bagi Anda yang setiap hari harus berhadapan dengan hiruk pikuk perkotaan.

Adanya hutan mungil di tengah pulau juga memberikan kesejukan kawasan ini. Udara yang lebih segar dan semilir angin yang berhembus akan membantu Anda menyegarkan pikiran dan juga tubuh.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Cangke
Image Credit: Twitter kampung pangkep

5. Pemandangan Sunrise dan Sunset

Keindahan sunrise dan sunset adalah paket lengkap yang ditawarkan Pulau Cangke. Saat pagi atau saat matahari mulai terbit, wisatawan dapat melihat semburat warna merah yang menghiasi langit. Pemandangan sunset di tempat ini juga tidak kalah indah. Langit yang dihiasi warna-warna senja akan menyempurnakan pemandangan yang ada.

6. Tempat Penyu Bertelur

Pulau kecil yang satu ini menyimpan daya tarik lainnya yaitu lokasinya yang sering menjadi tempat bertelur untuk penyu-penyu laut. Pada saat-saat tertentu, penyu laut akan memburu pulau ini untuk bertelur di pantai.

7. Kisah Cinta Daeng Abu dan Istrinya

Pulau ini sangat melekat dengan sebuah kisah cinta sepasang suami istri yang begitu setia. Kisah Daeng Abu yang menjadi penghuni pulau bersama istrinya sudah sangat terkenal. Mereka yang terpaksa harus tinggal di pulau ini, justru menemukan tempat tinggal bak surga dunia.

Pada awal kedatangannya, pulau ini tidak berpenghuni dan gersang. Daeng Abu dan Maidah menanami pulau dengan pohon-pohon seperti cemara. Sekarang pulau yang dulunya gersang sudah berubah hijau dan lebih rindang.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata

Alamat Pulau Cangke
Image Credit: Instagram wonderful sulsel

Lokasi Pulau Cangke, dapat diakses cukup mudah oleh wisatawan. Jika berasal dari Kota Makassar atau luar daerah, maka rute yang harus dituju adalah ke arah Pelabuhan Paotere.

Di Pelabuhan Paotere terdapat beberapa kapal nelayan yang dapat disewa untuk menyeberang ke Cangke. Perahu tradisional ini akan mengantar wisatawan untuk sampai ke pulau dengan lama perjalanan sekitar tiga jam. Penyeberangan Anda akan ditemani dengan pemandangan laut biru dan pulau-pulau yang tampak kecil.

Sebelum sampai ke Cangke, kapal atau perahu bisa mampir ke Pulau Karanrang terlebih dulu. Biasanya di pulau inilah wisatawan dapat membeli perlengkapan dan perbekalan yang dibutuhkan.

Wisata pulau ini dapat menjadi pilihan liburan yang sangat terjangkau. Wisatawan dapat menikmati seluruh area pulau sepuasnya tanpa dipungut biaya alias gratis. Anda hanya perlu menyiapkan dana untuk menyeberang, biasanya antara Rp 50.000,- hingga Rp 100.000,- untuk perjalanan pulang pergi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Cangke

Aktivitas di Pulau Cangke
Image Credit: Instagram OPENTRIPMAKASSAR

1. Bermain Pasir

Aktivitas menyenangkan sekaligus menenangkan yang bisa dilakukan adalah dengan bersantai di atas pasir putihnya yang halus. Menikmati pemandangan hijau dan air laut yang biru akan menyegarkan kembali pikiran dan tubuh Anda. Wisatawan juga bisa bermain seperti membuat istana pasir atau lainnya.

2. Jalan-jalan di Laut Dangkal

Wisatawan dapat bermain sedikit lebih jauh dari pantai. Laut di sekeliling Pulau Cangke ini cukup dangkal sehingga pengunjung juga bisa berjalan-jalan dan melihat ikan-ikan kecil yang berenang di sekitar batuan karang.

3. Snorkeling

Jika tidak puas hanya berjalan-jalan di perairan yang dangkal, wisatawan bisa lebih ke tengah laut untuk snorkeling. Ombak di sekitar kawasan ini tidak terlalu besar sehingga cukup aman untuk snorkeling. Namun sebaiknya, wisatawan membawa sendiri peralatannya karena di tempat ini tidak ada penyewaan alat snorkeling.

4. Berfoto-foto

Ada banyak spot foto yang bisa dipilih pengunjung. Kawasan pantainya dengan pasir putih yang halus adalah spot wajib yang perlu diabadikan dalam jepretan kamera. Pemandangan pasir putih dan air laut yang jernih akan menghasilkan latar foto yang bagus.

