Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Mattiro Sompe, Kec. Liukang Tupabbiring, Kab. Pangkajene Dan Kepulauan, Sulawesi Selatan; Map: Cek Lokasi

Pulau Langkadea merupakan salah satu destinasi wisata dengan panorama alam serta kekayaan laut yang indah di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Uniknya, destinasi wisata ini memiliki keindahan alam yang masih terjaga dengan suasana asri di dalamnya. Hal tersebut dikarenakan destinasi wisata ini tidak memiliki penduduk tetap yang mendiami wilayahnya.

Luas dari pulau ini yakni sekitar empat kali dari wilayah lapangan besar serta merupakan bagian dari 120 pulau yang berada di daerah tersebut. Pulau ini juga menyuguhkan keindahan alam bagi para wisatawan baik itu dari segi lautan maupun daratannya. Hal tersebut tentu saja dapat menarik minat para pengunjung baik itu masyarakat lokal maupun mancanegara.

Warna putih yang khas dari pasir putihnya dipadukan dengan birunya laut menghasilkan panorama yang menakjubkan. Terlebih lagi jika wilayah ini sedang disinari oleh cahaya matahari yang menyilaukan. Pulau Langkadea yang berada di tengah lautan ini memberikan kesan seakan-akan matahari muncul dan tenggelam dengan sendirinya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Langkadea

Daya Tarik Pulau Langkadea
Image Credit: Google Maps ABDUL ROFIQ

1. Panorama Indah

Daya tarik pertama yang dimiliki adalah keindahan alamnya yang sangat mempesona. Selain itu, destinasi ini juga memiliki air laut yang sangat jernih dengan pasir putih halus yang semakin menyempurnakannya.

Para wisatawan biasanya sengaja datang ke lokasi wisata ini hanya untuk menikmati panorama matahari terbit ataupun terbenam yang menghiasi wilayah tersebut. Udara yang terdapat di sekitar pantai juga sangat sejuk sehingga membuat Anda semakin betah untuk tinggal di pulau ini.

Untuk menikmati keindahan Pulau Langkadea, para wisatawan juga biasanya akan berbaring dalam hammock yang dipasang pada dahan-dahan pohon. Karena keindahan alamnya ini, masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan nama Mustika Citra Langkah Island.

2. Destinasi Tanpa Penduduk

Meskipun pulau ini terkenal tidak berpenghuni, namun terdapat banyak peninggalan seperti beberapa bangunan modern di dalamnya. Bahkan banyak bangunan yang masih layak digunakan oleh wisatawan. Namun, kepergian penduduk sebelumnya masih belum diketahui oleh masyarakat sekitar. Terdapat dua cerita yang menjadi asal-usul alasan ditinggalkannya pulau ini.

Dari cerita pertama dikatakan bahwa dahulu di Langkadea ini hidup sebuah keluarga di dalamnya. Namun, terjadi sebuah masalah saat kepala keluarganya meninggal dunia. Sehingga pulau ini menjadi perebutan kekuasaan oleh anak-anak dari keluarga tersebut yang pada akhirnya ditinggalkan begitu saja.

Sedangkan menurut cerita kedua asal mula Pulau Langkadea adalah sebuah daerah yang memiliki sistem pemerintahan di dalamnya. Namun, terjadi sebuah perebutan kekuasaan dalam politik yang dijalankan ketika sang bupati turun dari jabatannya. Kemudian pulau ini pun ditinggalkan oleh seluruh warga yang sebelumnya mendiami wilayah tersebut.

Perlu diketahui bahwa kedua cerita tersebut tidak mempengaruhi daya tarik pulau ini yang memiliki berbagai keindahan di dalamnya. Para wisatawan semakin berdatangan ke pulau ini untuk melihat secara langsung panorama alamnya yang mempesona.

3. Kekayaan Bawah Laut

Berlibur ke destinasi wisata seperti pulau yang memiliki pantai ini pasti mempunyai keindahan tertentu dalam bawah lautnya. Pada alam bawah lautnya sendiri terdapat ratusan jenis hewan yang dapat menumbuhkan karang.

Anda dapat menikmati keindahan lautnya dengan berbagai kegiatan baik itu berenang ataupun melakukan kegiatan snorkeling. Namun, bagi Anda yang takut menyelam dapat mengelilingi lautan dengan menyewa perahu yang telah tersedia.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Langkadea
Image Credit: Instagram OPENTRIPMAKASSAR

Destinasi wisata yang indah ini terletak di Pangkajene, sebuah daerah dalam Kepulauan Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan. Bagi Anda yang berasal dari luar Pulau Sulawesi harus menggunakan transportasi jalur udara terlebih dahulu menuju lokasi wisata ini. Anda dapat naik pesawat dengan tujuan Bandar Udara Sultan Hasanuddin di Kota Makassar.

Rute menuju Pulau Langkadea ini menggunakan dua jenis perahu dengan waktu keberangkatan yang sama dengan tujuan Pulau Bontosua. Kedua perahu tersebut berada di Pelabuhan Paotere, Kota Makassar. Perahu biasanya sudah ada sejak pagi hari, namun baru berangkat pukul 11.30 siang. Anda harus membawa rombongan minimal lima orang untuk dapat menaikinya.

Anda dapat meminta bantuan kepada nelayan untuk menjalankan perahu yang ditumpangi menuju pulau tujuan. Hal ini dikarenakan perahu tersebut biasanya hanya menuju Pulau Bontosua saja. Anda akan melakukan perjalanan laut dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Anda akan melihat berbagai pemandangan alam yang indah di sekeliling laut selama perjalanan.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Biaya Wisata ke Pulau Langkadea
Image Credit: Google Maps Anwar EmienD

Pulau Langkadea ini tidak memiliki biaya tiket masuk bagi para wisatawan untuk mengunjungi berbagai destinasi di dalamnya. Anda dapat menikmati seluruh keindahan dari wilayah pulau ini dengan bebas tanpa memerlukan biaya sedikitpun. Namun, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya transportasi, makan, serta penginapan selama waktu liburan yang telah ditentukan.

