Harga Tiket: Rp 30.000, Jam Operasional: 08.00–18.00, Alamat: Way Halim Permai, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung, Lampung; Map: Cek Lokasi

Memegang slogan “one stop family entertainment” Lampung Walk merupakan salah satu objek wisata buatan yang menjadi kebanggaan warga Kota Bandar Lampung. Tidak sedikit wisatawan yang datang untuk berlibur ke tempat ini, baik dari dalam kota atau yang dari luar kota.

Hal ini karena Lampung Walk memiliki 3 jenis fasilitas di dalamnya, yaitu kolam atau waterboom, wahana 3D, dan beberapa jenis lapangan olahraga. Yang membuat tempat wisata ini begitu ramai dengan wisatawan baik yang datang beramai-ramai hingga yang datang hanya berdua bersama pasangan. Karena banyaknya wahana yang disediakan membuat tempat wisata ini nyaris tetap ramai.

Ada spot berfoto dengan gambar 3D yang menarik untuk para wisatawan berfoto ria, ada pula kolam renang dengan segala umur, baik yang cocok untuk belajar berenang, untuk mencoba berenang di kolam yang digunakan untuk perlombaan, hingga ada seluncuran air yang bisa digunakan untuk berseluncur dengan ban. Tidak hanya itu ada beberapa lapangan olahraga yang bisa digunakan untuk berlatih juga.

Daya Tarik yang Dimiliki Lampung Walk

Daya Tarik Dimiliki Lampung Walk
Image Credit: Facebook.com @Lampungwalk

1. Kolam Renang

Daya tarik pertama ada kolam renang. Di tempat wisata Lampung Walk ini terdapat beberapa jenis kolam yang bisa digunakan oleh para wisatawan. Ada kolam renang keluarga yang besar dan bisa digunakan oleh para wisatawan dari segala usia.

Kolam keluarga ini tidak terlalu dalam jadi cocok untuk orang dewasa yang ingin bermain air dengan anak-anaknya. Di sekitar kolam keluarga juga terdapat 2 jenis seluncuran yang bisa digunakan untuk meluncur dari ketinggian dan masuk ke dalam kolam.

Ada kolam pacific yang memiliki standar kolam renang untuk perlombaan. Dengan panjang dan kedalaman yang sudah masuk standar kolam renang perlombaan membuat kolam ini sering digunakan oleh para perenang untuk berlatih menghadapi perlombaan hingga kadang digunakan untuk perlombaan renang.

Dan kolam yang terakhir ada kolam untuk anak-anak, dimana kolam ini sangat dangkal dan airnya tergolong hangat. Jadi sangat cocok untuk anak-anak bermain air disini.

2. Wahana 3D

Berikutnya ada wahana 3D dengan spot foto yang estetik. Terdapat sekitar 6 spot foto dengan gambar 3D yang bisa digunakan untuk para wisatawan berfoto. Masih di wahana yang sama terdapat rumah kaca yang bisa memantulkan bayangan para wisatawan yang masuk, tempat ini cukup populer karena para wisatawan yang masuk dibuat seolah-olah memiliki bayangan yang sangat banyak.

Daya Tarik Lampung Walk
Image Credit: Facebook.com @Lampungwalk

3. Lapangan Olahraga

Berikutnya ada lapangan olahraga yang bisa digunakan untuk latihan. Terdapat lapangan futsal, lapangan basket, dan lapangan bulu tangkis di Kawasan Lampung Walk. Di lapangan ini biasanya digunakan untuk latihan para pengunjung baik secara team atau individu. Kadang lapangan-lapangan tersebut juga digunakan untuk turnamen antar team, individu, atau duo.

4. Food Court

Berikutnya adalah food court atau tempat makan. Tempat makan ini sangat ramai dengan banyak sekali pilihan makanan yang tersedia. Memang food court bukan pilihan utama para wisatawan untuk datang namun tempat ini selalu ramai dengan pengunjung tiap harinya. Ada dekorasi menarik dengan lampu warna-warni yang indah untuk dilihat.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Lampung Walk

Alamat Lampung Walk
Image Credit: Google Maps (M Aldhiansyah)

Lampung Walk berlokasi di daerah Way Halim yang ada di pusat Kota Bandar Lampung. Atau lebih tepatnya di antara Jl. Pulau Batam dengan Jl. Urip Sumaharjo berhadapan dengan Rumah Sakit Urip Sumaharjo Bandar Lampung.

