Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Sungai Wampu, Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Air Terjun Pelaruga merupakan salah satu dari sekian banyak wisata alam yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Air terjun yang di kelilingi oleh hutan yang rindang membuat tempat wisata alam ini akan sangat cocok bagi para wisatawan yang merasa penat dengan suasana ramai di kota. Dengan hutan lebat yang hijau dan air yang berwarna biru jernih membuat para wisatawan akan lupa dengan kepenatan mereka.

Air yang mengalir di sepanjang sungai dan air terjun ini berasal langsung dari mata air yang berada tidak jauh dari lokasi wisata, jadi tidak heran jika berwana biru dan sangat segar untuk diminum. Bagi para wisatawan yang datang cobalah untuk melompat dari tempat yang agak tinggi untuk menguji adrenalin, rasa segar akan terasa ketika badan memasuki air sungai.

Wisata alam Air Terjun Pelaruga tidak hanya menawarkan kesegaran air sungai dan kerindangan hutannya saja. Namun karena hutan yang rindang dan lebat ini membuat banyak hewan yang bisa di temukan di sini seperti beberapa jenis burung yang hinggap di pepohonan. Kicauan suara burung, suara derunya ari terjun, dan suara angin yang berhembus di antara pepohonan membuat suasana damai.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Pelaruga

Daya Tarik Air Terjun Pelaruga
Image Credit: Instagram.com @mytrails_2you

Dari namanya saja semua orang akan menarik kesimpulan bahwa daya tarik utama dari wisata alam ini adalah air terjunnya. Dan memang benar jika air terjun dan keindahaannya yang menjadikan daya tarik utama tempat wisata alam ini. Namun tidak hanya itu, berikut beberapa daya tarik lain dari wisata alam yang berlokasi di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

1. Air Terjun

Yang menjadi daya utama dari wisata alam ini memang adalah air terjunnya. Keindahan air terjun berpadu dengan air yang begitu segar dan berwarna biru jernih membuat tempat wisata alam ini mengundang para wisatawan berdatangan, terlebih bagi mereka yang menyukai wisata sungai dan air terjun akan sangat bergairah untuk datang.

Bukan tanpa alasan kesegaran airnya menjadi daya tarik utama dari wisata alam Air Terjun Pelaruga. Hal ini dikarenakan terdapat banyak kegiatan yang bisa di lakukan oleh para wisatawan di sepanjang aliran air sungai dari air terjun tersebut.

2. Air yang Segar

Tidak hanya air terjunnya saja yang indah. Seperti sudah di singgung sebelumnya, air yang ada sepanjang aliran sungai ini begitu segar dan indah untuk di pandang. Air yang langsung bersumber dari mata air yang berada tidak jauh dari lokasi air terjun membuatnya sangat segar untuk berendam, bermain air atau bahkan meminumnya.

3. Hutan

Berikutnya adalah hutan yang mengelilingi Air Terjun Pelaruga. Pepohonan yang besar dan rindang di sekitaran air terjun membuat udara yang terasa juga begitu segar. Suara burung yang hinggap di pepohonan dan angin yang membelai pohon-pohon tersebut menambah kesan damai dan menghilangkan stress bagi para wisatawan yang datang ke tempat ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Pelaruga

Alamat Air Terjun Pelaruga
Image Credit: Google Maps (Rudy Wibowo)

Air Terjun Pelaruga berlokasi di Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Langkat. Atau lebih tepatnya di jl. Sungai Wampu, Sei Bingai, Rumah Galuh. Berjarak 50 Kilo Meter dari Ibu Kota Sumatera Utara yaitu Kota Medan yang di tempuh kurang lebih 1 jam 40 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Untuk rute menuju tempat wisata alam ini bisa dimulai dari pusat Kota Medan kemudian mengambil jalur menuju Kota Binjai lalu ke arah Namoukur. Dari Namoukur ambil jalur menuju Wisata Alam Pelaruga di jl. Telagah.

Untuk harga tiket masuk ke wisata air terjun seharga Rp 10.000 per orang. Dengan jam buka dari jam 08:00 sampai jam 17:00. Tiket belum termasuk parkir, di mana harga parkir di tempat wisata alam ini untuk kendaraan roda 2 adalah Rp 3.000 dan kendaraan roda 4 adalah Rp 5.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Pelaruga

Kegiatan Air Terjun Pelaruga
Image Credit: Google Maps (Naufal Shamsul)

Ada beberapa hal menarik yang bisa dilakukan di taman ini. Hampir semua kegiatan yang berhubungan dengan air bisa di lakukan di sepanjang aliran sungai. Berikut beberapa kegiatan yang bisa di lakukan oleh para wisatawan di tempat wisata alam ini.

1. Bermain Air

Yang pertama jelas bermain air, dari berendam, mandi air, bersemedi di bawah derasnya air terjun, hingga melompat dari ketinggian dan merasakan keseruan terjun ke air sungai juga bisa di lakukan di tempat wisata alam ini. Jangan lupa untuk menggunakan pelampung untuk menjaga keselamatan para wisatawan yang bermain air di tempat wisata alam ini.