Untuk jam operasionalnya sendiri, destinasi wisata ini dibuka selama 24 jam dengan bebas. Hal tersebut memudahkan Anda untuk datang ke lokasi wisata ini kapan saja. Untuk biaya paket wisatanya sendiri dapat disesuaikan dengan jenis penginapan dan jenis liburan yang akan dilakukan. Jika menginap dalam penginapan berkelas maka membutuhkan biaya hingga jutaan rupiah.

Namun, jika Anda lebih memilih untuk mendirikan tenda maka biaya liburan akan tergolong murah. Terlebih lagi ketika Anda bersama rombongan membawa bekal makanan yang cukup banyak sehingga hanya mengeluarkan biaya transportasi saja. Anda tidak perlu makan di sebuah warung atau rumah makan lainnya yang membutuhkan pengeluaran biaya tambahan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Langkadea

Aktivitas Menarik di Pulau Langkadea
Image Credit: Twitter Petualang Indonesia

1. Snorkeling

Bagi Anda yang menyukai kegiatan snorkeling harus mencoba untuk berwisata ke Pulau Langkadea. Anda akan menyelam untuk menikmati kekayaan alam bawah laut yang mempesona. Anda dapat mengabadikan keindahan alamnya dengan berfoto atau membuat video ketika snorkeling ini. Kegiatan ini juga merupakan wisata edukasi yang bermanfaat.

2. Berenang

Ketika berlibur ke destinasi wisata alam seperti ini tentu saja memiliki tujuan utama untuk berenang. Anda dapat berenang bersama rombongan teman dan merasakan sensasi air laut yang bersih dan segar sambil menikmati keindahan alamnya. Kegiatan seperti ini akan menjadikan liburan Anda sebagai kenangan dan pengalaman yang berkesan.

Aktivitas di Pulau Langkadea
Image Credit: Instagram Dani

3. Berfoto

Kegiatan berfoto atau selfie adalah hal yang tidak boleh terlewatkan ketika berlibur dimanapun bagi kalangan anak muda masa kini. Anda dapat berfoto dengan berbagai background alami yang terdapat di Pulau Langkadea. Background indah yang dapat digunakan diantaranya yaitu suasana sunset ataupun pemandangan laut serta pulau yang terlihat estetik.

4. Berkemah

Dikarenakan pulau ini tidak berpenghuni, berkemah merupakan salah satu solusi untuk menikmati suasana malam di pulau ini. Sambil berkemah, Anda dapat melakukan kegiatan memancing di malam hari. Ikan hasil tangkapan pun dapat dibakar dan dinikmati bersama teman-teman. Namun, harus dipastikan bahwa Anda berkemah ketika musim panas.

Penginapan Murah Terdekat

Penginapan Terdekat Pulau Langkadea
Image Credit: Google Maps favehotel Pantai Losari – Makassar

1. Fave Hotel Losari

Sebuah hotel dengan desain mewah dan fasilitas lengkap ini merupakan hotel terdekat dengan Pulau Langkadea. Anda dapat melakukan perjalanan dari Pantai Losari menuju lokasi tujuan menggunakan jalur laut. Dengan harga sewa ratusan ribu Anda mendapatkan fasilitas kamar, AC, restoran, hingga kolam renang mewah di dalamnya.

2. Miko Hotel

Hotel yang berada di dekat Pelabuhan Paotere ini memiliki desain yang sederhana dengan fasilitas yang memadai. Terdapat dua tempat tidur, AC, TV, serta tersedianya restoran di dalamnya. Anda hanya perlu menggunakan perahu dari hotel yang dekat dengan Pelabuhan Paotere ini menuju lokasi wisata tujuan.

3. Grand Palace Hotel

Ini merupakan hotel kedua yang memiliki jarak paling dekat dengan Pelabuhan Paotere. Hotel ini memiliki harga sewa yang tergolong murah dengan fasilitas lengkap di dalamnya. Hotel ini juga dibangun dengan desain sederhana namun memiliki ruang yang luas dalam setiap kamarnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Wisata
Image Credit: Google Maps ismar law

Fasilitas yang terdapat dalam Pulau Langkadea ini masih belum lengkap karena tidak adanya penduduk yang menetap di wilayah tersebut. Namun, tersedia sebuah Masjid yang berdiri kokoh dan masih layak digunakan untuk beribadah. Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mencari tempat ibadah selama liburan.

Di Pulau ini juga terdapat toilet umum yang masih merupakan bangunan peninggalan penduduk sebelumnya. Para wisatawan juga biasa menggunakan toilet tersebut ketika membutuhkannya saat liburan. Adanya toilet ini memudahkan Anda untuk mencari sumber air untuk berbagai kegiatan lainnya.

Selain itu, beberapa bangunan bekas lainnya juga dapat digunakan untuk beristirahat, makan bersama, atau sekedar duduk menikmati pemandangan. Anda dapat menggunakan berbagai bangunan peninggalan tersebut sebagai fasilitas yang disediakan secara gratis.

Itulah beberapa informasi dari Pulau Langkadea dengan berbagai keunggulan destinasi di dalamnya. Anda wajib mengunjungi destinasi wisata yang memukau ini ketika sedang berada di daerah Sulawesi Selatan. Anda dengan wisatawan lainnya juga wajib menjaga keindahan pulau ini serta menjadikannya destinasi favorit dengan memperkenalkannya di sosial media.