Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Sungai Wampu, Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Langkat memang terkenal akan wisata alam yang memiliki banyak keunikannya tersendiri. Namun selain itu, tempat wisata lain yang masih berhubungan dengan air tentu dapat dengan mudah ditemukan. Misal saja Air Terjun Tongkat, yang namanya kini sudah terkenal.

Berada di daerah dataran tinggi, suasana sejuk nan asri khas pegunungan sangat terasa jika mendatangi kawasan wisata satu ini. Sehingga para pengunjung yang datang membawa serta anak-anak atau keluarga lainnya, karena wilayahnya yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Selain karena keindahan alam yang ditawarkan, Air Terjun Tongkat ini juga berada dekat dengan pusat kota. Oleh karena itu lokasinya mudah untuk ditemukan, dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Berikut ini ada informasi mengenai lokasi wisata menarik satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Tongkat

Daya Tarik Air Terjun Tongkat
Image Credit: Google Maps (Sopan Arifin)

1. Memiliki Atmosfer Alam yang Khas

Lokasinya yang terletak di daerah pegunungan, membuat tempat wisata satu ini mempunyai atmosfer alam yang khas. Pepohonan berukuran besar yang masih hidup di sekitar wilayahnya, memberi nuansa sejuk dengan udara yang tentunya lebih bersih dari tempat lainnya.

Selama perjalanan menuju Air Terjun Tongkat, akan banyak Anda temukan beragam jenis tumbuhan dan pepohonan yang ada di setiap sisi jalannya. Karena memang daerah Sumatera ini memiliki alam yang masih terjaga, dan banyak perkebunan sawit yang terlihat.

Apalagi jika Anda telah sampai di titik lokasi air terjun tersebut, suara gemricik air yang terdengar akan menambah suasana semakin menenangkan. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari tempat wisata tersebut. Sehingga banyak wisatawan yang datang setiap harinya.

2. Ikon Air Terjun yang Unik

Dari namanya sendiri, dapat dipastikan bahwa air terjun cantik ini memiliki sebuah keunikan yang membuat siapa saja tertarik untuk melihatnya. Keunikan tersebut terletak pada sebuah kayu besar yang berada di tengah-tengah air terjun dengan ukuran yang cukup besar.

Posisi dari kayunya sendiri pun unik, yakni seperti bersandar pada tebing dari air terjun tersebut. Satu titik atas pada kayu yang terlihat seperti tongkat tersebut, bersandar pada bagian tengah di area tebing air terjun. Kemudian titik bawah dari kayu tersebut, berada di pinggiran sisi depan dari air terjun.

Keunikan kayu tersebut menjadi daya tarik lain dari tempat wisata air terjun satu ini. Bahkan tidak hanya orang dewasa saja yang mengunjungi lokasi wisata tersebut, anak-anak pun menyukai kawasan wisata ini untuk berlibur akhir pekan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Tongkat

Alamat Terjun Tongkat
Image Credit: Kompasiana.com

Lokasi wisata Air Terjun Tongkat ini terletak di Desa Rumah Galuh, Kelurahan Namuukur, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Karena tempatnya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, maka rute perjalanan yang bisa diambil oleh para wisatawan pun terbilang cukup mudah.

Jika Anda berangkat dari arah Medan, total perjalanan yang dapat Anda tempuh hanya akan memakan waktu sekitar 1 jam saja. Dengan melewati Jalan Tol Medan menuju Kota Binjai, yang merupakan salah satu akses jalan termudah untuk dilalui menuju Kabupaten Langkat.

Setelah keluar dari jalanan bebas hambatan tersebut, Anda akan melewati Jalan Sungai Wampu yang dapat diakses oleh beragam jenis kendaraan. Bahkan bisa dikatakan bahwa jalan tersebut adalah akses utama yang menghubungkan daerah satu dengan daerah lainnya di wilayah Sei Bingai.

Kemudian selang beberapa menit, kendaraan yang Anda gunakan akan memasuki kawasan Desa Rumah Galuh. Banyak pohon kelapa sawit yang akan terlihat di setiap sisi jalan dari perjalanan selama melewati kawasan desa tersebut. Hal ini terjadi karena lokasi desa yang berada dekat dengan perkebunan dari kelapa sawit itu sendiri.

Namun, perlu diingat bahwa rute ini hanya dapat Anda lewati dengan menggunakan kendaraan jenis roda empat saja. Jika Anda berencana menggunakan kendaraan roda dua untuk berangkat menuju Air Terjun Tongkat, maka perjalanan yang akan Anda tempuh membutuhkan waktu lebih lama.

Namun selama di perjalanan baik menggunakan roda empat maupun roda dua, pemandangan alam yang disuguhkan tidak kalah bagusnya dari tujuan wisata Anda sebelumnya. Keindahan dari pemandangan alam pegunungan yang masih sangat terjaga, dapat menghilangkan rasa bosan Anda selama kurang lebih perjalanan yang berjarak 28 km tersebut.

