Lebih dari sekadar ibukota provinsi, Bandar Lampung menyuguhkan banyak tempat nongkrong kekinian yang layak Anda kunjungi. Inilah daftar rekomendasi cafe hits di Bandar Lampung yang menawarkan tempat yang nyaman dan menu menggugah selera.

Bandar Lampung merupakan ibu kota provinsi Lampung. Terletak di daerah selatan dan merupakan kota terpadat kedua di Kepulauan Sumatra. Kota ini terbilang luas dengan segala potensinya.

Lampung dikenal menyimpan aneka keragaman hayati. Sebagai gerbang utama jalur transportasi, tentu Bandar Lampung kerap menjadi daerah persinggahan para wisatawan. Tidak heran bila terdapat banyak usaha kuliner di sini.

Sekarang, orientasi seseorang dalam menentukan tempat wisata kuliner senantiasa mengutamakan keindahan visual. Hal ini memicu maraknya cafe berkonsep kekinian dan memukau. Berikut daftar cafe dan tempat nongkrong hits di Bandar Lampung yang bisa Anda tuju.

1. Bun Kopi

Bun Kopi
Image Credit: Google Maps (Anton Creativelend)

Bun kopi menawarkan kenyamanan bagaikan rumah sendiri. Desain interiornya didominasi oleh warna-warna pastel yang menghadirkan efek tenang. Terdapat area outdoor dan indoor dengan banyak spot foto keren dan instagramable. Tersedia akses Wifi gratis dan stopkontak. Sangat pas dipakai untuk kumpul bareng kawan atau keluarga.

Rentang harga yang dipatok di Bun Kopi termasuk standar untuk ukuran cafe kekinian. Berkisar 12.000-20.000 rupiah untuk makanan dan 20.000 rupiah untuk minuman. Kopi yang disuguhkan memiliki kekhasan aroma karena diolah dari biji berkualitas.

Lokasi: Jl. Gajah Mada No.39, Kota Baru, Kec. Tanjung Karang Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung.

2. Flipflop Coffee

Flipflop Coffee
Image Credit: Google Maps (Ika Kartika)

Namanya cukup familier di kalangan pemuda Bandar Lampung. Dikenal karena keunikan desain interiornya. Perpaduan corak arsitektur dari pelbagai aliran seperti Chinese, Yunani, Bohemian, bahkan nusantara.

Flipflop Cofee didominasi oleh furniture berbahan dasar kayu. Dihiasi pernak-pernik gerabah dan keramik, serta kreasi bunga kering mengisi sudut-sudut ruangan. Secara spesifik, cafe ini membagi ruangan VIP dan reguler. Anda harus reservasi dahulu jika ingin mencoba fasilitas VIP, sedangkan ruangan reguler terbuka untuk umum.

Alternatif minuman di sini sangat beragam, tidak hanya terbatas pada kopi-kopian. Ada berry lychee yakult, ice green tea latte, chocolate, ice tea bunga telang, hingga varian jus buah. Selain itu, tersedia ragam makanan Indonesia, western, bahkan snack yang biasa dijajakan oleh pedagang kaki lima.

Lokasi: Jl. Pulau Sebuku No.10, Tanjung Baru, Kec. Sukabumi, Kota Bandar Lampung, Lampung.

3. Flambojan Café

Flambojan Café
Image Credit: Google Maps (Flambojan Lambung)

Cafe ini terkesan amat mungil bila dilihat sekilas saja. Anda harus mampir untuk mengetahui pesonanya. Terdapat ruangan cukup luas di lantai dua, lengkap dengan beberapa buah meja berukuran besar. Falmbojan Cafe berdiri sejak tahun 2015, mengusung konsep klasik dan minimalis.

Suasananya sejuk dan tenang. Cita rasa menu tidak perlu diragukan, pelayanannya bersahabat. Anda juga dapat menyaksikan pesona sunset dari atas rooftop bila berkunjung sore hari. Cocok sebagai tempat relaksasi.

Lokasi: Jl. Flamboyan, Kec. Engal, Kota Bandar Lampung, Lampung.

4. Pavilion Resto & Café

Pavilion Resto & Café
Image Credit: Google Maps (Edbert Wee)

Sesuai namanya, Pavilion Resto & Cafe mempunya beberapa pavilion, yaitu Chinese food, pastry and cake, risebowl, Indonesian traditional food, hingga desert. Dilengkapi taman cantik, dining bar, gazebo, hingga area indoor. Menu makanan dipatok mulai dari 15.000 rupiah.

Ukurannya cukup luas karena mampu menampung kurang lebih 140 orang untuk sekali masuk. Mengusung konsep kebun dan pantai, Anda akan disuguhkan pemandangan lautan. Cocok untuk keperluan semacam arisan, rapat, pernikahan, dan sebagainya.

