Bandar Lampung termasuk kota padat penduduk dan memiliki banyak pusat perbelanjaan yang patut Anda kunjungi. Inilah daftar mall terbaik di Bandar Lampung yang dapat memuaskan Hasrat berlanja Anda.

Bandar Lampung mendapat peringkat kedua kota dengan kepadatan penduduk di Pulau Sumatra, populasi di kota ini mencapai lebih dari 1,1 juta jiwa. Karena populasinya yang tinggi, Bandar Lampung menjadi pusat perekonomian seluruh warga di Sumatra maupun imigran dari luar pulau. Kota ini juga memiliki banyak pusat perbelanjaan yang ramai akan pembeli.

Pusat perbelanjaan atau mall adalah pasar modern yang merupakan inovasi dari pasar tradisional. Pasar modern ini mengambil tema indoor, bangunan yang besar dan megah membuat mall ini terkenal akan nilai mewahnya. Selain menjadi pusat perbelanjaan masyarakat, di dalam mall ini terdapat juga fasilitas lain yang bisa dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Bandar Lampung sendiri tentunya memiliki banyak pusat perbelanjaan yang menarik untuk dikunjungi baik oleh masyarakat setempat atau wisatawan yang datang dari luar daerah. Untuk itu, berikut rekomendasi mall favorit di Bandar Lampung yang bisa dijadikan lokasi untuk jalan-jalan atau mencari oleh-oleh.

1. Chandra Department Store

Chandra Department Store
Image Credit: Google Maps (Atho Sofyan Al-Bongkas)

Mall yang pertama ini memiliki nama yang diambil dari nama persero yang membangun pusat perbelanjaan itu sendiri. Awalnya mall yang memiliki 4 lantai ini adalah mini market biasa, yang hanya menjual sedikit kebutuhan pokok bagi masyarakat. Namun karena mendapat nilai baik dimata masyarakat, kemudian perlahan bisnis ini mulai berkembang dan sekarang telah merubah nama menjadi sebuah mall.

Chandra Store ini juga sudah memiliki website resminya sendiri, yang memudahkan konsumen mengetahui detail dari mall ini. Produk yang dijual di mall ini kebanyakan adalah produk lokal. Selain itu mall yang didominasi dengan warna merah silver ini memiliki banyak cabang yang terletak di berbagai penjuru Provinsi Lampung.

Lokasi: Jl. Pemuda No.135-127, Kec. Tanjung Karang Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung.

2. Plaza Lotus

Plaza Lotus
Image Credit: Google Maps (I Wayan Kerta)

Pusat perbelanjaan ini memiliki 4 lantai dan 1 basement untuk parkir kendaraan. Nama dari mall ini unik, seperti bunga yang menjadi simbol spiritual di negara Korea. Letak mall ini juga strategis, dimana berada di tengah kota yang ramai penduduk.

Mall ini selalu ramai pengunjung yang berbelanja atau pengunjung yang sekedar berjalan-jalan. Untuk Anda yang hobi makan pizza, mall ini wajib Anda kunjungi. Salah satu store yang menjual fast food pizza ini sudah terkenal akan kelezatannya. Tak hanya fast food, makanan jenis lain juga dapat Anda temukan di mall ini.

Lokasi: Jl. Raden Intan No.73, Enggal, Kec. Engal, Kota Bandar Lampung, Lampung.

3. Mall Boemi Kedaton

Mall Boemi Kedaton
Image Credit: Google Maps (Kojo Ojok)

Luas dari pusat perbelanjaan ini kurang lebih 3 hektar, dengan bangunan yang memiliki detail berbentuk tabung dibagian depannya. Buka pada tahun 2014, mall ini masih berdiri kokoh meski sudah 7 tahun lamanya. Berdiri dengan 4 lantai dan 1 basement, menjadikan mall ini dapat menyediakan lahan parkir yang luas dan aman dari cuaca di luar.