Untuk rute menuju lokasi wisata bisa dimulai dari alun-alun kemudian ke Jl. Lintas Barat Sumatera menuju Jl. Pramuka hingga sampai ke fly over lalu ambil Jl.Indra Bangsawan ke arah Jl. ZA. Pagar Alam. Kemudian ikuti Jl. ZA. Pagar Alam menuju perempatan Sepeda Sumber Kencana. Kemudian ambil Jl. Urip Sumoharjo sampai menemukan tempat wisata tersebut.

Untuk tiket masuk ada beragam jenis. Untuk yang menuju kolam renang atau waterpark di hari biasa yakni hari senin sampai jumat dikenakan biaya Rp 30.000 per orang dan di hari libur atau weekend dikenakan biaya Rp 40.000 per orang, juga ada tiket high season yang seharga Rp 50.000 per orang.

Sedangkan untuk studio 3D di hari biasa yakni senin sampai jumat seharga Rp 45.000 per orang dan di hari libur atau weekend seharga Rp 50.000 per orangnya. Biaya tersebut belum termasuk parkir, dari parkir kendaraan roda 2 adalah Rp 3.000 per kendaraan dan Rp 5.000 per kendaraan untuk kendaraan roda 4. Untuk jam bukanya dari 08.00 sampai 21:30 di hari biasa dan 08:00 sampai 00:00 di hari libur.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Lampung Walk

Kegiatan Menarik di Lampung Walk
Image Credit: Google Maps (Lampung Walk)

Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Lampung Walk bersama rombongan atau pasangan. Berikut beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di tempat wisata ini.

1. Bermain di Kolam

Kegiatan pertama menarik yang pertama adalah bermain air di kolam bersama orang-orang terdekat. Ada beragam jenis kolam renang yang bisa digunakan oleh wisatawan yang datang. Dari kolam renang yang bisa dimasuki semua usia, kolam khusus anak-anak, hingga kolam yang hanya diperbolehkan untuk para wisatawan yang tahu berenang.

2. Bermain Perosotan Air

Berikutnya adalah bermain perosotan air yang ada di kolam jenis keluarga. Terdapat 2 jenis perosotan air yaitu yang berbentuk spiral dan yang lurus. Para wisatawan bisa meluncur dari ketinggian menggunakan ban atau pelampung untuk merasakan sensasi meluncur ke dalam air dengan kecepatan yang lumayan tinggi.

3. Berolahraga

Kegiatan menarik selanjutnya di Lampung Walk adalah berolahraga, para wisatawan yang datang tidak hanya menikmati liburan dengan bermain air. Namun ada beberapa wisatawan yang datang untuk berolahraga, ada yang berolahraga dalam bentuk team seperti futsal, basket, dan bulu tangkis. Ada pula yang berolahraga sendiri seperti berenang di kolam renang pasifik atau kolam renang khusus untuk perlombaan.

Kegiatan di Lampung Walk
Image Credit: Google Maps (Carina C Jaswani)

4. Menonton Perlombaan

Tidak hanya berolahraga saja, namun kadang ada perlombaan yang diadakan oleh beberapa pihak dan para wisatawan bisa sekaligus menonton perlombaan sambil berlibur. Perlombaan yang sering diadakan di tempat ini adalah perlombaan futsal, basket, bulu tangkis, dan renang.

5. Berfoto

Kegiatan menarik selanjutnya adalah berfoto. Untuk para wisatawan yang memiliki jiwa narsis akan sangat puas jika datang ke Lampung Walk yang berlokasi di Kota Bandar Lampung ini. Bagaimana tidak, disini terdapat beberapa spot foto yang instagramable dengan background 3D. Tidak hanya itu ada satu rumah kaca dengan banyak lampu warna-warni yang menjadi spot terpopuler untuk berpose.

Tidak hanya berfoto di wahana 3D, namun para wisatawan juga bisa berfoto ria ketika bermain air bersama orang-orang terdekat. Atau membuat video bagaimana keseruan ketika meluncur turun dari ketinggian ketika menaiki perosotan yang ada di kolam keluarga.