Lokasi: Jl. KH. Ahmad Dahlan No.74, Pahoman, Kec. Engal, Kota Bandar Lampung, Lampung.

5. Waroeng Diggers

Waroeng Diggers
Image Credit: Google Maps (Yayan Sukma Dewi)

Romantis, hangat, dan kalem, tiga kata ini tepat untuk menggambarkan Waroeng Diggers. Mengusung konsep Hollywood Lampung, Anda akan menyaksikan pemandangan kota dari atas ketinggian. Cocok dijadikan referensi tempat kencan. Terutama bila dikunjungi pada malam hari.

Selain itu, kelezatan makanan di sini mampu menggoyang lidah. Sajian menunya mencakup makanan lokal dan western. Tidak perlu khawatir dompet Anda akan bolong karena tersedia buku menu yang dilengkapi daftar harga. Tentu, ini sejalan dengan kualitasnya.

Lokasi: Jl. Way Sungkai, Pahoman, Kec. Engal, Kota Bandar Lampung, Lampung.

6. Owl Café

Owl Café
Image Credit: Google Maps (Kusumaningtyas Aditya Putri)

Terbilang unik, Owl Cafe menghadirkan beragam jenis permainan khusus pengunjung. Tujuan diadakannya permainan untuk membunuh rasa jenuh selama menunggu hidangan. Menu andalannya yakni chicken wings, bisa Anda nikmati versi original seharga 25.000 rupiah.

Sensasi tantangan akan Anda raih melalui 60 jenis permainan, di antaranya catur, uno, dan bang. Sangat menarik, bukan? Owl Cafe cocok untuk seru-seruan bersama orang tersayang. Di samping itu, desain interiornya tidak kalah menawan.

Lokasi: Jl. Sultan Agung, Perumnas Way Halim, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung, Lampung.

7. Papa Toms Café

Papa Toms Café
Image Credit: Google Maps (Dwi Windanati)

Keunikan yang dimiliki oleh Papa Toms Cafe tercermin lewat bancakan. Bancakan merupakan penyajian makanan di atas dedaunan dan biasanya disantap ramai-ramai. Cara makan demikian berpotensi besar meningkatkan kehangatan di antara sesama.

Apabila Anda menyukai ricebowl, jangan sampai melewatkan tempat ini. Ragam alternatif ricebowl disediakan untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam. Sembari menunggu antrean, Anda bisa melihat-lihat koleksi buku dan action figure.

Lokasi: Jl. Kedaton, Perumnas Way Halim, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung, Lampung.

8. Wood Stairs Café

Wood Stairs Café
Image Credit: Google Maps (Andy Hidayatullah)

Sesuai namanya, cafe ini didominasi oleh ornamen kayu. Tidak hanya dinding, lantai, perabotan, bahkan hiasanya juga berbahan dasar kayu. Kesan misterius terpancar lewat warna interior yang cenderung gelap dan tampak antik. Sebut saja, fosil tanaman dan batang kayu besar yang dapat Anda saksikan dari parkiran.

Namun demikian, pemandangan ini justru berperan sebagai daya tarik utama. Nuansa kekinian yang khas sukses mengundang banyak pengunjung. Terlebih, seluruh sajian menu mulai dari makanan lokal hingga luar negeri, bisa dicicipi dengan harga terjangkau.

Lokasi: Jl. Urip Sumoharjo No.204, Way Halim Permai, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung, Lampung.

9. New Town Coffee

Processed with VSCO with a8 preset
Image Credit: Google Maps (New Town Coffee)

Kesan megah dan classy akan langsung menyapa Anda begitu memasuki New Town Coffee. Terletak di pusat kota, tampaknya cafe ini memang menyasar masyarakat urban. Nuansa kontemporer dibalut kenyamanan, cocok dijadikan tempat rehat sejenak dari keramaian kota.

New Town Coffee menyuguhkan kopi beraroma khas Itali dan Asia, diikuti oleh pilihan biji kopi segar dan berkualitas. Anda bisa menyaksikan proses penggilingan kopi ketika baru memesan. Ini tentu menarik terutama bagi para pecinta kopi. Tersedia pula aneka varian makanan dari pelbagai negara.

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No.1, Palapa, Kec. Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

10. Matsue Coffee

Matsue Coffee
Image Credit: Google Maps (Anton Creativeland)

Matsue Coffee adalah tempat nongkrong khas jejepangan. Nuansa demikian sudah terasa sejak pertama kali melihat desain eksteriornya. Anda yang berkeinginan ke Jepang tapi belum terwujud, boleh mengunjungi cafe ini untuk melepas rindu.