Boemi Kedaton ini menjadi pusat perbelanjaan terbesar di kota Bandar Lampung, karena luasnya lahan yang dimiliki. Mall ini memiliki banyak fasilitas, bahkan bisa dikatakan lengkap. Mulai dari restoran, kamar mandi hingga tempat bermain untuk anak-anak. Produk yang dijual mulai dari produk lokal hingga import, yang banyak dicari oleh konsumen.

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.1, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung.

4. Transmart Carrefour Lampung

Transmart Carrefour Lampung
Image Credit: Google Maps (Fitria Lestari)

Pusat perbelanjaan satu ini sudah terkenal di berbagai penjuru Indonesia. Mall ini didirikan oleh salah satu perusahaan televisi swasta Indonesia. Produk-produk yang dijual di mall ini banyak yang datang dari luar negri atau import.

Selain itu wahana permainan di Transmart juga beragam dan banyak pilihannya. Dari permainan yang memacu adrenalin sampai timezone untuk anak-anak, tersedia 24 jam di mall ini.

Anda juga dapat mengakses mall ini secara online, tersedia website untuk memilih beragam produk. Layanan pesan antar dari pihak Transmart akan siap mengantarkan belanjaan yang sudah Anda beli secara online. Akan Anda temui banyak diskon atau promo di kesempatan tertentu. Bahkan diskon promo yang diberikan dapat mencapai 50%, ini bisa disebut surganya para pemburu diskon.

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.283, Way Halim Permai, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung, Lampung.

5. Simpur Center Mall

Simpur Center Mall
Image Credit: Google Maps (Elvano Detra)

Simpur Center ini menjadi tempat untuk Anda yang sedang mencari gadget baru atau berbagai macam barang elektronik lainnya. Warga kota Bandar Lampung sering menyebut mall ini sebagai pusat barang elektronik, karena barang yang ditawarkan selalu barang keluaran terbaru.

Selain itu, mall ini juga biasa disebut sebagai pusatnya kuliner yang sedang hits di wilayah Bandar Lampung. Banyak berbagai jenis restoran yang menjual macam-macam makanan mendirikan standnya di mall ini.

Tak hanya itu, harga rata-rata barang yang dibandrol tidak terlalu mahal alias murah meriah. Namun jangan salah, kualitas dari barang yang mereka jual tidak kalah dengan barang berharga lebih tinggi lainnya. Jika ada yang lebih murah dan memiliki kualitas sama kenapa tidak bukan?

Lokasi: Jl. Raden Intan No.32, Tanjung Karang, Enggal, Kota Bandar Lampung, Lampung

6. Central Plaza Lampung

Central Plaza Lampung
Image Credit: Google Maps (Atho Sofyan Al-Bongasi)

Pertama kali dibuka pada tahun 2009, saat masa pembukaan mall ini disambut antusias oleh penduduk sekitar. Bahkan dikatakan bahwa Central Plaza Lampung ini menjadi mall terbesar pada masanya. Mall ini merupakan tempat dimana para anak muda jalan-jalan, dan setiap malam Minggu mall ini ramai dengan sejoli yang menghabiskan waktu bersama.

Namun keadaanya sekarang sudah berbanding terbalik dengan dahulu. Pengunjung yang datang tidak seramai saat masa emasnya. Terhitung sudah 12 tahun lamanya mall ini berdiri, menyediakan setiap kebutuhan pokok pengunjung. Karena termasuk bangunan tua juga, alasan mall ini sepi pembeli sekarang.

Memiliki 3 lantai dengan 1 basement untuk lahan parkir, banyak pengunjung saat ini yang mengeluhkan sempitnya lahan parkir. Jika untuk parkir mobil, basement hanya bisa menampung jumlah yang sedikit. Hal inilah yang disayangkan dari mall ini, perlu adanya perbaikan agar pusat perbelanjaan ini tetap eksis.

Lokasi: Jl. Kartini No.21, Durian Payung, Kec. Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

7. Werken Store (New)

Werken Store (New)
Image Credit: Google Maps (Werken Store)

Pusat perbelanjaan ini memiliki fokus jual pada produk sepatu. Rata-rata sepatu yang dijual di sini adalah sepatu jenis kets, keluaran terbaru dari berbagai brand. Werken Store ini memiliki kualitas sepatu import, yang memiliki brand terkenal di seluruh dunia. Anda juga bisa memesan terlebih dahulu sepatu yang Anda cari, lalu tinggal mengambilnya saja.

