Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Durian Lingga, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Namu Sira-Sira merupakan tempat pemandian alam yang terletak di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Tempat pemandian alam ini memiliki air yang jernih bersih dan pohon yang rimbun di bagian sisi membuat suasana menjadi sejuk. Pengunjung yang datang dapat menikmati segarnya air sembari dikelilingi hutan hijau. Tak hanya itu, air yang mengalir juga ada yang deras dan berbatu cocok untuk area arum jeram.

Pemandangan yang hijau serta panjangnya sungai menjadi kelebihan diantara tempat pemandian lainnya. Hutan hijau disini pun sering dimanfaatkan oleh wisatawan sebagai area tracking. Sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang hendak melepas penat setelah bekerja. Itulah kenapa tempat wisata ini ramai dikunjungi saat libur mendatang.

Wisatawan Namu Sira-Sira juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Fasilitas yang disediakan bertujuan untuk mengoptimalkan kepuasan pengunjung. Semua fasilitas seperti halnya fasilitas umum maupun penunjang tersedia lengkap disini. Mulai dari kamar ganti, mushola, area parkir, toilet serta warung makan.

Daya Tarik yang Dimiliki Namu Sira-Sira

Daya Tarik Namu Sira-Sira
Image Credit: Google Maps (TJIUNGGU TJERNIN)

Pemandian ini sebenarnya merupakan bendungan, namun bendungan ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai irigasi pertanian tetapi dalam perkembangannya juga dimanfaatkan sebagai tempat budidaya ikan air tawar dan obyek wisata pemandian alam. Wisatawan banyak berdatangan karena daya tarik yang disuguhkan tidak biasa seperti halnya wisata alam lainnya.

1. Airnya yang Bersih

Sudah tidak diragukan lagi kalau pemandian alam satu ini memiliki air yang sangat bersih sebab pengelola dan wisatawan yang datang sepakat untuk selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Tak hanya bersih namun juga luas jadi sangat cocok sebagai area rekreasi keluarga. Wisatawan dapat menikmatinya dengan berenang atau sekedar berendam.

Kedalaman air yang terletak di pemandian alam ini ada yang kedalamannya sebatas lutut, jadi cocok dimanfaatkan sebagai tempat berenang sekaligus bermain air dengan buah hati untuk Anda yang membawa keluarga. Arusnya pun tenang, wisatawan tidak perlu khawatir akan keselamatan si buah hati dan keluarga.

Tak hanya arus yang tenang, disini pun terdapat arus yang lumayan deras sekaligus berbatu sehingga banyak yang memanfaatkannya sebagai rute rafting. Walaupun disini ada rute rafting, fasilitas yang disediakan pun sudah disediakan oleh pengelola, jadi wisatawan tidak perlu repot membawa peralatan rafting. Pantas saja kalau wisata alam satu ini menjadi destinasi wisatawan karena kelengkapannya.

2. Dikelilingi Rimbunnya Pohon

Pernahkah Anda membayangkan berendam di air yang bersih sekaligus dikelilingi oleh rimbunnya pohon hijau nan asri? Tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkannya, Anda bisa berkunjung ke Namu Sira-Sira. Disini Anda seakan berendam di sungai bak negeri dongeng. Tak sedikit pula pengunjung yang mengabadikan momen indah ini dalam jepretan kamera

Rimbunnya pohon juga membuat udara menjadi sejuk sehingga banyak wisatawan yang betah berlama-lama disini. Pantas saja kalau wisatawan rela berdatangan dari luar kota demi menikmati keindahan yang di paparkan pemandian alam satu ini. Rekreasi ke pemandian alam ini merupakan pilihan yang sangat tepat guna melepas penat.

Wisatawan yang hendak menikmati sejuknya rimbunan pohon dapat memesan makanan yang disediakan oleh pengelola. Disini terdapat banyak warung makan yang menjajakan berbagai makanan yang dapat wisatawan nikmati bersama keluarga. Tak hanya itu, disini pun ada beberapa gazhebo, jadi wisatawan dan keluarga bisa menyantap makanan sekaligus menikmati indahnya pemandangan.

3. Akses yang Mudah

Untuk Anda yang berniat mengunjungi pemandian alam satu ini, Anda tidak perlu khawatir mengenai akses jalan menuju lokasi. Jalan menuju pemandian alam ini sudah memiliki jalur yang beraspal jadi Anda bisa mengunjunginya dengan membawa kendaraan pribadi tanpa takut bertemu trek yang sulit seperti tempat wisata kebanyakan.

Hanya saja dalam 1 km menuju lokasi wisata, wisatawan harus melewati jalanan berbatu. Namun itu bukanlah masalah karena jalan berbatu yang ada tidak akan menggangu perjalanan wisatawan. Setelahnya, akan ada pengelola wisata yang akan menyodorkan tiket untuk Anda bayar agar dapat menikmati indahnya pemandian alam satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Namu Sira-Sira

Alamat Namu Sira-Sira
Image Credit: Google Maps (Nugraha)

Namu Sira-Sira adalah obyek wisata favorit dikala cuti dan libur sekolah datang. Wisatawan yang datang ada yang berasal dari dalam maupun luar kota. Obyek wisata alam ini berlokasi 18 km dari pusat Kota Binjai, Sumatera Utara. Akses jalan menuju lokasi mudah dilalui karena sudah beralaskan aspal. Namun ada sedikit jalan berbatu sepanjang 1 km sebelum wisatawan menemui pintu masuk.

