10 Taman Keren di Bandar Lampung untuk Mengisi Akhir Pekan

10 Taman Keren di Bandar Lampung untuk Mengisi Akhir Pekan

Bandar Lampung dikenal memiliki taman yang cantik dan keren dijadikan tujuan alternatif warga saat berakhir pekan. Inilah daftar taman favorit di Bandar Lampung yang menarik Anda kunjungi.

Siapa sangka bahwa di Bandar Lampung mempunyai segudang objek wisata berupa taman. Daerah tersebut berada di provinsi yang paling Selatan di Kepulauan Sumatera. Saat ini, Bandar Lampung tengah menjadi salah satu tujuan wisata yang sedang populer atau naik daun.

Berbagai taman yang ada di Bandar Lampung, cocok untuk dikunjungi saat libur atau ada waktu luang. Pastinya banyak hal yang bisa dilakukan di taman, karena umumnya merupakan tempat maupun ruang untuk menghibur diri.

Hal-hal yang menyenangkan dilakukan di taman seperti olah raga, bermain, berfoto, dan lain-lain. Menikmati angin sepoi-sepoi juga termasuk kegiatan yang menarik saat berada di taman. Nah, mari kita bahas apa saja taman-taman yang ada di Bandar Lampung.

1. Alam Wawai Eco Park

Alam Wawai Eco Park

Image Credit: Google Maps (Alamwawai Eco Park)

Alam Wawai Eco Park buka mulai pukul 10 pagi sampai 5 sore. Taman ini dikenakan tiket masuk sebesar 20 ribu untuk satu orang pengunjung. Lokasinya berada di dekat Taman Lembah Hijau. Tepatnya berlokasi di Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung.

Taman ini merupakan tempat terbaik untuk menikmati betapa indahnya kota Bandar Lampung dari atas ketinggian. Menarinya lagi pemandangan yang disuguhkan tidak hanya keindahan kota, melainkan juga view yang menghadap lautan. Disediakan fasilitas berkemah untuk para pengunjung yang ingin bermalam di Alam Wawai Eco Park.

Di taman ini ada juga panggung yang memiliki tempat duduk berundak seperti Amphithateatre. Panggung tersebut biasanya digunakan untuk pertunjukkan musik. Dikelilingi pula oleh pepohonan yang rindang. Tak heran apabila Alam Wawai Eco Park ini menjadi tempat wisata yang ramah lingkungan. Mengunjungi tempat ini akan lebih seru apabila ramai-ramai dengan mengajak teman maupun keluarga.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. H Hasan Rais, Sukadana Ham, Kec. Tanjungkarang Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

2. Taman Nemo

Taman Nemo

Image Credit: Google Maps (Robi Khossaghi)

Bagi pengunjung yang ingin melihat ikan nemo, maka Taman Nemo cocok menjadi tempat untuk dikunjungi. Ikan nemo di tempat ini sangat menarik karena memiliki warna yang sangat indah. Taman Nemo terletak di Kabupaten Pesawaran, Bandar Lampung. Serunya lagi, taman ini buka selama 24 jam penuh.

Tak hanya ikan nemo saja, berbagai macam jenis ikan hias lainnya juga dilindungi di kawasan Taman Nemo. Disini pun ada spot untuk pengunjung yang ingin melakukan diving maupun snorkeling. Selain itu, piknik menjadi pilihan bagi pengunjung yang hanya ingin menghabiskan waktu untuk bersantai.

BACA:  11 Tempat Wisata di Metro Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pahawang Island, Kec. Punduh Pidada, Kab. Pesawaran, Lampung.

3. Bukit Sakura Kemiling

Bukit Sakura Kemiling

Image Credit: Google Maps (Reidan Ruhldry)

Bukit Sakura Kemiling merupakan taman yang ada di ketinggian. Tentu pemandangan yang disuguhkan yaitu latar belakang kota Bandar Lampung yang terlihat bercahaya pada malam hari. Taman keren yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto. Itu karena berbagai fasilitas spot foto telah ada.

Salah satu fasilitas spot foto di Bukit Sakura yang paling favorit adalah jembatan. Untuk melengkapi penampilan saat berfoto, ada pula penyewaan baju kimono khas Jepang. Jam buka tempat ini mulai pukul 8 pagi hingga 10 malam. Untuk satu orang hanya perlu membayar tiket sebesar 10 ribu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Melati Raya, Kec. Langkapura, Kota Bandar Lampung, Lampung.