Spot foto lainnya adalah jembatan kayu di ujung pulau. Terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan pulau dengan laut. Walaupun tidak terlalu panjang, jembatan ini bisa menjadi spot selfie atau foto yang menarik.

Aktivitas Menarik di Pulau Cangke
Image Credit: Instagram Seputar Sulawesi Selatan (S3)

5. Camping

Kegiatan camping tampaknya akan menjadi seru untuk dilakukan di sebuah pulau yang masih sangat alami ini. Peralatan camping seperti tenda tentunya harus disiapkan dan dibawa sendiri dari rumah.

Wisatawan yang bermalam di Pulau Cangke dapat menyaksikan panorama sunrise pada pagi harinya. Pengalaman yang tidak biasa tentunya untuk melihat matahari terbit di pantai saat bangun tidur.

6. Menyusuri Hutan

Para pecinta alam tidak boleh melewatkan kegiatan seru di pulau ini seperti menyusuri hutan. Walaupun tidak terlalu luas, kawasan hutan yang ditumbuhi pohon-pohon rindang dapat menjadi tempat untuk Anda lebih dekat dengan alam. Menikmati kesejukan udaranya hingga suasananya yang begitu tenang.

7. Memancing

Aktivitas yang tidak kalah menyenangkan selama berlibur ke pulau mungil ini adalah memancing. Jangan lupa siapkan peralatan memancing saat akan mengunjungi pulau ini. Ada banyak area atau spot untuk kegiatan memancing. Jika berhasil mendapatkan ikan segar, Anda bisa memasaknya seperti dengan membakarnya di tepi pantai.

8. Mengelilingi Pulau

Pulau yang eksotis ini memiliki luas yang hanya sekitar 10 meter persegi. Ukurannya yang kecil memungkinkan untuk wisatawan bisa mengelilingi pulau. Hampir seluruhnya dikelilingi oleh pantai berpasir putih sehingga mudah untuk wisatawan menyusurinya.

Penginapan Murah Terdekat

Penginapan Terdekat Cangke
Image Credit: Google Maps Swiss-Belhotel Makassar

1. Swiss Belhotel Makassar

Penginapan terdekat di pulau eksotis ini hanya bisa ditemukan di sekitar Makassar seperti Swiss Belhotel Makassar. Kamar yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap untuk tamu hotel. Penginapan ini juga memberikan fasilitas gratis pembatalan dengan syarat dan ketentuan tertentu.

2. Fox Lite Royal Bay Makassar

Sekitar 3 km dari Pelabuhan Paotere ada penginapan yang bisa menjadi tempat bermalam bagi Anda yang mengunjungi Pulau Cangke. Tempat tidur nyaman, tv layar datar, shower, dan akses wifi gratis adalah beberapa layanan yang ditawarkan.

3. Aston Makassar Hotel

Penginapan terdekat dari Cangke ada di sekitar Pelabuhan Paotere seperti Aston Makassar Hotel & Convention Center. Menyediakan banyak tempat tidur nyaman dengan fasilitas kamar yang lengkap. Penginapan ini juga menyediakan fasilitas kolam renang untuk para tamu.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Wisata
Image Credit: Google Maps Salsa danish

Pulau Cangke adalah tempat wisata yang masih sangat alami, bisa dilihat dari fasilitas-fasilitas umum yang belum tersedia. Toilet dan warung makan tidak akan dijumpai di tempat ini. Oleh sebab itu, wisatawan dapat mempersiapkan sendiri bekal makanan selama perjalanan menuju pulau.

Fasilitas penginapan seperti homestay apalagi hotel juga tidak ada. Alternatif bagi wisatawan yang ingin menikmati sensasi bermalam di pulau adalah dengan camping. Namun, jangan lupa untuk membawa tenda dan peralatan campign lainnya sendiri dari rumah.

Di pulau ini juga tidak ada fasilitas transportasi karena memang tidak dibutuhkan. Area pulau yang tidak begitu luas tidak membutuhkan bus atau kendaraan umum lain. Wisatawan hanya perlu berjalan kaki di pulau ini. Namun untuk fasilitas penyeberangan ke pulau sudah tersedia dengan menggunakan perahu nelayan.

Itulah destinasi wisata eksotis Pulau Cangke yang menyimpan banyak pesona dan keindahan. Wisatawan benar-benar akan diajak menyatu dengan alam yang berbeda dari kehidupan modern.