Waktu tempuh menuju lokasi kurang lebih 90 menit dari Kota Medan tergantung jumlah wisatawan yang datang. Jika libur sekolah dan cuti telah tiba, biasanya jalan menuju tempat wisata ini sedikit macet sebab banyak pengunjung. Pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini banyak yang merasa tertarik dengan pemandangan yang disuguhkan.

Wisatawan yang berniat datang dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti halnya mobil dan motor. Sedangkan untuk wisatawan yang berniat datang dengan membawa rombongan ataupun menggunakan kendaraan umum belum terlalu memadai karena masih belum tersedianya trayek kendaraan umum yang ada di sekitar lokasi ini.

Tempat wisata ini tidak terlalu jauh dari permukiman warga. Untuk wisatawan yang berada di Kota Medan dapat langsung menuju Binjai dengan jarak kurang lebih 19 km. Selepas dari Kota Binjai, dapat melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Sei Bingai. Jika dihitung, jarak antara lokasi wisata dan Kota Medan berjarak kurang lebih 37 km.

Harga Tiket Masuk Namu Sira-Sira Langkat

Harga Tiket Namu Sira-Sira Langkat
Image Credit: Google Maps (TJIUNGGU TJERMIN)

Tempat wisata satu ini menyuguhkan pemandangan yang tiada tandingannya. Tak hanya pemandangan yang indah, fasilitas serta akses menuju lokasi pun sangat lengkap dan mudah. Jika berbicara mengenai biaya yang diperlukan untuk menyambangi tempat ini, tak perlu berpikir untuk membayar mahal karena tempat wisata ini terkenal dengan tarifnya yang murah.

Saat hampir sampai ke lokasi wisata Namu Sira-Sira, kita terlebih dahulu melewati sedikit jalan bebatuan kecil. Sesampainya di pintu masuk, wisatawan akan disodorkan tiket masuk menuju lokasi. Jumlah dana yang harus dikeluarkan untuk menikmati wisata alam ini adalah Rp 3.000 untuk satu orang pengunjung serta Rp 5.000 untuk parkir.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Namu Sira-Sira

Kegiatan di Namu Sira-Sira
Image Credit: Twitter.com @exploresumatera

1. Berendam dan Berenang di Tengah Rimbunnya Pepohonan

Tempat wisata Namu Sira-Sira memiliki lokasi yang luas, spot untuk berendam dan berenang pun ada tempatnya tersendiri. Bagian yang memiliki tinggi air yang cukup dalam sangat cocok digunakan untuk berenang. Sedangkan pada bagian yang tidak begitu dalam yaitu hanya sekitar pangkal lutut sangat disarankan untuk wisatawan yang hendak berendam dan bermain air dengan buah hati.

Wisatawan yang datang tak hanya merasakan berendam dan berenang saja, namun juga dapat merasakan ketenangan yang disuguhkan oleh tempat wisata ini. Disini terdapat banyak pohon rimbun yang dapat menambah kualitas pengalaman pengunjung dalam berendam dan berenang. Dijamin, untuk Anda yang berendam dan berenang disini akan merasa sangat puas.

2. Rafting Seru di Arus yang Kuat dan Berbatuan

Disini pun terdapat area untuk wisatawan yang menyukai rafting. Area yang berbatu dengan arus yang kuat sangat cocok untuk bermain arum jeram. Wisatawan yang ingin merasakan pengalaman rafting, dapat menyewa fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Jadi Anda tidak perlu repot-repot membawa peralatan rafting.

3. Tracking Ditengah Rimbunnya Pepohonan

Lokasi wisata indah ini dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun dan hijau, serta jalur yang sedikit menanjak seperti halnya bukit. Karena hal itu membuat orang tertarik untuk menjelajahinya, hingga diberi fasilitas oleh pengelola untuk wisatawan yang ingin tracking. Fasilitas tracking disediakan lengkap oleh pengelola disini.

Fasilitas yang Tersedia di Namu Sira-Sira Langkat

Fasilitas di Namu Sira-Sira
Image Credit: Google Maps (Elta Renaldi)

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Namu Sira-Sira sudah tergolong lengkap. Tak melulu tentang fasilitas umum saja, namun disini juga disediakan fasilitas penunjang. Fasilitas penunjang yang disediakan tidak lain bertujuan untuk menambah kualitas dari lokasi wisata ini. Wisatawan yang hendak berkunjung tidak perlu khawatir mengenai barang dan perbekalan yang akan dibawa.

Fasilitas umum seperti halnya mushola untuk Anda yang akan menunaikan kewajiban, toilet, tempat parkir yang luas sehingga wisatawan tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir, kamar ganti bagi yang ingin mengganti baju selepas berendam dan berenang serta berbagai warung makan untuk Anda yang lapar selepas bermain di wisata alam ini.

Fasilitas penunjang pun disediakan pengelola disini, seperti halnya peralatan untuk arum jeram, ban untuk Anda yang hendak berenang, perlengkapan tracking juga disediakan lengkap disini. Dengan semua fasilitas yang tersedia, pantas saja kalau banyak wisatawan yang rela berkunjung dari luar daerah demi menyambangi tempat ini.

Demikianlah beberapa hal mengenai Namu Sira-Sira di Langkat yang mungkin dapat Anda tuliskan di daftar destinasi wisata. Daya tarik yang disuguhkan oleh pemandian alam ini sangat indah Anda dapat melakukan aktivitas tracking, berendam dan berenang serta ada spot air yang deras dengan bebatuan yang sering dimanfaatkan untuk arum jeram. Fasilitas yang disediakan pun sangat lengkap.