Werken Store ini buka jam 8 pagi hingga 9 malam. Setiap harinya, ramai pengunjung yang rata-rata adalah anak muda. Alasan mereka lebih memilih membeli sepatu di tempat ini karena harganya yang terjangkau, dan model dari sepatu mereka juga mengikuti tren.

Lokasi: Jl. Palapa IV No.15, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung.

8. Mall Lampung

Mall Lampung
Image Credit: Google Maps (Fakih Family)

Bangunan dari mall ini tidak begitu besar seperti mall pada umumnya. Meskipun begitu, pengunjung yang datang mengatakan bahwa mereka merasa lebih nyaman karena tidak terlalu banyak pengunjung lain yang lalu-lalang.

Usut punya usut, mall Lampung ini merupakan mall pertama yang dibangun di Bandar Lampung. Dan mall ini juga menjadi pusat perbelanjaan tertua karena masih bisa bertahan dari dulu hingga sekarang. Pengelola mall ini patut diacungi jempol, karena dapat mempertahankan eksistensi mall sampai saat ini.

Lokasi: Jl. ZA. Pagar Alam, Rajabasa, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung.

9. Plaza Bandar Jaya

Plaza Bandar Jaya
Image Credit: Facebook.com @anindyaaf.anindyaaf

Letak mall ini dekat dengan salah satu perumahan mahal di Bandar Lampung. Terdapat 2 lantai pada mall ini, namun hanya lantai satu atau lantai bawah saja yang digunakan sebagai kegiatan jual beli. Hal ini terjadi lantaran biaya sewa lantai atas sangat mahal, karena itulah penjual lebih memilih lantai bawah dengan harga sewa yang lebih murah.

Selain itu harga jual produk di mall ini relatif mahal, karena dekat dengan warga perumahan yang rata-rata memiliki selera yang tinggi. Fasilitas pada mall ini juga belum lengkap,bioskop atau area permainan belum tersedia hingga kini. Mall ini hanya benar-benar menjual pakaian dan bahan makanan saja.

Namun kabar baik terdengar belum lama ini, akan adanya perbaikan untuk Plaza Bandar Jaya dari pemerintah kota. Ini menjadi angin segar bagi para penjual dan pembeli, nantinya akan ada lebih banyak fasilitas yang dibangun agar pengunjung lebih banyak yang berdatangan.

Lokasi: Jl. Bandar Jaya Barat, Kec. Terbanggi Besar, Kab. Lampung Tengah, Lampung.

10. Mall Kartini

Mall Kartini
Image Credit: Google Maps (Muhammad Rizki Yolanda)

Mendengar nama mall ini, pasti Anda akan teringat oleh salah satu nama pahlawan wanita Indonesia. Hal ini tentu tidak ada hubungannya jika sang pendiri mall masih memiliki keturunan dari sang pahlawan ini.

Saat akan masuk di mall Kartini ini, Anda akan melihat dua miniatur pohon palem yang berada tepat pada pinggiran pintu mall. Terlihat semakin nyata miniatur pohon ini, karena warna dan ukurannya sama persis dengan yang aslinya.

Mall Kartini menduduki peringkat kedua pusat perbelanjaan terbesar di Bandar Lampung, setelah Boemi Kedaton yang menduduki peringkat pertama. Mall ini banyak menjual produk pakaian, elektronik dan kuliner yang memiliki kelezatan tersendiri.

Lokasi: Jl. Kartini No.49, Palapa, Kec. Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Itulah daftar mall yang populer dan terkenal di Bandar Lampung. Pusat perbelanjaan seperti mall ini sangat dibutuhkan masyarakat, terutama untuk daerah yang padat penduduk. Karena semua kebutuhan pokok dapat didapatkan di mall ini, baik dengan berbelanja secara langsung ataupun secara online.