2. Arum Jeram

Yang berikutnya adalah arum jeram sepangang aliran sungai. Dengan menaiki perahu atau ban para wisatawan juga bisa merasakan keseruan ketika merasakan arus air sungai dari air terjun.

Tidak perlu takut karena aliran air sungai tidak terlalu deras, jadi aman untuk para wisatawan yang baru mencoba merasakan sensasi arum jeram. Tetapi tetap gunakan pelambung agar tetap aman ketika bermain.

3. Memancing

Untuk mereka yang suka memancing juga bisa merasakan memancing di aliran sungai ini. Tidak seperti memancing di laut. Namun, cukup untuk menghilangkan rasa stress di tambah dengan suara alam terbuka akan membuat para wisatawan lebih santai.

4. Menyelam

Ada satu spot yang tenang dan cocok bagi para wisatawan yang ingin menyelam. Di tempat ini aliran sungai sangai pelan dan seakan–akan berhenti mengalir. Sangat cocok bagi mereka yang ingin menyelam dan melihat dasar sungai.

Kegiatan di Air Terjun Pelaruga
Image Credit: Facebook.com @TravelingMedan

5. Menikmati Aliran Air Terjun Pelaruga dan Hutan Disekitar

Bagi para wisatawan yang tidak ingin bermain air, mereka bisa menenangkan pikiran dan menikmati indahnya air terjun dan hutan rimba yang berada di sekitar mereka. Dengan bersantai dan menikmati semua keindahan alam ini akan membuat para wisatawan melupakan sejenak kesibukan mereka dan suasana hirup pikuknya keramai kota.

6. Camping

Kegiatan berikutnya adalah camping atau bermalam di sekitaran wisata alam ini. Untuk para wisatawan pencinta alam dan suka melakukan kegiatan camping bersama teman atau keluarga bisa mencoba bermalam di alam terbuka dengan suara air terjun yang menemani heningnya malam. Hal ini akan membuat pengelaman camping yang berbeda.

7. Berfoto

Kegiatan wajib yang harus di lakukan warga modern ketika bepergian entah itu kemana saja termasuk berlibur adalah berfoto. Ketika datang ke Air Terjun Pelaruga lalu bermain air dan menikmati keindahan alam terbuka bisa di selingkan dengan berfoto ria. Baik itu bersama pasangan, keluarga atau bersama teman. Jadi jagan lupa membawa kamera kalian ketika berencana untuk berlibur ke tempat ini.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Pelaruga Langkat

Fasilitas di Air Terjun Pelaruga Langkat
Image Credit: Google Maps (Thomas Radcliffe)

Tidak hanya wisata alamnya saja yang indah untuk di nikmati atau aliran air terjunnya yang segar dan jernih, namun ada beberapa fasilitas tambahan yang menunjang wisata alam Air Terjun Pelaruga agar menarik lebih banyak wisatawan untuk datang dan berlibur di tempat wisata alam ini. Berikut adalah beberapa fasilitas yang bisa di temukan di tempat wisata alam ini.

1. Lahan Parkir

Di tempat wisata alam ini memiliki lahan parkir yang cukup luas untuk para wisatawan memarkirkan kendaraan mereka. Tidak perlu takut untuk memarkirkan kendaraan di sini, karena ada para petugas akan menjaga kendaraan para wisatawan sampai tempat wisata tersebut tutup pukul 17:00.

2. Warung Makan

Ada warung makan bagi para wisatawan yang merasa lapar dan ingin mencari makanan, baik itu makanan berat atau makanan ringan. Ada rokok dan kopi juga yang di sediakan di tempat wisata alam ini bagi mereka yang ingin mencarinya. Jangan lupa membuang sampah pada tempatnya agar wisata alam ini tetap terjaga dan bisa di nikmati oleh wisatawan lain.

3. Gazebo

Berikutnya ada gazebo atau tempat duduk yang beratap bagi para wisatawan bersantai dan menikmati liburan. Di gazebo ini bisa menampung hingga 5 orang dewasa dan digunakan untuk tempat menaruh barang bawaan ketika para wisatawan bermain air atau bersantai bersama orang-orang terdekat.

4. Toilet Umum

Ketika para wisatawan sudah puas bermain air, mereka bisa berganti pakaian di toilet umum ini. Atau bagi para wisatawan yang ingin buang air besar dan kecil juga bisa ke toilet umum tersebut. Ada 2 jenis toilet yang ada di tempat wisata alam ini yaitu toilet pria dan toilet wanita untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Penginapan

Ada beberapa penginapan yang berada di sekitar air terjun yang bisa di gunakan oleh para wisatawan untuk bermalam ketika capek seharian bermain air. Untuk harganya juga terjangkau yaitu mulai dari Rp 200.000 permalam.

Air Terjun Pelaruga merupakan tempat berlibur yang cocok bagi para wisatawan yang merasa pusing dan stress dengan pekerjaan atau keramaian kota. Dengan suara air terjun dan pepohonan di sekitarnya membuat semua penat tersebut bisa berkurang. Untuk berlibur bersama keluarga, pasangan, atau bahkan teman juga sangat cocok. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.