4. Lampung Elephant Park

Lampung Elephant Park

Image Credit: Google Maps (Raden R)

Taman yang berada di tengah kota dekat Bundaran Gajah ini masih tergolong baru karena belum lama diresmikan oleh Gubernur Lampung. Apabila dilihat-lihat, Lampung Elephant Park mirip dengan Taman Safari di Bogor. Selain lokasinya yang strategis, juga tidak dikenakan biaya masuk.

Berbagai fasilitas memadai sudah ada seperti toilet, mushola, area parker, serta jejeran pedagang kuliner. Saat pagi hari, taman ini ramai dijadikan sebagi tempat berolahraga oleh masyarakat Bandar Lampung. Siangnya, dijadikan area bermain anak-anak kecil. Sedangkan, malamnya ramai oleh kalangan muda-mudi yang sedang nongkrong.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lantana, Enggal, Kec. Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

5. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo

Image Credit: Google Maps (Wedya Henkha)

Pertama kali memasuki Taman Purbakala Pugung Raharjo, pengunjung akan disambut oleh gerbang dengan bentuk yang unik. Setelah memasuki ke area dalam, ada kompleks situs purbakala dengan dikelilingi benteng dan tanggul. Jalanan di taman tersebut juga berupa sebuah lorong pijakan batu. Pada sebelah kanan dan kiri batu tersebut, akan terlihat benda bersejarah seperti batu mayat, menhir, dan goresan yang berbentuk bujur sangkar.

Terdapat juga punden yang berada jauh dalam di taman tersebut. Selain itu, ada rumah informasi yang berupa rumah adat khas Lampung. Rumah tersebut seperti halnya museum yang menyimpan berbagai informasi mengenai situs purbakala. Koleksi benda bersejarah juga banyak ditemui di rumah informasi.

BACA:  45 Tempat Wisata di Lampung Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tidak hanya itu, ada juga kolam megalitik yang katanya menjadi kolam tertuah. Pepohonan yang rimbun mengelilingi kola tersebut hingga suasana terasa sejuk. Pengunjung juga diperbolehkan untuk berenang di kolam ini. Bahkan, ada suatu kepercayaan yang menyebutkan bahwa tubuh menjadi awet muda apabila mencuci muka menggunakan air kolam megalitik.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pugung Raharjo, Kec. Sekampung Udik, Kab. Lampung Timur, Lampung.

6. Agrowisata Horti Park

Agrowisata Horti Park

Image Credit: Google Maps (DStory Lpg)

Selain hanya menikmati berlibur, Agrowisata Horti Park juga menawarkan destinasi wisata edukasi yang sangat bermanfaat untuk pengunjung. Berbagai aneka jenis tanaman akan tampak apabila sudah memasuki kawasan holtikultural tersebut. Aneka tanaman disini pun sangat lengkap yang ditanam dengan cara biasa maupun hidroponik.

Misalnya saja seperti buah strawberry, buah jeruk, bunga matahari, dan masih banyak lagi. Buat pengunjung yang menyukai buah strawberry, Anda bisa datang langsung ke taman tersebut. Disana pengunjung boleh memetik sendiri buah strawberry. Selain itu, buah yang dipetik boleh dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk orang rumah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sabah Balau, Kec. Tanjung Bintang, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

7. Taman Kupu-Kupu Gita Persada

Taman Kupu-Kupu Gita Persada

Image Credit: Google Maps (Robby Puruhita)

Dari namanya saja, kita sudah bisa tau bahwa di taman tersebut terdapat banyak kupu-kupu yang menawan. Lokasi Taman Kupu-kupu Gita Persada ada di kaki gunung Betung Kemiling. Membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit dari pusat kota Lampung.

Di taman yang memiliki alam sejuk ini, pengunjung bisa melihat perkembangan serta metamorphosis kupu-kupu. Mulai dari menjadi telu, ulat, kepompong, sampai berubah menjadi kupu-kupu yang cantik. Bahkan, sampai saat ini terdapat 100 spesies kupu-kupu yang hidup disana. Selain itu, ada juga kupu-kupu yang telah diawetkan sejak tahun 1997 dengan jumlah sekitar 140 koleksi.