Harga-harga yang dipatok di Matsue Coffee berkisar 8.000-25.000 rupiah. Selain kopi, disediakan makanan ringan berupa kentang goreng dan takoyaki. Fasilitas di sini memang terbilang standar sebagaimana cafe pada umumnya. Namun, ada satu spot favorit yakni lorong panjang yang dapat memberikan sensasi bagai berfoto di Jepang.

Lokasi: Jl. P. Antasari No.87, Kec. Kedamaian, Kota Bandar Lampung, Lampung

11. The Magnolia Floral Café

The Magnolia Floral Café
Image Credit: Google Maps (Ebert Wee)

Desain eksterior The Magnolia Floral Cafe didominasi oleh warna biru. Bagian dalamnya dihiasi bunga-bunga artifisial hampir di setiap sudut. Tempat ini memang merangkap pula sebagai toko bunga. Tidak heran bila mampu menghadirkan kesan fresh, berseri, dan cantik memesona.

The Magnolia Floral Cafe menggabungkan dua ruko menjadi satu-kesatuan dalam rangka menciptakan kelapangan ruangan. Di samping itu, disediakan smoking area di bagian belakang agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung lain. Sajian menu yang ditawarkan mencakup lokal maupun internasional.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman No.108, Kec. Tanjung Karang Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung.

12. Cafe Kiyo

Cafe Kiyo
Image Credit: Google Maps (Rizqi Maulida Yusi)

Sedikit berbeda, Cafe Kiyo menyajikan konsep alami dan terbuka yang sarat akan nuansa tropis. Awal berdirinya bertujuan untuk dijadikan tempat berbagi gagasan dan ide. Dalam rangka membuat pengunjung betah, sering diselenggarakan event menarik di sini. Misalnya, live akustik, DJ, dan nobar film.

Kebanyakan pengunjung berasal dari kalangan muda-mudi. Harga menu di Cafe Kiyo memang bersahabat dengan kantong mahasiswa dan pelajar, berkisar 10.000-25.000 rupiah. Menu andalannya berupa kopi susu, chicken barbeque, chiken teriyaki, dan oya kodon.

Lokasi: Jl. Cut Nyak Dien, Palapa, Kec. Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

13. Wake Up Cafe and Car Wash

Wake Up Cafe and Car Wash
Image Credit: Google Maps (Wake Up Cafe and Car Wash)

Memadukan ornamen kayu dan kaca, interior cafe yang satu ini instagramable banget. Anda akan tenggelam dalam nuansa klasik yang elegan. Disediakan space khusus bagi pengunjung yang memang ingin berfoto ria.

Sepertinya cafe ini digagas untuk mengatasi kebosanan yang mungkin Anda rasakan ketika harus menunggu antrean perawatan mobil. Sembari menunggu pencucian mobil selesai, Anda bisa sekalian memanjakan diri. Menu utama di tempat ini adalah aneka sajian kopi.

Lokasi: Jl. Pecoh Raya, Kec. Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung, Lampung.

14. Kopi Tuya

Kopi Tuya
Image Credit: Google Maps (Anton Creativeland)

Sensasi berbeda akan Anda dapatkan ketika berkunjung ke Kopi Tuya. Desainnya dipenuhi oleh warna-warna mentereng hingga menciptakan kesan cerah khas topis. Rasanya Anda sedang memasuki dunia fantasi selama berdiam di sini.

Konsep demikian menjadi terobosan baru di antara maraknya kedai kopi bernuansa kalem dan monokrom. Menu yang ditawarkan pun tidak kalah unik. Kopi Tuya menyuguhkan kopi-kopian rasa buah, juga menu non kopi.

Lokasi: Jl. ZA. Pagar Alam No.3, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung.

15. Tammy Cafe – Chocolate & Pastry

Tammy Cafe - Chocolate & Pastry
Image Credit: Google Maps (Robby Satya)

Tempat ini merupakan ruko, yang mana lantai satu difungsikan sebagai toko kue dan cokelat, sedangkan lantai kedua sebagai cafe. Interiornya dominan putih-putih sehingga terkesan bersih dan tertata rapi. Suasananya juga romantis dan hangat.

Menu yang tersedia sangat variatif, baik makanan berat maupun camilan. Beragam dessert serba cokelat siap memanjakan lidah Anda. Soal harga tentu sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Cocok bagi Anda yang ingin menikmati kudapan hingga kenyang.

Lokasi: Jl. Gajah Mada, Kota Baru, Kec. Tanjung Karang Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Itulah sederet cafe hits di Bandar Lampung yang bisa Anda jadikan tongkrongan bersama teman atapun keluarga. Datang ke sini tidak lengkap rasanya tanpa mencoba wisata kuliner. Setiap cafe memiliki keunikan tersendiri. Satu hal yang pasti, Anda dapat mempercantik feeds setelah mengunjungi tempat-tempat ini.