Sebelum dapat menikmati keindahan dan keseruan dari wisata air terjun satu ini, Anda perlu menyiapkan biaya yang terbilang cukup banyak untuk membeli tiket masuk. Harga yang ditarif untuk wisatawan domestik maupun luar negeri yakni Rp 20.000 per orangnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Tongkat

Kegiatan di Air Terjun Tongkat
Image Credit: Google Maps (Shania Ikhwani)

1. Bermain Air

Tujuan utama dari para wisatawan yang mendatangi air terjun ini adalah untuk merasakan kesegaran air yang mengalir dari atas pegunungan tersebut. Walaupun kolam alami yang berada tepat di bawah titik air terjun dapat dikatakan cukup dalam, tak menyurutkan antusias wisatawan untuk bermain air.

Selain itu, Anda bisa menikmati kesegaran air dari Air Terjun Tongkat ini dengan cara bermain di pinggiran kolamnya saja. Hal tersebut menjadi pilihan yang dapat Anda lakukan, jika memiliki rasa takut yang berlebihan untuk berenang di area yang dalam.

Setelah selesai bermain air, jangan lupa untuk mengganti pakaian yang basah dengan pakaian kering yang telah Anda bawa sebelumnya. Kemudian Anda bisa membeli beberapa makanan atau minuman hangat untuk memulihkan energi dan semangat.

2. Berenang di Kolam Abadi

Tidak hanya air terjunya yang menjadi ikon utama dari tempat wisata satu ini, tetapi ada satu spot wisata lain yang menarik untuk Anda kunjungi. Wisata tersebut bernama Kolam Abadi, yang dapat Anda temukan di area jalur tracking menuju titik air terjun tersebut.

Sumber mata air yang mengisi penuh kolam tersebut, menampilkan kejernihan yang tiada duanya. Dengan kedalaman yang tidak lebih dari 5 meter, bisa dikatakan bahwa kolam air ini cukup dangkal. Anda bisa mampir sebentar untuk berenang atau menyelam melihat keindahan bawah airnya.

Bagian dasar dari kolam tersebut adalah batuan kecil dan pasir yang terasa lembut saat mengenai permukaan kaki anda. Bahkan bagian dasar ini dapat terlihat jelas dari bagian atas kolam, karena kejernihan air yang luar biasa. Saat berenang merasakan kesegaran air di Kolam Abadi ini pun tidak kalah serunya saat berenang Air Terjun Tongkat.

Kegiatan Dilakukan di Air Terjun Tongkat
Image Credit: Google Maps (Einfuhlung Channel)

3. Tracking

Kegiatan tracking ini bisa dikatakan wajib Anda lakukan, sebelum dapat menikmati berbagai hal menarik di kawasan air terjunnya. Perjalanan yang hanya dapat Anda tempuh dengan cara berjalan kaki ini membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit hingga 1 jam.

Perjalanan akan dimulai setelah area parkir kendaraan pribadi, yang kemudian akan dilanjutkan berjalan kaki bersama beberapa pemandu profesional. Setelah pembayaran tiket masuk dan sewa pemandu ini, jalanan setapak kawasan hutan akan menemani Anda di setiap perjalanan tracking ini.

Jangan khawatir jika bekal makan Anda habis di tengah perjalanan panjang tersebut, karena terdapat beberapa warung kecil yang menyajikan beragam jenis makanan dan minuman. Selain itu, Anda dapat berkenalan dengan wisatawan lainnya yang menjadi teman Anda selama kegiatan tracking berlangsung.

4. Berfoto di Berbagai Spot

Lokasi Air Terjun Tongkat ini menjadi tempat yang pas untuk Anda yang menyukai dunia fotografi. Mulai dari pemandangan pohon-pohon besar yang berada di sekitar air terjun, hingga air yang mengalir dari atas sendiri yang dapat digunakan sebagai latar belakang.

Hasil foto yang ditampilkan akan tampak lebih segar karena tambahan warna hijau alami oleh dedaunan dari pepohonan yang rimbun. Selain itu, memilih tema foto natural alam menjadi pilihan yang tepat untuk Anda lakukan di kawasan wisata air terjun satu ini.

Berbagai hasil foto dengan latar belakang yang menarik tersebut dapat Anda jadikan unggahan di beberapa paltform sosial media. Dengan melihat foto yang Anda posting, akan semakin banyak masyarakat yang mengetahui wisata air terjun unik tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Tongkat Langkat

Fasilitas Air Terjun Tongkat
Image Credit: Kompasiana.com

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata alam ini, belum dapat dikatakan memadai. Hal ini disebabkan karena lokasi persis air terjunnya yang berada di tepat tengah hutan dengan medan tempuh cukup sulit. Bahkan wisatawan diharuskan berjalan kaki terlebih dahulu sebelum sampai di air terjunnya.

Namun beberapa warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman ringan, masih bisa Anda jumpai di sepanjang jalan yang digunakan untuk tracking wisatawan. Untuk fasilitas lain seperti kamar mandi, hanya ada beberapa buah di bagian depan dekat dengan loket pembayaran tiket.

Itulah informasi mengenai wisata Air Terjun Tongkat yang berada di Langkat, Sumatera Utara. Walaupun masih banyak kekurangan dalam hal fasilitas, namun berbagai kegiatan menarik dapat Anda lakukan di lokasi wisata satu ini.