Taman Kupu-kupu Gita Persada juga dilengkapi dengan area bermain anak, kafetaria yang disebut dengan Tea House, dan tujuh toilet umum. Pengunjung tak perlu khawatir akan kelaparan karena bisa membeli makanan seperti nasi goreng dan mie instan di Tea House. Sensasi berbeda bisa didapatkan dengan menikmati makanan dengan suasana taman kupu-kupu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wan Abdurrahman, Hutan, Kec. Hutan, Kota Bandar Lampung, Lampung.

8. Alun-Alun Simpang Pematang Mesuji

Alun-Alun Simpang Pematang Mesuji

Image Credit: Google Maps (Novembian A)

Masyarakat Lampung, sering mengisi waktu sore untuk menikmati senja di Alun-alun Simpang Pematang Mesuji. Tempatnya strategis dengan berhadapan langsung dengan rumah dinas Bupati Mesuji. Taman ini memiliki lapangan basket, sepak bola, air mancur, kolam dan juga ramai oleh penjaja makanan.

BACA:  16 Oleh-Oleh Khas Lampung Paling Populer

Pengunjung yang datang ke alun-alun tidak akan dipungut biaya masuk. Berbagai fasilitas juga dapat dipakai dengan gratis. Apabila menjelang malam, suasana disini akan terasa beda. Pengunjung akan semakin ramai di malam hari. Suara air mancur juga membuat pemandangan alun-alun semakin menarik.

Malam minggu juga menjadi hari favorit para kalangan anak muda untuk berkunjung. Biasanya mereka hanya sekedar menikmati suasana alun-alun sembari menikmati cemilan.

Saat berkunjung ke Alun-alun Simpang Pematang Mesuji, pengunjung wajib mengikuti berbagai tata tertib yang ditetapkan. Salah satunya yaitu tidak boleh mengotori kawasan ini dengan sampah dan harus meletakkan kendaraan di tempat yang sudah disediakan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Simpang Pematang, Kab. Mesuji, Lampung.

9. Wisata Villa Gardenia

Wisata Villa Gardenia

Image Credit: Google Maps (Widya N)

Wisata Villa Gardenia merupakan taman yang lokasinya berada dekat dengan pantai Sari Ringgung. Taman ini juga menjadi salah satu tempat favorit masyarakat Bandar Lampung. Lokasinya mudah untuk dijangkau, tepatnya di Kabupaten Pesawaran, Bandar Lampung.

Banyak cahaya lampu yang menghiasi dan mempercantik taman tersebut. Spot foto yang banyak, mampu membuat foto Anda menjadi semakin instagramable. Tiket masuk ke Wisata Villa Gardenia pun cukup murah, yakni kurang lebih 10 ribu untuk satu orang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Teluk Pandan, Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

10. Taman Wisata Lembah Hijau

Taman Wisata Lembah Hijau

Image Credit: Google Maps (BangPenvlog)

Taman keren yang ada di Bandar Lampu terakhir yaitu Taman Wisata Lembah Hijau. Taman ini letaknya tidak terlalu jauh dengan Alam Wawai Eco Park dan Puncak Mas. Taman ini tidak bisa dinikmati saat malam hari, karena hanya buka mulai pukul 8 pagi sampai 5 sore saja. Acara outbond sering digelar di taman wisata tersebut.

Fasilitas yang ada disini juga sangat mendukung, seperti kebun binatang mini di taman satwa, waterboom, wahana naik gajah Way Kambas, permainan anak-anak, dan lain-lain. Salah satu hal yang unik disini, meskipun hanya kebun binatang mini tapi jenis hewan didalamnya cukup beragam. Contohnya seperti rusa, kera, monyet, kelinci, dan masih banyak lagi. Sehingga, cocok dijadikan tempat untuk mengedukasi si kecil.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sukadana Ham, Kec. Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Nah, itulah deretan taman keren yang ada di Bandar Lampung yang bisa menjadi referensi. Tunggu apalagi, apabila penasaran dengan berbagai taman tersebut, segera luangkan waktu untuk mengunjunginya. Dijamin Anda dapat menikmati waktu dengan seru di berbagai taman yang ada di Bandar Lampung.