6. Menikmati Wisata Kuliner

Memang tempat wisata ini bukan tempat wisata yang mengutamakan makanan dalam menarik wisatawan. Namun, bagi para wisatawan yang datang berkunjung cukup merasa puas dengan makanan yang disediakan di food court. Dengan lampu warna-warni dan pernak-pernik tambahan yang ada di sekitar area food court membuat suasana makan terasa lebih menarik.

Fasilitas yang Tersedia di Lampung Walk

Fasilitas di Lampung Walk
Image Credit: Google Maps (Lampung Walk)

Karena tempat wisata ini merupakan tempat wisata buatan maka terdapat banyak fasilitas dalam menarik minat wisatawan. Berikut beberapa fasilitas yang ada di Lampung Walk.

1. Kolam Renang

Terdapat 3 jenis kolam renang yang ada di tempat wisata ini. Yang pertama adalah kolam renang khusus anak-anak dengan kedalaman yang dangkal dan air yang hangat membuat anak-anak dapat bermain sepuasnya. Namun, tetap dalam pengawasan orang tua atau wali agar menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

Kolam yang ke 2 adalah kolam renang keluarga, dimana kolam ini sangat besar namun sedikit lebih dalam daripada kolam anak-anak. Dikolam ini para orang dewasa bisa bermain air bersama anak-anak atau hanya mau bersantai di atas pelampung yang melayang di atas permukaan air. Kolam ini biasa digunakan oleh para wisatawan untuk belajar berenang.

Dan kolam ke 3 adalah kolam renang olympic yang didesain berukuran sama dengan kolam yang digunakan ketika perlombaan. Biasanya para perenang akan berlatih di kolam ini ketika mau mengikuti perlombaan, kadang kolam ini juga digunakan untuk perlombaan. Kolam yang sangat tidak disarankan untuk anak-anak dan bagi mereka yang tidak tahu berenang.

2. Perosotan Air

Berikutnya ada perosotan air yang ada di sebelah kolam renang keluarga. Perosotan ini ada 2 jenis, yaitu yang lurus dan yang spiral atau berbelok-belok. Para wisatawan bisa menikmati keseruan meluncur dari ketinggian dengan ban atau hanya meluncur bebas tanpa menggunakan pelampung apapun. Di bagian bawah ada kolam renang jadi tidak perlu khawatir, namun perhatikan jarak antar peluncur juga.

3. Lapangan Olahraga

Terdapat 3 jenis lapangan olahraga di Lampung Walk yaitu lapangan futsal sebanyak 2 lapangan, kemudian lapangan basket ada 1 lapangan dan yang terakhir ada 4 lapangan bulu tangkis atau badminton. Semua lapangan tersebut sudah masuk standar internasional, jadi tidak heran jika lapangan-lapangan tersebut sering mengadakan perlombaan.

4. Wahana 3D

Berikutnya ada wahana 3D dengan gambar-gambar yang memukau untuk para wisatawan berfoto. Terdapat rumah kaca juga yang bisa dimasuki para wisatawan.

5. Food Court

Berikutnya ada food court atau tempat makan. Di tempat makan ini ada beragam jenis makanan yang bisa ditemukan. Jadi para wisatawan tidak perlu khawatir soal urusan perut.

6. Toilet dan Kamar Mandi

Setelah puas bermain air atau berolahraga para wisatawan bisa bilas dengan air bersih yang disediakan di kamar mandi tersebut. Bagi para wisatawan yang ingin buang air kecil atau besar juga bisa ke toilet yang ada.

7. Mushola

Fasilitas berikutnya ada mushola yang bisa digunakan untuk para wisatawan melakukan ibadah sholat. Jadi ketika mendengar suara adzan silahkan masuk mushola untuk sholat.

8. Parkir

Berikutnya ada parkiran untuk para wisatawan memarkirkan kendaraan mereka. Kendaraan-kendaraan tersebut aman dan akan dijaga sampai para wisatawan pulang.

Lampung Walk merupakan tempat wisata keluarga sekaligus menjadi tempat yang instagramable bagi para wisatawan narsis. Ditambah dengan lapangan olahraga membuat tempat wisata ini menjadi begitu ramai dengan pengunjung. Ketika kamu datang ke Kota Bandar Lampung cobalah untuk mengunjungi objek wisata ini.